15 Es Segar Asli Indonesia Disukai Wisatawan Asing


sisil angelin  October 29, 2018  0 Comment

Sebagai negara tropis, Indonesia jelas identik dengan musim panas yang menyenangkan. Bagi wisatawan asing, Indonesia merupakan surga wisata baik alam, sejarah, budaya dan kuliner. Salah satu kuliner Indonesia yang tidak boleh dilewatkan saat menikmati suasana terik adalah minuman segar khas daerah. Nah, 15 es segar asli Indonesia berikut ini sangat digemari pelancong luar negeri lho! Penasaran? Yuk, simak ulasan mengenai es Segar Asli Indonesia

1. Es Cendol

Es Cendol

esepgulaku.com

Jenis minuman segar pertama yang paling sering ditemui di pinggir jalan atau menjadi menu andalan restoran ternama adalah es cendol. Nama es cendol sendiri populer dari Jawa Barat sedangkan di Banjarnegara lebih akrab disebut sebagai es dawet. Cendol dari tepung hunkwe yang diberi warna daun pandan alami, serutan es, santan dan gula merah akan membuat rasa gerah menghilang.

review kuliner

Es Pisang Ijo Alaska, Bukannya Es Pisang Ijo Asli Dari Makasar?

Juice Buah Dengan Semburat Rasa Creamy

2. Goyobod

Goyobod

TasikAsik.com

Jenis minuman segar yang satu ini juga berasal dari Jawa Barat yang terdiri dari irisan tepung hunkwe, tape singkong, tape hitam, buah alpukat, ketan, kolang kaling dan kelapa muda yang dikerok. Kuah Goyobod terbuat dari santan, susu serta air kelapa yang akan membuat dahaga Anda langsung lenyap.

3. Es Legen

Es Legen

ideusahadagang.blogspot.com

Mungkin agak sedikit sulit menemukan menu minuman khas satu ini. Ya, es legen ini terbuat dari legen pohon Siwalan. Anda akan menemukan minuman khas Jawa Tengah dan Jawa Timur ini di beberapa daerah yang merupakan penghasil legen sepeti Rembang, Pati, Tuban dan lain-lain.

Baca juga :  7 Rekomendasi Tempat Menikmati Mie Aceh Paling Enak di Aceh

4. Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo

id.tastemade.com

Kalau Anda sedang berburu minuman segar, wajib tahu mengenai minuman khas daerah yang digilai wisatawan asing yaitu es pisang ijo. Menu ini berasal dari kota Makassar yang terdiri dari pisang dibalut kulit hijau. Kulit ini berasal dari adonan tepung beras, tepung kanji, santan dan air daun suji. Bahan lain yang menemani es pisang ijo adalah mutiara cina, bubur sumsum, kacang tanah sangrai dan siraman sirup merah. Tambahan es serut dan susu kental manis benar-benar membuat banyak orang memfavoritkan menu ini.

5. Es Laksamana Mengamuk

Es Laksamana Mengamuk

cookpad.com

Mungkin mendengar nama minuman ini cukup unik, ya! Es laksamana mengamuk merupakan minuman khas dari Riau. Buah mangga kweni, selasih, serutan kelapa dengan kuah santan, susu serta air gula putih akan membuat nda selalu rindu kembali ke Riau.

6. Es Nona

Es Nona

lifestyle.okezone.com

Es Nona mungkin bakal mudah Anda temukan jika sedang liburan ke Pontianak. Minuman segar asli yang legendaries dari Kalimantan ini terdiri dari kacang merah, potongan buah pepaya yang telah direndam air kapur, pacar cina, tape singkong serta potongan roti tawar. Minuman ini disajikan dengan serutan es serta susu kental manis yang menggugah selera.

7. Es Selendang Mayang

Es Selendang Mayang
Tak harus ke Jakarta untuk menemukan minuman segar khas Betawi ini sebab Anda bisa mendapatkan es selendang mayang di mana saja. Cita rasa yang enak membuat es selendang mayang sangat favorit dikalangan turis asing. Minuman ini terdiri dari tepung beras yang telah dibentuk kotak-kotak dicampur dengan kuah gula merah, garam, gula pasir, daun pandan dan santan.

8. Es Kacang Merah

Es Kacang Merah

pelangiweb.blogspot.com

Minuman segar lain yang tak kalah asyik dan mudah ditemukan di mana saja adalah es kacang merah. Namun, minuman ini paling khas berasal dari Palembang dan Manado. Jika es kacang merah Palembang dilengkapi siraman sirup merah maka es kacang merah khas Manado menggunakan susu kental manis cokelat yang legit.

