6 Tempat Camping di Bondowoso Paling Keren


Fida  October 9, 2022  0 Comment

Bondowoso merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang dikenal menawarkan banyaknya tempat wisata. Tidak hanya mengunjungi destinasi wisata, kamu juga dapat melakukan aktivitas seru seperti camping bersama teman maupun keluarga. Terdapat beberapa pilihan tempat camping di Bondowoso yang menarik untuk kamu datangi. Tidak hanya suasananya yang sejuk, beberapa tempat camping di Bondowoso berikut ini juga menawarkan pemandangan indah dan menakjubkan. Saat ingin menghabiskan waktu berlibur, tidak ada salahnya jika kamu mengunjungi beberapa tempat camping di Bondowoso berikut ini.

1. Bendungan Sampean Baru

bendungan sampean baru
idntimes.com

Bendungan Sampean Baru merupakan salah satu rekomendasi tempat camping di Bondowoso yang menarik untuk kamu datangi. Tempat camping yang satu ini dapat kamu kunjungi di daerah Tapen, Koanyar, Panda, Klabang, Kabupaten Bondowoso. Wisatawan biasa menggunakan kendaraan roda dua untuk tiba di destinasi yang satu ini.

Bendungan Sampean Baru menyuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan. Tidak hanya luasnya perairan, pengunjung juga dapat menikmati indahnya perbukitan serta penghijauan di sekelilingnya. Saat memutuskan untuk berkemah di sekitar bendungan, maka kamu akan dapat merasakan suasana yang sejuk dan segar. Pemandangan yang masih sangat asri dan alami juga menjadi daya tarik tersendiri.

Untuk menghabiskan waktu di Bendungan Sampean Baru, pengunjung hanya akan dikenakan biaya parkir dan tidak ada biaya tiket masuk. Kamu tidak perlu khawatir karena camping ground di Bendungan Sampean Baru terbilang cukup luas dan mampu menampung banyak tenda. Camping bersama teman maupun keluarga di tempat yang satu ini tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba.

Gotravelly

Nikmatnya Cuanki Cep Bewok, Jajanan Sunda Untukmu Pecinta Pedas

Legenda Di Balik Ke Indahan Air Terjun Blawan Bondowoso

2. Gunung Ijen

gunung ijen
jatim.times.co.id

Siapa yang tidak kenal dengan destinasi wisata populer Gunung Ijen? Salah satu wisata ikonik yang satu ini kerap dipilih sebagai tempat camping di Bondowoso yang menarik untuk didatangi. Gunung yang dikenal dengan fenomena alam blue fire ini mampu menarik perhatian wisatawan dan ingin mengunjunginya.

Fenomena blue fire atau api yang menyala biru ini hanya dapat dilihat pukul 01.00 hingga 03.00. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang memutuskan untuk bermalam dengan berkemah. Terdapat camping ground yang luas dan dapat kamu pilih sebagai tempat untuk mendirikan tenda. Jangan lupa untuk membawa peralatan berkemah dari rumah jika ingin bermalam di kawasan Gunung Ijen. 

Pengunjung tidak perlu khawatir karena akses jalan menuju lokasi terbilang cukup mudah dilalui. Tidak ada salahnya jika kamu mengagendakan untuk menghabiskan waktu berlibur bersama teman maupun keluarga dengan camping di Gunung Ijen. 

3. Kawah Wurung

kawah wurung
stock.adobe.com

Tidak jauh dari Gunung Ijen, kamu dapat mengunjungi Kawah Wurung sebagai salah satu tempat camping di Bondowoso. Kawah yang satu ini dikenal dengan pemandangan serta pesona alamya yang menakjubkan. Akses jalan yang mudah dilalui juga menjadikan tempat ini sebagai salah satu destinasi favorit wisatawan saat datang ke Bondowoso. 

Di Kawah Wurung terdapat area camping ground yang luas dan mampu menampung banyak tenda. Pengunjung juga akan dimanjakan dengan penghijauan yang luas dan suasana bak bukit teletubbies. Bermalam dengan mendirikan tenda di sekitar Kawah Wurung tentu menjadi hal mengesankan yang bisa kamu coba. 

