7 Jajanan Khas Mojokerto, Enaknya Kebangetan lho


Fida  February 15, 2021  0 Comments

Mojokerto menjadi salah satu kota di Jawa Timur yang menawarkan cukup banyak tempat wisata serta kuliner khas. Berbagai kuliner di Mojokerto menawarkan cita rasa lezat dan menggugah selera termasuk jajanan Khas Mojokerto. Tidak hanya kuliner yang berupa makanan berat, Mojokerto juga memiliki beberapa camilan khas yang sayang untuk tidak Anda coba.

Berbagai camilan khas Mojokerto tentu sangat mudah dijumpai ketika Anda berada di kota ini. Selain bisa menikmati di tempat, beberapa camilan khas Mojokerto juga cocok dipilih sebagai oleh-oleh. Berikut Jajanan Khas Mojokerto yang wajib dicoba

1. Onde-onde

Onde-onde
yummy.co.id

Onde-onde merupakan salah satu camilan khas Mojokerto yang cukup populer dan mudah dijumpai. Camilan yang satu ini banyak dipilih wisatawan sebagai oleh-oleh sepulang dari Mojokerto. Banyaknya penjual onde-onde menjadikan Kota Mojokerto juga dikenal dengan sebutan Kota Onde-onde. Terdapat salah satu monumen berbentuk onde-onde di Mojokerto yang bisa Anda saksikan di Jalan Raden Wijaya. Di tahun 2017, Mojokerto juga pernah mendapat rekor MURI karena membuat onde-onde terbanyak yakni 20.400 buah.

Camilan yang satu ini dibuat dengan isian kacang tanah atau kacang hijau yang ditumbuk. Bentuknya yang bulat dan memiliki taburan wijen menjadi salah satu ciri khas onde-onde. Salah satu tempat yang cukup legendaris untuk membeli onde-onde di Mojokerto adalah di Onde-onde Bo Liem yang berlokasi di Jalan Empu Nala No.43. Onde-onde Bo Liem telah ada sejak tahun 1929 sehingga tidak perlu diragukan lagi soal cita rasa dan kelezatannya.

review wisata

Petirtaan Candi Tikus Mojokerto

Warung Wader Bu Tin Asli Majapahit. Sambelnya Nagih!

2. Keciput Wijen

keciput wijen
resepkuerenyah.com

Salah satu camilan khas Mojokerto yang sayang untuk tidak dicoba adalah keciput wijen. Jika dilihat sekilas, camilan yang satu ini memiliki tampilan mirip dengan onde-onde, hanya saja berukuran lebih kecil. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah menjadikan camilan yang satu ini banyak disukai oleh semua kalangan.

Keciput wijen sangat mudah dijumpai baik di pasar swalayan, pasar tradisionall, hingga toto-toko kue. Salah satu oleh oleh atau camilan khas Mojokerto yang wajib Anda coba.

3. Kerupuk Upil

 Kerupuk Upil
diadona.id

Sudah pernah mendengar sebutan kerupuk upil? Kerupuk upil merupakan salah satu camilan khas Mojokerto yang disukai oleh banyak kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kerupuk upil merupakan olahan kerupuk yang dimasak dengan cara digoreng bukan menggunakan minyak goreng melainkan menggunakan pasir. Sebelum digunakan, pasir terlah dicuci bersih dan dikeringkan terlebih dahulu. Kerupuk upil biasa disajikan dengan berbagai pilihan warna seperti merah, putih, dan kuning.

Kerupuk upil lezat dinikmati langsung maupun ditambahkan bumbu. Bumbu yang cocok digunakan untuk menikmati kerupuk upil adalah sambel petis. Anda bisa menikmati kerupuk upil sembari bersantai atau membelinya untuk oleh-oleh.

4. Kerupuk Rambak

Kerupuk Rambak
medium.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan camilan kerupuk rambak. Camilan yang satu ini juga biasa disebut dengan kerupuk kulit. Sesuai dengan namanya, kerupuk rambak dibuat dengan bahan dasar kulit sapi yang telah dikeringkan. Cita rasa yang gurih dan teksturnya yang khas menjadikan kerupuk rambak banyak diminati dan diburu oleh wisatawan.

