7 Padang Pasir Dengan Pemandangan Paling Epik di Benua Amerika


prita  July 14, 2020  0 Comment

Amerika Serikat merupakan sebuah negara yang sangat luas yang terbagi menjadi beberapa lingkungan, mulai dari pegunungan yang tertutup salju, lautan yang luas hingga padang pasir yang kering dan panas. Keseluruhan lingkungan di Amerika Serikat tersebut memang sangat menakjubkan, maka tak heran jika hal tersebut menjadi magnet bagi wisatawan dari berbagai negara. Nah, jika kamu adalah seorang petualang sejati dan ingin mencoba merasakan petualangan yang berbeda tak ada salahnya untuk menjajal menjelajah padang pasir di Amerika Serikat yang sangat luas. Berikut adalah daftar Padang pasir di Amerika yang dikenal sangat indah

1. Great Basin Desert

great basin desert
britannica.com

Padang pasir di Amerika yang pertama adalah Great Basin Desert atau Padang Pasir Great Basin. Great Basin Desert terkenal sebagai padang pasir terbesar di Amerika Serikat karena memiliki luas mencaoai 190.000 mil persegi.

Great Basin Desert dianggap sebagai padang pasir yang mengalami panas dan kering pada musim panas dan akan bersalju di musim dingin. Hal ini dikarenakan elevasi yang lebih tinggi daripada rata-rata. Padang pasir di Amerika ini meliputi beberapa kawasan, yaitu California, Utah, Oregon, Arizona dan Idaho.

Padang pasir ini menjadi rumah bagi banyak organisme hidup tertua yang terkenal, yaitu Pohon Pinus Bristlecone. Pohon ini diperkirakan telah berusia lebih dari 5000 tahun. Tak hanya itu, padang pasir ini juga dikenal sangat kaya akan hasil tambang, seperi emas, biji besi, tembaga dan perak. Disini bisa kamu temukan banyak stepa dan sebuah danau yang cukup terkenal yaitu Danau Great Salt.

Gotravelly

Wisata Padang Pasir Ala Timur Tengah Di Gumuk Pasir Parangkusumo

Glamping Seru Plus Camel Safari Di Perbatasan India Pakistan. Wajib Cobain!


2. Chihuahuan Desert

chihuahuan desert
nps.gov

Padang pasir di Amerika selanjutnya adalah Chihuahuan Desert. Padang pasir ini memiliki luas mencapai 139.769 mil persegi yang membentang diantara Amerika Serikat dan Meksiko. Sebagian besar padang pasir ini berada di wilayah Meksiko, namun di sisi Amerika Serikat padang pasir ini mencakup kawasan Arizona, Texas dan New Mexico.

Padang Pasir Chihuahuan cukup unik karena selalu berubah. Titik terendah padang pasir ini pernah mencapai 1.969 meter diatas permukaan laut dan titik tertingginya pernah mencapai 12.139 meter diatas permukaan laut. Tak hanya itu, padang pasir ini juga memiliki fenomena menarik lainnya yaitu adanya kumpulan Kristal-kristal raksasa yang dikenal dengan nama Giant Crystal Cave.

Chihuahuan Desert ini memang terkenal sangat gersang, namun padang pasir ini menjadi rumah bagi beberapa spesies tanaman dan hewan, misalnya seperti semak Cresote, Agave, kaktus berduri dan Yucca. Keindahan lain yang ditawarkan oleh gurun ini adalah adanya Sungai Rio Grande yang melintasi Chihuahuan Desert. Bukan hanya terkenal indah, sungai ini juga menjadi sumber air yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat setempat.

3. Sonoran Desert

Sonoran Desert
experiencescottsdale.com

Padang pasir di Amerika yang satu ini dikenal dengan nama Sonoran Desert atau Gurun Sonoran. Gurun seluas 100.000 mil persegi ini menyebar dari Meksiko menuju California Selatan melalui Arizona. Gurun ini berbatasan dengan Gurun Mojave, Peninsular Ranges dan dataran tinggi Colorado.

Padang pasir ini terkenal sebagai yang terpanas di Meksiko, hal ini dikarenakan titik terendah gurun ini adalah di Laut Salton yang mana 226 kaki dibawah permukaan laut. Meskipun dikenal sebagai gurun terpanas, namun disini kamu masih bisa menemukan sumber air yang berasal dari Sungai Colorado dan Sungai Gila.

