18 Tempat Paling Asik Menyaksikan Penguins di Alam Bebas


prita  August 6, 2021  0 Comment

Tempat Menyaksikan Penguin di Alam bebas ini menjadi destinasi impian para traveller. Penguin merupakan salah satu jenis satwa yang lucu dan menggemaskan. Hewan yang satu ini memang disukai oleh banyak orang, bahkan para penyuka penguin juga bisa melihat dan berinteraksi secara langsung di habitat alami mereka tanpa harus berkunjung ke akuarium. Burung cantik ini memang banyak ditemukan di kawasan Antartika, namun ternyata kamu juga bisa menemukan penguin di beberapa Negara, lho. Nah, kalau kamu ingin melihat dan berinteraksi dengan penguin langsung, kunjungi tempat menyaksikan penguins berikut ini.

1. Galapagos Islands, Ekuador

Galapagos Islands
gadventures.com

Tempat terbaik untuk menyaksikan penguins di alam bebas yang pertama adalah Galapagos Islands. Kepulauan Galapagos yang berada di Ekuador ini memang dikenal sebagai salah satu tempat untuk berinteraksi secara langsung dengan penguin.

Disini bahkan kamu bisa snorkeling di sekitar Pulau Bartolome bersama para penguin. Penguin Galapagos dikenal sebagai penguin terkecil kedua di dunia dengan berat sekitar lima pon dengan tinggi di bawah setengah meter. Jenis penguin ini juga menjadi satu-satunya penguin yang hidup di utara khatulistiwa.

Gotravelly

Aurora Hunting, Tromsø, Norwegia

Batu Love Garden, Wisata Taman Bunga Dengan Koleksi 600 Jenis Tanaman!

2. Ballestas Islands, Peru

Ballestas Islands
peru.travel

Ballestas Islands atau Kepulauan Ballestas yang berada di Peru ini juga menjadi tempat untuk menyaksikan penguins secara langsung. Pulau ini memang dikenal dengan keanekaragaman hayati sehingga mampu menarik perhatian wisatawan.

Untuk menuju ke pulau ini kamu bisa menggunakan perahu dari Paracas yang membutuhkan waktu sekitar empat jam perjalanan dari ibukota Peru, Lima. Pada perjalanan dengan perahu ini, kamu akan diajak mengeliling kepulauan dan bertemu dengan Penguin Humboldt yang terancam punah di kawasan pantai berbatu.

3. Humboldt Penguin National Reserve, Chili

Humboldt Penguin National Reserve
britannica.com

Masih seputaran Penguin Humboldt, selain di Ballestas Islands, kamu juga bisa dengan jenis penguin dan berinteraksi langsung di Humboldt Penguin National Reserve, Chili. Disini kamu kamu bisa melakukan perjalanan di sepanjang pantai Amerika Selatan di bagian barat dan akan menemukan pulau Burung Humboldt yang indah.

Pulau-pulau ini merupakan cagar alam burung dan penguin yang sangat indah dan sayang sekali untuk dilewatkan. Penguin Humboldt ini diberi nama sesuai dengan nama pulau-pulau tersebut dan merupakan salah satu spesies penguin yang hampir punah. Untuk menuju kesini, kamu bisa berangkat dari Santiago menuju Punta de Choros dan membutuhkan waktu sekitar 6 jam. Dari sana, kamu akan menemukan banyak perahu wisata yang bisa kamu sewa untuk menjelajah pulau-pulau penguin tersebut.

4. Tierra del Fuego, Argentina

Tierra del Fuego Argentina
swoop-patagonia.com

Tempat untuk menyaksikan penguin selanjutnya adalah Tierra del Fuego. Tierra del Fuego ini merupakan sebuah pulau yang berada di Argentina. Pulau ini memiliki ibukota Ushuaia yang diklaim sebagai kota paling selatan di seluruh dunia.

Pulau Tierra del Fuego ini juga menjadi salah satu tujuan terbaik untuk menaiki kapal pesiar ke Antartika. Perjalanan menuju pulau ini akan memberikan kamu kesempatan untuk melihat tiga spesies penguin yang berbeda. Jenis pertama yang bisa kamu lihat adalah Penguin Magellanic, namun jika beruntung, kamu bisa melihat secara langsung Penguin Gentoo yang langka dan penguin raja dengan dada berwarna kuning. Untuk menuju kesini, kamu bisa naik pesawat menuju Ushuaia kemudian dilanjutkan dengan menggunakan kapal atau perahu.

