10 Wisata Kuliner Makassar, Rasa yang Bikin Lidah Bergetar!


Jehan  November 23, 2023  0 Comment

Wisata Kuliner Makassar – Halo sobat kuliner! kali ini GoTravelly telah merangkum beberapa tempat makan legendaris di Makassar yang harus kamu coba. Ada banyak menu makanan khas dari Sulawesi Selatan yang siap membuat selera makanmu meningkat. Penasaran apa saja? yuk, langsung simak rekomendasi berikut ini.

wisata kuliner khas makassar
freepik.com

Lokasi Wisata Kuliner di Makassar

1. Pallu Basa Serigala

pallu basa kuliner khas makassar
instagram.com

Buat sobat GoTravelly yang suka daging, Pallu Basa adalah varian makanan khas Makassar yang wajib kamu cobain saat datang ke sana. Makanan yang satu ini adalah sajian yang tampilannya mirip dengan Coto Makassar.

Meskipun sepintas terlihat sama, kedua makanan tersebut berbeda loh. Pallu Basa dimasak dengan waktu yang cenderung lebih lama dan dalam bahan dasarnya menggunakan kunyit. Dari pada penasaran dengan rasanya, kamu bisa datang ke Pallu Basa Serigala untuk mendapatkan cita rasa yang autentik. Gimana, apakah kamu tertarik dengan makanan lezat berikut ini?

Lokasi Restoran

Jalan Serigala No. 54, Mamajang Dalam, Kecamatan Mamajang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90132, Indonesia.

Jam Operasional

Buka setiap hari, pukul 08:00 am – 10:00 pm.

2. Coto Daeng Sirua

coto daeng sirua kuliner makassar
instagram.com

Kalau sebelumnya makanan berkuah dengan warna lebih gelap dan keruh, kali ini cobain kuliner lainnya dari Coto Daeng Sirua yang mirip dengan pallu basa yuk. Tempat wisata kuliner khas Makassar berikut ini menjadi salah lokasi makan dengan menu coto yang tak pernah sepi pengunjung loh. Tipe kuah coto di sini memiliki warna cenderung putih.

Baca juga :  7 Churos Paling Enak dan Terkenal di Madrid, Gurihnya Mantul!

Selain itu, kuah dengan tekstur kental dari Coto Daeng Sirua memiliki cita rasa rempah yang enak. Sangat cocok dinikmati dengan ketupat yang telah tersedia di setiap meja. Kamu juga bisa menambahkan berbagai bumbu kondimen, sehingga cita rasa dari makananmu terasa semakin mantap dan nikmat.

Lokasi Restoran

Jalan Abdullah Daeng Sirua No. 10, Masale, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90231, Indonesia.

Jam Operasional

Buka setiap hari, pukul 08:00 am – 08:00 pm.

3. Coto Nusantara

coto nusantara
instagram.com

Rekomendasi wisata kuliner berikutnya ini masih memiliki menu andalan sama, yakni coto. Tempat makan bernama Coto Nusantara ini bisa kamu masukkan ke dalam daftar alternatif kulineranmu selama di kota Daeng.

Berbeda dengan coto di tempat sebelumnya, di Coto Nusantara kamu akan mendapatkan semangkuk coto dengan kuah berwarna pekat. Rasanya gurih dengan aromatik rempah yang khas.

Lokasi Restoran

Jalan Nusantara Baru No. 142, Ende, Kecamatan Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90173, Indonesia.

Jam Operasional

Buka setiap hari, pukul 07:00 am – 05:00 pm.

4. Konro Karebosi

konro karebosi
instagram.com

Kuliner lainnya yang patut dicoba selanjutnya adalah Konro Karebosi. Di restoran satu ini, kamu akan disambut dengan dua menu andalan, yakni konro bakar dan sop konro. Kedua menu tersebut memiliki cita rasa berbeda. Racikan bumbu yang pas dengan daging iga sapi yang lembut dan matang sempurna akan membuatmu terpikat.

Lokasi Restoran

Jalan Gn. Lompo Battang No. 41 – 43, Pisang Utara, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90115, Indonesia.
Jam Operasional

Buka setiap hari, pukul 10:30 am – 10:30 pm.

5. Pisang ijo Lasinrang

pisang ijo lasinrang
instagram.com

Setelah mengenal beberapa kuliner dengan rasa gurih, kini Pisang Ijo Lasinrang bisa menjadi pelengkap perjalanan wisatamu di Makassar. Pisang Ijo Lasinrang menawarkan rasa legit dengan sedikit perpaduan gurih. Tak hanya pisang ijo saja, mereka juga memiliki menu makanan khas Daeng lainnya.

Baca juga :  10 Makanan Khas Bojonegoro Dengan Rasa Ngangenin

Lokasi Restoran

Jalan Lasinrang No. 28, Mangkura, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90113, Indonesia.

