Indah dan Alaminya 6 Tempat Wisata di Biak, Bikin Betah


Fida  November 4, 2022  0 Comment

Berlibur menjadi pilihan tepat yang bisa dilakukan untuk melepas penat setelah lelah melakukan aktivitas sehari-hari. Terdapat banyak pilihan destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi untuk menghabiskan waktu berlibur, salah satunya dengan datang ke tempat wisata di Biak, Papua. 

Ada cukup banyak pilihan tempat wisata di Biak yang bisa kamu kunjungi. Tidak hanya pantai, kamu juga dapat datang ke bukit, telaga, hingga goa. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, inilah daftar 6 rekomendasi tempat wisata di Biak yang sayang untuk kamu lewatkan. 

Tempat Wisata di Biak :

1. Telaga Biru Samares

telaga biru samares
celebes.co

Salah satu tempat wisata di Biak yang populer dan menarik untuk kamu datangi adalah Telaga Biru Samares. Sesuai dengan namanya, telaga yang satu ini memiliki perairan berwarna biru dan jernih. Saat siang hari dan terkena sinar matahari, warna biru Telaga Biru Samares semakin pekat dan indah. 

Wisatawan tidak hanya dapat bersantai dan berfoto, tetapi juga dapat melakukan berbagai aktivitas menarik seperti diving dan snorkeling. Seru sekali bukan? Jernihnya perairan juga menjadikan wisatawan dapat melihat dengan jelas keindahan di bawah air. 

Destinasi wisata yang satu ini dapat kamu datangi di kawasan Distrik Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, Papua. Meskipun akses jalan menuju lokasi terbilang masih cukup sulit dilalui, tetapi hal itu tidak menyurutkan niat pengunjung untuk datang ke Telaga Biru Samares. 

Dalam bahasa Biak, Telaga Biru Samares memiliki sebutan lain yakni Wopersnondi. Kata tersebut merupakan gabungan dari kata Woper yang berarti melompat, dan Snon yang berarti pria. Maka, telaga ini memiliki sebutan khas dengan arti pria yang melompat. Dengan perairan yang jernih, Telaga Biru Samares memiliki kedalaman mencapai 14 meter. Bagi kamu yang ingin menyegarkan pikiran maupun menenangkan diri, mengunjungi telaga ini tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. 

Baca juga :  10 Tempat Wisata di New Zealand Paling Indah Pemandangannya

2. Air Terjun Wafsarak 

air terjun wafsarak
travel.kompas.com

Air Terjun Wafsarak menjadi rekomendasi wisata di Biak selanjutnya yang tidak boleh kamu lewatkan. Air terjun yang satu ini menjadi destinasi wisata populer yang dapat kamu kunjungi di daerah Distrik Warsa, Kabupaten Biak Numfor. 

Selain perairannya yang deras dan jernih, Air Terjun Wafsarak juga memiliki tebing dan pepohonan yang membuat suasana semakin indah dan mengesankan. Selain dapat bersantai di sekitar air terjun, pengunjung juga dapat mencoba langsung untuk bermain air dan berenang di kolam bawah air terjun. 

Airnya yang segar serta suasana sekeliling air terjun yang masih sangat alami tentu menjadikan pengunjung betah dan enggan pulang. Untuk menyusuri kawasan wisata Air Terjun Wafsarak, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp 35.000,- per rombongan. Terjangkau sekali bukan? 

Berbeda dengan destinasi wisata lainnya, Air Terjun Wafsarak memiliki kebersihan yang masih sangat terjaga. Lokasinya yang masih cukup jarang didatangi wisatawan juga menjadikan pengunjung dapat merasakan suasana tenang layaknya air terjun pribadi. Menghabiskan waktu berlibur di Air Terjun Wafsarak tentu menjadi pilihan tepat yang bisa kamu coba saat datang ke Biak. 

3. Pantai Bosnik

pantai bosnik
celebes.co

Pernah mendengar sebutan destinasi wisata Pantai Bosnik? Pantai Bosnik merupakan salah satu tempat wisata di Biak yang populer dan menarik untuk kamu datangi. Pantai yang satu ini dikenal menawarkan pemandangan alam yang indah dan menakjubkan. 

Kamu dapat mengunjungi indahnya Pantai Bosnik di kawasan Jalan Raya Bosnik, Yenusi, Distrik Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor. Lokasinya yang mudah dijangkau menjadikan banyak wisatawan memilih untuk menghabiskan waktu berlibur di pantai ini. Meskipun dikenal sebagai salah satu pantai populer, tetapi harga tiket masuk yang ditawarkan cukup terjangkau, yakni sekitar Rp 10.000,- per orang. 

