7 Gurun di Afrika Berkontur Unik Sajikan Pemandangan Epik


prita  July 8, 2020  0 Comment

Planet Bumi terdiri dari berbagai bentang alam yang luar biasa indahnya, mulai dari daratan yang luas, lautan yang dalam, gunung yang tinggi hingga danau. Diantara beberapa bentang alam yang menakjubkan tersebut, ada salah satu yang cukup menarik dengan kontur unik yaitu gurun pasir atau desert. Bumi ini memang memiliki banyak sekali gurun pasir yang luas juga panas dan salah satu kawasan yang memiliki banyak gurun pasir adalah Afrika. Gurun di Afrika memang terkenal sangat luas dan panas, namun juga memiliki pemandangan yang luar biasa.

Sekilas tentang Gurun di Afrika

Menurut Wikipedia, gurun atau padang pasir merupakan sebuah daerah yang curah hujannya sangat rendah, yaitu kurang dari 250 mm per tahun. Gurun juga dianggap memiliki kemampuan yang kecil untuk mendukung kehidupan, jika dibandingkan dengan wilayah yang lebih basah.

Gurun memiliki beberapa ciri, sepeti sebagian besar wilayahnya terdiri dari permukaan batu karang, bukit pasir dan permukaan berbatu. Ciri lain dari gurun adalah air tanahnya cenderung asin, hal ini dikarenakan oleh larutan garam dalam tanahnya yang cenderung tidak berpindah.

Meskpun dianggap sebagai kawasan yang memiliki kemampuan kecil untuk mendukung kehidupan, bukan berarti tak ada yang bisa tumbuh di gurun. Disini kamu bisa menemukan beberapa jenis flora dan fauna yang hidup di gurun. Misalnya seperti tanaman Baobabs dan Akasia. Beberapa hewan besar yang bisa survive di gurun, seperti unta, macan tutul, ular, hamster dan tikus.

Berikut Gurun Terindah di Afrika

1. Gurun Kalahari

gurun kalahari
journeysinternational.com

Gurun di Afrika yang pertama adalah Gurun Kalahari. Gurun Kalahari ini berlokasi di bagian selatan Afrika dan memiliki luas mencapai 900.000 kilometer persegi.

Gurun ini membantang dari sebagian besar Botswana hingga beberapa bagian dari Namibia dan Afrika Selatan. Gurun ini adalah semi gurun yang memiliki bagian kering dan padang rumput jika terjadi hujan.

Sungai Okavango juga mengalir melalui Gurun Kalahari ini dan juga beberapa sumber mata air non permanen mengalir disini pada musim hujan. Karena menjadi akses terhadap mata air, Gurun Kalahari menjadi rumah bagi beberapa hewan seperti Antelop, Hyena, Merkat, Singa dan berbagai reptile juga burung.

Gotravelly

Glamping Seru Plus Camel Safari Di Perbatasan India Pakistan. Wajib Cobain!

Explore Jaisalmer Fort, Benteng Kebanggan Jaisalmer

2. Gurun Namib

gurun namib
windows10spotlight.com

Gurun di Afrika selanjutnya adalah Gurun Namib. Gurun seluas 81.000 kilometer persegi ini dianggap sebagai gurun tertua di dunia karena dipercaya telah ada sejak puluhan juta tahun lalu.

Gurun Namib membentang sepanjang pesisir Atlantik di Afrika Selatan, meliputi Angola, Namibia dan Afrika Selatan. Gurun ini menyatu dengan Gurun Kalahari du kawasan selatan. Uniknya, Gurun Namib memiliki beberapa bukit pasir tertinggi di bumi ini yang mencapai 300 meter.

Gurun ini memiliki iklim yang gersang karena interaksi antara angina Namib kering dan arus Banguela Atlantik. Inilah yang membentuk kabut padat yang menyediakan sumber air utama bagi banyak tanaman dan hewan di gurun.

3. Gurun Karoo

Gurun Terindah di Afrika
countrylife.co.za

Gurun Karoo juga menjadi salah satu gurun di Afrika yang cukup menarik untuk dijelajahi. Gurun Karoo sebenarnya adalah semi gurun jika didefinisikan secara topografi, geologi dan ilkim. Gurun ini memiliki curah hujan yang sangat rendah per tahunnya dan cuaca yang cukup ekstrem.

