7 Kue Khas Turki, Varian Legit Hingga Gurih yang Menggiurkan!


Jehan  December 17, 2023  0 Comment

Kue Khas Turki – Sebagai salah satu negara cantik di kawasan Eurasia, Turki tak hanya memikat para pengunjung dengan kecantikan alam di sekitarnya saja loh. Negara ini dikenal sebagai salah satu tempat dengan gastronominya yang lezat.

Jika datang ke kota penuh sudut estetik ini, sobat GoTravelly harus mencoba kue khas yang ada di sana. Ada banyak pilihan makanan yang bisa menjadi menu santapanmu ketika berkeliling di sana. Kamu bisa memilih menu dengan rasa gurih atau kue dengan rasa manis untuk dicoba. Berikut rekomendasi kue populer yang ada di Turki untukmu.

Macam-Macam Kue Khas Turki

1. Baklava

baklava
unsplash.com

Salah satu kue yang cukup popular dan khas di Turki yang wajib sobat GoTravelly coba adalah Baklava. Makanan yang satu ini menawarkan rasa legit yang akan memanjakan lidahmu, cocok buat pecinta manis!

Baklava seringkali dikenal sebagai menu hidangan penutup. Rasanya yang manis dengan tekstur renyah di luar dan lembut di dalam, sangat cocok menjadi menu penghujung yang akan memberimu taste sempurna.

Kue ini dibuat dengan lapisan adonan phyllo yang sangat tipisi, dan diisi dengan kacang yang telah dicincang. Rasa manis utama didapatkan dari topping sirup kental yang membaluri bagian atas Baklava.

Resep asli yang autentik dari sajian ini menggunakan isian kacang, seperti kenari, hazelnut, dan pistachio. Namun, kepopuleran dari makanan ringan ini membuatnya berevolusi dengan menggunakan isian dari bahan lain,seperti aprikot, coklat, dll. Kira-kira Baklava dengan isian apa nih, yang ingin kamu coba?

Baca juga :  11 Makanan Khas Temanggung Terkenal Enak + Rekomendasi Oleh Oleh

2. Katmer

katmer
unsplash.com

Kue yang satu ini akan lebih mudah kamu dapatkan di kota Gaziantepm Turki. Sebagai ibu kota gastronomi Turki, tentu saja ketika mengunjunginya kamu akan dimanjakan dengan berbagai macam menu kuliner yang enak dan lezat, termasuk kue khas berikut ini.

Katmer adalah menu pastry dengan rasa manis yang dibuat dengan menggunakan kacang pistachio sebagai campuran utamanya. Kue ini seringkali disantap sebagai menu pembuka memulai hari alias ketika sarapan.

Ada sebuah tradisi yang dikenal dari kue khas ini, di mana Katmer merupakan kue yang disantap pertama oleh pengantin baru setelah malam pertama pernikahan mereka. Kue ini menjadi simbol yang memiliki makna manisnya harapan penuh kebaikan dalam pernikahan mereka.  

Kue ini memiliki lapisan isi pistachio dan kaymak, yakni krim kental yang terbuat dari susu kerbau. Waktu terbaik untuk menikmati kue manis ini adalah saat hidangan masih hangat dan baru selesai dikeluarkan dari oven. Sobat GoTravelly dapat dengan mudah menemukan kue ini di toko roti atau kafe yang ada di kota Gaziantep saat pagi hingga siang hari.

3. Kunefe

kunefe kue khas turki
frepik.com

Berikutnya ada sebuah kue khas bernama Kunefe yang cukup popular di Turki. Masih sama dengan kue sebelumnya kunefe akan memberimu cita rasa legit. Namun, kue ini juga memberikan taste gurih dari keju.

Makanan ini terdiri dari dua lapisan, yakni adonan kataifi yang dioles dengan mentega, dan diisi dengan krim keju. Lapisan selanjutnya adalah sirup gula yang dibuat dengan menggunakan jus lemon.

Kue ini biasanya dihidangkan dengan tambahan topping pistachio. Perpaduan rasa dari berbagai macam bahan yang digunakan dalam membuat Kunefe, akan memberimu cita rasa yang enak untuk sebuah kue keju.

