10 Tempat Wisata Bondowoso Paling Menarik Untuk Dikunjungi


Reni  September 21, 2018  0 Comments

Tempat Wisata Bondowoso memang tidak kalah jika dibandingkan dengan tempat lain yang ada di Indonesia. Tempat Wisata Bondowoso harus menjadi salah satu tujuan Anda untuk berlibur bersama dengan keluarga, teman, atau orang tersayang lainnya. Kota Bondowoso adalah merupakan daerah pesisir timur yang terletak di Pulau Jawa dan memiliki banyak keindahan dan juga pesona alam yang sangat akan memanjakan mata para wisatawan. Untuk itu, ulasan kali ini akan memberikan Anda alternatif. Berikut Tempat wisata Bondowoso paling menarik untuk dikunjungi

1. Bukit Teletubbies Kawah Wurung

Bukit Teletubbies Kawah Wurung

banyuwangibagus.com

Apakah Anda ingat dengan bukit teletubbies? Bondowoso memiliki Kawah Wurung yang disebut juga dengan Bukit Teletubbies. Bukit ini memiliki ketinggian sekitar 1.500 meter diatas permukaan laut. Seperti sebutan Bukit Teletubbies, Bukit Kawah Wurung diselimuti oleh rumput hijau bagaikan permadani dan banyak bukit-bukit kecil yang juga mengelilinginya. Keindahan Kawah Wurung akan terasa lebih menakjubkan jika anda dapat mencapai puncak bukit.

Paket wisata murah

Legenda Di Balik Ke Indahan Air Terjun Blawan Bondowoso

Air Terjun Kali Pahit Bondowoso Yang Tak Sepahit Namanya

2. Air Terjun Blawan

Air Terjun Blawan

youtube.com

Bondowoso memiliki banyak air terjun yang indah dan mempesona. Namun, salah satu air terjun yang paling menarik untuk dikunjungi adalah Air Terjun Blawan. Air terjun dengan ketinggian tiga puluh meter ini terletak di Desa Kalianyar Kecamatan Ijen Bondowoso. Hal unik namun indah dari air terjun ini adalah airnya memiliki warna seperti kekuningan dan dapat juga mengeluarkan asap. Itu terjadi karena terdapat kadar belerang yang cukup tinggi di dalam air dan berasal dari Gunung Ijen. Tentu air yang mengandung kadar belerang memiliki manfaat baik bagi tubuh seperti dapat menyembuhkan penyakit kulit. Dengan membayar tiket seharga dua ribu rupiah saja Anda sudah dapat menikmati keindahan Air Terjun Blawan.

3. Kawah Ijen

Kawah Ijen

suzieagelopoulos.com

Kawah Ijen salah satu tempat wisata Bondowoso dan terkenal di Indonesia. Kebanyakan orang mungkin mengetahui bahwa Kawah Ijen berada di Banyuwangi, namun sebenarnya Kawah Ijen berada diantara Bondowoso dan Banyuwangi. Kawah ijen telah berhasil menarik perhatian dan minat wisatawan lokal bahkan wisatawan mancanegara dengan pesona dan keindahan yang dimiliki Kawah Ijen. Kawah Ijen sendiri merupakan danau yang memiliki air berwarna kebiruan dan selalu tertutupi oleh kabut. Air danau yang ada di Kawah Ijen kandungan asamnya sangat tinggi dan sangat menyengat jika terhirup, jadi sangat disarankan untuk membawa penutup hidung untuk melindungi diri Anda. Dan yang paling menakjubkan dari Kawah Ijen adalah terdapatnya api biru atau blue fire yang tidak banyak terdapat di dunia. Api tersebut berasal dari gas belerang yang bercampur dengan udara sehingga menghasilkan reaksi kimia.

4. Kawah Ilalang

Kawah Ilalang

juniardanarizky.blogspot.com

Kawah Ilalang terletak di Curah Macan Desa Kalianyar Kecamatan Ijen Kabupaten Bondowoso. Sesuai dengan namanya Kawah Ilalang ini dikelilingi oleh banyaknya tanaman ilalang. Dengan background panorama Gunung Raung dan Gunung Ijen dilengkapi dengan tanaman ilalang yang menari-nari dengan indah, semakin menambah pesona dan keindahan kawah ilalang. Suara angin yang indah di Kawah Ilalang juga dapat Anda dengar dengan jelas. Cocok sekali untuk para wisatawan yang ingin menghilangkan penat dari ramainya ibu kota.