5. Punta Tombo, Argentina

Punta Tombo Argentina
lifepart2.com

Masih di Argentina, kamu juga bisa menemukan tempat terbaik untuk menyaksikan penguins di dunia, yaitu di Punta Tombo National Reserve. Negara yang menjuarai COPA America 2021 ini juga dijuluki sebagai Surga Penguin karena terdapat sekitar setengah juta penguin Magellan datang kesini untuk bersarang.

Para penguin tersebut akan berdatangan pada akhir bulan September dan menetap hingga bulan April untuk membesarkan anak-anaknya. Disini telah disediakan sebuah trotoar yang tinggi untuk diguanakan wisatawan melihat langsung penguin saat mereka sedang menjaga sarang, mencapi makanan dan memberi makanan kepada anak-anak mereka.

6. Falkland Islands

Falkland Islands
newsweek.com

Tempat untuk menyaksikan penguin secara langsung selanjutnya adalah Falkland Islands. Di pulau ini memang ada lebih banyak penguin dibandingkan dengan jumlah manusianya karena sebuah alasan yang menarik.

Selama Perang Falklands selama 10 minggu, ribuan ranjau darat ditanam di berbagai tempat, salah satunya adalah Yorke Bay. Saat peperangan berakhir, lading ranjau tersebut memang mematikan sehingga diberi pagar dan ditinggalkan. Penguin Magellan dan Gentoo yang kecil tidak memiliki cukup berat badan untuk meledakkan ranjau, sehingga mereka bisa hidup dan berkembang biak disini tanpa tersentuh oleh manusia.

Kamu pun bisa melihat mereka langsung tanpa harus mengorbankan nyawa karena ada sebuah garis aman di belakang area berpagar di Yorke Bay. Atau kamu juga bisa pergi ke Pulau Sealion, dimana kamu bisa menginap di sebuah hotel yang lokasinya di sebelah tempat kawanan penguin berkembang biak.

7. South Georgia & South Sandwich Islands

South Georgia & South Sandwich Islands
reddit.com

Jika mencari tempat untuk menyaksikan penguin secara langsung, kamu wajib berkunjug ke kawasan yang beku, yaitu Antartika. Salah satu tempat terbaik di Antartika yang wajib untuk kamu kunjungi adalah South Georgia yang merupakan bagian dari South Sandwich Islands.

Pulau-pulau ini cukup terisolasi dengan batu karang yang berada sekitar 1200 mil dari ujung Argentina. Pulau ini sama sekali tidak dihuni oleh manusia, namun menjadi rumah bagi ribuan kawanan penguin yang cantik. Spesies penguin yang hidup di pulau ini adalah Penguin Raja dan Penguin Makaroni yang memiliki rambut punk. Jika beruntung, kamu bahkan bisa bertemu dengan Penguin Gentoo dan Penguin Chinstrap.

Kawasan kepulauan ini memang cukup terisolasi, sehingga satu-satunya cara untuk menuju kesana adalah dengan menggunakan tur perahu dari Argentina selatan atau Kepulauan Falkland.

8. Snow Hills Island, Antartika

Snow Hills Island Antartika
peapix.com

Tempat menyaksikan penguins selanjutnya juga masih berada di kawasan Antartika, yaitu di Snow Hills Island. Snow Hills Island ini merupakan sebuah pulau kecil yang beku tertutup salju.

Snow Hill Island ini menjadi rumah bagi kawanan penguin langka yang paling dikagumi dan indah, yaitu The Emperor Penguin. Melihat secara langsung penguin langka di habitat aslinya ini tentu menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Untuk menuju ke pulau ini, kamu harus menggunakan private tour dengan pemandu wisatanya. Ushuaia merupakan tempat terbaik untuk berangkat dengan perahu atau feri menuju ke selatan. Setibanya di pulau tersebut, kamu mungkin perlu menggunakan helikopter, berlayar dan mendaki hingga tiba di habitat penguin tersebut. Cukup menantang, kan?

9. Ross Sea

Ross Sea
sanitarium.net

Jika kamu ingin menyaksikan penguin unik di alam bebas, kamu layak untuk berkunjung ke Ross Sea yang berada di Samudera Selatan ini. Laut yang berada di Antara Selandia Baru dan Argentina memang sangat luas dan memiliki suhu yang dingin sehingga menjadi rumah bagi satwa liar kawasan beku, seperti penguin.

