14 Wisata di Pulau Rote Bikin Enggan Pulang


Fida  August 31, 2022  0 Comment

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan Pulau Rote bukan? Pulau Rote dikenal sebagai wilayah paling selatan Indonesia yang juga memiliki kekayaan alam luar biasa. Saat datang ke Pulau Rote, kamu bisa mencoba datang ke salah satu dari banyaknya destinasi wisata yang ditawarkan.  

Destinasi wisata di Pulau Rote yang paling populer dan bisa kamu kunjungi adalah pantai. Tetapi selain itu, kamu juga dapat mengunjungi wisata lainnya seperti telaga dan juga bukit. Penasaran wisata apa saja yang bisa kamu kunjungi saat berada di Pulau Rote? Inilah daftar 14 rekomendasi wisata di pulau Rote yang sayang untuk kamu lewatkan. 

1. Pantai Mulut Seribu

pantai mulut seribu
travel.kompas.com

Saat berada di Pulau Rote, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk datang dan menghabiskan waktu berlibur Pantai Mulut Seribu. Salah satu wisata di Pulau Rote ini menawarkan pemandangan yang indah dan menakjubkan. Karena keindahannya, tidak jarang Pantai Mulut Seribu disebut sebagai Raja Ampat-nya Pulau Rote. 

Dari pantai ini, pengunjung dapat melihat langsung banyaknya pulau pulau kecil. Selain menikmati keindahan alam yang ditawarkan, pengunjung juga dapat mencoba sensasi mengelilingi pulau yang ada. Beberapa pulau kecil yang ada di dekat Pantai Mulut Seribu diantaranya Pulau Nusa Pua, Nusa Piafula, Nusa Lakat, Nusa Lafo, dan masih banyak lagi. 

Sebutan Pantai Mulut Seribu berasal dari bayaknya tebing dan bebatuan karang di sekitar pantai. Jika ingin mengunjungi indahnya Pantai Mulut Seribu, kamu dapat langsung menuju ke kawasan Daiama, Landu Leko, Kabupaten Rote Ndao. Bagi kamu yang ingin menyegarkan pikiran atau melepas penat, menikmati keindahan alam Pantai Mulut Seribu tentu menjadi pilihan tepat yang bisa kamu coba.

Gotravelly

Weekend Di Pulo Cinta Eco Resort, Gorontalo

Samosir, Pulau Negeri Dongeng Sumatera Utara

2. Pantai Tiang Bendera

pantai tiang bendera
news.detik.com

Pantai Tiang Bendera menjadi salah satu destinasi wisata di Pulau Rote yang sudah tidak asing dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Sesuai dengan namanya, pantai yang satu ini memiliki keunikan yakni memiliki tiang bendera yang terbuat dari beton. Tiang bendera setinggi 2,5 meter ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Tempatnya yang berada di atas bebatuan karang juga menjadi keunikan tersendiri. 

Selain menyuguhkan keindahan, tiang bendera yang ada di pantai ini juga memiliki makna yakni sebagai tanda bukti perjuangan masyakarat Pulau Rote saat melawan Belanda. Saat berkunjung ke kawasan Pulau Rote, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan dan menikmati indahnya pemandangan Pantai Tiang Bendera. 

Sore hari juga menjadi waktu yang tepat untuk menugunjungi pulau ini. Bagaimana tidak, saat sore hari pengunjung akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan matahari terbenam. Suasana tenang dan romantis menjadikan pantai ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama teman, keluarga, maupun pasangan. 

3. Pantai Tongga

pantai tongga
pantai-tongga.business.site

Tidak kalah menarik dengan wisata di Pulau Rote lainnya, Pantai Tongga juga menjadi salah satu yang sayang untuk kamu lewatkan. Pantai yang satu ini terletak di kawasan Mbueain, Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao. 

Saat mengunjungi Pantai Tongga, kamu akan dimanjakan dengan adanya hamparan pasir putih yang luas. Lokasinya yang jauh dari hiruk pikuk kota juga menjadikan pantai ini sangat cocok dikunjungi sebagai lokasi untuk menenangkan diri. Selain dikenal memiliki hamparan pasir putih yang luas, kamu juga akan disuguhkan dengan banyaknya terumbu karang yang sangat memanjakan mata. Destinasi wisata di Pulau Rote ini sangat cocok dikunjungi bagi kamu para pecinta wisata alam. 

