Petirtaan Candi Tikus Mojokerto 2019

pertirtaan candi tikus

Effida | Explorer
Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia | City Trip
05 Jan 2020


Petirtaan Candi Tikus Mojokerto 2019
Wisata yang ingin aku kunjungi di Mojokerto kemaren salahsatunya adalah Candi Tikus..

How to Get There

Berangkat dari Surabaya, perjalanan menuju Candi Tikus ditempuh dengan waktu kurang lebih 1,5 jam perjalanan. Karena sebelumnya udah pernah ke Candi Tikus, jadi nggak perlu pake gmaps deh. Karena temanya bikepacker banget nih, jadi aku dan temenku pake kendaraan roda 2 menuju ke Candi Tikus.

Kalau dari Surabaya, setelah dari perempatan trowulan itu kalian belok kiri. Kemudian lanjut deh ngikutin papan penunjuk jalan. Pengunjung akan sampai di Candi Tikus setelah melewati Candi Bajang Ratu, Museum Majapahit, dan Kolam Sigaran.

What to Do

Tiket masuk Candi Tikus dibandrol dengan harga Rp 3000,- per orang. Biaya parkirnya gratis untuk kendaraan roda 2. Pertama masuk, pengunjung akan disuguhkan dengan banyaknya penjual makanan di depan.

Yap, yang aku suka dari Candi Tikus adalah selain arsitektur candinya yang unik, juga rerumputannya yang luas dan segar. Jam berkunjung yang paling pas untuk menuju Candi Tikus adalah di pagi atau sore hari, kalo siang mah panas banget.

pertirtaan candi tikus

pertirtaan candi tikus

pertirtaan candi tikus

Sempet kaget karena pas ke Candi Tikus kemaren airnya kering, huhu. Katanya sih sumber air di Candi Tikus ini akan ada lagi di sekitaran bulan Februari. Baru kali ini sih liat Candi Tikus mengering. Mumpung lagi kering, boleh deh sesekali masuk buat berburu foto keren, hihi.

Candi Tikus banyak tikusnya? Mmm, menurut pemaparan bapak yang ada disana, katanya sih Candi Tikus ditemukan pas musim hama tikus di persawahan warga. Kurang paham juga sih aku tikusnya ada di candi ini atau enggak. Arsitektur candi ini juga keren banget. Bentuk candinya emang lebih kecil dari candi lain yang ada di Mojokerto. Selain kecil, candi ini juga terbentuk di cekungan tanah, beda dengan candi lain yang kebanyakan berbentuk tinggi ke atas.

pertirtaan candi tikus

pertirtaan candi tikus

Candi Tikus dulunya ditemukan saat terkubur di dalam tanah lho. Kemudian dilakukan penggalian pada tahun 1914. Setelah itu dilakukan pemugaran pada tahun 1984 – 1985. Nah, yang sampe sekarang belum diketahui adalah kapan, untuk apa, dan oleh siapa candi tikus ini dibangun. Masih belum ada yang tahu dan dimpang diur hingga saat ini.

Di bagian depan Candi Tikus memang tertulis ‘petirtaan’ yang kurang lebih memiliki arti ‘perairan’. Masih simpang siur juga hingga saat ini, sebagian pakar bilang bahwa Candi Tikus dulunya adalah tempat pemandian keluarga raja, dan sebagian pakar lagi bilang kalau Candi Tikus adalah tempat penampungan dan penyaluran air bagi warga Trowulan.

pertirtaan candi tikus

pertirtaan candi tikus

Candi Tikus juga terkenal dengan bangunannya yang memiliki 2 jenis batu bata, lain halnya dengan candi lain yang rata rata hanya dibangun dengan 1 jenis bata saja. Candi Tikus dibangun dengan perpaduan batu bata dan batu andesit. Hal itu juga yang menyebabkan dugaan bahwa candi ini dibangun dengan 2 tahap.

Candi Tikus juga sering digunakan sebagai tujuan wisata edukasi bagi anak sekolah, organisasi pramuka, dll. Kemaren pas kesini juga barengan dengan rombongan anak sekolah bersama orang tuanya. Ada yang sangat disayangkan pada hari itu, yakni mereka yang datang membuang sampah sembarangan huhu padahal awalnya bersih banget.

pertirtaan candi tikus


Jangan lupa cobain mampir ke Candi Tikus ya kalo ke Mojokerto. Arsitekturnya yang unik dijamin bikin betah deh!

Tips and Trick
  • Jangan mengotori area candi
  • Jangan membuang sampah sembarangan
  • Patuhi peraturan yang ada
  • Jangan lupa membawa camera
  • Datang di pagi atau sore hari
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY