8 Makanan Khas Bali Yang Disajikan Saat Perayaan Hari Raya Nyepi


sisil angelin  May 26, 2021  0 Comment

Makanan Khas Bali di hidangankan saat perayaan Nyepi ini memang memiliki fisosopi tersendiri bagi Masyarakat Bali. Nyepi memang menjadi salah satu hari yang ditunggu-tunggu bagi pemeluk agama Hindu dimanapun berada, dan saat Tahun Baru Saka tiba ini biasanya banyak sekali tradisi unik yang akan digelar, saat Hari Raya Nyepi diberbagai daerah yang ada di Indonesia.

Untuk kalian yang belum paham Arti kata Nyepi sendiri adalah Sunyi Senyap, dan Sejak tahun 78 Masehi nyepi ditetapkan menjadi Tahun Baru Hindu. Jadi saat Nyepi tiba maka biasanya semua kegiatan ditiadakan bahkan Bandara Udara Internasional pun akan tutup. Tujuan utama untuk Hari Raya Nyepi ini adalah untuk memohon dihadapan Tuhan Yang Maha Esa untuk menyucikan manusia, dan alam semesta. Makanya tak heran saat sebelum Hari Raya Nyepi biasanya umat Hindu akan mengadakan upacara, dan terutama bagi masyarakat pemeluk agama Hindu di Pulau Bali.

Namun selain perayaan yang besar saat nyepi biasanya yang ditunggu-tunggu adalah hidangan khas Hari Raya Nyepi yang dirindukan seluruh umat Hindu di Indonesia, dan untuk kalian yang pengen tau apa saja sih makanan khas yang disajikan saat perayaan Hari Raya Nyepi. Nah dari pada kalian penasarang langsung aja yuk simak artikel GoTravelly

1. Lawar

Lawar
id.wikipedia.org

Hidangan khas Bali yang akan kita bahas pertama ini memang menjadi salah satu hidangan yang wajib banget ada saat Hari Raya Nyepi. Jadi Lawar ini terdiri daei nasi putih, beraneka sayuran lawar, nangka muda, Daging cincang, dan sate lilit. Untuk lawar sendiri memiliki banyak sekali variasinya ada lawar nangka, lawar babi, lawar merah, lawar putih, lawar padamare, dan semua itu tergantung isian dari sayuran serta daging yang digunakan untuk 1 porsi Lawar. Untuk rasa memang Lawar menjadi sajian terenak, dan ditunggu-tunggu saat Hari Raya Nyepi.

paket wisata murah

Puncak Bukit Trunyan/Puncak Indrakila merupakan puncak dari bukit di atas Desa Trunyan

Pantai Mertasari: Ngadem Di Bawah Pinus Atau Berjemur Di Panas Matahari

2. Ayam Betutu

Ayam Betutu
asianfoodnetwork.com

Kuliner yang ada diurutan kedua ini memang sangat hits, dan menjadi hidangan nusantara yang memiliki banyak sekali penggemarnya. Jadi Ayam Betutu ini biasanya adalah sajian yang wajib ada saat Hari Raya Nyepi, dan Ayam Betutu ini biasanya selalu ada saat upacara serta menjadi sajian wajib saat sesembahan. Makanya tak heran jika Ayam Betutu ini selalu ada saat ritual keagamaan, dan Ayam Betutu ini saat perayaan Nyepi biasanya akan di panggang dalam api sehingga menciptakan rasa yang sempurna saat dimakan. Jadi untuk kamu yang merayakan Nyepi pastikan ada Ayam Betutu dimeja kalian ya guys!

3. Ketongkol

Ketongkol
lifestyle.okezone.com

Ketongkol ini memang memiliki aroma yang wangi, gimana gak wangi Ketongkol ini dibungkus dengan daun pisang sehingga mengeluarkan aroma yang sedap, dan Ketongkol ini biasanya dimakan bersama sambal Matah khas Bali. Namun selain sambal Matah Ketongkol juga akan dimakan bersama lauk, atau sayuran. Untuk rasa memang sangat gurih, manis, asin, dan bumbu pada Ketongkol ini memang sangat sempurna dimakan bersama sambal matah yang segar! Jadi Ketongkol ini menjadi salah satu hidangan khas Hari Raya Nyepi yang dirindukan bagi umat beragama Hindu terutama di Bali.

