6 Makanan Khas Bontang, Cocok Untuk Buah Tangan


Fida  February 26, 2023  0 Comment

Bontang merupakan sebutan bagi salah satu kawasan yang terletak di Kalimantan Timur. Tidak hanya dikenal menyuguhkan banyaknya pilihan destinasi wisata, Bontang juga menawarkan berbagai kuliner lezat yang menarik untuk kamu coba. Saat berkunjung ke Bontang, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan untuk berburu dan mencoba berbagai kuliner lezat. Kamu dapat mencoba berbagai makanan mulai dari jajanan hingga makanan berat. Tidak perlu bingung, inilah daftar 6 makanan khas Bontang yang tidak boleh kamu lewatkan. 

Makanan Khas Bontang :

1. Baronang Bakar

ikan baronang bakar
selerasa.com

Tahukah kamu sebutan ikan baronang? Ikan baronang merupakan ikan yang hidup di perairan laut Bontang. Ikan yang satu ini tidak jarang diolah sebagai makanan khas Bontang, salah satunya olahan ikan baronang bakar. Sesuai dengan sebutannya, olahan ikan baronang yang satu ini melalui proses pembakaran sebelum disajikan. 

Ikan baronang dikenal dengan tekstur serta rasanya yang khas. Menu ikan baronang bakar juga dibuat dengan bumbu serta rempah melimpah sehingga tidak heran jika menghasilkan cita rasa yang menggugah selera. Beberapa bumbu dan rempah yang digunakan untuk membuat ikan baronang bakar adalah bawang putih, bawang merah, cabe, kunyit, jahe, dan masih banyak lagi.

Bumbu dan rempah yang telah dihaluskan akan dioles ke ikan yang telah dibersihkan. Setelah meresap dan matang, ikan baronang bakar siap dinikmati. Hidangan yang satu ini tidak hanya populer di kalangan masyarakat lokal, tetapi juga banyak diburu wisatawan karena rasanya yang khas. 

Tidak sedikit wisatawan yang datang ke Bontang dan berburu lezatnya ikan baronang bakar. Hidangan yang satu ini sangat cocok disajikan bersama dengan sambal serta satu porsi nasi hangat. Perpaduan yang pas tentu akan membuatmu ketagihan setelah mencobanya. Saat berkunjung ke Bontang, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk berburu hidangan lezat ikan baronang bakar. 

Baca juga :  7 Rekomendasi Sate padang Paling Enak Di Surabaya

2. Sambal Gammi

sambal gami
menukuliner.net

Beberapa dari kamu mungkin sudah tidak asing dengan sebutan sambal gammi. Sambal gammi merupakan salah satu makanan khas Bontang yang lezat dan wajib kamu coba. Saat berada di Bontang, kamu dapat dengan mudah menjumpai kuliner yang satu ini. Hampir semua restoran atau tempat makan di Bontang menawarkan menu sambal gammi yang menggugah selera. 

Makanan yang satu ini dibuat menggunakan berbagai bahan seperti gula merah, bawang merah, dan juga cabai. Salah satu yang menjadi ciri khas serta daya tarik tersendiri adalah sambal gammi disajikan di atas cobek. Karena disajikan dalam keadaan panas, sambal gammi juga memiliki tampilan yang berasap. Tampak menggoda, bak hidangan hot plate tradisional.

Karena disajikan dalam keadaan panas, aroma sambal gammi sangatlah menggugah selera. Kamu juga dapat melihat langsung gelembung di atas sambal yang membuat siapapun tidak sabar untuk mencobanya. 

Sambal gammi sangat cocok dipilih sebagai pelengkap saat makan. Biasanya, sambal gammi dihidangkan bersama hidangan khas Bontang lainnya seperti ikan baronang bakar atau ikan putih bakar. Penasaran dan ingin mencobanya? 

3. Gammi Bawis

gami bawis
akurasi.id

Rekomendasi makanan khas Bontang lainnya yang tidak boleh kamu lewatkan yakni gammi bawis. Makanan yang satu ini tidak hanya populer di kalangan masyarakat lokal, tetapi juga banyak diburu oleh wisatawan yang datang ke Bontang. Sesuai dengan sebutannya, gammi bawis merupakan olahan makanan yang dibuat menggunakan bahan utama ikan bawis. Bagi kamu yang belum mengetahui, ikan bawis merupakan ikan yang hidup di perairan Kalimantan. 

