20 Tempat Wisata di Agam Sumatera Barat Bikin Cinta Berat!


Fida  November 14, 2021  0 Comment

Agam merupakan salah satu kabupaten di provinsi Sumatera Barat yang dikenal menawarkan banyak tempat wisata. Kamu dapat menjumpai berbagai pilihan tempat wisata di Agam mulai dari tempat wisata alam, tempat wisata bersejarah, hingga tempat wisata religi. Berikut daftar 20 rekomendasi tempat wisata di Agam yang tentu sayang untuk kamu lewatkan.

1. Lawang Park

lawang park
azzamautorental.com

Salah satu tempat wisata di Agam yang sangat populer dan menarik untuk kamu kunjungi adalah Lawang Park. Tempat wisata ini menawarkan keindahan luar biasa dan memiliki ketinggian mencapai 1210 mdpl. Kamu akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan persawahan, bukit, hingga danau.

Untuk datang dan menyusuri tempat wisata yang satu ini, kamu dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp 20.000,- per orang. Pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan. Tempat yang satu ini juga sangat cocok dikunjungi bagi kamu pecinta foto karena memiliki banyak spot instagramable. Lawang Park berlokasi di Jalan Lintas Lawang Park – Ambun Pagi Nagari Lawang, Kabupaten Agam.

Gotravelly

Pesona Nirwana, Pantai Indah Di Kota Padang Yang Jarang Terjamah

Pesona Pulau Pandang Batubara Sumatera Utara

2. Danau Maninjau

danau maninjau
liputan6.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan wisata Danau Maninjau bukan? Salah satu tempat wisata di Agam yang satu ini memang cukup populer dan kerap didatangi oleh wisatawan yang datang dari berbagai daerah. Kamu dapat mengunjungi Danau Maninjau di daerah Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam.

Pengunjung yang datang akan dimanjakan dengan indahnya panorama alam yang ditawarkan. Selain itu, udara yang sejuk juga tentu membuat pengunjung betah. Kawasan wisata yang satu ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas salah satunya adalah adanya penginapan. Saat mencari tempat wisata di Agam, Danau Maninjau menjadi pilihan tepat yang bisa kamu kunjungi.

3. Air Terjun Langkuik Tamiang

air terjun langkuik tamiang
liputan6.com

Salah satu rekomendasi tempat wisata di Agam yang menarik untuk dikunjungi adalah Air Terjun Langkuik Tamiang. Air terjun yang satu ini dikenal menawarkan panorama alam yang sangat luar biasa. Kamu dapat mengunjungi Air Terjun Langkuik Tamiang di daerah Malalak Barat, Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam.

Jernihnya air yang mengalir dari ketinggian mencapai 100 meter tentu menjadi daya tarik tersendiri dan indah saat dinikmati. Pemandangan tebing dan pepohonan di sekeliling air terjun juga menjadikan suasana semakin sejuk dan asri. Tidak heran bahwa air terjun ini kerap disebut pemandangan surga karena dikenal indah.

4. Air Terjun Gadih Ranti

air terjun gadih ranti
siarminang.net

Selain indahnya Air Terjun Langkuik Tamiang, Air Terjun Gadih Ranti juga menjadi rekomendasi tempat wisata di Agam yang menarik untuk kamu kunjungi. Air terjun yang satu ini berlokasi di daerah Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam.

Tidak hanya dikenal dengan aliran airnya yang deras dan jernih, air terjun ini juga dikenal menawarkan indahnya pemandangan di sekelilingnya. Air Terjun Gadih Ranti juga menyimpan mitos yang beredar, salah satunya adalah konon katanya jika ada laki-laki yang mandi di bawah air terjun maka akan bertemu dengan putri jelita. Penasaran dengan mitos tersebut?Jangan lewatkan untuk berkunjung ke Air Terjun Gadih Ranti saat datang ke kabupaten Agam.

5. Pantai Tiku

pantai tiku
travel.detik.com

Tidak hanya wisata berupa air terjun, kamu juga dapat menjumpai tempat wisata berupa pantai saat berkunjung ke Kabupaten Agam. Salah satu tempat wisata di Agam yang populer adalah Pantai Tiku. Pantai yang satu ini bisa kamu kunjungi di daerah Tiku Selatan, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam.