4. Nasi Tempeng

Nasi Tempeng
lifestyle.okezone.com

Namanya memang unik ‘Nasi Tempeng’ yang menjadi salah satu hidangan tradisional khas Gianyar Bali yang memiliki rasa pedas, dan rempah-rempah yang strong. Untuk beberapa bahan yang digunakan Nasi Tempeng ada kacang panjang, nangka muda, terong, daun kelor, kacang merah, dan semua bahan itu akan diberi taburan kelapa parut. setelah semua bahan tercampur maka Nasi Tempeng ini akan dibungkus daun pisang yang akan membuat aroma Nasi Tempeng ini keluar, dan biasanya untuk makan Nasi Tempeng ini tidak menggunakan piring namun menggunakan daun pisang. Hal ini tentunya memiliki alasan yaitu agar aroma dari Nasi Tempeng ini akan membuat nafsu makan kalian meningkat.

5. Entil

Entil
kintamani.id

Entil ini menjadi salah satu hidangan umat Hindu yang berada di Desa Wongaya Gede Tabanan Bali, dan Entil ini biasanya diolah untuk merayakan Hari Raya Nyepi. Jadi Entil ini sekilas mirip dengan ketupat yang terbuat dari beras, dan akan dibungkus menggunakan daun pisang lalu diikat dengan bambu. setelah matang Entil akan dimakan dengan lauk, dan sayuran. Untuk rasa tidak perlu ditanaya lagi Entil ini enak banget, dan menjadi salah satu makanan yang dirindukan saat Hari Raya Nyepi. Jadi untuk kamu yang merayakan Nyepi di Bali pastikan kalian juga mencicipi Entil.

6. Pulung Nyepi

Pulung Nyepi
travel.tribunnews.com

Dari namanya aja sudah tau dong guys hidangan yang satu ini akan disajikan kapan? Ya sudah pasti saat Hari Raya Nyepi lah… Jadi Pulung Nyepi ini terbuar dari tepung beras, tepung kanji, parutan kelapa, dan santan yang akan menciptakan rasa yang sempurna. Jadi ada manis, gurih, dan tektur adonan yang kenyal juga bikin siapa aja ketagihan untuk memakannya. Jadi untuk kalian yang lagi merayakan Nyepi wajib banget nih membuat Pulung Nyepi dirumah, dan adat memakan Pulung Nyepi ini masih melekat di Bali.

7. Cerorot

Cerorot
goodnewsfromindonesia.id

Celorot ini termasuk jajanan tradisional yang cukup susah ditemukan jaman sekarang, dan kue basah ini ternyata menjadi salah satu camilan yang wajib ada saat Hari Raya Nyepi. jadi rasanya itu manis, lembut, dan bikin siapa aja ketagihan untuk memakan celorot. Makanya tak heran jika jajanan yang satu ini dirindukan saat Hari Raya Nyepi tiba, dan rasanya yang legit memang bikin mood membaik. Jadi untuk kamu yang ingin merayakan Nyepi pastikan ada jajanan basah yang satu ini ya!

8. Jaja Apem

Jaja Apem
kooliner.com

Makanan khas Nyepi yang akan kita bahas terakhir ini adalah Jaja Apem. Jadi Jaja Apem ini memang sudah tidak asing di Indonesia, dan menjadi salah satu jajanan yang dirindukan saat perayaan Nyepi. Jadi Jaja Apem ini terdiri dari tepung beras yang dicampur dengan tape singkong, dan air kelapa sehingga membuat Jaja Apem ini mekae saat dipanggang, dan Jaja Apem memiliki rasa yang tidak begitu manis karena biasanya akan diberi gula cair atau kelapa parut dicampur gula saat kita memakannya. Jaja Apem ini menjadi camilan wajib ada saat perayaan hari raya Nyepi di Bali. Jadi untuk kamu yang lagi merayakan Hari Raya Nyepi diluar Pulau Bali bisa membeli Jaja Apem didaerah kalian untuk dimakan saat Hari Raya Nyepi tiba, dan hal ini tentunya akan dirindukan saat Hari Raya Nyepi 1 tahun 1x.

Itulah 8 makanan khas yang disajikan saat Hari Raya Nyepi. Menurut kalian makanan khas mana yang bikin kalian rindu saat perayaan Nyepi? Kalian bisa jawab dikolom komentar yang ada dibawah ini ya! Semoga informasi ini bermanfaar untuk kamu yang merayakan Nyepi, dan untuk kalian yang tidak merayakan tentunya menambah pengetahuan kalian tentang agama serta budaya yang ada di dunia ini. Selamat Hari Raya Nyepi, dan selamat mencoba!



Leave a Reply