15 Wisata di Lampung Barat, Wisata Sejarah Hingga Wisata Alam


Fida  August 20, 2022  0 Comment

Lampung Barat merupakan salah satu kawasan yang dikenal menawarkan banyaknya tempat wisata. Saat berkunjung ke Lampung Barat, kamu akan dimanjakan dengan beberapa wisata seperti tempat wisata alam, wisata bersejarah, hingga tempat wisata religi. Menghabiskan waktu berlibur dengan mengunjungi salah satu tempat wisata di Lampung Barat tentu menjadi pilihan tepat yang bisa kamu coba. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, inilah daftar 15 rekomendasi wisata di Lampung Barat yang populer dan bisa kamu datangi.

Wisata di Lampung Barat :

1. Desa Wisata Lumbok

desa wisata lumbok
wisato.id

Salah satu rekomendasi tempat wisata di Lampung Barat yang menarik untuk kamu datangi adalah Desa Wisata Lumbok. Sesuai dengan namanya, tempat wisata yang satu ini merupakan desa yang masih masih sangat terjaga keasriannya. Kamu dapat mengunjungi Desa Wisata Lumbok di kawasan Lumbok, Kecamatan Lumbok Seminung, Kabupaten Lampung Barat.

Tidak hanya menyusuri kawasan desa wisata, pengunjung juga dapat mencoba berbagai kegiatan seru yang ditawarkan seperti menangkap ikan dengan menombak, mancing belut, dan masih banyak lagi. Penduduk sekitar yang ramah menyambut wisatawan juga menjadi daya tarik tersendiri dari desa wisata yang satu ini. Bagaimana, tertarik untuk datang dan menghabiskan waktu berlibur di Desa Wisata Lumbok?

Gotravelly

Blue Lagoon ( Puncak Sari ) Surga Tersembunyi Di Pualu Bali

Segarnya Mandi Di Kolam Alami Wisata Taman Sungai Mudal Kulon Progo Yogyakarta

2. Danau Ranau

danau ranau
regional.kompas.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan Danau Ranau bukan? Tempat wisata di Lampung Barat ini juga dikenal sebagai salah satu danau yang populer di Indonesia. Lokasinya terletak di perbatasan antara Kabupaten Lampung Barat dengan Kabupaten Ogan.

Aturan atau menawarkan indahnya hamparan perairan yang luas serta pemandangan pegunungan di sekelilingnya. Danau yang juga dinobatkan sebagai danau terbesar kedua setelah Danau Toba ini menjadi destinasi yang kerap didatangi oleh wisatawan.

Di tengah Danau Ranau, kamu akan menjumpai adanya pulau kecil yang disebut dengan Pulau Marisa. Pulau yang satu ini menawarkan daya tarik yakni terdapat sumber air panas. Hal itu tentu menjadikan banyak wisatawan penasaran dan ingin mengunjunginya. Saat berkunjung ke kawasan Lampung Barat, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan singgah dan menikmati indahnya pemandangan Danau Ranau.

3. Gunung Pesagi

Wisata di Lampung Barat
lampung.inews.id

Tidak perlu bingung menentukan tujuan wisata di Lampung Barat, kamu dapat mengunjungi Gunung Pesagi. Destinasi wisata yang satu ini tentu sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang suka berpetualang atau mendaki. Lokasi Gunung Pesagi berada di daerah Belalau, Kecamatan Belalau, Kabupaten Lampung Barat.

Ada banyak wisatawan atau pendaki yang ingin menaklukkan puncak dari gunung tertinggi di Lampung Barat ini. Pengunjung tidak perlu khawatir karena di kawasan Gunung Pesagi terdapat fasilitas yang cukup lengkap. Bagi kamu yang ingin lama-lama menikmati indahnya pemandangan dari Gunung Pesagi, kamu dapat memutuskan untuk membangun tenda maupun menikmati fasilitas penginapan yang ada di sekitar gunung. Lengkap sekali bukan?

Baca juga :  10 Taman Nasional di Jawa, Pilihan Tepat Untuk Liburan Keluarga

4. Gunung Seminung

gunung seminung
kumparan.com

Lampung Barat memang dikenal sebagai daerah yang memiliki sebagian besar wilayah berupa gunung. Oleh karena itu, tidak heran jika kamu akan menjumpai banyaknya gunung di kawasan Lampung Barat. Gunung Seminung menjadi salah satu gunung yang kerap didatangi oleh wisatawan sebagai salah satu destinasi wisata di Lampung Barat. Kamu dapat mengunjungi gunung ini di kawasan Lombok, Kecamatan Lumbok Seminung, Kabupaten Lampung Barat.

