17 Kota Indah di Belanda Pesonanya Mendebarkan Hati


prita  January 18, 2022  0 Comment

Belanda merupakan salah satu negara di Eropa yang cukup sering dikunjungi oleh wisatawan Indonesia. Negeri Tulip ini dikenal memiliki banyak kanal, museum hingga kuliner yang khas dan enak. Setiap kota indah di Belanda menawarkan banyak hal unik untuk disajikan kepada wisatawan. Menjelajahi kota-kota di Belanda tak hanya bisa berjalan kaki, tapi juga bisa dengan menggunakan perahu sembari menyusuri kanal yang indah. Nah, jika kamu berencana untuk berlibur ke Belanda, berikut ini adalah rekomendasi kota terindah di Belanda yang wajib untuk kamu kunjungi.

1. Amsterdam

Amsterdam
bloomberg.com

Kota indah di Belanda pertama yang wajib untuk kamu kunjungi adalah Amsterdam. Ibukota Belanda ini memang tak perlu diragukan lagi keindahannya karena menjadi salah satu kota paling populer di Eropa untuk berwisata.

Amsterdam ini terkenal dengan kanal-kanalnya yang indah dimana kamu bisa menjelajahi kota dengan menggunakan perahu. Tak hanya kanal, disini kamu juga bisa menemukan deretan bangunan tua dan jembatan tua yang indah. Kamu juga bisa berwisata sejarah di sejumlah museum yang terkenal di kota ini, seperti Anne Frank House, Van Gogh Museum dan Rijksmuseum.

Gotravelly

Pines Garden Resort, A Perfect Place For Staycation & Heal

Historica Cafe, Cafe Industrial Minimalis Yang Pas Untuk Kamu Pecinta Work From Cafe Dan Meeting

2. Den Haag

Den Haag
tripadvisor.com

Den Haag atau The Hague juga layak untuk masuk dalam kota indah di Belanda yang sayang sekali untuk dilewatkan. Den Haag merupakan kota terbesar ketiga di Belanda yang menawarkan banyak pengalaman seru bagi wisatawan.

Kota ini menawarkan pemandangan bangunan-bangunan yang berasal dari pertengahan abad ke-13. Disini kamu bisa berkunjung ke rumah-rumah tua megah yang dulunya dimiliki oleh kaum arisroktat yang sekarang difungsikan sebagai rumah parlemen negara. Den Haag juga memiliki beberapa destinasi wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi, seperti Peace Palace yang dibangun di tahun 1913 dan Great St James Church yang telah ada sejak abad ke-14.

3. Leiden

Leiden
holland.com

Kota indah di Belanda yang tak kalah menarik untuk dikunjungi selanjutnya adalah Leiden atau Layden. Leiden merupakan salah satu kota yang cukup populer di Belanda karena di kota inilah bunga tulip pertama kali diperkenalkan pada dunia sebagai bunga nasional negara tersebut.

Leiden ini juga memiliki kanal yang cantik dimana pengunjung bisa menaiki perahu wisata untuk menjelajahi Sungai Rhine yang indah. Selain itu, disini kamu juga bisa mengunjungi Wednesday Street Market yang mana kamu bisa menemukan banyak penjual bunga Tulip dan ragam bunga indah lainnya. Tak hanya bisa berbelanja bunga, di pasar ini kamu juga bisa menemukan berbagai produk lokal, seperti keju dan daging hingga ragam barang kerajinan tradisional.

4. Rotterdam

Rotterdam
holland.com

Rotterdam adalah sebuah kota pelabuhan yang juga menjadi salah satu kota indah di Belanda yang cocok untuk berwisata. Rotterdam ini hanya berjarak sekitar 40 menit dari Amsterdam dan bisa ditempuh dengan kereta api.

Rotterdam nerada di tepi Laut Utara di ujung Sungai Rhine dan menjadi salah satu pelabuhan paling sibuk di dunia. Berbeda dengan Amsterdam yang memiliki deretan bangunan tua, Rotterdam justru memiliki kawasan kota yang lebih modern karena kawasan kotanya hancur saat perang dunia. Meskipun begitu, kamu masih bisa menemukan beberapa bangunan kuno di kota ini, seperti Gereja Grote of Sint-Laurentskerk yang telah ada sejak abad ke-15. Selain itu, kamu juga bisa berkunjung ke Museum Boijmans Van Beuningen, yaitu sebuah galeri seni yang populer.