Gurun ini dibagi menjadi dua kawasan yang berbeda, yaitu Succulent Karoo Biome ke arah barat dan Nama Karoo Biome yang mencakup dataran tinggi Afrika Selatan. Gurun Karoo sangat kaya akan aneka ragam flora dan memiliki air di bawah tanah pada seluruh gurun ini. Air ini yang disadap selama puluhan tahun untuk megaliri kebutuhan di di pemukiman terdekat.

4. Gurun Danakil

Danakil
adventure.com

Gurun di Afrika selanjutnya adalah Gurun Danakil. Gurun seluas 136.956 kilometer persegi ini berada di Afar Triangle yang membentang di timur laut Ethiopia dan Pantai Selatan Eritrea dan Barat laut Djibouti.

Gurun Danakil ini menjadi salah satu tempat yang paling ekstrem di seluruh benua Afrika karena memiliki Danau Lava, gunung berapi, geyser, air panas dan beberapa danau garam berwarna-warni yang luar biasa.

Curah hujan di Gurun Danakil ini terbilang cukup rendah, yaitu kurang dari satu inci per tahunnya. Gurun Danakil ini juga dinobatkan sebagai tempat paling rendah dan paling panas di bumi karena suhunya mencapai hingga 50 derajat celcius.

5. Gurun Chalbi

Chalbi
heregoeskenya.com

Gurun di Afrika selanjutnya ada Gurun Chalbi. Gurun Chalbi ini memiliki luas hingga 100.000 kilometer persegi.

Gurun Chalbi berada di sebelah rimut Danau Turkana yang berada di Kenya dan gurun ini menjadi salah satu tempat terpanas dan paling gersang di Kenya. Nama Chalbi berasal dari dialek Gabbra yang berarti ‘kosong dan asin’. Hal ini sangat sesuai dengan keadaan  gurun ini yang hamparan tanahnya sangat luas dan tanahnya kering berhiaskan bebatuan.

6. Gurun Nyiri

Nyiri
heregoeskenya.com

Gurun Nyiri menjadi salah satu gurun di Afrika yang juga cukup populer. Gurun ini memiliki luas mencapai 700 kilometer persegi yang membentang di Kenya Selatan diantara Amboseli, Tsavi West dan Taman Nasional Nairobi.

Gurun Nyiri yang juga dikenal sebagai Nyika atau Gurun Taru ini masih berada di wilayah Gunung Kilimanjaro dan berkontribusi pada tingkat curah hujan yang sangat rendah. Meskipun begitu, ada beberapa mata air besar yang mampu mendukung mamalia besar yang hidup di kawasan ini, seperti gajah, jerapah, singa, macan tutul, badak dan kudu. Selain hewan, mata air tersebut juga mampu menghidupi pohon-pohon kecil khas gurun, seperti Baobabs.

7. Gurun Sahara

Sahara
livescience.com

Gurun di Afrika yang terakhir ini sudah pasti diketahui oleh semua orang, pasalnya kepopulerannya sudah mendunia. Gurun Sahara tak hanya menjadi gurun paling luas di Afrika, tapi juga menjadi gurun paling luas di dunia.

Gurun Sahara memiliki luas hingga 9.2 juta kilometre persegi yang meliputi 12 negara yang salah satunya adalah kawasan Afrika Utara. Gurun ini berbatasan dengan Pegunungan Atlas dan Laut Mediterania di sebelah utara, Laut Merah di sebelah timur, Samudera Atlantik di sisi barat dan wialayah Sahel di sebelah selatan.

Gurun Sahara tidak menjadi satu wilayah saja, namun terdiri dari beragam daerah dengan tingkat curah hujan , suhu, tanaman hingga satwa liar yang berbeda-beda. Untuk itulah Gurun Sahara memiliki berbagai medan termasuk bukit pasir, gunung berpasir, dataran berbatu dan oasis.

Demikianlah 7 gurun di Afrika yang cukup populer. Sebenarnya masih ada beberapa gurun lagi yang cukup menarik untuk ditelisik, namun 7 gurun diatas adalah yang paling dikenal oleh dunia. Jika kamu suka menjelajah, berani mencoba menjelajah salah satu dari ketujuh gurun diatas?



Leave a Reply