Baca juga :  10 Makanan Khas Pontianak yang Harus Anda Coba Dan Oleh-oleh

9. Es Pleret

Es Pleret

MasakApaYa.com

Di daerah Blitar, ada minuman segar yang super enak yaitu es pleret. Bahan utama es pleret antara lain tepung tapioka, tepung beras serta air. Adonan tersebut bisa dibentuk menjadi gempol atau bulatan kecil dan pleret atau adonan yang dipipihkan. Siraman sirup coco pandan, kuah santan dan es bantu akan langsung membuat Anda rileks.

10. Es Tambring

Es Tambring

Beritagar.com

Wisatawan asing memang memfavoritkan Bali sebagai destinasi utama liburan layaknya surga. Di wilayah ini, Anda juga bisa menemukan minuman segar asli Indonesia yang begitu digemari wisatawan yaitu es tambring. Minuman ini tergolong unik sebab menggunakan putih telur sebagai salah satu bahan utama tetapi tidak menciptakan bau amis. Selain itu, minuman ini juga terdiri dari campuran gula jawa, air kelapa dan gula pasir secukupnya saja. Kalau wisata ke Bali, jangan lupa memesan es tambring yang menyegarkan, ya!

11. Es Campur

Es Campur

pojokindahresto.com

Minuman segar satu ini memang sudah tidak asing lagi sebab bisa Anda temukan di berbagai kota. Di pinggir jalan, es campur juga kerap disajikan sebagai pilihan minuman segar saat musim panas tiba. Es campur terdiri dari roti, kolang kaling, dawet, irisan buah alpukat, nangka, nanas dan cincau hitam. Disajikan dengan serutan es batu yang bakal membuat Anda jatuh cinta pada es campur.

12. Es Doger

Es Doger

Tribunnews.com

Tak harus datang ke Cirebon untuk menikmati minuman segar khas daerah yang lain sebab Anda bisa menemukan menu ini di mana saja. Ya, es doger sebenarnya berasal dari kata dorong gerobak sebab sang penjual memakai gerobak saat menjual minuman ini. Es doger berisi tape, ketan hitam, buah alpukat, serutan daging buah kelapa yang dilengkapi dengan roti tawar dan mutiara Cina. Enak banget, ya!

Baca juga :  10 Kuliner Khas Myanmar yang Wajib Dicoba oleh Wisatawan

13. Es Lahang

Es Lahang

dntimes.com

Mencari minuman isotonik tradisional, Anda mungkin harus tahu mengenai Es lahang yang berasal dari Sunda. Minuman ini terbuat dari nira atau sadapan buah aren. Menyadap aren membutuhkan keahlian khusus sehingga es lahang ini bisa dikatakan minuman khas daerah yang istimewa.

14. Es Podeng

Es Podeng

resepgulaku.com

Kalau minuman segar asli Madura ini cukup mudah ditemui. Tak hanya dijual di kedai saja, es podeng identik sebagai minuman khas saat hajatan seperti pesta pernikahan. Minuman ini dibuat dengan cara tradisional seperti diputar oleh sang penjual. Es podeng disajikan dengan campuran kacang tanah yang dicincang kasar, meses serta susu cokelat manis yang lezat.

15. Es Teler

Es Teler
Sebenarnya es teler telah ada sejak tahun 1957 yang dibuat oleh Ibu Samijem Darmo Putro. Namun, Kabupaten Sukoharjo baru menjadikan es teler sebagai ikon minuman khas daerah pada tahun 2005 lalu. Sejak saat itu, kuliner satu ini mulai digilai banyak orang. Anda bisa mudah menemukan minuman segar es teler di mana saja. Isian buah seperti apel, anggur, nangka, semangka, alpukat, serutan kelapa dan susu kental manis begitu menggoda selera. Nikmatnya benar-benar bikin teler, ya?
15 minuman segar asli Indonesia di atas tak hanya disukai masyarakat nusantara saja namun menjadi menu favorit para wisatawan asing lho! Toh, harga minuman ini cukup murah meriah di kantong. Tentu masih ada banyak minuman dari daerah lain yang begitu populer dikalangan wisatawan baik lokal atau manca. Saat cuaca panas seperti ini, minuman mana yang ingin Anda cicipi?



Leave a Reply