Intip Yuk! Kelezatan 22 Kuliner Khas Tahun Baru di Berbagai Negara


prita  December 31, 2021  0 Comment

Tahun 2021 akan segera berakhir dan tahun 2022 sudah ada di depan mata. Saatnya untuk mempersiapkan ragam kuliner khas tahun baru yang bisa dinikmati bersama keluarga ataupun kerabat. Sejumlah negara di dunia ini memiliki makanan khas yang wajib disajikan saat perayaan tahun baru. Beberapa makanan tersebut diajikan karena bertujuan untuk membawa keberuntungan di tahun yang baru. Namun, ada juga yang melambangkan kepergian tahun yang telah berlalu. Apa saja? Berikut adalah daftarnya,

1. Ikan atau Ayam Bakar, Indonesia

Ikan Bakar atau Ayam Bakar
tastynesia.com

Kuliner khas tahun baru yang pertama ini berasal dari Indonesia, yaitu ikan bakar atau ayam bakar. Kedua menu ini memang selalu menjadi salah satu menu untuk merayakan tahun baru di Indonesia.

Tak hanya karena mudah dibuat, kedua menu ini memang sangat digemari oleh berbagai kalangan. Biasanya, ikan bakar atau ayam bakar ini disajikan dengan lalapan, sambal dan nasi hangat yang semakin menambah kenikmatan sembari menunggu pergantian tahun. Hidangan ini tak hanya dikenal memiliki rasa yang nikmat, namun juga menjadi simbol kebersamaan karena hidangan ini dibuat secara bersama-sama dan dinikmati secara bersama-sama juga.

Gotravelly

Kaya Serat, Asyiknya Ngunyah Salad Sayur Sehat Dan Segar

La Chill Bar : Bar Dan Tempat Berburu Sunset Terbaik Di Lombok

2. 12 Buah Berbentuk Bulat, Filipina

12 Buah Berbentuk Bulat
sunflowords.com

Selain Indonesia, Filipina juga memiliki kuliner khas tahun baru yang cukup unik, yaitu 12 buah berbentuk bulat. Masyarakat Filipina menganggap jika benda-benda yang berbentuk bulat merupakan pertanda keberuntungan karena bentuknya mirip dengan uang koin.

12 jenis buah tersebut adalah simbol dari 12 bulan yang bisa mendatangkan kemakmuran di tahun mendatang. Tak hanya buah, mereka juga menyajikan ragam kue berbentuk bulat serta mengenakan baju bermotif polka dot dan memajang benda-benda berbentuk bulat.

3. Toshikoshi Soba, Jepang

Toshikoshi Soba
tarasmulticulturaltable.com

Kuliner khas tahun baru selanjutnya adalah Toshikoshi Soba yang bisa kamu temukan di Negeri Sakura, Jepang. Soba memang menjadi salah satu jenis mi yang populer di Jepang dan biasa dinikmati sepanjang tahun.

Saat tahun baru, masyarakat Jepang akan menyantap toshikoshi soba, yaitu soba yang melambangkan umur panjang karena berbentuk panjang dan tidak terputus. Hal ini sama dengan filosofi mi panjang umur di Tiongkok. Toshikoshi soba ini biasa disajikan panas dengan kuah kaldu yang manis dan gurih, kemudian diberi topping nori, telur dan kamaboko.

4. Tteok-gu, Korea

Tteok-guk
en.wikipedia.org

Tteok-gu merupakan sebuah kuliner khas tahun baru di Korea yang cukup populer. Tteok-guk ini merupakan sup bening yang panas dan berisikan irisan tipis kue beras yang melambangkan umur panjang. Untuk itu, jika menginginkan umur panjang, sup ini harus dimakan hingga habis.

Tak hanya disajikan saat perayaan tahun baru, namun tteok-guk ini juga dinikmati saat ulang tahun. Setelah sup ini disantap hingga habis, seseorang tersebut dianggap resmi bertambah usia.

5. Pangsit, Mie dan Ikan Utuh, Tiongkok

Pangsit, Mie dan Ikan Utuh
seonkyounglongest.com

Perayaan tahun baru di Tiongkok memang selalu diisi dengan ragam tradisi yang unik, salah satunya adalah menyantap kuliner khas tahun baru. Menariknya, makanan yang disajikan saat tahun baru di Tiongkok ini tak hanya satu macam, melainkan 3 macam makanan, yaitu pangsit, mie dan ikan utuh.