Pantai yang satu ini dikenal menawarkan keindahan alam luar biasa sehingga ramai didatangi oleh wisatawan. Kamu juga akan dimanjakan dengan fasilitas lengkap seperti adanya toilet, persewaan ban pelampung, hingga perahu. Pantai yang satu ini juga menjadi lokasi transit para nelayan.

6. Air Terjun Badorai

air terjun badorai
caretet.com

Tidak perlu bingung menentukan tujuan bagi kamu yang ingin mengunjungi tempat wisata di Agam, Air Terjun Badorai menjadi rekomendasi tepat dan sayang untuk dilewatkan. Air terjun yang satu ini berlokasi di daerah Sungai Pua, Kabupaten Agam.

Untuk tiba di lokasi air terjun, pengunjung harus melakukan penjelajahan melewati hutan dan tentu cukup melelahkan. Tetapi tenang saja, setibanya di lokasi air terjun rasa lelah akan terbayar lunas karena indahnya pemandangan yang ditawarkan. Kamu akan disuguhkan dengan adanya tiga tingkatan air terjun yang sangat memanjakan mata. Pemandangan sekeliling air terjun yang masih sangat asri juga menjadikan tempat ini cocok dikunjungi bagi kamu yang ingin datang ke tempat wisata dengan suasana tenang.

7. Ekowisata Lasi

ekowisata lasi
caretet.com

Salah satu rekomendasi tempat wisata di Agam yang menarik untuk dikunjungi adalah Ekowisata Lasi. Tidak hanya menawarkan tempat wisata indah, tempat ini juga cocok dipilih sebagai sarana edukasi yang tepat bagi anak-anak.

Pengunjung dapat melakukan berbagai hal saat berkunjung ke agro wisata yang satu ini. Beberapa hal menarik yang bisa dicoba diantaranya memetik buah, mempelajari tentang tanaman, hingga mencoba aktivitas outbound. Hamparan hijau yang luas juga menjadikan tempat ini cocok dikunjungi bagi kamu yang ingin menyegarkan pikiran. Kamu dapat mengunjungi Ekowisata Lasi di daerah Kenagarian Lasi, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam.

8. Gunung Merapi

gunung merapi agam
liputan6.com

Siapa nih yang suka mendaki? Gunung Merapi menjadi rekomendasi tempat wisata di Agam yang sangat menarik untuk kamu kunjungi. Gunung yang satu ini berlokasi di daerah Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Agam. Pengunjung akan dimanjakan dengan suasana yang khas serta indahnya pemandangan yang menakjubkan.

Kamu dapat menikmati puncak Merapi serta melihat kawah setelah melewati perjalanan yang melelahkan. Rute yang tajam dan menantang akan kamu lewati saat ingin tiba di puncak Gunung Merapi. Saat berkunjung ke daerah kabupaten Agam, indahnya tempat wisata alam yang satu ini tentu saya untuk kamu lewatkan.

9. Pantai Bandar Mutiara

pantai bandar mutiara
infopublik.id

Tempat wisata di Agam yang menarik untuk dikunjungi selanjutnya adalah Pantai Bandar Mutiara. Pantai yang satu ini berlokasi di daerah Tiku Selatan, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam. Saat berkunjung ke pantai ini, kamu akan dimanjakan dengan indahnya hamparan pasir putih yang luas serta pemandangan pantai yang menakjubkan.

Pengunjung dapat memilih untuk bersantai dan menikmati pemandangan yang ditawarkan maupun melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, berlayar menggunakan perahu kecil, atau bermain air. Pantai ini juga menawarkan banyak spot foto menarik yang dapat dimanfaatkan untuk berfoto instagramable.

10. Pantai Ujung Karang

pantai ujung karang
andalastourism.com

Pantai Ujung Karang juga menjadi salah satu rekomendasi tempat wisata di Agam yang sayang untuk dilewatkan. Kamu dapat mengunjungi pantai ini di daerah Lubukbasung, Kabupaten Agam. Tidak kalah dengan indahnya pantai lainnya, Pantai Ujung Karang juga menawarkan indahnya panorama alam yang menakjubkan. Juga akan dimanjakan dengan perairan yang jernih dan berwarna biru.

