8 Makanan Khas Agam Kelezatannya Tiada Tanding!


Fida  November 10, 2021  0 Comment

Kabupaten Agam merupakan salah satu daerah yang terletak di provinsi Sumatera Barat. Selain dikenal dengan berbagai wisata indah yang ditawarkan, Kabupaten Agam juga memiliki berbagai menu kuliner lezat yang menarik untuk dicoba. Beberapa makanan khas tersebut hanya dapat dijumpai di daerah Agam dan sulit dijumpai di berbagai daerah lainnya. Berikut daftar 8 rekomendasi makanan khas Agam yang dikenal lezat dan bisa kamu coba.

1. Itiak Lado Hijau

itiak lado mudo
idntimes.com

Salah satu rekomendasi makanan khas Agam yang menarik untuk kamu coba adalah itiak lado hijau. Tidak hanya disukai oleh warga serta wisatawan lokal, makanan yang satu ini juga banyak diburu oleh wisatawan mancanegara.

Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama daging itik. Kamu akan dimanjakan dengan tekstur daging itik yang empuk serta memiliki cita rasa lezat. Makanan ini juga tidak berbau amis sehingga sangat cocok untuk kamu coba. Penggunaan cabe hijau juga menjadikan makanan ini semakin khas dan sayang untuk dilewatkan. Saat berkunjung ke daerah Agam, tidak ada salahnya untuk menyempatkan berburu makanan itiak lado hijau. Tidak hanya cocok untuk dinikmati langsung, beberapa wisatawan juga membeli makanan ini sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Gotravelly

MakQu Kitchen, Sajikan Beef Belly Rice Bowl Enak

Lezatnya Sate Padang Ajo Sidi: Rekomendasi Kuliner Padang Yang Ngga Pedas

2. Goreng Baluik Lado Mudo

goreng baluik lado mudo
bumbu.resep-resep.com

Goreng Baluik Lado Mudo menjadi salah satu rekomendasi makanan khas Agam yang sayang untuk kamu lewatkan. Goreng baluik memiliki arti belut goreng dalam bahasa Indonesia. Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama belut.

Belut goreng tidak hanya dinikmati langsung tetapi ditambahkan olahan cabe hijau muda. Hanya rasa pedas, makanan ini juga menawarkan cita rasa yang gurih dan pas karena ditambahkan berbagai bumbu dan tomat sebelum dinikmati. Mencoba lezatnya Goreng Baluik Lado Mudo bersama dengan satu porsi nasi hangat tentu akan membuat kamu ketagihan.

3. Gulai Lokan

gulai lokan
travel.tempo.co

Salah satu rekomendasi makanan khas Agam yang sangat menarik untuk kamu coba adalah gulai lokan. Lokan merupakan salah satu dari banyaknya jenis kerang yang hidup di dasar sungai atau di muara sungai sepanjang pesisir pantai. Berbeda dengan kerang yang berukuran kecil, lokan memiliki ukuran mencapai dua hingga tiga kali lipat.

Lokan yang diolah dengan berbagai bumbu khas tentu menghasilkan cita rasa lezat dan menggugah selera. Kamu akan dimanjakan dengan tekstur daging yang empuk saat mencobanya. Makanan yang satu ini sangat cocok untuk dinikmati langsung maupun bersama dengan satu porsi nasi hangat. Saat berkunjung ke daerah Agam, tidak ada salahnya untuk mencoba lezatnya makanan yang satu ini.

4. Nasi Kapau

nasi kapau
food.detik.com

Nasi kapau dikenal sebagai salah satu makanan khas Agam yang populer dan legendaris. Makanan yang satu ini banyak disukai oleh semua kalangan mulai dari masyarakat hingga pejabat tinggi.

Penamaan nasi kapau berasal dari nama salah satu desa di Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam. Makanan yang satu ini dikenal sangat khas dan tidak mudah dijumpai di berbagai daerah lainnya. Hal yang unik adalah terdapat menu gulai tambunsu yakni istilah gulai usus yang diisi dengan telur dan tahu. Sangat menarik untuk dicoba bukan?

5. Cubadak Kicuah

cubadak kicuah
kaba12.co.id

Pernah mendengar sebutan makanan Cubadak kicuah? Cubadak kicuah merupakan salah satu makanan khas Agam yang populer dan banyak diminati oleh warga lokal maupun wisatawan.

Makanan yang satu ini dikenal unik karena memiliki bahan dasar nangka muda tetapi menghasilkan rasa seperti rendang daging saat dicoba. Karena cita rasanya yang unik dan lezat, di daerah jika makanan ini kerap diburu oleh wisatawan yang datang ke daerah Agam. Tidak jarang Cubadak kicuah dipilih sebagai makanan yang tersaji di berbagai acara besar. Saat berkunjung ke daerah Agam, kuliner yang satu ini tentu sayang untuk kamu lewatkan.

6. Gulai Kapalo Lauak

gulai kapalo lauak
sarihusada.co.id

Saat berburu makanan khas Agam, gulai menjadi salah satu makanan yang akan sering kamu jumpai. Salah satu menu yang menarik untuk dicoba adalah gulai kapalo lauak. Menu makanan yang satu ini memiliki arti gulai kepala ikan dalam bahasa Indonesia.

Gulai kapalo lauak dibuat dengan menggunakan bahan utama ikan laut yang segar. Kamu akan dimanjakan dengan tekstur daging yang empuk serta citarasa gurih yang berpadu dengan pedas saat mencobanya. Terdapat berbagai tempat makan yang menyediakan menu gulai kapalo lauak sehingga wisatawan sangat mudah untuk menjumpainya. Meskipun dikenal memiliki cita rasa yang lezat, tetapi makanan yang satu ini tetap dijual dengan harga yang terjangkau.

7. Palai Rinuak

palai rinuak
cookpad.com

Salah satu makanan khas Agam yang menarik untuk kamu coba selanjutnya adalah palai rinuak. Makanan yang satu ini juga disebut dengan pepes rinuak. Sesuai dengan namanya, palai rinuak dibuat dengan menggunakan bahan utama rinuak yang merupakan ikan endemik dari Danau Maninjau.

Rinuak terlebih dahulu ditambahkan dengan berbagai bumbu dan kemudian dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Tidak hanya warga lokal saja, banyak wisatawan yang tertarik dan ingin mencoba lezatnya menu makanan khas Agam yang satu ini. Proses memasaknya yang masih menggunakan cara tradisional tentu akan menghasilkan kenikmatan tersendiri.

8. Lelan Asam Durian

Makanan Khas Agam
kaba12.co.id

Rekomendasi makanan khas Agam berikutnya adalah lelan asam durian. Pernah mendengar sebutan makanan yang satu ini sebelumnya? Lelan asam durian merupakan olahan makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan utama ikan lelan. Ikan lelan sangat mudah dijumpai dan hidup di hulu Danau Maninjau.

Ikan lelan diolah dengan tambahan berbagai bumbu seperti cabe, jahe, bawang putih, bawang merah, dan juga fermentasi asam durian. Kamu akan dimanjakan dengan perpaduan rasa manis dan gurih serta sedikit pahit saat mencobanya. Tekstur daging ikan yang empuk dan berpadu dengan bumbu khas tentu menjadikan makanan ini sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke kabupaten Agam. Selain cocok untuk dinikmati langsung, makanan yang satu ini juga biasa dipilih sebagai lauk dan dinikmati bersama dengan satu porsi nasi.

Nah itulah daftar 8 rekomendasi makanan khas Agam yang sayang untuk kamu lewatkan. Berbagai makanan dibuat dengan bumbu khas sehingga tidak heran jika menghasilkan cita rasa lezat. Saat berkesempatan berkunjung ke Agam, makanan khas manakah yang paling ingin kamu coba?



Leave a Reply