Terdapat beberapa kegiatan seru yang sayang untuk kamu lewatkan saat berlibur ke Kawah Wurung yakni mencoba menaiki ATV hingga menyewa Jeep. Beberapa fasilitas yang ditawarkan oleh Kawah Wurung diantaranya terdapat tempat parkir, kamar mandi, hingga warung atau tempat makan. Jika ingin berkemah, jangan lupa untuk siapkan peralatan berkemah dari rumah, ya!

4. Bukit Paralayang Megasari

Tempat Camping di Bondowoso
news.detik.com

Rekomendasi tempat camping di Bondowoso berikutnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Bukit Paralayang Megasari. Bukit yang satu ini dapat kamu kunjungi di kawasan Penang, Botolinggo, Kabupaten Bondowoso. Bukit Paralayang Megasari sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang suka pemandangan matahari terbit. Indahnya sunrise di Bukit Paralayang Megasari tentu akan membuatmu kagum dan terpesona. 

Tidak sedikit wisatawan yang memutuskan untuk bermalam dengan membangun tenda saat datang ke Bukit Paralayang Megasari. Suasananya yang sejuk dan segar menjadikan destinasi wisata yang satu ini sangat cocok dikunjungi untuk melepas penat. Meskipun berada di ketinggian, tetapi akses jalan menuju Bukit Paralayang Megasari terbilang cukup mudah dilalui. 

Hal yang paling menarik adalah pengunjung tidak dikenakan biaya saat ingin camping di Bukit Paralayang Megasari. Pengunjung hanya perlu membawa tenda serta peralatan camping lainnya dari rumah. Bukit Paralayang Megasari juga menawarkan berbagai fasilitas yang dapat dinikmati seperti adanya toilet, kamar mandi, tempat makan, hingga musholla. Bukit Paralayang Megasari juga menyediakan gazebo sebagai tempat beristirahat. 

5. Air Terjun Tancak Kembar

air terjun tancak kembar
klikbondowoso.pikiran-rakyat.com

Penah mendengar sebutan Air Terjun Tancak Kembar? Air Terjun Tancak Kembar merupakan salah satu destinasi wisata sekaligus tempat camping di Bondowoso yang menarik untuk didatangi. Air terjun yang satu ini menawarkan suasana yang sejuk dan asri. Untuk menuju ke Air Terjun Tancak Kembar, pengunjung disarankan menggunakan kendaraan yang memadai untuk medan berat. Kamu dapat mengunjungi air terjun yang satu ini di kawasan Andungsari, Pakem, Kabupaten Bondowoso. 

Karena memiliki area camping ground, tidak heran jika banyak wisatawan yang memutuskan untuk berkemah. Berlama lama menikmati indahnya pemandangan air terjun tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. Jangan lupa untuk mempersiapkan segala peralatan camping dari rumah jika ingin bermalam di indahnya Air Terjun Tancak Kembar. 

Untuk menyusuri kawasan air terjun, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000,- per orang. Cukup terjangkau bukan? Tidak hanya pemandnagan indah, Air Terjun Tancak Kembar juga memiliki berbagai fasilitas yang dapat kamu nikmati. Bagi pecinta foto, Air Terjun Tancak Kembar juga sangat cocok untuk dikunjungi karena menawarkan banyak spot menarik dan instagramable. 

6. Gunung Gulgulan Bondowoso

gunung gulgulan
travel.kompas.com

Hobi mendaki? Gunung Gulgulan Bondowoso dapat menjadi tujuan wisata yang tepat untuk kamu datangi. Gunung yang satu ini juga dapat menjadi alternatif bagi kamu yang ingin datang ke salah satu tempat camping di Bondowoso. Lokasi dari Gunung Gulgulan berada di kawasan Patirana, Wonosari, Grujuhgan, Bondowoso.

Bagi pendaki pemula, kamu tentu tidak perlu khawatir karena akses menuju ke puncak gunung terbilang cukup mudah dilalui. Butuh waktu tempuh sekitar 4 jam untuk mendaki hingga ke puncak Gunung Gulgulan. Rasa lelah selama perjalanan akan terbayar saat tiba di puncak dengan suguhan panorama alam yang menakjubkan. Puncak dengan tinggi mencapai 1.406 mdpl ini mampu membuat liburanmu semakin berkesan. 



Leave a Reply