Selain ikan bawis, gammi bawis juga biasa diberi tambahan udang, kerang, hingga cumi. Adanya bahan tambahan tersebut tentu menjadikan gammi bawis semakin lezat dan menggugah selera. Bumbu yang dibutuhkan untuk membuat gammi bawis diantaranya bawang merah, cabai, dan juga tomat. Sama halnya dengan sajian sambal gammi lainnya, gammi bawis juga disajikan di atas cobek dalam keadaan panas. Aromanya yang lezat dan menggugah selera tentu akan membuatmu tidak sabar untuk mencobanya. 

Baca juga :  7 Rekomendasi Laksa Paling Enak di Singapura

Selain cocok untuk dinikmati langsung, gammi bawis juga semakin lezat jika dinikmati bersama dengan satu porsi nasi hangat dan kerupuk. Makanan khas Bontang yang satu ini tentu tidak boleh kamu lewatkan. 

4. Keripik Bawis

keripik bawis
pesonanusantara.id

Selain diolah menjadi gammi bawis, ikan bawis khas Kalimantan juga diolah menjadi keripik bawis. Keripik yang satu ini dikenal sebagai salah satu makanan khas Bontang. Bagaimana tidak, kamu dapat menjumpai keripik bawis di berbagai toko jajanan atau oleh oleh di Bontang. 

Ikan bawis dulunya menjadi ikan yang tidak memiliki nilai jual. Hal itu karena ikan bawis dikenal memiliki banyak duri serta berbau amis. Karena jumlah ikan yang sangat melimpah, akhirnya banyak yang berinovasil dan mengolah ikan bawis menjadi keripik

Saat mencobanya, kamu akan dimanjakan dengan tekstur yang renyah serta aroma dan rasa ikan yang khas. Kamu dapat menikmati hidangan ini secara langsung maupun dipilih sebagai oleh oleh untuk keluarga di rumah. Menarik sekali bukan? 

5. Pecak Gammi

pecak gammi
kaltimtoday.co

Makanan khas Bontang berikutnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah pecak gammi. Pecak gammi biasanya banyak dijumpai di saat tertentu, seperti bulan Ramadhan. Hidangan yang juga dikenal legendaris ini telah diwariskan secara turun temurun dari para leluhur. 

Saat mencobanya, kamu akan dimanjakan dengan cita rasa yang khas dan menggugah selera. Tampilan pecak gammi juga tidak kalah unik karena disajikan dengan dibungkus menggunakan daun pisang. Tidak hanya lezat karena menggunakan tambahan gammi ikan, sajian yang satu ini juga sudah dilengkapi dengan tambahan beras atau nasi dalam proses pembuatannya. 

Baca Juga :

Jelajah 10 Pulau Indah di Kalimantan

Karena masih dibuat menggunakan cara tradisional, tidak heran jika makanan khas Bontang yang satu ini memiliki aroma yang khas dan menggugah selera. Tidak sedikit wisatawan yang berhasil dibuat penasaran dan ingin mencoba pecak gammi saat berada di Bontang.

Baca juga :  10 Kuliner Malam Solo Terkenal Enak dan Asyik Buat Nongkrong

6. Nasi Bekepor

nasi bekepor
kaltimtoday.co

Satu lagi makanan khas Bontang yang wajib kamu coba yakni nasi bekepor. Hidangan yang satu ini dibuat menggunakan bahan utama berupa nasi putih yang dicampur dengan berbagai bumbu sehingga menghasilkan cita rasa lezat. 

Baca Juga :

10 Fakta Unik Tentang Desa Pampang di Kalimantan

Hidangan yang satu ini juga disajikan bersama dengan sayur asam khas Kalimantan Timur. Selain itu, adanya tambahan olahan ikan air tawar seperti ikan patin dan ikan gabus juga menjadikan makanan khas Bontang ini semakin lengkap dan lezat saat dinikmati. Saat berkunjung ke Bontang, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk mencoba lezatnya makanan yang satu ini. 

Baca Juga :

10 Tempat Wisata di Bontang Bikin Enggan Pulang

Nah, itulah daftar 7 makanan khas Bontang yang menarik untuk kamu coba. Dari beberapa rekomendasi di atas, makanan manakah yang tampak paling menggugah selera dan ingin kamu coba? 



Leave a Reply