6 Wisata di Desa Nglanggeran, Peraih Best Tourism Village 2021


prita  December 7, 2021  0 Comment

Desa Nglanggeran merupakan sebuah desa wisata yang berlokasi di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Desa ini belakangan menjadi perbincangan banyak orang karena meraih penghargaan Best Tourism Village 2021 dari Organisasi Pariwisata Dunia di bawah PBB, yaitu UNWTO. Desa Nglanggeran ini menjadi satu-satunya desa yang mewakili Indonesia untuk mendapatkan penghargaan tersebut.

Berlokasi di kawasan Geosite Gunung Sewu, Desa Nglanggeran ini juga menyandang gelar sebagai UNESCO Global Geopark. Tak hanya meraih penghargaan Best Tourism Village 2021 dari UNWTO saja, Desa Nglanggeran ini ternyata juga telah mengantongi sejumlah penghargaan bergengsi lainnya, seperti ASEAN Community Based Tourism (CBT) Award 2017, penghargaan ASEAN Sustainable Tourism Award 2018 hingga Sertifikasi Desa Wisata Berkelanjutan oleh Kemenparekraf di tahun 2021.

Prestasi yang membanggakan ini tentu membuat banyak orang penasaran dengan keindahan yang ditawarkan oleh Desa Nglanggeran ini. Desa wisata ini memang menawarkan banyak tempat wisata yang indah dan memanjakan mata sehingga bisa menjadi inspirasi untuk tujuan wisata kamu saat liburan nanti. Mana sajakah? Berikut adalah daftarnya.

1. Gunung Api Purba

Gunung Api Purba Nglanggeran
datawisata.com

Destinasi wisata di Desa Nglanggeran yang pertama adalah Gunung Api Purba Nglanggeran. Gunung api ini memang menjadi destinasi wisata pertama yang cukup populer dan wajib untuk dikunjungi.

Gunung Api Nglanggeran ini menjadi salah satu dari tiga gunung purba di Pulau Jawa. Menariknya, gunung purba ini pernah aktif jutaan tahun lalu dan tersusun dari material vulkanik tua yang kemudian membentuk pegunungan batu raksasa. Kawasan pegunungan ini juga menjadi salah satu situs geologi yang juga bisa menjadi wisata edukasi karena mengutamakan aspek konservasi alam, pemberdayaan sosial budaya ekonomi dan masyarakat lokal.

Banyak sekali aktivitas seru yang bisa dilakukan di kawasan gunung api ini, seperti berkemah dan mendaki dengan pemandangan barisan tebing serta terasiring yang sangat memanjakan mata. Kamu juga bisa menikmati indahnya sunrise di pagi hari, sunset di siang hari serta taburan bintang di malam hari. Jika kamu penyuka kegiatan adrenalin, disini kamu juga bisa mencoba rock climbing dan flying fox.

GoTravelly

Agrowisata Bhumi Merapi, Tempat Edukasi Hingga Swafoto. Ada Santorini Disini!

JiwaJawi Jogja : Wisata Kuliner Yang Tersembunyi Di Yogyakarta

2. Waduk Nglanggeran

Waduk Nglanggeran
pegipegi.com

Berjarak sekitar 1,5 kilometer dari wisata Gunung Api Purba Nglanggeran, kamu bisa menemukan salah satu destinasi wisata menarik lainnya dari Desa Nglanggeran ini, yaitu Waduk Nglanggeran.

Waduk Nglanggeran atau yang juga dikenal dengan Embung Nglanggeran ini juga tak kalah menarik untuk dikunjungi karena menawarkan pemandangan yang indah. Perjalanan menuju waduk ini akan ditemani dengan barisan pohon kakao serta peternakan kambing etawa kelompok Purbaya.

Untuk menuju waduk, pengunjung telah difasilitasi dengan mobil pikap sebagai kendaraannya. Waduk ini menawarkan pemandangan gugusan bebatuan purba yang sangat indah dengan air waduk yang berwarna hijau. Tak heran jika kawasan ini menjadi tempat wisata favorit karena bisa sejenak melepaskan penat dari rutinitas sehari-hari. Selain untuk tujuan berwisata, air waduk ini juga digunakan oleh para petani untuk mengairi sawah dan kebun di sekitar.

3. Desa Wisata Bobung

Desa Wisata Bobung
indonesiakaya.com

Desa Wisata Bobung ini lokasinya memang berada di luar Desa Nglanggeran, namun kedua desa ini lokasinya bersebalahan. Berada di Desa Putat, Desa Wisata Bobung ini dikenal sebagai kawasan pengrajin topeng batik kayu.

Desa Bobung ini dikenal sebagai desa wisata tertua di Gunung Kidul dimana pengunjung yang datang bisa melihat secara langsung proses membuat topeng kayu, patung dan ragam kerajinan lainnya. Tak hanya untuk melihat dan berbelanja ragam kerajinan, disini kamu juga bisa melakukan trekking hingga melihat langsung pengolahan cokelat.

4. Griya Cokelat Nglanggeran

Griya Cokelat Nglanggeran
gunungapipurba.com

Jika kamu pecinta cokelat, maka destinasi wisata di Desa Nglanggeran yang satu ini tak boleh dilewatkan. Selain bisa menikmati indahnya perkebunan cokelat yang ada di sekitar desa ini, kamu juga bisa berkunjung ke Griya Cokelat Nglanggeran ini.

Griya Cokelat Nglanggeran ini merupakan sebuah tempat wisata dimana kamu bisa menyaksikan langsung proses pembuatan ragam olahan cokelat, mulai dari proses pembuatan, pembungkusan hingga mencicipi cokelat secara langsung. Selain bisa melihat secara langsung proses pembuatan cokelat, disini kamu juga bisa membeli dan mencicipi langsung ragam olahan cokelat yang ada di Griya Cokelat Nglaggeran ini. Salah satu menu unggulan disini adalah minuman cokelat murni yang memiliki berbagai varian rasa. Disini kamu juga bisa membeli ragam varian cokelat untuk oleh-oleh keluarga di rumah, seperti susu cokelat, keripik pisang cokelat, cokelat dan ragam minuman bubuk cokelat.

5. Kampung Pitu

Kampung Pitu
jogja.idntimes.com

Selain wisata alam yang menakjubkan, Desa Nglanggeran juga menawarkan destinasi wisata budaya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi, yaitu Kampung Pitu. Kampung Pitu ini merupakan sebuah desa yang penuh sejarah mistis yang berada di pucuk timur situs Gunung Api Purba Nglanggeran dengan ketinggian hingga 740 meter di atas permukaan laut.

Menariknya, desa ini memiliki aturan adat yang mengharuskan hanya tujuh keluarga saja yang tinggal disana, tidak kurang juga tidak lebih. Hal inilah yang membuat kampung ini diberi nama Kampung Pitu. Siapa yang melanggar aturan ini maka diyakini akan kehilangan nyawa atau mendapat marabahaya.

Dibalik adanya aturan tersebut justru membuat Kampung Pitu ini bebas dari resiko polusi udara sera polusi suara karena mata pencaharian warganya adalah bertani dan berkebun. Tak heran jika udara di kampung ini sejuk dan pemandangannya hijau. Jika kamu tertarik untuk berkunjung ke kampung ini, kamu bisa menjangkau dari berbagai jalur.

6. Air Terjun Kedung Kandang dan Air Terjun Talang Purba

Air Terjun Kedung Kandang dan Air Terjun Talang Purba
travel.kompas.com

Destinasi wisata di Desa Nglanggeran yang terakhir adalah Air Terjun Kedung Kandang dan Air Terjun Talang Purba. Desa ini memang memiliki dua air terjun yang menawarkan pemandangan menawan serta cukup populer di kalangan wisatawan.

Kadua air terjun ini pada dasarnya memiliki karakteristik yang sama dengan aliran air yang bertingkat, bebatuan yang licin dan lokasi di area persawahan sehingga membuatnya memiliki pemandangan menawan dan asri.

Sebelum datang berkunjung, perlu diketahui bahwa kedua air terjun ini adalah air terjun musiman yang mana aliran airnya akan deras saat musim menghujan namun saat musim kemarau akan kering. Untuk itu, pengunjung disarankan untuk datang saat musim penghujan. Selain sebagai destinasi wisata, aliran air terjun ini juga digunakan untuk keperluan irigasi.

Nah, itulah tadi 6 daftar destinasi wisata di Desa Nglanggeran yang terkenal sangat indah dan menawarkan banyak aktivitas seru untuk kamu coba. Menarik sekali kan? Untuk itu, jangan lupa untuk memasukkan Desa Nglanggeran ini sebagai destinasi wisata di Gunung Kidul ya. Jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan saat berkunjung kesana. Selamat berlibur.



Leave a Reply