Baca juga :  7 Kue Tradisional Khas Bone Cocok Buat Oleh Oleh

4. Burma Kadayıf

burma kadayif
flickr.com

Selanjutnya adalah menu makanan bernama BUrma Kadayif, kue ini juga dikenal sebagai varian kue Baklava. Bedanya, Burma Kadayif dibuat dengan menggunakan adonan kadayif parut yang digulung

Bentuknya berbeda, namun proses dan bahan yang digunakan serupa dengan Baklava. Burma Kadayif dibuat dengan gaya adonan yang dipelintir lalu dipanggang. Pada bagian atasnya disiram dengan sirup lemon dan ditambahkan dengan pistachio bubuk sebelum akhirnya disajikan ke padamu.

Selain menggunakan pistachio, Burma Kadayif juga sering ditemui menggunakan kacang kenari sebagai bahan paduannya. Kue dengan rasa gula yang manis ini sangat cocok dinikmati dengan secangkir teh atau kopi hangat.

5. Sigara Böreği

sigara boregi
flickr.com

Bosan dengan rasa manis, dan kamu cenderung suka kue dengan rasa yang gurih? Sigara boregi bisa menjadi salah satu varian kue yang dapat kamu nikmati di sana. Kue khas Turki berikut ini menawarkan cita rasa gurih perpaduan krim keju dan peterseli.

Bentuknya memanjang dengan lapisan yang tipis memberikan tekstur yang renyah saat digigit.

Adonan paling tradisional untuk kue goreng ini adalah yang menggunakan adonan yufka tipis. Namun tidak menutup kemungkinan ada banyak bahan lainnya seperti adonan phyllo yang seringkali juga digunakan untuk membuat Sigara Boregi.

Saat ini isian dari Sigara Boregi telah banyak varian. Tak hanya keju dan peterseli saja, melainkan ada juga yang menambahkan keju feta, kentang, bayam, atau daun bawang. Roti goreng ini sangat cocok menjadi menu sarapan di pagi hari atau camilan setiap saat.

6. Su Böreği

su boregi
flickr.com

Selanjutnya ada kue bernama Su boregi. Kue satu ini dikenal dengan proses pembuatannya yang sedikit merepotkan karena membutuhkan teknik dan kehandalan seorang pembuat kue khas Turki.

Baca juga :  10+ Rekomendasi All You Can Eat Bekasi dengan Harga Terjangkau

Makanan ini adalah menu kue dengan rasa gurih yang lezat. Jika diterjemahkan Su Boregi memiliki makna sebagai borek air, dimana adonan yang digunakan perlu direndam dengan kombinasi air, minyak zaitun, susu, dan telor. Selanjutnya adonan akan dipanggang.

Proses perendaman tersebut, menghasilkan adonan borek yang empuk dengan tekstur lembut berair yang menggiurkan. Makanan ini bisa menjadi menu yang cukup mengenyangkan untuk dinikmati. Rasanya yang gurih tak akan membuatmu mudah bosan atau enek.

7. Çiğ Börek

cig borek kue khas turki yang gurih
freepik.com

Kue dengan rasa gurih lainnya yang cukup menjadi menu favorit di Turki adalah Cig Borek. Makanan dengan bentuk yang menyerupai pastel atau jalangkote dari Indonesia ini, juga dibuat dengan bahan yang mirip.

Cig Borek dibuat dengan perpaduan adonan tepung, air, gula, minyak, dan garam. Sebagai isian di dalamnya, biasanya menggunakan daging giling yang telah dimasak dengan campuran rempah-rempah khas Turki, dan ditambahkan irisan bawang bombay. Ada juga varian yang menambahkan keju di dalamnya.  

Biasanya kue ini dinikmati dengan ayran, yoghurt khas Turki. Gimana menurutmu, apakah kue dengan tekstur renyah dan gurih ini cocok dengan selera kulineranmu sobat GoTravelly?

source: https://www.youtube.com/@JWestBros

Nah itulah beberapa varian kue khas Turki yang dapat kamu cicipi saat berkunjung ke negara tersebut. Setelah berjalan-jalan dan menikmati waktu perjalanan sembari berkulineran santai di sana, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh yang ada di sana juga ya!



Leave a Reply