Di Mojokerto, Anda bisa dengan mudah menjumpai penjual kerupuk rambak di kawasan Kecamatan Trowulan serta jalan raya Kecamatan Bangsal. Anda bisa membeli kerupuk rambak yang sudah digoreng atau siap makan. Selain itu, Anda juga bisa membeli krecek atau kerupuk rambak yang belum di goreng. Biasanya krecek menjadi pilihan agi wisatawan yang ingin membawa oleh-oleh dari Mojokerto. Harganya yang cukup terjangkau dan rasanya yang lezat menjadikan camilan khas Mojokerto ini sayang untuk Anda lewatkan.

5. Kerupuk Memble

Kerupuk Memble
topijelajah.com

Salah satu jajanan khas Mojokerto yang sayang untuk dilewatkan adalah kerupuk memble. Kerupuk yang satu ini cukup mudah dijumpai di daerah Mojokerto baik di pedagang kaki lima maupun di warung-warung kecil. Meskipun termasuk camilan tradisional, kerupuk memble masih banyak dicari hingga saat ini. Cita rasa yang gurih dan tekstur yang renyah menjadikan camilan yang satu ini sayang untuk tidak Anda coba.

Ciri khas dari kerupuk membeli adalah bentuknya yang panjang dan warnanya yang putih. Proses pengolahan camilan yang satu ini bisa dikatakan cukup rumit karena harus melalui dua kali proses penggorengan. Kerupuk memble digoreng dengan minyak dengan suhu yang berbeda yakni minyak panas dan minyak suhu sedang. Hal tersebut bertujuan agar kerupuk memble bisa mengembang dengan sempurna dan memiliki tekstur yang lebih renyah. Kerupuk yang satu ini cocok digunakan sebagai oleh-oleh sepulang dari kota Mojokerto.

6. Sate Keong

 Sate Keong
javatravel.net

Salah satu jajanan khas Mojokerto yang wajib Anda coba selanjutnya adalah sate keong. Sesuai dengan namanya, cemilan yang satu ini menggunakan keong sebagai bahan utamanya. Keong yang dijadikan bahan dasar pembuatan sate keong berasal dari keong yang didapat masyarakat di persawahan. Sate keong disusun seperti bentuk sate pada umumnya. Di Mojokerto, Anda bisa dengan mudah menjumpai penjual sate keong.

Sate keong biasa dinikmati langsung atau ditambah dengan nasi. Proses pengolahan dapat dikatakan cukup sulit karena harus melepas keong dari cangkang satu-persatu. Sebelum dibakar, keong terlebih dahulu direbus, dikupas, dan disiram dengan bumbu sate keong yang memiliki cita rasa lezat beserta khas. Saat datang ke Mojokerto, tidak ada salahnya untuk mencoba salah satu camilan khas Mojokerto yakni sate keong.

7. Bubur Sruntul

Bubur Sruntul
cookpad.com

Diantara banyaknya jajanan khas Mojokerto, bubur sruntul menjadi salah satu yang wajib Anda coba. Kuliner yang satu ini memiliki bahan utama tepung sagu yang diolah menjadi menjadi sruntul. Seru untuk dihidangkan bersama dengan santan kental yang lembut. Cita rasa manis yang ditawarkan oleh bubur sruntul menjadikan hidangan yang satu ini banyak diminati. Bubur sruntul menjadi salah satu hidangan yang mudah dijumpai baik di pedagang kaki lima maupun pasar tradisional. Meskipun termasuk camilan yang sudah ada sejak lama, saat ini tidaklah sulit untuk menemukan penjual bubur sruntul. Bubur sruntul banyak diburu di pagi hari.

Salah satu tempat menikmati bubur sruntul enak di Mojokerto adalah Bubur Sruntul Bu Saudah yang berlokasi di Jalan Mayjen Sungkono. Selain menawarkan harga yang terjangkau, pengunjung juga akan dimanjakan dengan cita rasanya yang lezat di Bubur Sruntul Bu Saudah Mojokerto.

Nah, di atas merupakan daftar 7 camilan khas Mojokerto. Beberapa camilan khas Mojokerto bisa Anda nikmati di tempat maupun Anda pilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Saat datang ke Mojokerto, tidak ada salahnya untuk mencoba salah satu camilan di atas.



Leave a Reply

One Response
  1. isen mulang konveksi says:

    konveksi terpercaya di papua