Bersantai di kawasan pantai ini tentu menjadi menarik yang bisa kamu coba untuk menghabiskan waktu berlibur. Waktu terbaik untuk berkunjung ke pantai ini adalah saat sore hari karena biasanya wisatawan dapat menikmati pemandangan matahari terbenam yang sangat indah. Saat berkunjung ke daerah Agam, tidak ada salahnya untuk mampir dan menikmati indahnya tempat wisata yang satu ini.

11. Sungai Janiah

sungai janiah
sumbarsatu.com

Salah satu rekomendasi tempat wisata di Agam yang sangat menarik untuk kamu kunjungi adalah Sungai Janiah. Tempat wisata yang satu ini menawarkan keindahan alam luar biasa dengan suasana yang sangat sejuk dan asri.

Sungai Janiah bisa kamu kunjungi di daerah Jorong Sungai Janiah, Tabek Panjang, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam. Pengunjung dapat melakukan berbagai kegiatan seru saat datang ke tempat wisata yang satu ini diantaranya berenang, memancing, hingga berlayar dengan menggunakan perahu. Tempat wisata yang satu ini sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang ingin mengeluarkan pikiran maupun menenangkan diri.

12. Bukit Sakura

bukit sakura
kaba12.co.id

Salah satu rekomendasi tempat wisata di Agam yang sangat menarik untuk kamu kunjungi adalah Bukit Sakura. Tempat wisata yang satu ini berlokasi di daerah Baringin, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam. Meskipun memiliki sebutan Bukit Sakura, tetapi di tempat wisata yang satu ini kamu bisa akan menjumpai bunga sakura.

Kamu dapat menikmati indahnya pemandangan yang ditawarkan dan dapat dinikmati dari Bukit Sakura. Di bukit ini, kamu dapat menjumpai bunga yang mirip sekali dengan bunga sakura. Tempat yang satu ini juga sama sering dikunjungi bagi kamu yang suka mengunjungi tempat wisata alam. Pengunjung perlu melakukan trekking untuk tiba di atas bukit. Seru sekali bukan?

13. Kelok 44

kelok 44
travel.detik.com

Kelok 44 merupakan salah satu lokasi yang sudah tidak asing lagi dan dikenal sebagai salah satu tempat wisata di Agam. Tempat yang satu ini merupakan jalanan dengan rute curam dan mengerikan. Meskipun begitu, kelok ini sangat menarik perhatian pengguna jalan dan wisatawan.

Tidak sedikit wisatawan atau pengguna jalan yang menyempatkan untuk berfoto di kawasan kelok ini. Mengambil gambar dari berbagai sudut untuk menjadi hal seru yang bisa kamu coba saat melewati Kelok 44. Saat berlibur ke daerah Agam, tidak ada salahnya bagi kamu untuk melewati jalan ini sekaligus menyebabkan untuk berfoto.

14. Masjid Raya Bayur

masjid raya bayur
id.wikipedia.org

Tidak hanya tempat wisata alam, kamu juga dapat memilih untuk berkunjung ke tempat wisata religi saat datang ke Agam. Salah satu rekomendasi tempat wisata di Agam yang menarik untuk kamu kunjungi adalah Masjid Raya Bayur. Tidak hanya dikenal sebagai tempat ibadah, masjid ini juga dipuji karena memiliki arsitektur yang unik dan khas.

Masjid Raya Bayur menggunakan perpaduan budaya Minang dan Thailand dalam pembangunannya. Perpaduan cat berwarna hijau dan putih memberi kesan sejuk dan tenang. Pengunjung juga dapat menikmati adanya menara yang indah di dekat kubah. Masjid yang satu ini kerap dikunjungi oleh wisatawan yang datang dari berbagai daerah untuk ibadah atau sekedar berfoto dengan indahnya arsitektur yang ditawarkan.

15. Benteng Jepang Muko Muko

benteng jepang muko muko
kebudayaan.kemdikbud.go.id

Salah satu rekomendasi tempat wisata di Agam yang sayang untuk kamu lewatkan adalah Benteng Jepang Muko Muko. Tempat wisata yang satu ini sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang suka tempat wisata bersejarah. Tempat ini juga menunjukkan bahwa Nusantara pernah dijajah oleh Jepang.

