7 Jajanan Khas Pecinan di Semarang Wajib Bawa Pulang


sisil angelin  August 31, 2021  0 Comment

Kota Semarang memang menjadi salah satu kota yang menyenangkan di Jawa Tengah, dan Semarang menjadi salah satu tujuan wisatawan untuk menghabiskan waktu dengan destinasi wisatanya yang banyak juga kulinernya seperti Jajanan Khas Pecinan Semarang. Selain memiliki banyak sekali destinasi wisata dengan spot yang instagrammable Kota Semarang juga menjadi surganya kuliner, dan bahkan ada wisatawan yang rela jauh hanya untuk menjelajahi kuliner yang unik di Kota Semarang. Jadi beberapa kuliner di Semarang ini memang memiliki beragam budaya dari Jawa, Arab, Belanda, dan masakan Tiongkok bisa kalian temukan di Kota Semarang. Karena keragaman hidangan inilah membuat wisatwan penasaran untuk datang ke Kawasan Pecinan Semarang, dan saat berada disini kalian akan dimanjakan dengan beraneka jajanan. Sembari kalian bisa menikmati beraneka jajanan kalian bisa melihat Klenteng Tay SIe yang ada dikawasan ini, dan tempat itu juga kini menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Kota Semarang. Nah untuk kalian yang berada dikawasan Pecinan Semarang bingung ingin mencoba hidangan apa yang enak, kalian tidak perlu khawatir karena kali ini GoTravelly bakalan kasih tau kalian beberapa jajanan yang enak, dan pastinya wajib kalian coba saat berada di Kota Semarang. Dari pada penasaran langsung aja yuk simak artikel dibawah ini!

1. Lumpia Gang Lombok

Lumpia Gang Lombok
samkuliner.com

Jajanan Khas Pecinan Semarang yang akan kita bahas pertama ini adalah Lumpia Gang Lombok. memang Lumpia Gang Lombok ini sangat terkenal di Kota Semarang, dan memiliki antrian panjang. saat itu saya juga pernah ke Lumpia Gang Lombok memang banyak banget orang yang antri, bahkan penjual dari Lumpia Gang Lombok ini mengatakan sebaiknya pesan 1 hari sebelumnya, karena pesanan hari ini sudah pesanan pelanggan dari hari kemarin, dan untuk kalian yang benar-benar beruntung bisa mendapatkan Lumpia Gang Lombok saat mampir kesini. Jadi diharapkan bersabar, dan sebaiknya pesan terlebih dahulu. Lumpia Gang Lombok ini dekat sekali dengan Kelenteng Tay Kak Sie, dan Lumpia Gang Lombok ini menjadi salah satu oleh-oleh khas Semarang yang sangat terkenal menjadi buruan wisatawan. Jadi 1 porsi Lumpia Gang Lombok ini terdiri dari daging udang, daging ayam, telur, rebung, dan saus khas yang mantap banget dimakan bersama Lumpia Gang Lombok. Sedangkan harga dari Lumpia Gang Lombok ini sekitar 17 ribu, dan meskipun memiliki harga yang lumayan mahal. Namun dengan harga segini kalian tidak akan rugi, dan isian dari Lumpia Gang Lombok ini memang full daging serta rebung.

Gotravelly

Jajan Hemat Di Semarang? Cobain Mie Kopyok Yuk!

Ayam Goreng Pak Supar, Semarang

2. Pia Yong Yen

Pia Yong Yen
tokopedi.com

Pia Yong Yen ini adalah pia khas Jogja yang diburu wisatawan, dan Pia Yong Yen ini memang memiliki rasa yang lezat. Jadi Pia Yong Yen ini merupakan camilan khas Tiongkok yang biasanya dimakan saat bulan purnama, dan Pia Yong Yenini memiliki tekstur yang crunchy. Uniknya Pia Yong Yen ini memiliki banyak sekali varian rasa diantaranya ada rasa gula aren, kacang hijau, tausi, dan masih banyak lagi varian rasa Pia Yong Yen. Untuk menemukan Pia Yong Yen ini kalian bisa mampir ke Jln. Gang Pinggir no.78 Semarang, dan harga dari Pia Yong Yen ini dibandrol sekitar 4 ribu saja untuk 1 biji Pia Yong Yen.