Baca juga :  10 Tempat Wisata di Italia Yang Indah Beserta Sejarahnya Rekomended

Selain bersantai dan menikmati indahnya pemandangan alam, pengunjung juga dapat mencoba berbagai aktivitas seru seperti berenang hingga snorkeling. Karena memiliki ombak yang cukup besar, pengunjung tetap harus waspada dan berhati hati jika bermain di kawasan pantai. 

4. Bukit Satu Hati

bukit satu hati
papua.tribunnews.com

Selain indahnya pantai, kamu juga dapat menyusuri tempat wisata di Biak berupa bukit. Salah satu bukit yang populer dan dapat kamu kunjungi adalah Bukit Satu Hati. Di bukit ini, pengunjung dapat menikmati suasana yang tenang serta udara yang sejuk dan segar. Tidak hanya itu, hal menarik yang akan kamu peroleh saat mengunjungi Bukit Satu Hati adalah dapat menikmati indahnya pemandangan Biak dari ketinggian. Menarik sekali bukan? 

Bukit Satu Hati berlokasi di daerah Samofa, Kabupaten Biak Numfor. Dari bukit ini, kamu tidak hanya akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan perkotaan, tetapi juga pemandangan pantai. Terdapat banyak spot foto menarik dan instagramable yang akan kamu jumpai saat berada di Bukit Satu Hati. 

Selain menyuguhkan pemandangan alam, wisata ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti cafe dan tempat makan. Jika datang ke Bukit Satu Hati saat malam hari, pengunjung akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan lampu lampu kota serta suasana yang romantis. Tidak ada salahnya jika kamu mengagendakan untuk datang dan menghabiskan waktu di bukit ini bersama keluarga maupun pasangan. 

5. Pulau Raja Tiga Adoki

pulau raja tiga adoki
travel.detik.com

Pulau Raja Tiga Adoki menjadi pilihan tempat wisata di Biak yang cocok kamu datangi untuk menghabiskan waktu berlibur. Bagaimana tidak, pulau ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Saat mengunjunginya, kamu akan dimanjakan dengan indahnya kawasan perairan dan bebatuan karang yang menakjubkan. 

Baca juga :  Nggak Harus ke Eropa, 10 Negara di Asia Bersalju Cakep Banget!

Bagi kamu yang ingin menguji adrenalin, Pulau Raja Tiga Adoki juga menjadi pilihan tepat untuk kamu datangi karena kamu dapat mencoba sensasi panjat tebing. Karena memiliki perairan yang jernih, pengunjung yang datang dapat melihat langsung indahnya pemandangan bawah air di sekitar Pulau Raja Tiga Adoki. 

Baca Juga:

Indahnya Bukit Jaddih, Wisata Instagramable di Kota Bangkalan

Hingga saat ini, pemerintah terus melakukan pengembangan untuk terciptanya sarana prasarana hingga fasilitas yang memadai. Jika ingin mengunjungi Pulau Raja Tiga Adoki, kamu dapat datang langsung ke kawasan Adoki, Distrik Yendidori, Kabupaten Biak Numfor, Papua. 

6. Goa Binsari

goa binsari
celebes.co

Satu lagi rekomendasi tempat wisata di Biak yang tidak boleh kamu lewatkan yakni Goa Binsari. Goa yang satu ini merupakan tempat wisata alam sekaligus tempat bersejarah yang menjadi saksi bisu kekejaman Perang Dunia II. Karena sejarahnya, Goa Binsari berhasil menarik perhatian wisatawan untuk mengunjunginya. 

Baca Juga :

Jelajahi Taman Labirin Coban Rondo Yang Menantang

Goa Binsari dapat kamu kunjungi di kawasan Jalan Goa Jepang, Sumberker, Sistrik Samofa, Kabupaten Biak Numfor. Untuk masuk ke kawasan goa, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 25.000,- per orang. 

Baca Juga :

Telaga Biru Semin. Surga Ini Ada Di Gunung Kidul Lho!

Nah, itulah daftar 6 rekomendasi tempat wisata di Biak yang populer dan menarik untuk kamu datangi. Jika berkesempatan datang dan berlibur ke Biak, wisata manakah yang paling ingin kamu datangi? 



Leave a Reply