Benteng Jepang Muko Muko bisa kamu kunjungi di daerah Muko Muko, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam. Di sekeliling benteng, kamu akan dimanjakan dengan suasana yang sangat sejuk dan asri. Indahnya pemandangan matahari terbenam di sore hari juga dapat dinikmati dari kawasan wisata yang satu ini. Benteng Jepang Muko Muko menjadi rekomendasi tepat bagi kamu yang ingin mengunjungi salah satu tempat wisata bersejarah di Agam.

16. Air Terjun Sarasah Tigo Tingkek Sungai Guntuang

air terjun tigo tingkek
wspamungkas-padang.blogspot.com

Air Terjun Sarasah Tigo Tingkek Sungai Guntuang menjadi rekomendasi tempat wisata di Agam yang sangat menarik untuk dikunjungi. Air terjun ini menawarkan keindahan luar biasa serta suasana yang masih sangat asri dan alami. Terdapat banyak spot yang dapat dimanfaatkan untuk berfoto. Indahnya pemandangan tentu menjadi latar foto yang sayang untuk dilewatkan.

Kamu akan dimanjakan dengan aliran air yang deras dan jernih serta pemandangan indah di sekeliling air terjun. Air Terjun Sarasah Tigo Tingkek Sungai Guntuang bisa kamu kunjungi di daerah Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam.

17. Ngalau Kamang

ngalau kamang
kinciakincia.com

Ngalau Kamang menjadi rekomendasi wisata di Agam yang sayang untuk kamu lewatkan. Tempat wisata yang satu ini bisa kamu kunjungi di daerah Kamang Mudiak, Kamang Magek, Kabupaten Agam.

Tidak hanya dikenal sebagai tempat yang menawarkan keindahan, wisata yang satu ini juga memiliki cerita bersejarah. Tempat wisata yang satu ini tidak hanya dikenal oleh warga lokal saja melainkan wisatawan yang datang dari berbagai daerah hingga mancanegara. Saat berkunjung ke daerah Agam, tidak ada salahnya untuk menyempatkan mampir ke tempat wisata yang satu ini.

18. Ngalau Tarang

ngalau tarang
caretet.com

Tidak kalah indahnya dengan Ngalau Kamang, Ngalau Tarang juga menjadi rekomendasi tempat wisata di Agam yang menarik untuk kamu kunjungi. Tempat wisata yang satu ini berlokasi di daerah Kamang Mudiak, Kamang Magek, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Di tempat wisata yang satu ini, pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan alam yang ditawarkan. Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat menyempatkan untuk berfoto.

19. Aio Tigo Raso

aio tigo raso
agammediacenter.blogspot.com

Salah satu tempat wisata di Agam yang sangat menarik untuk dikunjungi adalah Aio Tigo Raso. Tempat wisata yang satu ini bisa kamu kunjungi di daerah Koto Malintang, Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Aio Tigo Raso merupakan sumber mata air yang terletak di atas batu besar. Terdapat tiga sumber mata air dengan rasa yang berbeda-beda yakni rasa manis, asin, dan tawar. Hal ini tentu sangat unik dan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Saat berkunjung ke daerah Agam, tidak ada salahnya untuk mampir ke tempat wisata yang unik ini.

20. Museum Kelahiran Buya Hamka

Tempat Wisata di Agam
m.merdeka.com

Salah satu tempat wisata di Agam yang sangat menarik untuk dikunjungi adalah Museum Kelahiran Buya Hamka. Tempat wisata yang satu ini berlokasi di daerah Sungai Batang, Tanjung Raya, kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Museum yang satu ini dibangun pada tahun 2000 dan diresmikan pada tahun 2001. Kamu akan dimanjakan dengan arsitektur museum yang sangat unik serta berbagai hal menarik di dalamnya. Tempat ini tentu menjadi rekomendasi wisata yang tepat untuk dikunjungi saat datang ke Agam.

Nah itulah daftar 20 rekomendasi tempat wisata di Agam yang sangat menarik untuk kamu kunjungi. Saat berkesempatan untuk datang ke kabupaten Agam, tempat wisata manakah yang paling ingin kamu datangi?



Leave a Reply