Waktu terbaik yang biasa dipilih wisatawan untuk mengunjungi Gunung ini adalah saat pagi hari. Wisatawan akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan matahari terbit dari Gunung Seminung. Tidak hanya itu, dari atas gunung kamu juga dapat melihat langsung adanya danau terkenal yakni Danau Ranau. Gunung yang satu ini tentu menjadi pilihan tepat untuk dikunjungi bagi kamu yang ingin melepas penat dan menyegarkan pikiran. Tertarik untuk menghabiskan waktu berlibur dengan mendaki indahnya Gunung Seminung?

5. Sungai Way Besai

sungai way besai
sahabatbahari.com

Tidak hanya gunung, kamu juga dapat menikmati indahnya salah satu wisata di Lampung Barat berupa sungai. Sungai Way Besai dikenal dikenal sebagai salah satu sungai yang populer di Lampung Barat dan dapat kamu datangi di daerah Sukajaya, Kecamatan Sumber Jaya.

Selain menikmati keindahan alam yang ditawarkan, pengunjung juga dapat mencoba sensasi permainan arung jeram. Arung jeram di sungai ini juga sudah termasuk ke dalam kategori 3 sehingga cocok sebagai tujuan kamu yang sudah mahir bermain arung jeram.

Mencoba sensasi bermain arung jeram di sungai ini tentu sangat menguji adrenalin. Pengunjung dapat menyusuri sungai dengan jarak tempuh kurang lebih 3 kilometer. Bagi pemula, kamu tidak perlu khawatir karena permainan sekaligus olah raga air arung jeram ini sudah dilengkapi dengan pelampung. Kamu juga dapat menyewa pemandu untuk memastikan keselamatan selama mencoba arung jeram. Tertarik untuk mencoba olah raga air yang satu ini?

6. Danau Suoh

danau suoh
indephedia.com

Tidak hanya indahnya Danau Ranau, kamu juga dapat menikmati indahnya wisata di Lampung Barat lainnya seperti Danau Suoh. Danau yang satu ini berlokasi di kawasan Suaka Marga, Kecamatan Suoh, Kabupaten Lampung Barat. Karena memiliki lintasan yang masih cukup sulit dilalui, pengunjung dianjurkan untuk menggunakan motor trail atau mobil offroad saat ingin mengunjungi Danau Suoh.

Hal yang menjadi daya tarik dari Danau Suoh adalah adanya 3 danau yang warnanya dapat berubah ubah. Pemandangan yang disuguhkan oleh Danau Suoh memang tampak menakjubkan dan sangat memanjakan mata. Tidak hanya itu, di dekat danau juga terdapat sumber panas bumi yang berhasil membuat wisatawan penasaran dan ingin mengunjunginya.

Saat ingin menghabiskan waktu berlibur dengan mengunjungi salah satu wisata di Lampung Barat, tidak ada salahnya jika kamu datang dan menyusuri indahnya kawasan Danau Suoh. Mengabadikan momen dengan berfoto di kawasan danau ini juga menjadi pilihan tepat yang bisa kamu coba.

7. Bukit Mandi Angin

bukit mandi angin
travel.okezone.com

Bukit Mandi Angin dikenal sebagai salah satu destinasi wisata di Lampung Barat yang tidak boleh kamu lewatkan. Bukit yang satu ini dapat kamu kunjungi di kawasan Lumbok Ranau, Kecamatan Lumbok Seminung, Kabupaten Lampung Barat.

Bukit Mandi Angin memiliki ketinggian sekitar 400 meter. Kawasan ini juga menjadi spot favorit pengunjung untuk mencoba permainan paralayang. Saat datang ke Bukit Mandi Angin, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan indah dan sangat memanjakan mata. Pengunjung dapat melihat langsung indahnya Gunung Seminung hingga Danau Ranau yang luas. Suasana sejuk dan asri yang ditawarkan oleh Bukit Mandi Angin juga tentu akan membuatmu betah dan enggan pulang. Bagaimana, tertarik untuk menghabiskan waktu berlibur di Bukit Mandi Angin?

