10 Oleh-oleh Khas Bontang Yang Wajib Dibawa Pulang


Fida  May 24, 2021  0 Comment

Bontang menjadi salah satu daerah di Kalimantan Timur yang dikenal kerap didatangi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Berlibur ke kawasan Bontang, sayang rasanya jika Anda tidak pulang dengan membawa oleh-oleh. Berikut daftar oleh-oleh khas Bontang yang bisa Anda pilih untuk dibawa pulang

1. Amplang Ikan

 Amplang Ikan
kobarku.blogspot.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan amplang ikan. Jajanan yang satu ini dikenal berasal dari Kalimantan Timur dan juga merupakan salah satu oleh oleh khas Bontang.

Sesuai dengan namanya, jajanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama ikan. Anda akan dimanjakan dengan sensasi renyah saat mengkonsumsinya. Amplang ikan tentu dapat dengan mudah dijumpai di berbagai toko oleh-oleh di Bontang. Kemasannya yang praktis juga sangat memudahkan anda saat membelinya. Meskipun dijual dengan harga yang terbilang lumayan mahal jika dibanding oleh-oleh lainnya, tetapi cita rasa yang ditawarkan begitu lezat dan khas.

gotravelly

Berburu Pudak Cap Kuda Salah Satu Oleh Oleh Khas Kota Gresik

Berburu Oleh Oleh Khas Surabaya, Krupuk Ikan Di Pantai Kenjeran, Surabaya

2. Gula Gait

Gula Gait
shopee.co.id

Kalimantan Timur juga dikenal dengan jajanannya yakni gula gait. Jajanan yang satu ini juga merupakan salah satu oleh-oleh khas Bontang yang cukup populer.

Jika dilihat sekilas, jajanan yang satu ini memang tampak seperti kayu. Permen yang satu ini biasa dipilih sebagai teman bersantai bersama teh atau kopi. Gula gait dibuat dengan menggunakan gula aren berkualitas baik. Anda dapat mengkonsumsinya dengan berbagai pilihan rasa seperti original, kacang, green tea, dan wijen.

3. Bingka

Bingka
akurasi.id

Bingka menjadi salah satu oleh oleh khas Bontang yang cocok dipilih untuk dibawa pulang. Makanan yang satu ini merupakan kue tradisional yang masih banyak diburu oleh warga lokal maupun wisatawan hingga saat ini.

Bingkai dibuat dengan menggunakan berbagai bahan diantaranya gula, susu, mentega, santan, dan juga kentang. Anda juga akan dimanjakan dengan berbagai pilihan rasa yang ditawarkan seperti coklat, pandan, vanila, keju, dan lain-lain. Tingkat untuk menjadi salah satu makanan sekaligus oleh-oleh yang sayang untuk Anda lewatkan saat berkunjung ke Bontang.

4. Bakpia

Bakpia
bib.id

Saat bingung menentukan oleh oleh khas Bontang yang cocok untuk dibawa pulang, bakpia tentu menjadi pilihan tepat. Hidangan yang satu ini menawarkan cita rasa lezat dan mudah dijumpai di berbagai toko oleh-oleh di Bontang.

Bakpia biasa dijual dengan harga yang cukup terjangkau serta memiliki kemasan praktis sehingga sangat cocok dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Bakpia khas kalimantan timur memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan bakpia pada umumnya. Anda juga dapat membeli jajanan yang satu ini dengan berbagai varian rasa yang ditawarkan.

5. Lempok Durian

 Lempok Durian
oleholehetam.com

Pernah mendengar sebutan jajanan lempok durian? Lempok durian merupakan salah satu oleh oleh khas Bontang yang sayang untuk dilewatkan. Sesuai dengan namanya, jajanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar durian.

Lempok durian juga dikenal dengan sebutan dodol durian. Sebenarnya lempok memiliki sedikit perbedaan dengan dodol yakni dodol menggunakan bahan tambahan tepung sedangkan lempok tanpa menggunakan tepung. Anda akan dimanjakan dengan cita rasa manis dan legit yang ditawarkan. Lempok durian tentu dapat dengan mudah dijumpai di berbagai toko oleh-oleh di Bontang. Selain memiliki harga yang cukup terjangkau, yang praktis juga sangat memudahkan jajanan yang satu ini untuk dibawa pulang.