5. Den Bosch

Den Bosch
commons.wikimedia.org

Kota indah di Belanda berikutnya adalah Den Bosch. Den Bosch ini merupakan ibukota dari Brabant Utara yang indah dan bisa menjadi salah satu alternatif wisata di Belanda.

Kota Den Bosch ini memang memiliki jalan-jalan dan pasar yang selalu dipenuhi oleh wisatawan, terutama saat hari Rabu dan Sabtu, yang mana pada hari itu para pedagang turun ke kota untuk menjual barang dagangan mereka. Di kota ini kamu bisa menemukan dua wisata utama yang menarik, yaitu katedral yang indah dan museum yang didedikasikan untuk seniman Hieronymous Bosch. Sama halnya dengan Amsterdam, kota ini juga memiliki sistem kanal dengan jembatan tua yang membuatnya terlihat semakin indah.

6. Maastricht

Maastricht
holland.com

Pernahkah kamu mendengar tentang Maastricht? Maastricht ini merupakan salah satu kota indah di Belanda yang terkenal bersejarah dan memiliki banyak bangunan kuno yang indah.

Kota ini telah ada sejak 50 tahun sebelum masehi, dimana bangsa Romawi mendirikan titik penyeberangan di atas sungai Maas, sejak saat itu Maastricht ini berkembang menjadi sebuah kota perdagangan yang penting. Sekarang, kota ini tak lagi menarik bagi para pedagang melainkan bagi para wisatawan karena kota ini menawarkan banyak sekali destinasi wisata yang menarik untuk dijelajahi, seperti Jembatan Wilhelminabrug dan Sint Servaasburg.

Disini kamu wajib untuk berkunjung ke banyak situs bersejarah, seperti sisa-sisa tembok abad pertengahan, alun-alun kota hingga gereja tertua di Belanda, St Servaaskerk.

7. Haarlem

Haarlem
planetofhotels.com

Kota indah di Belanda yang cukup menarik untuk dikunjungi berikutnya adalah Haarlem. Haarlem adalah sebuah kota yang cukup menarik di Belanda Utara dan jaraknya hanya beberapa menit dari Amsterdam. Meskipun begitu, kota ini lebih lengang jika dibandingkan dengan Amsterdam.

Disini kamu bisa menjelajahi jalan-jalan di kawasan pelabuhan lama, rumah-rumah tua dan bangunan menarik yang ada di distrik Bakenesser Gracht yang penuh dengan sejarah. Kamu juga bisa berkunjung ke Hofje van Bakenes, yaitu sebuah gedung pengadilan abad ke-14 yang masih terjaga kelestariannya meskipun usianya mencapai 700 tahun. Selain itu, kamu wajib berkunjung ke alun-alun kota tua yang terdapat sebuah gereja tua dan menonton pertunjukan reguler yang diadakan disini.

8. Groningen

Groningen
agoda.com

Groningen merupakan salah satu kota pelabuhan paling penting di Belanda yang juga menjadi salah satu kota indah disana. Kota ini memang sangat tenang dan tidak terlalu ramai sehingga sangat ramah bagi pejalan kaki.

Saat berkunjung kesini, kamu akan menemukan bangunan bergaya ekletik karena pembangunan kota ini sangat cepat setelah hampir hancur sepenuhnya dalam Perang Dunia Kedua. Tak hanya itu, Groningen ini juga sangat terkenal dengan pegelaran seni serta budayanya yang semarak.

9. Nijmegen

Nijmegen
holland.com

Kota indah di Belanda yang sayang sekali untuk dilewatkan adalah Nijmegen. Kota ini berada di tepi Sungai Waal yang juga dikenal sebagai salah satu kota tertua di Belanda.

Meskipun dikenal sebagai salah satu kota tertua di Belanda, namun banyak bangunan lama yang telah dihancurkan dalam Perang Dunia Kedua. Tetapi, ada banyak juga dari bangunan tersebut yang direnovasi sehingga berdiri berdampingan dengan gedung-gedung megah nan modern yang ada di kota tersebut.

10. Arnhem

Arnhem
expedia.co.id

Arnhem juga layak untuk masuk dalam daftar kota indah di Belanda yang sayang sekali untuk dilewatkan. Kota ini memiliki tempat dalam sejarah perang karena memiliki peran dalam operasi gagal sekutu yang dikenal sebagai Market Garden.

Menurut sejarah, kota Arnhem ini juga memiliki akar hingga masa pra-Romawi dan selama abad pertengahan, kota ini terus berkembang sebagai tempat perdagangan yang ramai. Kota ini menjadi tempat yang sempurna untuk dijelajahi dengan berjalan kaki. Kamu bisa berkunjung ke alun-alun tua yang dipenuhi dengan butik, café dan toko. Kamu juga bisa berkunjung ke Netherlands Open Air Museum yang menampilkan gaya hidup tradisional Belanda serta mengunjungi kawasan konservasi paling besar di Belanda, yaitu Taman Nasional Hoge Veluwe yang menawarkan banyak aktivitas outdoor.

11. Delft

Delft
expedia.co.id

Kota indah di Belanda yang satu ini juga layak untuk kamu kunjungi, yaitu Delft. Delft merupakan sebuah kota yang dikenal oleh seluruh dunia karena gerabahnya. Untuk menuju ke kota Delft, kamu bisa berangkat dari Den Haag ataupun Rotterdam.

Gerabah asal Delft atau Delftware ini banyak menghiasi meja makan selama lebih dari 400 tahun dan selama beberapa tahun belakangan ini telah membantu memperkuat reputasi kota Delft sebagai tujuan wisata. Tak heran jika yang menjadi salah satu daya tarik utama kota ini adalah De Porceleyne Fles, yaitu sebuah perusahaan yang didirikan pada tahun 1653 yang masih beroperasi sampai saat ini.

Disini kamu bisa mengikuti tur dengan pemandu untuk melihat secara langsung pengrajin menghiasi gerabah dengan motif biru dan putih yang khas. Kamu juga bisa mengikuti tur pabrik dan membeli hasil kerajinan untuk buah tangan. Selain berkunjung ke pabrik gerabah, jangan lewatkan juga untuk menyusuri indahnya kota yang dipenuhi dengan kanal-kanal tua dan café tepi laut yang indah.

12. Alkmaar

Alkmaar
agoda.com

Kalau kamu pecinta keju, maka Alkmaar menjadi salah satu kota indah di Belanda yang wajib untuk kamu kunjungi. Alkmaar ini memang menjadi salah satu kota tujuan wisatawan yang cukup favorit karena disini kamu bisa menemukan pasar keju yang terkenal.

Pasar keju ini diadakan setiap hari Jumat pagi di antara bulan Aprik san September. Di pasar ini, pembeli bisa melihat langsung, mencium dan merasakan tekstur keju sebelum menawar harganya. Setelah traksaksi selesai, keju yang telah dipilih kemudian dibawa pergi oleh porter untuk ditimbang. Selain bisa berbelanja keju, disini kamu juga bisa berkunjung ke Museum Keju, lho.

Kamu juga bisa menjelajahi pusat kota Alkmaar yang indah dan dipenuhi dengan butik kecil serta toko pengrajin. Kota ini juga memiliki jaringan kanal yang rumit dan sangat cocok untuk dijelajahi dengan perahu sembari menikmati keindahan bangunan di sekitar yang akan membuatmu berada di abad pertengahan.

13. Utrecht

Utrecht
ihg.com

Kota indah di Belanda yang cukup menarik untuk dikunjungi berikutnya adalah Utrecht. Utrecht memang menjadi salah satu kota terbesar di Belanda, namun ada beberapa bagian dari kota ini yang akan membuatmu seolah sedang berada di tempat yang lebih kecil.

Kota ini didominasi dengan bangunan berarsitektur lama namun tetap terpelihara dengan baik dan suasananya tidak terlalu ramai. Untuk itu, kamu bisa menjelajahi keindahan Utrecht ini hanya dengan berjalan kaki saja.

Beberapa tempat menarik yang bisa kamu kunjungi, seperti Katedral St Martin atau Domkerk yang indah. Katedral ini dibangun di tahun 1254 yang memiliki menara indah. Selain itu, kamu juga bisa berkunjung ke Museum Speelklok, yang didedikasikan untuk jam musik, Museum Centraal dan Museum Kereta Api.

14. Eindhoven

Eindhoven
deingenieur.nl

Eindhoven tak hanya dikenal sebagai salah satu kota indah di Belanda saja, namun juga dikenal sebagai tempat kelahiran perusahaan elektronik Philips. Tak hanya itu, kota ini juga menawarkan banyak hal seru untuk wisatawan yang datang.

Jika kamu adalah pecinta seni, disini kamu akan dimanjakan dengan galeri seni yang indah, seperti Van Abbemuseum. Van Abbemuseum ini merupakan sebuah galeri yang menampung berbagai karya penting seni modern para seniman terkenal di dunia, salah satunya adalah Pablo Picasso. Kamu pun bisa naik bus menuju desa kuno Nuenen yang dipopulerkan oleh Vincent Van Gogh dalam lukisannya.

15. Breda

Breda
solosophie.com

Kota indah di Belanda yang tak kalah menarik untuk kamu kunjungi adalah Breda. Breda ini merupakan sebuah kota yang berada di perbatasan Belanda dan Belgia yang menawarkan pusat kota tua yang indah sehingga menjadikannya cukup populer di kalangan wisatawan.

Breda ini memiliki banyak rumah tua, benteng dan parit sehingga kota ini menjadi tempat yang sempurna jika dijelajahi dengan berjalan kaki maupun bersepeda. Kamu bisa berkunjung ke Distrik Begijnhof, yaitu komunitas gereja kecil di pusat kota yang tidak berubah selama hampir 200 tahun. Kamu juga bisa berkunjung Grote Kerk yang merupakan gereja terbesar di Breda dan telah ada sejak abad ke-13 dengan menara gereja setinggi 97 meter.

16. Amersfoort

Amersfroot
thecrazytourist.com

Amersfroot juga masuk dalam daftar kota indah di Belanda yang tak boleh untuk dilewatkan. Kota ini sebenarnya berada tak jauh dari Amsterdam dan bisa ditempuh sekitar 35 menit dengan menggunakan kereta api.

Kota Amersfoort ini terkenal dengan gerbang air dan tanahnya, yang dikenal sebagai Koppelpoort yang juga menjadi ikon dari kota tersebut. Kota ini didirikan di tahun 1259 dan dipenuhi dengan sejarah Belanda. Bahkan, disini kamu bisa menemukan sebuah gereja abad pertengahan yang menjadi gereja paling tinggi di Belanda. Disini kamu bisa menjelajahi indahnya kota melalui kanal ataupun dengan berjalan kaki. Di sepanjang kanal pun kamu bisa menemukan berbagai restoran dan café dimana kamu bisa menikmati makanan enak atau menikmati bir klasik Belanda.

17. Gouda

Kota Indah di Belanda
erasmusu.com

Kota indah di Belanda yang terakhir adalah Gouda. Gouda ini merupakan kota yang berada tak jauh dari Amsterdam dan kotanya tidak terlalu besar sehingga bisa dijelajahi dengan berjalan kaki.

Kota ini menawarkan pemandangan alun-alun pasar dan balai kota yang menjadi salah satu bangunan paling indah di negara ini karena memiliki jendela merah dan putih yang menonjol. Kamu juga bisa berkunjung ke Goudse Waag, yaitu rumah timbang tradisioal yang sekarang memiliki museum dan Gouda TI. Untuk kamu pecinta keju, kamu bisa datang pada bulan April hingga Agustus untuk mengunjungi Pasar Keju Gouda dadakan. Di pasar ini nantinya kamu bisa membeli dan mencicipi langsung keju Belanda yang enak.

Selayaknya kota di Belanda lainnya, Gouda juga memiliki kanal yang indah sehingga kamu juga bisa menaiki perahu untuk menjelajahi keindahan kota yang dipenuhi bangunan tua.

Itulah tadi 17 kota indah di Belanda yang cukup menarik untuk dikunjungi. Kebanyakan kota di Belanda memang dipenuhi dengan bangunan tua dan kanal yang cantik. Lalu, kota mana yang paling ingin kamu kunjungi?



Leave a Reply