5. Bukit Jabal Kirmit

Bukit Jabal Kirmit

ngampungdolan.com

Apakah Anda ingin menikmati keindahan negara Selandia Baru? Sepertinya Anda tidak perlu jauh untuk pergi ke Selandia Baru. Pergilah ke Bukit jabal kirmit yang ada di Desa Jampit Kecamatan Ijen Kabupaten Bondowoso. Keindahan rumput yang berwarna hijau dan sangat luas bak permadani yang menutupinya sangat dapat memanjakan mata. Jika di Selandia Baru terdapat peternakan domba, di Bukit Jabal Krimit ini terdapat peternakan kuda dan peternakan kijang yang dapat Anda temui. Udara di Bukit Jabal Kirmit sangatlah sejuk sehingga pasti akan membuat siapa saja yang datang akan merasa betah untuk berlama-lama.

6. Puncak P28

Puncak P28

mapcarta.com

P28 adalah singkatan dari Puncak Patirana-28 yang terletak di Dusun Patirana Desa Wonosari Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso. P-28 terdapat di lereng Gunung Argopuro. Dari atas puncak P-28 ini Anda dapat melihat pemandangan hutan pinus yang hijau dan indah. Pemandangan dari atas P-28 itu bahkan disebut-sebut seperti pemandangan Gunung Alpen yang berada di Swiss. Udaranya sangat segar didukung juga dengan kabut-kabut tipis yang membuat puncak P-28 semakin indah dan mempesona para wisatawan yang berkunjung. Lalu, pasti Anda bertanya-tanya apa maksud dari angka 28?, angka 28 merupakan tanggal dibukanya puncak ini sebagai tempat wisata tepatnya pada tanggal 28 Agustus 2016 dan diabadikan dengan monumen berbentuk hati yang bertuliskan p-28 untuk wisatawan yang ingin mengabadikan momen di puncak p-28.

7. Bukit Mahadewa

Bukit Mahadewa

bondowosotourism.blogspot.com

Sejauh mata memandang, Bukit Mahadewa menyajikan hamparan hutan pinus yang sangat luas berlatarkan Gunung Raung dan Gunung Argopuro yang sangat sejuk untuk dipandang. Bukit Mahadewa ini terletak di Desa Kupang Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso. Bukit ini sangat mudah dijangkau karena hanya berjarak tiga puluh menit saja dari pusat keramaian Bondowoso. Sehingga dapat dilihat pula pemandangan Kota Bondowoso dari atas bukit Mahadewa.

8. Air Terjun Kalipait

Air Terjun Kalipait

http://exoticjavaadventure.com

Salah satu air terjun juga yang dimiliki Bondowoso adalah Air Terjun Kalipait. Air terjun ini tepatnya terletak di Desa Kalipait Kecamatan Ijen Kabupaten Bondowoso. Air Terjun Kalipait menjadi air terjun yang paling banyak dikunjungi karena air terjun ini berbeda dengan air terjun lainnya. Air terjun ini tidak mengalir dari atas, namun air ini mengalir begitu saja dibawah dan melewati bebatuan yang menghimpitnya. Puncak Air Terjun Kalipait juga tidak terlalu tinggi, Anda hanya perlu melewati bebatuan yang berada di pinggir-pinggir air terjun. Uniknya lagi berdasarkan namanya yaitu Kalipait, airnya berasa pahit karena ada kandungan belerang dari Gunung Ijen disekitarnya. Maka jangan coba untuk meminum airnya ya.

9. Hutan Pinus Tasnan Forest

wisata alam terdekat

dianravi.com

Tidak hanya Yogyakarta, Bondowoso ternyata juga memiliki hutan pinus yang bernama Tasnan Forest. Seperti hutan pinus lainnya, Hutan Pinus Tasnan Forest ini juga dilengkapi dengan ayunan kayu, lampion-lampion yang bergantungan di sepanjang jalan, hammock dengan berbagai warna, dan kursi-kursi kayu yang banyak disediakan juga dapat Anda jadikan spot untuk berfoto ria. Selain itu, terdapat kolam renang juga yang airnya didapatkan langsung dari sumber mata air alami.

10. Taman Galuh

Taman Galuh

wisatapunyabondowoso.blogspot.com

Taman galuh terletak di Desa Sumberrejo Kecamatan Ijen Kabupaten Bondowoso. Taman Galuh adalah taman bunga yang sangat indah. Banyaknya bunga yang beraneka ragam dan berwarna warni membuat Taman Galuh disebut juga dengan pelangi bunga. Pelangi Bunga ini sangat cocok bagi Anda yang ingin memiliki foto berlatarkan bunga. Taman Galuh sangat dirawat dan dipelihara dengan baik untuk itu Anda tidak dapat seenaknya memetik bunganya.
Itulah 10 tempat wisata bondowoso paling menarik untuk dikunjungi tersebut dapat anda jadikan alternatif untuk melakukan liburan khususnya liburan dengan tema alam bersama keluarga tercinta.



Leave a Reply

One Response
  1. Dianaaja says:

    indah sekali wisata alamnya jadi pengen kesana..
    maksih infonya min