Meskipun akses jalan menuju ke pantai ini masih terbilang cukup sulit, tetapi hal itu tidak menyurutkan niat pengunjung untuk menghabiskan waktu berlibur di Pantai Tongga. Rasa lelah selama perjalanan akan terbayar lunas saat tiba di lokasi pantai. Saat berada di Pulau Rote, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk menghabiskan waktu di Pantai Tongga. 

4. Pantai Nembrala

pantai nembrala
rotendaokab.go.id

Ada banyak pilihan destinasi wisata di Pulau Rote yang bisa kamu kunjungi, salah satunya adalah Pantai Nembrala. Pantai yang satu ini dikenal menawarkan pemandangan indah, terlebih saat sore hari. Dari Pantai Nembrala, pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan. 

Pengunjung tidak perlu khawatir karena Pantai Nembrala sudah dilengkapi dengan banyak fasilitas seeperti akses jalan yang mudah dilalui hingga banyaknya tempat makan. Di sekitar pantai ini juga terdapat bayak resort atau penginapan sehingga cocok dikunjungi bagi kamu yang ingin menginap bersama keluarga maupun berbulan madu. 

Pantai Nembrala juga dikenal memiliki ombak yang tinggi sehingga tidak heran jika menjadi tujuan favorit bagi para peselancar. Tidak hanya dari dalam negeri, peselancar yang datang ke Pantai Nembarala juga banyak yang datang dari berbagai negara lain. Pantai dengan hamparan pasir putih yang luas ini tentu sayang untuk kamu lewatkan saat datang ke kawasan Pulau Rote. 

5. Batu Termanu

batu termanu
travel.okezone.com

Ingin menikmati indahnya pantai yang berpadu dengan bebatuan karang? Batu Termanu dapat menjadi tujuan tepat yang bisa kamu datangi. Salah satu tempat wisata di Pulau Rote ini menyuguhkan indahnya perpaduan pantai, padang rumput, bebatuan karang, serta bukit karang yang menakjubkan. 

Bagi kamu pecinta foto, tempat ini tentu sangat menarik untuk dikunjungi. Bagaimana tidak, Batu Termanu menawarkan banyak spot menarik dan instagramable. Pengunjung dapat berfoto dengan latar pemandangan indah. 

Selain itu, bersantai dan menikmati pemandangan alam yang ditawarkan juga menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. Pengunjung akan disuguhkan dengan udara yang segar selama berada di kawasan Batu Termanu. Kebersihan serta keasrian kawasan Batu temanu juga masih sangat terjaga. Jika ingin mengunjungi destinasi wisata yang satu ini, kamu dapat langsung menuju ke kawasan Onotali, Kecamatan Rote Tengah, Kabupaten Rote Ndao. Pengunjung tidak perlu khawatir karena akses jalan menuju ke lokasi wisata terbilang cukup mudah dilalui. 

6. Danau Laut Mati

danau laut mati
rotendaokab.go.id

Selain indahnya pantai, kamu juga dapat mengunjungi indahnya wisata di Pulau Rote berupa danau. Salah satu danau yang populer dan bisa kamu kunjungi adalah Danau Laut Mati. Danau yang satu ini menawarkan luasnya perairan yang tenang. Oleh karena itu, pengunjung yang datang ke Danau Laut Mati dapat mencoba sensasi bermain air hingga berenang. 

Kamu tidak perlu khawatir karena pinggiran danau ini cukup dangkal. Selain perairannya yang tenang dan jernih, pengunjung juga akan disuguhkan dengan banyaknya flora dan fauna yang hidup di sekitar danau. Suasana yang sejuk dan asri juga dapat kamu nikmati selama berada di Danau Laut Mati. 

Saat berencana menghabiskan waktu berlibur di Danau Laut Mati, pastikan pengunjung menyiapkan perbekalan berupa makanan dan minuman. Selain itu, kesiapan fisik juga perlu diperhatikan sebelum datang ke Danau Laut Mati. Rasa lelah selama perjalanan akan terbayar lunas saat tiba di lokasi danau. Indah dan uniknya Danau Laut Mati tentu akan membuat liburanmu semakin berkesan. 

