Bikin Merinding, Inilah 7 Tempat Wisata Angker di Bondowoso yang Tidak Boleh Kamu Datangi Sendirian!


Fida  November 2, 2022  0 Comment

Bondowoso dikenal sebagai salah satu daerah yang menawarkan banyaknya tempat wisata indah. Di balik keindahannya, ternyata Bondowoso juga menyimpan banyak misteri dan salah satu cerita yang populer adalah Hantu Bondowoso. 

Bagi kamu yang ingin menguji nyali, datang ke salah satu tempat wisata angker di Bondowoso tentu menjadi hal tepat yang bisa kamu coba. Inilah daftar 7 rekomendasi tempat wisata angker di Bondowoso yang membuat bulu kuduk merinding. 

1. Air Terjun Blawan

air terjun blawan
alamasedy.com

Tidak hanya Kawah Ijen, kamu juga dapat mengunjungi wisata di sekitarnya yakni Air Terjun Blawan. Destinasi wisata yang satu ini sudah cukup populer dan berhasil membuat wisatawan penasaran untuk mengunjunginya. Dibalik keindahan Air Terjun Blawan, siapa sangka jika wisata ini masuk ke dalam daftar salah satu tempat wisata angker di Bondowoso? 

Air Terjun Blawan yang menyuguhkan aliran air serta tebing-tebing tinggi ini konon dipercaya sebagai tempat petilasan Damar Wulan. Di kawasan air terjun ini, pengunjung juga dapat menjumpai adanya macan putih yang merupakan jelmaan dari penunggu air terjun. Menyeramkan bukan? 

Air terjun yang satu ini dapat kamu kunjungi di kawasan Rengahrejo, Kalianyar, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso. Bagi kamu yang ingin menguji nyali, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk menghabiskan waktu berlibur di tempat wisata angker di Bondowoso yang satu ini. Suasananya yang mencekam dijamin akan membuat bulu kuduk merinding!

Gotravelly

Legenda Di Balik Ke Indahan Air Terjun Blawan Bondowoso

Air Terjun Kali Pahit Bondowoso Yang Tak Sepahit Namanya

2. Gunung Piramid

gunung piramid
travel.kompas.com

Keindahan alam di Bondowoso memang tidak perlu diragukan lagi. Kamu dapat menikmati indahnya alam dengan mengunjungi berbagai destinasi wisata, salah satunya adalah gunung. Gunung Piramid dikenal menawakan pemandangan alam yang indah dan menakjubkan. Dibalik keindahannya, ternyata Gunung Piramid juga dikenal sebagai salah satu tempat wisata angker di Bondowoso. Mengapa demikian? 

Penduduk sekitar mempercayai bahwa di gunung ini terdapat kerajaan jin. Saat ingin menikmati keindahan Gunung Piramid, pastikan kamu tidak datang seroang diri. Pengunjung juga wajib mematuhi peraturan dan selalu sopan saat berada di gunung. Jika tidak, penunggu Gunung Piramid akan murka. 

Gunung ini juga sempat menjadi perbincangan di media Nasional saat hilangnya Thoriq, pendaki yang merupakan pelajar asal Bondowoso. Pendaki tersebut ditemukan tewas di Gunung Piramid. Jika ingin datang sekaligus menguji nyali di gunung ini, kamu dapat langsung menuju ke kawasan Renggano, Curahpoh, Kecamatan Curah Dami, Kabupaten Bondowoso. Pemandangan indah serta suasana menegangkan akan kamu rasakan saat datang ke Gunung Piramid, Bondowoso. 

3. Batu Kenong

batu kenong
persindonesia.com

Tidak hanya indahnya tempat wisata alam, kamu juga dapat mengunjungi tempat wisata bersejarah saat berada di Bondowoso. Salah satu tempat wisata bersejarah yang populer dan bisa kamu datangi adalah Batu Kenong. Selain bersejarah, Batu Kenong juga kerap dijuluki sebagai salah satu tempat wisata angker di Bondowoso. 

Batu Kenong merupakan situs peninggalan megalitikum yang dapat kamu datangi di kawasan Kodedek, Gunungsari, Kecamatan Maesan, Kabupaten Bondowoso. Konon katanya, situs ini dipercaya sebagai tempat persembahan dan tempat meletakkan sesaji untuk arwah leluhur jaman dulu. Warga sekitar juga menganggap Batu Kenong sebagai tempat sakral. 

Pengunjung yang datang dilarang untuk berkata kasar dan dilarang berbuat tidak senonoh. Jika tidak mematuhi peraturan yang ada, konon pengunjung situs Batu Kenong akan mendapat kesialan. Cukup menyeramkan bukan? 