Jam Operasional

Buka setiap hari, pukul 11:00 am – 10:00 pm.

6. Songkolo Bagadang Alhamdulillah

songkolo bagadang alhamdulillah
instagram.com

Makanan serupa nasi dengan lauk ini adalah salah satu makanan khas Makassar, Sulawesi Selatan. Jika kamu tertarik mencobanya, maka Songkolo Bagadang Alhamdulillah bisa menjadi tempat wisat kulineranmu berikutnya.

Makanan khas tersebut terbuat dari ketan hitam dengan rasa gurih. Di beberapa tempat lain, mungkin kamu akan menemukan varian ketan putih. Untuk menikmati Songkolo akan biasanya ditambah pelengkap dan dinikmati dengan parutan kelapa sangrai dan ikan teri. Agar membuat cita rasanya semakin enak, sobat GoTravelly juga bisa menambahkan sambal atau lauk lainnya yang tersedia di sana.

Lokasi Restoran

Jalan Antang Raya, Pannara No. 19, Antang, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90234, Indonesia.

Jam Operasional

Buka setiap hari, 24 jam.

7. Jalangkote & Lumpia Lasinrang ASLI

jalangkote kue khas makassar sulawesi selatan
instagram.com

Sudah mengenal beberapa jenis makanan, kini cobain juga jajanan khas Daeng, yakni jalangkote. Sebagai seorang pecinta kuliner, sobat GoTravelly harus mencoba salah satu kue tradisional dari Makassar yang satu ini.

Jalangkote memiliki bentuk serupa pastel, bukan? kedua jajanan pasar tersebut memang mirip. Hanya saja Jalangkote memiliki tekstur kulit yang lebih tipis dengan ukuran kuenya yang lebih besar. Makanan yang satu ini bisa menjadi camilan saat perjalanan atau oleh-olehmu.

Lokasi Restoran

Jalan Lasinrang No. 11 A, Sawerigading, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90114, Indonesia.

Jam Operasional

Buka setiap hari, pukul 07:00 am – 09:00 pm.

8. Pisang Epe’ Mandiri

pisang epe mandiri
instagram.com

Masih dengan rekomendasi jajanan yang mantap nih! Tempat yang satu ini wajib masuk ke dalam daftar wisata kulineran selama di Makassar, terlebih untuk sobat GoTravelly yang suka pisang dan rasa legit.

Baca juga :  10 Kuliner Legendaris di Solo, Enak Tenan Lho

Pisang Epe merupakan salah satu jajanan khas yang banyak diminati, baik oleh masyarakat lokal hingga para turis. Rasa utamanya yang tradisional adalah pisang bakar yang dipadukan dengan saus gula merah. Namun di Pisang Epe Mandiri, kamu bisa menikmati varian pisang epe lainnya sesuai seleramu.

Lokasi Restoran

Jalan Ali Malaka No. 45, Maloku, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90111, Indonesia.

Jam Operasional

Buka setiap hari, pukul 06:10 pm – 12:00 am

9. Kapurung Kasuari

kapurung kasuari
instagram.com

Lagi, referensi kuliner yang tak boleh dilewatkan begitu saja, yakni menikmati kapurung di RM. Kapurung Kasuari. Makanan yang satu ini adalah sajian dengan bahan utama sari tepung sagu yang dipadukan dengan kuah khas. Kamu dapat menikmati kapurung yang dikombinasikan dengan beberapa lauk, seperti ikan, udang atau ayam.

Lokasi Restoran

Jalan Kasuari No. 4 – 2, Kunjung Mae, Kecamatan Mariso, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90113, Indonesia.

Jam Operasional

Buka setiap hari, pukul 07:30 am – 10:00 pm.

10. Warung Sop Ubi & Nasi Rawon Datumuseng

sop ubi daumuseng
instagram.com

Sebagai penutup referensi wisata kuliner untuk sobat GoTravelly yang ada di Makassar, yuk cobain Sop Ubi di Datumuseng. Hidangan tradisional yang sederhana ini memiliki cita rasa lezat yang akan memanjakan perutmu.

Isian di dalamnya menggunakan potonga ubi, daging sapi, sohun, dan tauge. Setelah mangkuk diisi dengan bahan-bahan tersebut, lalu ditambahkan kuah sop yang memiliki rasa kaldu bening super lezat.

Lokasi Restoran

Jalan Datu Museng, Losari, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90111, Indonesia.

Jam Operasional

Buka setiap hari, pukul 07:00 am – 08:30 pm.

source: https://www.youtube.com/@Jokowi

Sobat GoTravelly, itulah beberapa tempat wisata kulineran di Makassar yang mantap dan harus kamu coba satu per satu. Jadi, mau mulai perjalanan kuliner dari mana dulu nih? yuk, bagikan pengalamanmu bersama GoTravelly ya!



Leave a Reply