6. Keminting

Keminting
id.pinterest.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan keminting. Keminting merupakan salah satu oleh oleh khas Bontang yang cukup populer. Jajanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan berbagai bahan diantaranya tepung terigu, gula jawa, dan tepung kanji.

Keminting memiliki bentuk yang khas yakni berbentuk bulat kecil. Anda dapat dengan mudah menjumpainya di berbagai toko oleh-oleh di Bontang. Jajanan yang satu ini menawarkan cita rasa manis serta tekstur yang renyah. Keminting juga dikenal cocok dinikmati untuk bersantai bersama teh maupun kopi. Meskipun memiliki cita rasa lezat dan khas, tetapi Anda dapat membelinya dengan harga yang cukup terjangkau.

7. Mantau

Mantau
daerahkita.com

Mantau merupakan salah satu oleh oleh khas Bontang yang sayang untuk dilewatkan. Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan sebutan jajanan yang satu ini, bahkan tidak sedikit yang mengatakan bahwa mantau berasal dari Tiongkok. Namun sebenarnya jajanan yang satu ini berasal dari Kalimantan Timur.

Mantau dikenal dengan cita rasanya yang gurih dan lezat. Anda akan dimanjakan dengan cita rasa khas saat mengkonsumsinya. Meskipun dikenal unik, jajanan yang satu ini tetap menawarkan harga terjangkau dan tidak jarang dipilih oleh wisatawan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

8. Onde-onde Ubi Ungu

Onde-onde Ubi Ungu
cookandrecipe.com

Ada cukup banyak pilihan oleh oleh khas Bontang yang sayang untuk dilewatkan, salah satunya adalah onde-onde ubi ungu. Sesuai dengan namanya, jajanan yang satu ini memang menggunakan ubi ungu sebagai bahan utamanya. Selain dikenal menawarkan cita rasa lezat, yang satu ini tentu memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Onde-onde ubi ungu dapat dinikmati dengan berbagai varian rasa diantaranya coklat, kacang hijau, dan keju. Cita rasanya yang khas menjadikan banyak orang tertarik untuk mencobanya. Bagaimana dengan Anda, pernah mencoba sensasi lezatnya onde-onde ubi ungu?

9. Batik Kuntul Perak khas Bontang

 Batik Kuntul Perak khas Bontang
tokopedia.com

Saat berkunjung ke Bontang, ada cukup banyak pilihan oleh-oleh yang dapat Anda pilih untuk dibawa pulang. Selain banyaknya makanan dan jajanan, batik kuntul perak juga menjadi salah satu oleh-oleh khas Bontang yang cocok untuk Anda pilih.

Batik kuntul perak dikenal dengan motifnya yang khas yang didominasi dengan gambar burung kuntul. Hal tersebut memiliki arti yakni burung kuntul diartikan sebagai pendatang yang penuh semangat. Hal itu dikarenakan warga Bontang yang juga didominasi oleh pendatang. Anda dapat membeli batik yang satu ini dalam bentuk kain maupun pakaian siap pakai. Harga yang ditawarkan berkisar Rp 50.000,- hingga Rp 80.000,- per potong.

10. Souvenir khas Bontang

Toko oleh oleh terdekat
bukalapak.com

Saat bingung mencari oleh oleh khas Bontang, tidak ada salahnya jika Anda memutuskan untuk membeli souvenir. Berbagai souvenir khas Bontang dijual dengan harga yang cukup terjangkau sesuai dengan bentuk, ukuran, dan tingkat kerumitan pembuatannya.

Berbagai souvenir khas Bontang yang bisa Anda pilih sebagai oleh-oleh diantaranya kaos, lukisan, gantungan kunci, dompet, dan berbagai kerajinan lainnya. Anda juga dapat membeli berbagai aksesoris khas Bontang seperti gelang, kalung, dan cincin.

Nah diatas merupakan daftar oleh oleh khas Bontang yang sayang untuk dilewatkan. Oleh-oleh manakah yang ingin Anda beli saat berkunjung ke Bontang, Kalimantan Timur?



Leave a Reply