Baca juga :  10 Wisata Malam di Bali Pinggir Pantai Paling Rekomended

8. Kebun Raya Liwa

kebun raya liwa
travel.kompas.com

Rekomendasi tempat wisata di Lampung Barat berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Kebun Raya Liwa. Destinasi wisata yang satu ini dapat kamu kunjungi di kawasan Way Mengaku, Kecamatan Balik Bukit, Kabupaten Lampung Barat. Kebun Raya Liwa juga menjadi pilihan tepat bagi kamu untuk menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga.

Selain menawarkan indahnya pemandangan alam berupa bukit dan penghijauan, pengunjung juga akan dimanjakan dengan berbagai permainan serta fasilitas yang ada. Destinasi wisata yang satu ini sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang ingin melepas penat. Udara sejuk dan segar yang ditawarkan juga akan membuatmu rileks.

9. Wisata Alam Kubu Perahu

wisata alam kubu perahu
lampung.tribunnews.com

Tidak perlu bingung menentukan tujuan saat ingin datang ke salah satu tempat wisata di Lampung Barat, kamu dapat mengunjungi indahnya Wisata Alam Kubu Perahu. Tempat wisata yang satu ini berlokasi di kawasan Taman Nasional Bukit Barisan, tepatnya berada di Kecamatan Balik Bukit, Kabupaten Lampung Barat.

Pengunjung yang datang ke Wisata Kubu Perahu akan dimanjakan dengan adanya aliran sungai yang jernih serta hutan rimba. Tempat wisata yang satu ini sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang suka berpetualang. Pengunjung juga dapat mendirikan tenda di area bumi perkemahan yang disediakan. Seru sekali bukan? Suasana asri dan alami yang ditawarkan juga menjadikan wisata ini sangat menarik untuk dikunjungi.

10. Air Terjun Mbah Gimo

air terjun mbah gimo
lampung.co

Tidak hanya wisata berupa danau dan gunung, kamu juga dapat mengunjungi indahnya air terjun saat ingin mengunjungi salah satu wisata di Lampung Barat. Salah satu air terjun yang populer dan sayang untuk kamu lewatkan adalah Air Terjun Mbah Gimo. Air terjun yang satu ini terletak di kawasan Sumber Alam, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Lampung Barat.

Saat mengunjungi Air Terjun Mbah Gimo, kamu akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan aliran air yang deras dan jernih. Adanya bebatuan di bawah air terjun juga menambah kesan indah dan alami pada Air Terjun Mbah Gimo. Air terjun yang dikelilingi dengan penghijauan dan pepohonan ini menawarkan suasana yang masih sangat asri dan alami.

Air Terjun Mbah Gimo sangat cocok dipilih sebagai tempat untuk melepas penat dan menenangkan diri. Bersantai dan menikmati indahnya pemandangan air terjun tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat mencoba kegiatan lainnya seperti berfoto hingga bermain air di bawah air terjun. Seru sekali, ya?

11. Air Terjun Sepapah Kiri & Sepapah Kanan

air terjun sepapah kiri dan sepapah kanan
lampung.co

Selain Air Terjun Mbah Gimo, destinasi wisata di Lampung Barat berupa air terjun berikutnya yang bisa kamu datangi adalah Air Terjun Sepapah Kiri & Sepapah Kanan. Air terjun yang satu ini memiliki lokasi yang cukup terpencil dan belum banyak dikunjungi wisatawaan. Karena belum banyak dijamah, tidak heran jika Air Terjun Sepapah Kiri & Sepapah Kanan memiliki suasana yang masih sangat asri dan alami.

Sesuai dengan namanya, air terjun ini memang memiliki 2 aliran di kanan dan kiri. Air Terjun Sepapah Kanan memiliki ketinggian mencapai 60 meter, sedangkan Air Terjun Sepapah Kiri memiliki ketinggian mencapai 20 meter. Tebing tinggi serta pepohonan di sekelilingnya menjadikan air terjun ini memiliki udara yang segar dan sejuk.

Baca juga :  10 Kota Paling Hijau di Dunia Suasananya Asri Banget

Tidak hanya menikmati indahnya air terjun, wisatawan yang datang juga dapat mencoba sensasi bermain air hingga berenang. Kamu dapat mengunjungi wisata alam yang satu ini di kawasan Kubu Perahu, Kecamatan Balik Bukit, Kabupaten Lampung Barat. Karena masih berada di kawasan Taman Nasional, maka tidak heran jika kamu akan menjumpai banyaknya tumbuhan serta hewan langka saat daang ke Air Terjun Sepapah Kiri & Sepapah Kanan. Menarik sekali bukan?