Bagi kamu pecinta tempat wisata bersejarah, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk menghabiskan waktu berlibur di situs Batu Kenong. Jangan lupa untuk selalu bersikap sopan ya!

4. Pemandian Alam Tasnan 

pemandian alam tasnan
sikidang.com

Pemandian Alam Tasnan dikenal sebagai salah satu tempat wisata indah yang menawarkan pemandian dengan air yang bersumber langsung dari alam. Pemandian yang satu ini memiliki lokasi yang sangat strategis dan mudah dikunjungi, tepatnya berada di kawasan Pasnan, Taman, Kecamatan Grujugan, Kabupaten Bondowoso. Menurut cerita, pemandian ini juga dikenal sebagai salah satu tempat wisata angker di Bondowoso. Benarkah demikian? 

Pada sekitar tahun 2000-an, terdapat anak kecil atau pengunjung kolam renang yang tenggelam. Konon, cerita tersebut dipecaya sebagai penghuni yang meminta tumbal. Tidak hanya itu, di sekitar kolam ini juga pernah diadakan uji nyali. Terdapat pohon besar di dekat kolam yang dipercaya dihuni oleh banyak makhluk gaib yang kerap menampakkan diri. 

Tetapi dibalik cerita mistisnya, Pemandian Alam Tasnan tetap menarik dikunjungi sebagai destinasi wisata untuk menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga. Suasana yang sejuk dan rindang serta kolam dengan air yang segar tentu dapat kamu rasakan saat datang ke Pemandian Alam Tasnan. 

5. Pesarean Kironggo

pesarean kironggo
bondowosotourism.com

Saat ingin mencoba menguji nyali dengan mengunjungi salah satu tempat wisata angker di Bondowoso, kamu dapat datang ke Pesarean Kironggo. Saat sore hingga malam hari, Pesarean Kironggo memiliki suasana yang cukup mencekam. Tempat yang satu ini beralamat di Desa Sekarputih, Kabupaten Bondowoso.

Ada cukup banyak wisatawan yang datang ke Pesarean Kironggo untuk berziarah. Tempat ini merupakan makan RBA Kironggo yang dipercaya sebagai tokoh pertama yang datang ke Bondowoso. 

Pada tahun 2000-an, sempat beredar video yang menunjukkan adanya penampakan di kawasan makam ini. Saat melihatnya, dijamin akan membuat bulu kuduk merinding. Berani untuk datang ke Pesarean Kironggo saat sore atau malam hari? 

6. Gunung Raung

gunung raung
xplorewisata.com

Gunung Raung merupakan gunung yang membentang di 3 daerah yakni Bondowoso, Banyuwangi, dan juga Jember. Gunung dengan ketinggian mencapai 3.332 meter di atas permukaan laut ini tidak hanya dikenal akan keindahannya, tetapi juga dengan banyaknya cerita mistis yang beredar. Oleh karena itu, tidak heran jika Gunung Raung masuk ke salam daftar salah satu wisata angker di Bondowoso. 

Tidak berbeda dengan gunung lainnya, Gunung Raung juga memiliki banyak pos yang kerap digunakan sebagai tempat peristirahatan bagi para pendaki. Dari banyaknya pos di gunung ini, ada salah satu pos yang dikenal angker dan memiliki suasana mencekam yakni Pondok Dhemit. Di sekitar pondok inilah konon pendaki kerap mendengar suara gamelan. Mengerikan bukan? 

7. Air Terjun Tancak Kembar

air terjun tancak kembar
klikbondowoso.pikiran-rakyat.com

Satu lagi rekomendasi wisata di Bondowoso yang bisa kamu datangi yakni Air Terjun Tancak Kembar. Air terjun yang satu ini dikenal menawarkan keindahan alam yang sangat luar biasa dan banyak didatangi wisatawan. Tidak hanya indah, ternyata air terjun ini juga dikenal sebagai salah satu tempat wisata angker di Bondowoso lo!

Terdapat banyak mitos yang beredar mengenai air terjun ini, salah satunya adalah pengunjung yang datang dan berendam di bawah air terjun dipercaya akan awet muda. Tetapi jangan senang dulu karena konon hal tersebut disebabkan oleh penampakan Dewi Rengganis yang kerap berendam di Air Terjun Tancak Kembar. Menyeramkan bukan? 

Nah, itulah daftar 7 rekomendasi tempat wisata angker di Bondowoso yang populer. Dari rekomendasi di atas. Tempat wisata angker manakah yang berani untuk kamu datangi? 



Leave a Reply