Pangsit dianggap sebagai lambang kekayaan karena memiliki bentuk yang menyerupai uang perak kuno yang bentuknya seperti perahu. Sementara mie adalah lambang umur panjang yang mana menjadi salah satu berkah kehidupan yang berharga bagi warga keturunan Tionghoa. Terakhir, ikan merupakan lambang kemakmuran dan rezeki yang mana dalam bahasa Mandarin, penlafalan ikan memiliki bunyi yang hampir sama dengan surplus.

6. Oliebollen, Belanda

Oliebollen
thespruceeats.com

Kuliner khas tahun baru selanjutnya adalah oliebollen. Oliebollen ini merupakan makanan tahun baru yang disajikan oleh masyarakat Belanda.

Masyarakat Belanda memang terbiasa menyambut pergantian tahun dengan menyantap hal-hal yang manis. Oliebollen ini merupakan salah satu kue yang digoreng dan memiliki tampilan yang mirip dengan donat. Kue ini adalah makanan tradisional Belanda dan sering disajikan pada malam tahun baru. Oliebollen ini biasanya dicampur dengan buah apel yang dipotong dadu, kismis atau manisan kulit jeruk.

7. Glucksschwein, Jerman

Glucksschwein
pinterest.com

Sama halnya dengan masyarakat Belanda, masyarakat Jerman juga menyambut tahun baru dengan yang manis-manis. Untuk itulah, kuliner khas tahun baru di Jerman ini adalah glucksschwein.

Glucksschwein ini merupakan kue dengan cita rasa mani yang berbentuk babi. Babi dianggap sebagai simbol keberuntungan dan kemakmuran di Jerman. Untuk itu, kue manis berbentuk babi ini menjadi lambang tahun baru yang manis dan penuh keberuntungan.

8. Vasilopiita, Yunani

Vasilopiita
akispetretzikis.com

Kuliner khas tahun baru yang wajib untuk kamu cicipi selanjutnya adalah Vasilopiita. Vasilopiita ini merupakan sebuah kue yang juga dikenal sebagai Kue St Basil.

Di Yunani, perayaan tahun baru bertepatan dengan Festival St Basil, yaitu salah satu pendiri gereja Yunani ortodoks. Di hari tersebut, masyarakat Yunani menyiapkan sajian khusus bernama Vasilopiita yang di dalamnya dimasukkan sekeping koin emas. Siapapun yang mendapatkan potongan kue dengan koin di dalamnya dipercaya akan mendapatkan keberuntungan di tahun yang baru.

9. Anggur, Spanyol

Anggur
pikiran-rakyat.com

Spanyol juga memiliki kuliner khas tahun baru yang sebenernya sangat umum ditemukan, yaitu anggur. Warga Barcelona, Madrid dan banyak kota di Spanyol lainnya merayakan tahun baru dengan bersenang-senang di lapangan sambik melahap anggur.

Masyarakat Spanyol biasanya menyantap 12 buah anggur sambil menunggu detik-detik pergantian tahun baru. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan mendapatkan 12 bulan yang manis sepanjang tahun. Tradisi memakan anggur ini telah populer sejak tahun 1909 saat kelompok petani anggur ingin menjual kelebihan stok buah anggur di masa panen yang baik.

10. Anggur & Delima, Brasil

Delima
tirto.id

Sama halnya dengan Spanyol, masyarakat Brasil juga menikmati anggur sebagai salah satu kuliner khas tahun baru mereka. Berbeda dengan masyarakat Spanyol yang memakan 12 buah anggur sembari menanti detik-detik pergantian tahun baru, masyarakat Brasil justru hanya menikmati 7 buah anggur saja saat perayaan tahun baru.

Masyarakat Brasil memakan makanan tertentu yang dipercaya mengundang keberuntungan di tahun yang baru. Angka tujuh merupakan angka keberuntungan di malam pergantian tahun. Tujuh buah anggur ini dipercaya mampu membuat semua bidang kehidupan semakin melimpah. Selain anggur, mereka juga menikmati tujuh biji delima agar keuangan tetap lancar.

11. Cotechino con Lenticchie, Italia

Cotechino con Lenticchie
cucchiaio.it

Masyarakat Italia merayakan tahun baru dengan melangsungkan Festival La Festa yang dihelat di San Silvestro. Pada festival ini biasanya disajikan kuliner khas tahun baru yang juga merupakan makanan tradisional Italia, yaitu cotechino con lenticchie.

