Nyari Kuliner Khas di Muna? Ke Makanan Tradisional Raha Saja!

kuliner khas muna

pribadiganda | Tourist
Muna, Sulawesi Tenggara, Indonesia | halal
15 Apr 2020


Nyari Kuliner Khas di Muna? Ke Makanan Tradisional Raha Saja!
Setiap daerah tentu memiliki tempat wisata kuliner masing-masing, dan Makanan Tradisional Raha adalah surga kuliner khas dari Muna, Sulawesi Tenggara.

Setiap berwisata ke suatu daerah, kurang lengkap rasanya kalau tidak menyambangi pusat kuliner daerah tersebut. Apalagi kalau memang tujuan wisatanya adalah untuk menyicip kelezatan dan keunikan makanan tradisional khas suatu daerah.

Salah satu hal yang mungkin saja pertama kali Anda lakukan adalah bertanya ke masyarakat setempat tentang jenis kuliner yang khas di daerah tersebut. Bisa juga minta referensi ke teman atau pemandu wisata Anda tentang tempat yang khusus menyediakan makanan-makanan tradisional.

Di Kabupaten Muna sendiri misalnya, Anda dapat dengan mudah menemukan beberapa makanan tradisional di sekitar kota. Namun untuk mendapatkan menu yang lebih lengkap dan variatif, Anda bisa langsung mendatanginya di Makanan Tradisional Raha. Raha sendiri adalah nama ibukota Kabupaten Muna.

Makanan Tradisional Raha adalah pusat tempat penjualan berbagai macam kuliner khas Muna. Di tempat ini, baik wisatawan luar maupun masyarakat lokal dapat memilih berbagai macam menu makanan. Tidak hanya kuliner yang khas dari Muna, menu tradisional lainnya yang disajikan juga ada yang berasal dari beberapa kabupaten di Sulawesi Tenggara.


Beberapa jenis makanan yang paling umum dan banyak dijumpai di tempat ini di antaranya kasoami atau kantofi (singkong), hugu-hugu (singkong), kapussu (jagung), dan lapa-lapa (beras ketan). Jenis makanan tersebut adalah makanan yang dijadikan sebagai pengganti nasi saat bersantap. Terus ada juga konduru (labu santan) dan kopohu (jantung pisang santan), sebagai sajian sayur dengan cita rasa yang khas.

Sementara lauknya sendiri, orang-orang Muna lebih menyukai mengonsumsi berbagai hasil laut, utamanya ikan. Ada berbagai macam jenis ikan yang ditawarkan pada pengunjung saat datang ke sini. Cara penyajiannya pun bisa dipilih, mulai dengan cara dimasak, digoreng, atau dibakar.

kuliner khas muna
kuliner khas muna
kuliner khas muna
Beberapa jenis lauk yang mungkin Anda bisa nikmati seperti kenta parende (ikan kuah), kadada katembe (ikan asin), ikan dole (ikan ditumbuk halus), kaholeo (ikan teri diasapi), dan kasianga (telur rebus yang digoreng). Sementara di malam hari lebih nikmat menyantap lauk ikan bakar dengan dabu-dabu (sambal tomat pedas).

kuliner khas muna
kuliner khas muna
Satu paket hidangan lengkap di sini, yang terdiri dari nasi atau pengganti nasi, sayur, lauk, dan minuman, paling murah dibanderol dengan harga Rp 50.000 hingga paling mahal Rp 100.000 perporsi, tergantung variasi jenis menu yang Anda pilih dan inginkan.

kuliner khas muna

Opening Hours
Makanan Tradisional Raha buka setiap hari, dari siang sampai malam hari (12.00 – 22.00 WITA).
SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.