3. Es Krim Kunir Asem

es kunir asam Semarang
idntimes.com

Jika selama ini kita hanya mencoba es krim rasa vanila, cokelat, strawberry, dan apa jadinya jika rasa es krim kunir asem? apakah seperti minum jamu? Nah dari pada kalian penasaran langsung aja yuk guys mampir ke Makuta Jamu Cafe yang ada di Jln. Gang Pinggir No. 38 Semarang. Saat berada disini kalian bisa mencicipi bagaimana rasanya Es Krim Kunir Asem, dan uniknya Es Krim Kunir Asem ini akan disajikan dengan kue lidah kucing yang akan menghilangkan rasa pahit pada dessert Es Krim Kunir Asem ini. Untuk harga Es Krim Kunir Asem ini dibandrol sekitar 16 ribu saja, dan Es Krim Kunir Asem ini cocok banget dinikmati saat udara panas di Kota Semarang. Jadi jangan lewatkan ya guys cobain Es Krim Kunir Asem.

4. Leker

Leker Jajanan Khas Pecinan di Semarang
seputarsemarang.com

Jajanan Khas Pecinan Semarang yang ini memang memiliki banyak sekali penggemar, dan dengan menikmati leker membuat kita bernostalgia dengan camilan masa kecil. Nah untuk menemukan leker di Kawasan Pecinan bisa mampir ke Gang Gambiran, dan untuk 1 leker bisanya dijual sekitar 4 ribu saja. Camilan yang satu ini cocok banget menjadi camilan setelah menikmati makanan berat, dan memang leker di Kota Semarang ini memiliki ciri kas yang lebih garing serta isiannya memang lebih berisi dari pada leker pada umumnya. Jadi tunggu apalagi yuk berburu jajanan nusantara di Kota Semarang.

5. Es Gempol

Jajanan Khas Pecinan di Semarang
travelingyuk.com

Panasnya cuaca di kota Semarang memang paling enak menikmati Es Gempol yang terdiri dari Pleret yaitu adonan yang terdiri dari tepung ketan, gula halus, dan adonan putih bulat yang akan dicampur dengan kuah santan serta es batu yang melimpah sehingga membuat Es Gempol ini terasa sangat menyegarkan! Jadi untuk kamu yang ingin menikmati Es Gempor ini bisa membelinya dengan harga 8 ribu saja, dan Es Gempol ini sangat mudha ditemukan dibeberapa kawasan yang ada di Kota Semarang.

6. Es Puter Cong Lik

Jajanan Khas  Semarang
detikfood.com

Tempat yang akan kita bahas kali ini memang menjadi salah satu es puter tradisional yang legendaris di Kota Semarang, dan sudah ada sejak tahun 1982 hingga saat ini. Jadi Es Puter Cong Lik ini memang memiliki cita rasa yang khas, dan tidak pernah berubah dari dahulu. Hal inilah yang membuat Es Puter Cong Lik ini legendaris, dan menjadi salah satu jajanan dikawasan Pecinan yang wajib dikunjungi. Meskipun Es Puter Cong Lik ini hanya warung sederhana, namun Es Puter Cong Lik ini memiliki antrian yang panjang, dan Es Puter Cong Lik ini menawarkan rasa yang banya. Diantaranya ada rasa durian, kopyor, alpukat, cokelat, dan salah satu Es Puter Cong Lik yang disukai pelanggan adalah rasa durian. Jadi 1 porsi es durian disini terdiri dari mutiara, buah lontar, es puter rasa durian, dan ada 1 potong durian utuh yang siap memanjakan lidah kalian saat berada di Es Puter Cong Lik untuk harga es puter durian ini sekitar 30 ribu, dan untuk varian rasa lainnya sekitar 25 ribu saja.

7. Pisang Plenet Pak Tuko

Pisang Plenet Pak Tuko
luvinary.com

Tempat yang akan kita bahas diurutan terakhir ini adalah Pisang Plenet Pak tuko, dan jajanan ini memang memiliki rasa yang manis serta tekturnya yang gurih bikin siapa saja ketagihan untuk mencobanya. Pisang Plenet Pak Tuko juga termasuk jajanan legendaris di Kota Semarang yang sudah ada sejak tahun 1960, dan menawarkan 11 varian rasa yang siap memanjakan kalian saat mencicipi Pisang Plenet Pak Tuko. Namun yang paling sering dibeli pelanggan adalah Pisang Plenet rasa original yang terdiri dari mentega serta gula, dan buah pisang yang manis. Memang sederhana Pisang Plenet, namun Pisang Plenet Pak Tuko ini tidak pernah sepi dengan pengunjug setiap harinya, dan 1 porsi Pisang Plenet Pak Tuko ini dijual dengan harga 13 ribu saja.

Gimana kuliner di Kota Semarang ini menarik, dan bikin ngilerkan guys! Nah tunggu apalagi yuk buruan berburu kuliner di Kota Semarang.



Leave a Reply