Hal tersebut tentunya membuat beberapa tumbuhan bisa tembuh di padang pasir ini, misalnya seperti Kaktus Saguaro yang hanya tumbuh di gurun ini. Kaktus ini tingginya mencapai 60 kaki dan tumbuh cabang dari batang utamanya, mirip dengan lengan manusia.

4. Mojave Desert

mojave desert
touristsecrets.com

Gurun Mojave atau Mojave Desert juga menjadi salah satu padang pasir di Amerika yang tak boleh kamu lewatkan. Padang pasir ini membentang di kawasan Nevada, Arizona dan California yang luasnya mencapai 47.877 mil persegi.

Mojave Desert ini hanya menerima curah hujan kurang kurang dari 2 inci setiap tahunnya, maka tak heran jika padang pasir ini terkenal sebagai gurung terkering di Amerika Utara. Suhu terpanas di gurun ini pernah mencapai 134 derajat Fahrenheit. Titik tertinggi dari Mojave Desert ini mencapai 11.049 meter diatas permukaan laut dan titik terendahnya berada pada 282 meter dibawah permukaan laut, yaitu Death Valley.

Meskipun dikenal sebagai gurun paling kering, namun banyak juga tumbuhan yang bisa hidup di padang pasir ini. Misalnya seperti Pohon Joshua yang merupkan tumbuhan asli Gurun Mojave dan bisa kamu temukan tumbuhan di sepanjang jalan. Pohon ini dianggap sebagai indicator yang diyakini mampu memberi kehidupan pada ribuan tanaman lainnya.

5. Red Desert

red desert
id.pinterest.com

Padang pasir di Amerika selanjutnya adalah Red Desert atau gurun merah. Red Desert ini berada di wilayah Wyoming Selatan dan merupakan salah satu ekosistem gurung tinggi terakhir di Amerika Utara.

Banyak hal yang bisa kamu temukan di Red Desert ini, seperti bukit pasir, gunung dan puncak berbatu yang indah. Keindahan ini karena seluruhnya terlihat berwarna merah yang sangat cantik, tak heran jika gurun ini disebut sebagai Red Desert.

Red Desert juga menjadi rumah bagi rusa gurun yang bisa kamu temukan berkeliaran di sekitar sini. Di tengah gurun, kamu bisa menemukan Great Divide Basin, yaitu sebuah area cekungan dimana tidak ada air yang dialirkan ke tanah atau mengalir ke laut. Fenomena ini tentu menjadi keunikan tersendiri bagi Red Desert sehingga menjadi magnet bagi pengunjung untuk datang.

6. Painted Desert

painted desert
smithsonianmag.com

Padang pasir di Amerika selanjutnya dikenal dengan nama Painted Desert. Gurun ini terdiri dari tanah tandus di area Four Corners yang membentang dari ujung timur Taman Nasional Grand Canyon kea rah tenggara menuju Taman Nasional Petrified Forest.

Painted Desert lebih mudah diakses dari Taman Nasional Petrified Forest. Padang pasir ini memiliki luas mencapai 93.500 hektar dengan lanskap bebatuan yang indah. Setiap bebatuan tersebut memiliki warna yang berbeda-beda, mulai abu-abu kemerahan, jingga hingga merah muda, seperti sebuah lukisan. Maka tak heran jika padang pasir ini dijuluki sebagai Painted Desert.

7. Smoke Creek Desert

 Smoke Creek Desert
highway8a.blogspot.com

Padang pasir di Amerika yang terakhir adalah Smoke Creek Desert. Smoke Creek Desert ini merupakan wilayah gersang yang berada di barat laut Nevada, Amerika Serikat. Gurun ini berada sekitar 60 mil di sebelah utara Pyramid Lake, sebelah barat Fox Range dan sebelah timur Smoke Creek Mountain.

Padang pasir ini sebenarnya masih berada dalam satu wilayah dalam Great Basin Desert. Luas padang pasir ini mencapai 980 meter persegi dengan pemandangan yang luar biasa. Banyak sejarah yang mengulas tentang sejarah dibalik penamaan Smoke Creek ini, salah satunya adalah karena adanya cekungan yang mengisi saat musim dingin dengan uap yang berasal dari mata air panas atau menunjukkan asap atau smoke dari mata air panas tersebut.



Leave a Reply