10 Kuliner Khas Kepulauan Halmahera Ada Sayur Lilin Hingga Suami


prita  April 15, 2021  0 Comment

Kepulauan Halmahera memang dikenal memiliki ragam keindahan alam yang sangat indah dan memanjakan mata. Keindahan Halmahera tentu tak perlu diragukan lagi, pasalnya banyak sekali wisatawan yang tertarik berkunjung kesana, bahkan wisatawan mancanegara juga tertarik untuk berlibur kesana. Selain berwisata, tentu kamu tidak boleh untuk melewatkan kesempatan berwisata kuliner. Kuliner Halmahera memang dikenal unik dan pastinya sangat lezat. Nah, jika kamu tertarik untuk berkunjung kesana untuk berlibur, Jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas daerah kepulauan Halmahera berikut ini

1. Gohu

Gohu
akurat.co

Kuliner khas daerah Kepulauan Halmahera pertama yang wajib kamu coba adalah Gohu. Gohu merupakan salah satu sajian tradisional yang unik dan mungkin sedikit asing bagi kamu yang berasal dari luar Halmahera.

Banyak yang menyebutkan kalau gohu ini seperti sashimi khas Jepang, hal ini dikarenakan Gohu terbuat dari ikan mentah. Jika sashimi khas Jepang dibuat dari ikan Tuna, maka gohu ini dibuat menggunakan ikan cakalang yang telah dipotong kecil-kecil. Untuk menghilangkan bau amisnya, ikan tersebut biasanya dicampur dengan kemangi lalu disiram dengan minyak panas.

paket wisata murah

Kuah Kental Coto May Tora Bikin Ngiler

Nyari Kuliner Khas Di Muna? Ke Makanan Tradisional Raha Saja!

2. Popeda

Popeda
kompasiana.com

Popeda juga menjadi salah satu kuliner khas daerah Halmahera yang sayang untuk dilewatkan.  Popeda ini terbuat dari sari pati sagu atau singkong yang kemudian di rebus sampai bentuk singkong mengental.

Popeda kerap dinikmati sebagai pengganti nasi karena memiliki tekstur yang kenyal dan lengket dan berwarna bening. Popeda ini tidak memiliki rasa alias tawar. Untuk menikmatinya sendiri cukup unik, yaitu dengan memutar diujung sendok atau sumpit kemudian disajikan di piring lalu disiram kuah sayur.

3. Bubur Sagu Ubi

Bubur Sagu Ubi
yummy.co.id

Masyarakat Halmahera memang terkenal sangat pandai dalam mengolah sagu. Tak heran jika banyak kuliner khas daerah Kepulauan Halmahera yang terbuat dari sagu, salah satunya adalah bubur sagu ubi ini.

Bubur sagu ubi ini menjadi sajian yang cukup terkenal di kalangan masyarakat setempat ataupun wisatawan. Bahan utama untuk membuat sajian ini adalah sagu lempengan, ubi merah rebus, gula dan pandan. Proses pembuatannya dengan merendam sagu sampai mengembang kemudian diolah dengan gula, daun pandan dan ubi merah. Sajian ini memiliki rasa manis yang legit dan sangat digemari oleh semua kalangan.

4. Pisang Mulu Bebe

Pisang Mulu Bebe
republika.co.id

Kuliner khas daerah kepulauan Halmahera yang wajib untuk kamu cicipi selanjutnya. Pisang Mulu Bebe ini merupakan salah satu jenis pisang olahan yang banyak ditemukan di Halmahera. Banyaknya ditemukan pisang mulu bebe ini memang dikenal sebagai tanaman pisang khas yang hanya bisa ditemukan di Halmahera.

Pisang ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu bentuknya yang khas, dimana ada bagian pangkal buah dan semakin ke ujung akan semakin mengerucut. Pisang Mulu Bebe ini juga bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan, biasanya masyarakat setempat mengolah buahnya menjadi pisang santan atau pisang goreng. Buah pisang ini juga dikenal akan kandungan gizi yang tinggi, seperti kalium, magnesium, zat besi, fosfor dan kalsium.

5. Sayur Lilin

Sayur Lilin
yummy.co.id

Sayur Lilin juga menjadi salah satu kuliner khas daerah kepulauan Halmahera. Meskipun namanya sayur lilin, namun bukan berarti menggunakan lilin lampu. Bahan utama dari sajian ini adalah terubuk telur yang diolah dengan santan dan bumbu kuning.