Spesies penguin yang bisa kamu temukan di Laut Ross ini adalah Penguin Adelie, spesies paling selatan dan Emperor Penguin yang hanya bisa ditemukan di Antartika. Kawasan Ross Sea ini memang sangat terisolasi sehingga hanya bisa diakses dengan menggunakan kapal pesiar dan ekspedisi antartika.

10. Macquarie Island, Australia

Macquarie Island Australia
cornforthimages.com

Australia juga menjadi salah satu Negara yang menjadi tempat terbaik untuk menyaksikan penguins di alam bebas. Terdapat beberapa pulau di Australia yang menjadi habitat dari penguin ini, salah satunya adalah Macquarie Island.

Macquarie Island ini lokasinya berada ribuan mil di lepas pantai tenggara Australia, di tengah luasnya Samudera Hindia dan Samudera Selatan bertemu. Pulau yang terisolasi ini masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO karena sangat indah dan banyak dihuni oleh penguin.

Spesies penguin yang hidup di pulau ini adalah Penguin Raja, Penguin Gentoo dan Penguin Rockhopper. Selain ketiga spesies tersebut, kamu juga bisa menemukan Royal Penguin atau Penguin Kerajaan dengan warnanya yang cantik.

Pulau Macquarie ini memang cukup terisolasi, namun kamu bisa mengunjunginya dengan menggunakan kapal pesiar yang membutuhkan waktu sekitar 3 sampai 4 hari dari Selandia Baru.

11. Philip Island, Australia

Philip Island Australia
theintrepidguide.com

Jika penguin terkecil kedua di dunia adalah Penguin Galapagos yang bisa kamu temukan di kepulauan Galapagos, maka di jenis penguin paling kecil di dunia ini bisa kamu temukan di Phillip Island yang berada di Australia.

Jenis penguin paling kecil di dunia ini dikenal sebagai Little Penguins atau Fairy Penguins. Kawanan penguin ini kerap melakukan parade malam yang sangat terkenal. Setiap malam sepanjang tahun, sekitar satu jam sebelum matahari terbenam, kawanan penguin yang jumlahnya mencapai ribuan melakukan perjalanan dari laut ke rumah mereka yang ada di pantai, dimana mereka akan beristirahat dan bermalam. Jika kamu ingin melihat langsung parade penguin ini, kamu bisa langsung berkunjung ke Phillip Island Nature Park. Disini telah disediakan kursi ala stadion yang dilengkapi dengan trotoar juga jendela untuk melihat bawah tanah sehingga pengunjung bisa melihat para penguin tanpa mengganggu.

12. Penguin Island, Australia

Penguin Island Australia
graylineargentina.com

Satu lagi tempat menarik menyaksikan penguins yang berada di Australia, yaitu Penguin Island. Dari namanya saja kita sudah bisa menyimpulkan jika pulau ini merupakan habitat dari burung kecil yang cantik ini.

Berlokasi di Rivoli Bay di sisi barat daya Australia, pulau ini menjadi taman konservasi bagi penguin dan satwa liar lainnya. Spesies penguin yang hidup di pulau ini adalah penguin kecil asli Australia dan Selandia Baru. Untuk menuju ke Penguin Island ini kamu bisa naik perahu di lepas Pantai Shoalwater. Kota ini bisa ditempuh sekitar 40 menit dari Perth.

13. Banks Peninsula, Selandia Baru

Banks Peninsula Selandia Baru
aseanrecords.world

Tempat untuk menyaksikan penguin selanjutnya adalah Banks Peninsula yang berada di Selandia Baru. Banks Peninsula merupakan semenanjung yang berasal dari vulkanik di pantai timur Pulau Selatan Selandia Baru.

Banks Peninsula ini juga menjadi rumah bagi bentangan pesisir pantai yang luas sehingga sangat cocok bagi kamu yang pecinta alam karena disini terdapat pantai, gunung dan lembah. Di kawasan ini juga kamu bisa bertemu dengan spesies penguin kecil yang hidup di Semenanjung Banks, termasuk spesies penguin kecil dengan sirip putih yag hanya bisa ditemukan disini.

Banks Peninsula ini juga mencakup area yang luas sehingga kamu bisa memulai perjalanan dari berbagai arah. Rute paling dekat, kamu bisa berangkat dari Christchurch dan hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam 30 menit dengan menggunakan mobil.