Cotechino con lenticchie ini merupakan makanan yang terdiri dari sosis dan lentil rebus. Lentil adalah simbol harta dan keberuntungan bagi masyarakat Italia. Tak hanya kuliner tersebut, beberapa keluarga juga umumnya menyajikan kaki babi yang diberi isian bernama zampone.

12. Anak Babi Panggang, Austria

Anak Babi Panggang
id.pinterest.com

Kuliner khas tahun baru yang satu ini banyak dinikmati oleh masyarakat Austria, yaitu anak babi panggang atau yang juga dikenal sebagai Sylvesterabend. Hidangan ini biasanya selalu tersaji di meja makan masyarakat Austria saat perayaan tahun baru.

Tak hanya sajian ini saja, masyarakat Austria ini juga menghias meja makan mereka dengan marzipan kecil berbentuk babi. Sama halnya di Jerman, babi di Austria juga dianggap sebagai simbol kemakmuran dan kemajuan.

13. Puding Nasi, Swedia

Puding Nasi
m.medcom.id

Jika kamu sedang menghabiskan waktu libur tahun baru di Swedia, maka kamu akan menemukan puding nasi sebagai kuliner khas tahun baru disana. Puding nasi khas Swedia ini diberi isian kacang almond yang tersembunyi di dalamnya.

Menurut kepercayaan masyarakat Swedia, siapapun yang bisa menemukan almond yang ada di dalam puding nasi tersebut akan memperoleh keberuntungan selama 12 bulan ke depan. Apakah kamu percaya? Coba saja sendiri.

14. Ikan Herring, Polandia

Ikan Herring
thespruceeats.com

Di Polandia, ikan herring menjadi salah satu menu wajib saat merayakan pergantian tahun. Ikan ini dijadikan sebagai kuliner khas tahun baru karena ikan ini memiliki sisik berwarna keperakan layaknya uang logam perak yang melambangkan kekayaan dan kemakmuran di tahun yang baru.

Di kawasan Eropa Barat, ikan herring ini juga menjadi pertanda harapan untuk tahun baru dengan rezeki yang melimpah.

15. Roti, Irlandia

Roti
cookidoo.international

Kuliner khas tahun baru berikutnya adalah roti yang biasa dinikmati oleh masyarakat Irlandia. Masyarakat Irlandia memiliki sebuah tradisi unik saat perayaan tahun baru dengan kuliner roti.

Roti selalu ada saat perayaan pergantian tahun di Irlandia yang mana hidangan ini akan dibenturkan ke dinding rumah. Hal ini dipercaya bahwa nasib buruk dan roh jahat akan diusir dan keberuntungan akan diundang masuk. Tak hanya itu, tradisi unik ini juga sebagai pertanda bahwa tahun yang akan datang akan dipenuhi dengan roti dan makanan lainnya yang melimpah ruah.

16. Wiski, Roti Hitam dan Shortbread, Skotlandia

Wiski, Roti Hitam dan Shortbread
blibli.com

Masyarakat Skotlandia memiliki sebuah tradisi yang menarik bernama Hongmanay saat tahun baru. Tradisi ini meliputi ‘kaki pertama’, yaitu saat malam pergantian tahun masyarakat Skotlandia akan saling mengunjungi dengan para tetangga untuk pertama kalinya di tahun baru.

Nah, tradisi saling berkunjung ke rumah tetangga ini juga disertai dengan membawa oleh-oleh berupa arang untuk perapian, roti hitam, shorthbread dan wiski. Ragam kuliner khas tahun baru tersebut menjadi simbol keberuntungan yang bermacam-macam bagi pemilik rumah.

17. Kransekage, Denmark & Norwegia

Kransekage
lifestyle.okezone.com

Kuliner khas tahun baru yang tak kalah nikmat berikutnya adalah kransekage. Kransekage ini merupakan sebuah hidangan yang disajikan saat perayaan tahun baru di Denmark. Namun, kue ini juga bisa ditemukan saat pesta pergantian tahun di Norwegia.

Kransekage ini merupakan kue karangan bunga. Disebut demikian karena kue ini berbentuk seperti donat yang disusun menyerupai menara. Pada kue ini juga terdapat hiasan ornamen dan bendera yang disematkan agar pesta pergantian tahun lebih meriah. Untuk menikmati kue ini biasanya didampingi dengan anggur merah atau red wine. Tak hanya disajikan saat perayaan tahun baru saja, kransekage ini juga kerap disajikan saat acara ulang tahun dan pernikahan.

