7 Makanan Khas Tanjung Selor Lezatnya Bikin Lidah Bergetar


Fida  October 27, 2021  0 Comment

Makanan Khas Tanjung Selor – Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang menawarkan banyak tempat wisata sekaligus kuliner lezat yang bisa Anda coba. Berbagai daerah di Indonesia menawarkan kuliner dengan cita rasa serta bumbu rempah yang khas. Tidak hanya makanan ringan, beberapa makanan berat atau yang biasa dipilih sebagai lauk juga sangat beragam dan sayang untuk tidak dicoba.

Tanjung Selor menjadi salah satu daerah di kawasan Kalimantan Utara yang kerap didatangi oleh wisatawan. Daerah yang satu ini menawarkan banyaknya tempat wisata dan makanan dengan cita rasa lezat dan khas. Saat berkunjung ke Tanjung Selor, tentu sangat disayangkan bagi Anda jika tidak mencoba berbagai kuliner yang ditawarkan. Beberapa makanan khas Tanjung Selor dapat dengan mudah Anda jumpai di berbagai restoran atau tempat makan. Selain itu, beberapa kuliner juga dapat dibuat sendiri di rumah dengan berbagai bumbu serta panduan resep yang lengkap. Tidak perlu bingung memilih, Berikut rekomendasi makanan khas Tanjung Selor yang populer dan bisa Anda coba.

1. Tumis Kapah

Tumis Kapah
sumber.com

Tumis Kapah menjadi salah satu makanan khas Tanjung Selor yang populer dan dapat dengan mudah Anda jumpai. Hidangan yang satu ini dikenal kaya akan protein dan menawarkan cita rasa lezat. Tumis kapah memiliki tampilan serta aroma yang menggugah selera sehingga membuat siapapun tertarik untuk mencobanya.

Anda akan dimanjakan dengan tekstur daging yang empuk serta berbagai bumbu rempah yang digunakan sehingga menghasilkan cita rasa khas. Hidangan yang satu ini juga terasa segar karena adanya tambahan perasan jeruk nipis. Saat berkunjung ke kawasan Kalimantan Utara, kuliner yang satu ini Tentu sayang untuk tidak Anda coba.

gotravelly

Kriuknya Mendoan Bagong Asli Khas Purbalingga Yang Bikin Nagih!

Angkringan Anglo Watu : Angkringan Kekinian Dan Murah Meriah Di Jombang!

2. Lawa

Lawa
genpi.co

Salah satu makanan khas Tanjung Selor yang sayang untuk tidak dicoba adalah Lawa. Hidangan yang satu ini dapat dengan mudah dijumpai di berbagai daerah khususnya di Kalimantan Utara. Lawa menawarkan tekstur yang khas dengan cita rasa lezat yang sayang untuk dilewatkan.

Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama timun atau rumput laut. Bahan utama tersebut kemudian diolah dengan kelapa sangrai serta udang atau kerang. Biasanya, lawa dipilih sebagai makanan pembuka sebelum menikmati hidangan utama. Cita rasanya yang lezat dan segar menjadikan lawa sebagai salah satu makanan yang wajib Anda coba saat berkunjung ke Tanjung Selor.

3. Nasi Subut

Nasi Subut
food.detik.com

Ada cukup banyak pilihan makanan khas Tanjung Selor yang sayang untuk tidak dicoba, salah satunya adalah nasi subut. Sesuai dengan namanya, hidangan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama nasi.

Nasi subut memiliki tampilan yang sangat menarik yakni berwarna keunguan. Warna tersebut berasal dari bahan yang digunakan yakni ubi ungu. Tidak hanya ubi ungu, nasi subut juga dilengkapi dengan bulir jagung yang menambah kelezatan serta ciri khas hidangan yang satu ini. Tidak hanya tampilannya yang dikenal unik dan menarik, hidangan yang satu ini juga menawarkan kelezatan luar biasa yang tentu sayang untuk tidak Anda coba. Tidak heran jika banyak warga lokal maupun wisatawan yang memburu hidangan unik dan lezat yang satu ini.

4. Sate Ikan Pari

 Sate Ikan Pari
cookpad.com

Pernah mencoba lezat dan uniknya sate ikan pari? Sate ikan pari menjadi salah satu makanan khas Tanjung Selor yang sayang untuk tidak Anda coba. Sesuai dengan namanya, hidangan yang satu ini memang dibuat dengan menggunakan bahan utama ikan pari.

Anda tentu akan dimanjakan dengan sensasi lezat yang cukup berbeda dengan sate lainnya. Sate ikan pari juga dilengkapi dengan bumbu khas yang kaya akan rempah-rempah khas Kalimantan Utara. Adanya tambahan kecap manis dan madu saat proses pembakaran menjadikan makanan yang satu ini semakin nikmat dan menarik untuk dicoba. Saat berkunjung ke daerah Tanjung Selor Kalimantan Utara, sate ikan pari menjadi rekomendasi makanan tepat yang bisa Anda coba. Selain tekstur dagingnya yang khas, bumbu yang ditawarkan juga membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya.

5. Kepiting Soka

 Kepiting Soka
beritagar.id

Berbagai hidangan lezat dan segar dapat anda nikmati saat berkunjung ke daerah Kalimantan Utara. Kepiting soka menjadi salah satu makanan khas Tanjung Selor yang banyak diminati oleh warga lokal maupun wisatawan. Hidangan yang satu ini banyak digemari karena menawarkan cita rasa lezat dan dikenal kaya akan protein, vitamin, juga mineral. Selain itu, kepiting soka juga dikenal sebagai makanan rendah lemak.

Ada cukup banyak pilihan cara memasak kepiting soka diantaranya dengan cara ditumis hingga di goreng crispy. Anda dapat dengan mudah menjumpai kuliner yang satu ini di berbagai restoran di Tanjung Selor maupun dapat membuatnya sendiri di rumah. Kepiting soka yang diolah dengan cara digoreng krispi banyak diminati dan disukai oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

6. Ikan Asin Rica

Ikan Asin Rica
cookpad.com

Tidak perlu bingung menentukan makanan khas Tanjung Selor yang bisa Anda coba, asin rica menjadi salah satu yang sayang untuk dilewatkan. Hidangan yang satu ini juga biasa disebut dengan gami atau ikan asin pedas.

Ikan asin rica cocok dinikmati langsung maupun bersama nasi hangat. Meskipun termasuk kuliner tradisional, tetapi ikan asin rica masih banyak diminati oleh semua kalangan hingga saat ini. Selain tampilan dan aroma yang menggugah selera, makanan ini juga menawarkan cita rasa pedas dan gurih yang khas. Ikan asin rica tentu cocok dicoba khususnya bagi Anda yang suka dengan rasa pedas. Saat berkunjung ke kawasan Tanjung Selor, kuliner yang satu ini dapat dipilih untuk dinikmati saat makan siang maupun makan malam.

7. Tudai

Tudai
cookpad.com

Diantara banyaknya pilihan makanan khas Tanjung Selor, tudai menjadi salah satu yang cukup populer di kalangan warga lokal maupun wisatawan. Hidangan yang satu ini dikenal dengan bahan utamanya yakni kerang berdaging tebal dengan cangkang kehitaman dan jingga.

Makanan yang satu ini dapat diolah dengan berbagai cara sesuai selera diantaranya direbus dan disantap langsung hingga diolah sebagai sambal goreng. Tidak jarang menu yang satu ini dipilih untuk disajikan saat perayaan pernikahan maupun pesta adat. Saat berkunjung ke kawasan Tanjung Selor, tidak ada salahnya bagi Anda untuk memutuskan mencoba lezatnya hidangan yang satu ini.

Nah, diatas merupakan 7 rekomendasi makanan khas Tanjung Selor yang dikenal lezat dan populer di kalangan warga lokal maupun wisatawan. Berbagai rempah khas daerah Tanjung Selor menjadikan hidangan yang ditawarkan semakin lezat dan menggugah selera. Saat berkesempatan untuk berlibur dan mengunjungi Tanjung Selor, hidangan manakah yang tampak paling menggugah selera dan ingin Anda coba?



Leave a Reply