14. Oamaru, Selandia Baru

Oamaru Selandia Baru
klook.com

Masih di Selandia Baru, tempat terbaik untuk menyaksikan penguins di alam bebas berikutnya adalah Oamaru. Oamaru merupakan sebuah kawasan pesisir kecil yang nyaman di Pulau Selatan Selandia Bru, letaknya berada di Antara Timaru dan Dundedin.

Oamaru juga menjadi rumah bagi kawanan penguin sehingga menjadi tempat terbaik untuk melihat penguin di alam liar dengan jarak yang aman. Spesies kawanan penguin yang hidup disini adalah penguin kecil bermata kuning. Penguin ini memiliki lingkaran berwana kuning di sekitar mata mereka.

Untuk menuju ke Oamaru ini kamu bisa naik pesawat menuju bandara Oamaru. Atau, kamu juga bisa menuju Dunedin yang merupakan kota terdekat dari Oamaru dengan jarak sekitar 120 kilometer.

15. Stewart Island, Selandia Baru

Stewart Island Selandia Baru
nzbirdsonline.org.nz

Tempat menyaksikan penguins yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Stewart Island. Pulau ini berada di lepas pantai paling selatan Pulau Selatan dan menjadi destinasi dengan pemandangan alam yang penawan.

Sebagian besar dari Stewart Island ini terdiri dari Taman Nasional Rakiura yang menjadi habitat banyak satwa liar yang luar biasa untuk dilihat. Termasuk penguin. Spesies penguin yang hidup di Pulau Stewart ini adalah Penguin Kecil dan Penguin bermata kuning. Tak hanya itu, disini kamu juga bisa melihat Penguin Fiordland yang langka.

Untuk menuju ke Puau Stewart ini ada dua pilihan. Pertama, kamu bisa menaiki feri dari Bluff selama 20 menit atau menggunakan pesawat kecil dari Bandara Invercargill yang bisa kamu kunjungi melalui Christchurch atau Wellington.

16. Lake Moeraki, Selandia Baru

Lake Moeraki Selandia Baru
newzealand-indepth.co.uk

Lake Moeraki juga menjadi tempat menyaksikan penguins di alam bebas yang wajib untuk dikunjungi. Danau yang juga masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO ini memang menjadi tempat wisata terindah di Selandia Baru.

Kamu juga bisa pergi ke Pantai Monro yang menjadi tempat untuk menyaksikan salah satu spesies penguin paling langka di habitat aslinya, yaitu Penguin Jambul Fiorland. Penguin ini memiliki warna emas di kepala mereka yang menyapu sepanjang alis mereka. Jenis penguin ini hanya ditemukan di sepanjang pantai barat daya Selandia Baru dan Stewart Island. Jika kamu ingin berkunjung kesini, kamu bisa berangkat dari Queenstown dan menempuh perjalanan selama 3 hingga 5 jam menuju Lake Moeraki.

17. Boulders Beach, Afrika Selatan

Boulders Beach Afrika Selatan
lamyerda.com

Boulders Beach juga menjadi tempat untuk menyaksikan penguins secara langsung. Saat berada di pantai ini, kamu bisa melihat kawanan penguin yang berada disana.

Pantai Boulders ini juga memiliki pemandangan indah seperti pasir putih yang lembut dan ombak yang bagus untuk berselancar. Jika kamu tak ingin melakukan olahraga air, disini kamu juga bisa berjalan-jalan untuk melihat dan berinteraksi dengan penguin secara langsung, bahkan kamu juga bisa mengajak mereka bermain.

18. Dassen Island, Afrika Selatan

Dassen Island Afrika Selatan
yzerfonteintourism.co.za

Tempat untuk menyaksikan penguins di alam bebas yang terakhir adalah di Dassen Island. Dassen Island ini merupakan sebuah pulau yang terisolaso di kawasan Pantai Yzerfontein.

Pulau indah ini merupakan rumah bagi salah satu kawanan penguin terbesar di Afrika Selatan dan ragam satwa liar lainnya. Jenis penguin yang bia kamu temukan disini adalah Penguin Afrika. Untuk menuju kesana, kamu bisa naik perahu atau feri menuju Yzerfontein yang jaraknya sekitar 1 jam dari Cape Town.

Itulah tadi daftar tempat menyaksikan penguins di alam bebas untuk kamu kunjungi bila kamu menyukai penguin. Tak hanya bisa melihat penguin, disini kamu juga bisa menikmati keindahan pemandangan alam.



Leave a Reply