12. Bukit Bawang Bakung

bukit bawang bakung
kumparan.com

Kawasan Lampung Barat memang dikenal memiliki banyak bukit serta gunung yang indah. Bukit Bawang Bakung merupakan salah satu wisata di Lampung Barat yang menarik untuk kamu datangi. Selain dapat mencoba sensasi mendaki, kamu juga dapat menikmati indahnya pemandangan dari ketinggian di Bukit Bawang Bakung. Karena keindahannya, wisatawan kerap menyebutnya sebagai negeri di atas awan.

Bukit yang satu ini dapat kamu kujungi di kawasan Negeri Ratu, Kecamatan Batu Brak, Kabupaten Lampung Barat. Keindahan alam yang ditawarkan menjadikan wisata ini sayang untuk kamu lewatkan saat berkunjung ke Lampung Barat.

13. Sumber Air Panas Gemburak

sumber air panas gemburak
ksmtour.com

Saat ingin datang ke salah satu tempat wisata di Lampung Barat, kamu dapat mengunjungi Sumber Air Panas Gemburak. Sumber air panas yang satu ini dipercaya memiliki banyak manfaat, salah satunya dapat menyembuhkan bebagai penyakit kulit. Ada 2 lokasi sumber air panas yang dapat kamu datangi tepatnya berada di Sidomakmur dan kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan.

Mengunjungi Sumber Air Panas Gemburak bersama keluarga tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. Kamu dapat mencoba sensasi berendam dan melepas penat dengan menghabiskan waktu di Sumber Air Panas Gemburak ini. Saat datang ke Lampung Barat, Sumber Air Panas Gemburak menjadi salah satu wisata keluarga yang sayang untuk kamu lewatkan.

14. Situs Batu Brak

situs batu brak
iphedia.com

Pernah mendengar sebutan wisata Situs Batu Brak? Situs Batu Brak merupakan salah satu destinasi wisata di Lampung Barat yang sayang untuk kamu lewatkan. Sesuai dengan namanya, di tempat ini kamu akan menjumpai banyaknya situs batu seperti arca, menhir, hingga dolmen. Situs yang satu ini merupakan peninggalan zaman megalitikum yang dapat kamu datangi di dua kecamatan yakni Kecamatan Kebun Tebu dan Kecamatan Kebun Gedung Surian.

Selain mengetahui banyak hal tentang sejarah, kamu juga dapat menikmati indahnya pemandangan di Situs Batu Brak ini. Indahnya pemandagan pegunungan serta pepohonan dan pengijauan yang asri akan membuatmu bertah berlibur di tempat wisata bersejarah yang satu ini. Saat ingin mengunjungi salah satu tempat wisata sejarah di Lampung Barat, tidak ada salahnya jika kamu datang ke Situs Batu Brak.

15. Masjid Islamic Center Lampung

masjid islamic center lampung
seputarlampung.pikiran-rakyat.com

Selain tempat wisata alam dan bersejarah, kamu juga dapat mengunjungi tempat wisata religi saat datang ke Lampung Barat. Masjid Islamic Center Lampung biasa dikunjungi wisatawan sebagai tempat untuk beribadah. Tidak hanya it, banyak wisatawan yang datang untuk menikmati indahnya bangunan masjid yang satu ini.

Masjid yang dibangun pada tahun 2009 ini dikenal sangat megah. Masyarakat sekitar juga kerap menyebut masjid ini dengan sebutan Masjid Bintang Emas. Hal itu dikarenakan Masjid Islamic Center Lampung memiliki kubah dengan simbol bintang di atasnya. Simbol bintang berlapis emas inilah yang menjadi salah satu ciri khas serta daya tarik bagi pengunjung. Bagi umat muslim, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan untuk beribadah di Masjid Islamic Center saat berkunjung ke Lampung Barat.

Nah, itulah daftar 15 rekomendasi wisata di Lampung Barat yang menarik untuk kamu kunjungi. Dari 15 rekomendasi di atas, tempat manakah yang tampak paling menarik dan ingin kamu datangi?



Leave a Reply