7. Pantai Laviti

pantai laviti
kompasiana.com

Saat berada di Pulau Rote, tentu tidak heran jika destinasi wisata yang paling banyak disuguhkan adalah wisata alam berupa pantai. Kamu dapat mengunjungi indahnya Pantai Laviti. Salah satu tempat wisata di Pulau Rote ini juga berlokasi tidak jauh dari Pantai Mulut Seribu, tepatnya berada di kawasan Daiama, Kecamatan Rote Timur, Kabupaten Rote Ndao. 

Pantai Laviti juga dikenal sebagai pantai kecil dengan garis pantai yang hanya mencapai sekitar 200 meter. Tetapi meskipun begitu, indahnya pemandangan yang ditawarkan oleh Pantai Laviti tentu tidak perlu diragukan lagi. Selain memiliki perairan yang jernih, pantai ini juga dikelilingi oleh bebatuan karang. Sedikit keluar dari Pantai Laviti, pengunjung sudah bisa melihat langsung luasnya Laut Timor. 

Bersantai di pinggir Pantai Laviti juga menjadi salah satu hal menarik yang bisa kamu coba. Selain menikmati sejuk dan segarnya udara di sekitar pantai, pengunjung juga dapat mengabadikan momen dengan berfoto bersama indahnya pantai ini. Seru sekali bukan?

8. Bukit Mando’o

bukt mandoo
news.detik.com

Tidak hanya indahnya pantai dan danau, kamu juga dapat mengunjungi salah satu wisata di Pulau Rote berupa bukit. Bukit Mando’o menjadi salah satu destinasi wisata yang populer dan banyak didatangi oleh wisatawan. Bukit yang datu ini juga kerap mendapat julukan Tangga 300. Sebutan tersebut diberikan kepada Bukit Mando’o karena untuk tiba di puncak bukit, pengunjung harus menariki anak tangga yang cukup melelahkan. Meskipun harus melewati anak tangga yang jumlahnya lebih dari 300, tetapi hal itu tidak menyurutkan niat pengunjung untuk tiba di puncak. 

Dari puncak Bukit Mando’o, pengunjung tentu akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Hamparan perairan pantai serta bebatuan karang di sekitarnya tentu akan sangat memanjakan mata. Dari puncak Bukit Mando’o juga, pengunjung dapat melihat dengan jelas gradasi warna laut. Benar benar membuat betah dan senang berlama lama di puncak bukit ini. 

Saat ingin menghabiskan waktu berlibur, Bukit Mando’o dapat menjadi tujuan wisata di Pulau Rote yang menarik untuk kamu datangi. 

9. Pantai Dombo

pantai dombo
helpmecovid.com

Destinasi wisata di Pulau Rote memang cukup banyak dan tidak ada habisnya. Salah satu yang bisa kamu datangi adalah Pantai Dombo. Pantai Dombo memiliki lokasi yang tidak terlalu jauh dari Bukit Mando’o, tepatnya berada di daerah Kuli, Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao. 

Pantai Dombo menawarkan perairan yang jernih serta banyaknya bebatuan karang yang indah. Untuk tiba di lokasi, pengunjung harus berjalan kaki dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Kamu tidak perlu khawatir karena rasa lelah akan terbayar lunas saat tiba di lokasi Pantai Dombo. Karena masih belum terdapat fasilitas berupa tempat makan, maka pengunjung dianjurkan untuk membawa perbekalan berupa makanan dan minuman saat datang ke pantai ini. 

Terdapat salah satu spot favorit pengunjung tepatnya di area bebatuan karang. Bagi pecinta foto, pantai ini juga sangat menarik untuk dikunjungi karena pemandangannya yang indah dan instagramable. Pengunjung dapat bersantai sekaligus menghabiskan waktu berlibur dengan menikmati indahnya pemandangan Pantai Dombo.

10. Telaga Nirwana

Wisata di Pulau Rote
travel.okezone.com

Destinasi wisata di Pulau Rote berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Telaga Nirwana. Masyarakat sekitar biasa menyebut wisata ini dengan sebutan Dano Dale. telaga yang satu ini memiliki keunikan yakni perairannya yang berwarna biru kehijauan. Selain itu, perairan yang dikelilingi oleh pepohonan bakau juga menjadikan wisata ini tampak semakin indah dan memanjakan mata. 