Sayur lilin ini memiliki rasa dan tekstur yang mirip dengan telur ikan, bumbu pada kuahnya pun meresap hingga kedalam sehingga rasa dari masakan ini sangatlah nikmat. Sayur lilin ini sangat mudah ditemukan di banyak warung di kepulauan Halmahera. Tak hanya digemari oleh masyarakat setempat namun juga oleh wisatawan yang berkunjung ke Halmahera. Sayur lilin paling enak disantap dengan sepiring nasi hangat dan ikan asin sehingga menambah cita rasa pada sajian ini.

6. Sayur Garu

Sayur Garu
indonesiakaya.com

Selain sayur lilin, ada sayur lainnya yang menjadi kuliner khas daerah kepulauan Halmahera yang bernama Sayur Garu. Sayur Garu ini dikenal sebagai makanan tradisional yang menyehatkan karena terdiri dari ragam sayuran.

Sayur Garu sendiri merupakan tumisan sayur campur yang disajikan sebagai pelengkap menu makanan lainnya. Meskipun terlihat sederhana, namun akan terasa ada yang kurang jika sajian ini tidak didajikan. Ragam sayuran yang biasa digunakan untuk sajian ini antara lain daun ubi, daun papaya dan jantung pisang yang kemudian dipadukan dengan rempah khas sehingga terasa semakin lezat.

7. Kepiting Saus Kenari

Kuliner Khas Kepulauan Halmahera
ksmtour.com

Kalau kamu adalah penggemar seafood, maka kamu harus mencoba kuliner khas daerah kepulauan Halmahera yang satu ini. Kepiting saus kenari merupakan salah satu sajian yang cukup populer dan banyak diburu oleh wisatawan.

Kepiting ini diolah dengan ragam rempah khas Nusantara yang legendaris dan kecap sehingga rasa dari masakan ini semakin berwarna kemerahan. Kepiting saus kenari ini memiliki cita rasa yang manis dan pedas bercampur menjadi satu namun terasa semakin nikmat.

8. Sagu Pink

sagu pink
celebes.co

Kuliner khas daerah kepulauan Halmahera yang satu ini juga tak kalah populer dengan kuliner lainnya. Sesuai dengan namanya, sagu pink ini memiliki warna pink dan memiliki bentuk seperti batu bata.

Sagu Pink ini memiliki tekstur yang semi keras seperti roti tawar dan rasanya pun juga hambar. Kamu bisa menemukan banyak penjual sagu pink di tempat-tempat wisata yang ada di Halmahera. Biasanya, penjual sagu pink ini akan menyusuk dagangannya secara betumpuk-tumpuk layaknya menyusun batu bata.

9. Suami

Suami
pariwisataindonesia.id

Suami adalah salah satu kuliner khas daerah kepulauan Halmahera yang tak kalah unik. Suami disini bukanlah seorang laki-laki yang sudah beristri, melainkan sajian khas Halmahera yang terbuat dari singkong yang dicampur dengan kelapa parut.

Suami memiliki bentuk seperti kerucut karena cetakan yang digunakan bentuknya seperti kerucut dan terbuat dari anyaman daun kelapa. Terdapat dua jenis suami yang bisa kamu nikmati, ada suami yang rasanya gurih, ada juga yang rasanya manis. Rasa gurih pada kue tradisional ini berasal dari parutan kelapa dan santan, sementara rasa manisnya berasal dari gula merah. Suami ii memiliki tekstur yang hampir sama dengan kue putu yang ada di Pulau Jawa.

10. Pisang Dabu-Dabu

Pisang dabu dabu
wisato.id

Kuliner khas daerah Kepulauan Halmahera yang terakhir adalah Pisang Dabu-Dabu. Pisang Dabu-Dabu ini merupakan olahan pisang goreng yang sederhana dengan cita rasa yang unik.

Uniknya, jika pisang goreng yang memiliki rasa manis biasanya dinikmati dengan selai atau cokelat, Pisang Dabu-Dabu ini justru dinikmati dengan sambal. Sambal yang digunakan untuk menikmati pisang ini juga cukup beragam, mulai dari sambal dabu-dabu tomat, sambal dabu-dabu ikan dan dabu-dabu tempurung. Meskipun menggunakan sambal, sajian ini justru terasa semakin nikmat dan lezat. Jika kamu ingin mencicipi Pisang Dabu-Dabu ini, kamu bisa menjumpainya di warung atau pedagang yang ada di sekitar tempat wisata.



Leave a Reply