Menapaki 7 Air Terjun di Kalimantan Selatan Yang Jarang Dijamah


Fida  October 11, 2021  0 Comment

Saat ingin menenangkan diri atau melepas penat, tempat wisata alam menjadi pilihan yang tepat untuk Anda datangi. Kalimantan Selatan menawarkan banyaknya tempat wisata alam salah satunya adalah air terjun. Berikut daftar 7 rekomendasi air terjun di Kalimantan Selatan yang dikenal menawarkan pemandangan indah dan memanjakan mata.

1. Air Terjun Haratai

air terjun haratai
travel.detik.com

Salah satu yang cukup populer dan bisa Anda kunjungi adalah Air Terjun Haratai. Air terjun yang satu ini dapat Anda kunjungi di kawasan Loksado, Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan.

Saat menuju ke lokasi air terjun, pengunjung akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan selama perjalanan. Anda dapat menjumpai hutan Meratus yang asri dan alami serta sungai yang mengalir deras. Tidak hanya itu, pengunjung juga akan melewati bukit-bukit serta jembatan gantung dan perkebunan karet.

Air terjun yang satu ini menawarkan keindahan luar biasa dengan aliran air yang deras dan jernih. Di sekeliling air terjun, pengunjung juga akan dimanjakan dengan indahnya tebing dan banyaknya tumbuhan. Tempat wisata alam yang satu ini sangat cocok didatangi bagi Anda yang ingin menenangkan diri. Pengunjung juga dapat menjumpai banyaknya spot menarik yang dapat di manfaatkan untuk berfoto. Saat ingin mengunjungi salah satu air terjun di Kalimantan Selatan, Anda dapat datang ke indahnya air terjun yang satu ini.

Menapaki Indahnya Coban Rondo, Air Terjun Legendaris Dengan Pemandangan Asri

Air Terjun Coban Cemoro Gading Yang Jarang Terjamah Dan Alami

2. Air Terjun Bajuin

air terjun bajuin
banjarmasin.tribunnews.com

Air Terjun Bajuin , Air terjun yang satu ini beralamat di desa Sungai Bakar, Kecamatan Bajuin, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Air terjun yang satu ini dikenal menawarkan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Pemandangan yang asri dan alami juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk datang ke air terjun yang satu ini.

Air Terjun Bajuin dikenal memiliki tiga aliran air terjun dari ketinggian yang berbeda-beda. Anda dapat menjumpai berbagai jenis burung serta tanaman anggrek hutan. Pengunjung dapat mencoba berbagai hal seru saat datang ke air terjun ini seperti hiking, climbing, dan juga tracking. Bagi pecinta foto, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan berbagai spot menarik dan instagramable yang ada.

3. Air Terjun Mandin Mengapan

air terjun mandin mengapan
youtube.com

Air Terjun Mandin Mengapan, Air terjun yang satu ini berlokasi di daerah pegunungan Meratus, Desa Paramas Atas, Kecamatan Paramas, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Meskipun pengunjung harus merasakan lelah untuk tiba di lokasi air terjun, tetapi rasa lelah akan terbayar lunas saat Anda melihat pemandangan yang menakjubkan. Air Terjun Mandin Mengapan memiliki ketinggian mencapai 30 meter. Tempat wisata alam yang satu ini sangat cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin menyegarkan pikiran maupun menenangkan diri.

Di sekitar lokasi wisata Air Terjun Mandin Mengapan, pengunjung dapat melihat langsung kebudayaan suku Dayak Paramas. Air terjun yang satu ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi bagi Anda yang ingin datang ke salah satu air terjun di Kalimantan Selatan. Pemandangan yang masih sangat asri dan alami dijamin membuat pengunjung betah untuk menghabiskan waktu berlibur di air terjun ini.

4. Air Terjun Minanga

air terjun minanga
banjarmasin.tribunnews.com

Air Terjun Minanga, Air terjun yang satu ini berlokasi di kawasan Waduk Riam Kanan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Untuk tiba di lokasi air terjun, pengunjung dapat menikmati akses jalan yang mudah dilalui. Aliran air yang deras dan jernih tentu sangat memanjakan mata. Air Terjun Minanga mampu membuat banyak warga lokal maupun wisatawan penasaran. Tidak sedikit wisatawan yang rela datang dari jauh untuk menikmati keindahan tempat wisata alam yang satu ini.

Pengunjung dapat melakukan berbagai hal seru saat datang ke Air Terjun Minanga salah satunya adalah berenang atau bermain air. Selain itu, pengunjung juga dapat berfoto dengan latar pemandangan air terjun yang indah. Suasana sejuk dan khas menjadikan salah satu air terjun di Kalimantan Selatan yang satu ini sayang untuk dilewatkan.

5. Air Terjun Tumaung

sir terjun tumaung
wisato.id

Air Terjun Tumaung, Air terjun yang satu ini berlokasi di Desa Hinas Kiri, Kecamatan Batang Alai Timur, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan.

Untuk tiba di lokasi air terjun, pengunjung harus terlebih dahulu berjalan kaki melewati Jalan Setapak dengan waktu tempuh sekitar 90 menit perjalanan. Meskipun cukup melelahkan, tetapi rasa lelah tersebut akan terbayar lunas saat tiba di lokasi air terjun.

Aliran air yang deras dan jernih tentu sangat memanjakan mata. Tidak hanya itu, kesegaran yang luar biasa juga dapat Anda rasakan saat menikmati perairan di kawasan. Pemandangan sekeliling air terjun yang indah juga menjadi daya tarik tersendiri yang menjadikan air terjun ini sayang untuk dilewatkan.

6. Air Terjun Hamindrai

air terjun hamindrai
wisato.id

Air Terjun Hamindrai, Air terjun yang satu ini dikenal menawarkan keindahan alam yang luar biasa dan bisa Anda kunjungi di Desa Tanjung, Kecamatan Bajuin, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Untuk tiba di indahnya air terjun yang satu ini, pengunjung harus melewati jalan dengan akses yang tidak mudah. Jalanan yang licin dan berbatu membuat pengunjung wajib berhati-hati. Setelah parkir kendaraan, Anda masih harus berjalan dengan waktu tempuh 1 hingga 2 jam untuk tiba di lokasi air terjun.

Air Terjun Hamindrai dikenal menawarkan indahnya pemandangan dan aliran air yang mengalir dari ketinggian mencapai 22 meter. Pengunjung dapat memanfaatkan indahnya pemandangan sebagai spot menarik untuk berfoto instagramable.

7. Air Terjun Panayar

Air Terjun di Kalimantan Selatan
home.banjarkab.go.id

Air Terjun Panayar menjadi salah satu rekomendasi tepat yang bisa Anda kunjungi saat mencari salah satu air terjun di Kalimantan Selatan. Air terjun yang satu ini berlokasi di Desa Artain, Kecamatan Aranio, Kalimantan Selatan.

Pengunjung akan dimanjakan dengan indahnya air yang jatuh dari ketinggian mencapai 12 meter. Tidak hanya itu, pemandangan tebing dan pepohonan di sekelilingnya juga menjadi daya tarik tersendiri yang menjadikan Air Terjun Panayar sayang untuk dilewatkan.



Leave a Reply