Bagi kamu pecinta foto, Telaga Nirwana menjadi destinasi wisata yang cocok untuk kamu datangi. Terdapat banyak spot menarik dan instagramable yang bisa kamu manfaatkan untuk berfoto. Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat menyegarkan pikiran dengan menyusuri kawasan danau menggunakan perahu. 

Telaga Nirwana dapat kamu kunjungi di kawasan Oeseli, Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao. Tertarik untuk menghabiskan waktu berlibur dengan menyusuri jernihnya Telaga Nirwana? 

11. Pantai Oeseli

pantai oeseli
nativeindonesia.com

Tidak jauh dari Telaga Nirwana, kamu dapat mengunjungi indahnya wisata di Pulau Rote lainnya yakni Pantai Oeseli. Pantai yang satu ini dapat kamu kunjungi di kawasan Oeseli, Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao. 

Pantai Oeseli dikenal memiliki keunikan yakni daratannya yang menjorok ke laut dan kemudian melebar. Saat tiba di Pantai Oeseli, pengunjung juga dapat melihat langsung banyaknya perahu nelayan yang bersandar di sekitar pantai. Perairan pantai yang berwarna hijau tosca dan terjaga kebersihannya juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Saat berencana menghabiskan waktu berlibur dengan mengunjungi salah satu wisata di Pulau Rote, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk datang ke Pantai Oeseli. 

12. Pantai Batu Pintu

pantai batu pintu
robertpeth.blogspot.com

Ada cukup banyak pilihan destinasi wisata di Pulau Rote yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Pantai Batu Pintu. Sesuai dengan namanya, di kawasan wisata pantai ini terdapat batu karang yang besar dengan lubang di bagian tengahnya. Hal itu tentu menjadikan batu karang tersebut mirip dengan bentuk pintu dan disebut dengan Pantai Batu Pintu. 

Bebatuan karang yang menjadi ciri khas dari pantai ini juga banyak dipilih pengunjung sebagai spot favorit untuk berfoto. Ukuran lubang yang besar mampu menampung hingga kurang lebih 30 orang pengunjung. Selain adanya bebatuan karang, perairan yang bersih dan jernih juga tentu sangat memanjakan mata. 

Jika penasaran dan ingin mengunjunginya, kamu dapat langsung menuju ke kawasan Boa, Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao. 

13. Pantai Bo’a

pantai boa
barrabaa.com

Tidak kalah menarik dengan wisata di Pulau Rote lainnya, Pantai Bo’a juga menjadi salah satu destinasi favorit pengunjung. Pantai yang satu ini dikenal menawarkan keindahan yang luar biasa. Karena memiliki ombak yang cukup tinggi, tidak heran jika pantai ini menjadi salah satu spot favorit bagi para peselancar. Tidak hanya dari dalam negeri, pantai ini juga kerap didatangi oleh peselancar mancanegara. Menarik sekali bukan?

Di Pantai Bo’a, pengunjung dapat bersantai sekaligus menaikmati indahnya pemandangan serta suasana yang ditawarkan. Menghabiskan waktu di Pantai ini tentu menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin mengunjungi salah satu destinasi wisata di Pulau Rote. 

14. Pantai Litianak

pantai litianak
smkn1lobalain.sch.id

Satu lagi rekomendasi wisata di pulau Rote yang tidak boleh kamu lewatkan yakni Pantai Litianak. Pantai yang satu ini dikenal menawarkan pemandangan indah dengan sausana yang sejuk dan segar. 

Selain memiliki pantai berpasir putih, Pantai Litianak juga menawarkan area hutan mangrove yang luas. Hutan mangrove dengan panjang 2,4 kilometer ini mampu menarik perhatian pengunjung.

Nah, itulah daftar 14 rekomendasi wisata di Pulau Rote yang dikenal indah dan bisa kamu kunjungi. Saat berkesempatan datang ke Pulau Rote, kira-kira tempat wisata manakah yang paling ingin kamu datangi? 



Leave a Reply