54 views | 0 Likes

Wisata Padang Pasir ala Timur Tengah di Gumuk Pasir Parangkusumo

4 star (from 1 people)
Bantul, Yogyakarta, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 01 December 2019, 16:00:00

Pengen ngerasain berwisata di tengah hamparan pasir yang luas? Bisa banget! Kalau kalian ke Jogja jangan lewatkan untuk mengunjungi wisata yang satu ini, namanya adalah Gumuk Pasir Parangkusumo!

How to Get There

Day 2 lanjut ke wisata selanjutnya. Setelah mengisi perut di daerah Malioboro dan membeli oleh-oleh di Bakpia Patok 25 kami langsung bergegas melanjutkan perjalanan ke daerah Bantul.

Tujuan pertama kami adalah Gumuk Pasir. Karena udah lama ngincer sama  wisata ini dan emang belum pernah juga kesana. Jadi kami memulai perjalanan dari Malioboro ke Gumuk Pasir Parangkusumo. Dan perjalanan kali ini kami masih mengandalkan Google Maps karena emang nggak tau jalan hehehe.

What to Do

Baru tidur sebentar tau-tau udah mau sampai saja. Perjalanan dari Malioboro ke Gumuk Pasir Parangkusumo ini memakan waktu kurang lebih satu jam. Sebelum memasuk Gumuk Pasir Parangkusumo, kalian akan disuruh membeli tiket seharga Rp 10.000,- per orang di loket depan. Tapi tenang, harga tiket tersebut tidak hanya ke Gumuk Pasir Parangkusumo saja, melainkan mencangkup semua wisata disana mulai dari Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo, Pantai Pelangi, Pantai Depok, dan tentu saja si Gumuk Pasir Parangkusumo ini sendiri.

gumuk pasir parangkusumo

Setelah melewati loket kira-kira perlu 2km lagi untuk sampai di lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo. Dan setelah sampai sana waktu masih menunjukan pukul 12:00 pas tengah hari! Jadi kerasa banget panasnya dan silau gilaak. Emang kesalahan banget sih udah tau mau ke Gumuk Pasir malah datang jam segini. Alhasil kami hanya keluar bentar dan foto-foto sedikit karena nggak kuat dengan panas dan silaunya.

Baru jalan kaki beberapa meter saja dan si pasir nyangkut di sandal pansanya minta ampunn. Bisa kali ya buat goreng kerupuk pasir?! Namun masih ada juga lo pengunjung lain yang nggak menyerah. Meskipun panas sampai ubun-ubun begini mereka masih nekat untuk berjalan ke tengah dan bemain selancar pasir. Meskipun sedikit terdengar suara teriakan “Ahh panas banget woyy” tapi mereka masih nampak asik bermain di tengah hamparan pasir ini. Keren dah!

gumuk pasir parangkusumo
Eitsss sebelum lanjut aku mau cerita sedikit tentang Gumuk Pasir Parangkusumo ini karena aku barusan browsing sejarah singkatnya. Jadi adanya gumuk pasir ini  bemula karena letusan Gunung Merapi jaman dahulu yang mengalami erupsi besar sehingga angin yang tertiup membawa pasir dan jatuh pada dataran. Selain itu material vulkanik seperti debu, pasir, dan lahar yang mengalir dari sungai juga sampai pada daerah pantai Parangtritis hingga angin laut juga membawa butiran tersbut hingga membuat terjadinya gumuk pasir.

gumuk pasir parangkusumo

gumuk pasir parangkusumo
Selesai duduk-duduk di pinggiran gumuk pasir ini kami akan melanjutkan ke wisata selanjutnya yaitu Pantai Pelangi. Oh iya jadi sedikit saran buat kalian kalau mau main-main dan mau dapat foto bagus di Gumuk Pasir Parangkusumo ini mending datang pas sore hari menjelang sunset gitu. Karena udah adem dan nggak terlalu panas. Dan kalian bisa memanfaatkan spot-spot foto yang udah disediakan. Ada ayunan, kaktus, dan spot lain yang nggak kalah menarik. Kalian juga bisa menyewa ATV atau selancar pasir disana tapi aku lupa nggak nanya tarifnya. Buat yang mau main layangan disini juga bisa banget karena anginnya gede dan tanahnya lapang.

gumuk pasir parangkusumo
Gimana udah pengen wisata ala-ala padang pasir di timur tengah? Cuss deh ke Gumuk Pasir Parangkusumo, udah bagus nggak perlu bayar mahal lagi. Selamat mencoba ya gais!

Tips and Trick

1. Datang saat pagi atau sore menjelang sunset

2. Bawa kacamata hitam

3. Bawa kamera

4. Bawa layangan juga boleh :D

 

Gallery (5)

Comments (0)