18. Kuku Sabzi, Iran

Kuku Sabzi
ahueats.com

Iran rupanya juga memiliki sebuah kuliner khas tahun baru yang cukup populer, bernama Kuku Sabzi. Kuku Sabzi ini merupakan sebuah sajian tahun baru yang berasal dari budaya Persia.

Kuku Sabzi dibuat dari telur dan rempah dan memiliki tampilan yang mirip dengan frittata Italia dan quiche Perancis. Biasanya kuku sabzi ini disantap dengan roti, yogurt atau salad. Jika kamu ingin mencobanya, kamu bisa berkunjung ke kawasan Nowruz, Iran. Masyarakat di Nowruz biasa menyajikan kuku sabzi ini saat perayaan pergantian tahun.

19. Sayuran Hijau, Amerika Serikat

Sayuran Hijau
klikdokter.com

Kuliner khas tahun baru berikutnya adalah sayuran hijau yang biasa dinikmati oleh masyarakat Amerika Serikat. Masyarakat Amerika Serikat biasanya mengonsumsi ragam jenis sayuran hijau saat pergantian tahun karena sayuran berdaun hijau warnanya mirip dengan lembaran uang kertas di Amerika, yaitu Dollar Amerika. Hal ini dipercaya bisa membawa keberuntungan dan keberlimpahan rejeki di tahun selanjutnya.

20. Black Eyed Peas, Amerika Serikat

Black Eyed Peas
epicurious.com

Tak hanya mengonsumsi ragam jenis sayuran berdaun hijau, masyarakat Amerika Serikat juga mengonsumsi Black Eyed Peas sebagai kuliner khas tahun baru mereka. Sajian hidangan ini merupakan kacang hitam yang dikenal memiliki kandungan karbohidrat dan protein yang tinggi.

Black Eyed Peas ini dinikmati saat perayaan tahun baru karena melambangkan keberuntungan sejak era Depresi Berat yang terjadi di tahun 1930an.

21. Kentang, Kolumbia

Kentang
review.bukalapak.com

Kolumbia juga memiliki sebuah kuliner khas tahun baru yang cukup menarik yaitu kentang. Saat malam terakhir di setiap tahun, masyarakat Kolumbia bisanya menaruh tiga kentang di bawah tempat tidur mereka masing-masing. Satu kentang dikupas, satu kentang lainnya tidak dikupas dan satu kentang lainnya dikupas sebagian.

Saat tengah malam di pergantian tahun, mereka kemudian mengeluarkan kentang pertama yang mereka sentuh tanpa melihat. Jika mereka menyentuh kentang yang dikupas, maka dipercaya mereka akan mendapatkan masalah keuangan. Sementara jika mereka menyentuh kentang yang tidak dikupas sama sekali, maka dipercaya mereka akan mendapatkan keberuntungan di tahun yang baru.

22. Tamales, Meksiko

Kuliner Khas Tahun
thespruceeats.com

Kuliner khas tahun baru yang terakhir adalah tamales. Tamales merupakan salah satu sajian yang hampir selalu ada saat acara-avara spesial di Meksiko.

Tamales merupakan sejenis roti pipih yang terbuat dari jagung, kemudian diberi isian daging, keju dan ragam bahan pangan lainnya. Setelah itu, sajian ini dibungkus dengan daun pisang atau kulit jagung.

Saat menjelang pergantian tahun, para perempuan di Meksiko ini akan membuat ratusan bungkus tamales untuk sajian pesta. Saat perayaan tahun baru, tamales biasanya disajikan bersama sejenis sup bernama menudo, yang merupakan sup penghilang mabuk.

Tak hanya tamales, masyarakat Meksiko juga memiliki kebiasaan untuk menyajikan hidangan lainnya, yaitu rosca de reyes saat perayaan pergantian tahun baru. Rosca de reyes ini merupakan sejenis roti berbentuk cincin dengan taburan buah kering yang di dalam bagian roti disembunyikan sebuah perhiasan kecil. Orang yang bisa menemukan perhiasan tersebut dipercaya akan memperoleh keberuntungan di tahun yang akan datang.

Demikianlah daftar kuliner khas tahun baru yang bisa kamu temukan di berbagai negara. Kebanyakan dari kuliner tersebut memang sangat lezat. Namun, tak hanya lezat tapi juga memiliki makna dan simbol keberuntungan di tahun yang akan datang. Kira-kira, kuliner mana yang paling ingin kamu coba saat tahun baru nanti?



Leave a Reply