5 Kuliner Buka Puasa Khas Sudan, Rasanya Enak Tenan!


Fida  April 19, 2022  0 Comment

Bulan Ramadhan menjadi bulan yang paling ditunggu-tunggu khususnya bagi umat muslim. Selain menawarkan suasana yang berbeda, di bulan Ramadhan kamu juga dapat menikmati lezatnya berbagai kuliner berbuka puasa yang unik dan khas. Di daerah Sudan Afrika, ada banyak sekali pilihan menu berbuka yang khas dan tidak dapat dijumpai di daerah lainnya. Berbagai hidangan yang ditawarkan mampu menarik perhatian masyarakat lokal maupun wisatawan yang sedang mengunjungi daerah ini. Cita rasa serta aroma khas yang disajikan menjadikan berbagai kuliner buka puasa khas Sudan berikut ini sayang untuk tidak kamu coba.

1. Syurbah

syurbah
rasalapar.com

Pernahkah kamu mendengar hidangan dengan sebutan syurbah? Syurbah merupakan salah satu rekomendasi kuliner buka puasa khas Sudan. Hidangan ini juga populer di Indonesia dengan sebutan bubur Arab. Meskipun kerap disebut bubur Arab, tetapi kuliner yang satu ini tidak hanya mudah dijumpai di Arab, lho.

Jika dilihat sekilas, kuliner syurbah memiliki tampilan yang mirip dengan sup. Teksturnya yang khas dan sedikit encer menjadi ciri khas hidangan yang satu ini. Karena dibuat dengan menggunakan banyak rempah-rempah, maka tidak heran jika syurbah memiliki cita rasa yang lezat dan khas. Rasa yang ditawarkan hampir mirip dengan kuah kari.

Saat berkesempatan datang ke kawasan Sudan, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk berburu kuliner ini saat bulan Ramadan tiba. Tidak sedikit masyarakat Sudan memilih syurbah sebagai menu untuk berbuka puasa. Selain rasanya yang lezat dan khas, kuliner ini juga dikenal mengenyangkan. Syurbah juga dapat dinikmati oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Bahan-bahannya yang mudah dicari juga menjadikan kuliner ini sangat mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Setelah mencoba lezatnya kuliner yang satu ini, kamu tentu akan dibuat ketagihan dan ingin mencobanya kembali.

Gotravelly

Indahnya Taman Sejarah Yang Jadi Saksi Perjuangan Arek-Arek Suroboyo

Nikmatnya Korean Food Di Tteobokki Queen, Ayam Goreng Korea-Nya Juara

2. Asida

asida
simplechinesefood.com

Rekomendasi kuliner buka puasa khas Sudan berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dicoba adalah asida. Pernahkah kamu mendengar sebutan hidangan asida sebelumnya? Kuliner yang satu ini memiliki tampilan yang mirip dengan bubur jika dilihat sekilas, tapi sebenarnya berbeda. Beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat asida diantaranya yogurt, daging kering, tepung jagung, dan beberapa bahan lainnya.

Tidak hanya digemari oleh masyarakat lokal saja, beberapa wisatawan juga berhasil penasaran dan memutuskan untuk berburu kuliner ini saat datang ke Sudan. Kuliner yang satu ini juga dikenal sangat cocok dinikmati oleh semua kalangan. Selain dikenal lezat, asida juga memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh karena mengandung kalsium, protein, dan kaya akan vitamin. Sangat menyehatkan bukan?

Asida sangat lezat dinikmati dalam keadaan hangat dan biasa disantap sebagai menu berbuka puasa. Saat berkunjung ke Sudan, ada banyak pilihan bentuk dan ukuran asida yang ditawarkan dan dapat kamu coba sesuai selera. Bagaimana, tertarik untuk berburu kuliner yang satu ini saat datang ke Sudan?

3. Nuaimiah

nuaimiah
worldfood.guide

Nuaimiah juga dikenal sebagai salah satu rekomendasi kuliner buka puasa khas Sudan yang menarik untuk kamu coba. Hidangan yang satu ini dikenal sangat mudah dijumpai di Sudan dan banyak diminati oleh masyarakatnya. Nuaimiah pajak dipilih untuk dinikmati sebagai menu berbuka puasa karena memberi sensasi hangat di perut. Hal itu dikarenakan adanya beberapa rempah-rempah yang digunakan saat proses pembuatannya.

Jika dilihat, hidangan yang satu ini masih tergolong jenis sup. Beberapa isian bahan yang dibutuhkan untuk membuat makanan ini diantaranya daging cincang, tepung terigu, kacang rebus, dan lain-lain. Hidangan yang satu ini juga dikenal kaya akan rempah sehingga memberikan cita rasa lezat.

Makanan yang satu ini sangat lezat dan cocok dinikmati oleh semua kalangan. Selain berhasil membuat masyarakat lokal ketagihan dengan kelezatannya, Nuaimiah juga membuat beberapa wisatawan penasaran dan ingin mencobanya. Kawasan Sudan bagian utara menjadi lokasi dimana kamu dapat dengan mudah menjumpai lezatnya hidangan Nuaimiah. Dilihat dari tampilannya, tentu berhasil membuat penasaran dan ingin mencobanya bukan?

4. Salatah Tomatim Bel Daqua

salatah tomatim bel daqua
food.com

Pernahkah kamu mendengar sebutan hidangan Salatah Tomatim Bel Daqua? Hidangan yang satu ini merupakan menu yang dikenal sebagai salah satu kuliner buka puasa khas Sudan. Jika dilihat dari tampilannya, kuliner ini menawarkan sensasi segar karena dibuat dengan bahan utama tomat.

Salatah Tomatim Bel Daqua adalah sajian salad tomat yang cukup populer di Sudan. Kuliner ini dibuat dengan beberapa isian seperti tomat, daun bawang, cabai hijau, dan juga peterseli. Yang menjadi daya tarik dari salat ini adalah adanya saus kacang yang khas. Cara menikmati hidangan ini adalah dengan mencampurkan isian salad dengan saus selai kacang. Perpaduan yang tepat dan menggugah selera menjadikan hidangan ini banyak diminati oleh masyarakat lokal maupun wisatawan yang datang ke Sudan. Hidangan ini cocok dipilih sebagai menu berbuka puasa karena selain dikenal mengenyangkan, juga memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh. Tertarik untuk mencobanya?

5. Full Medames

full medames
cantik.tempo.co

Tidak perlu bingung memilih rekomendasi kuliner buka puasa khas Sudan, kamu dapat mencoba lezatnya Full Medames. Beberapa dari kamu mungkin masih asing dengan sebutan hidangan yang satu ini. Full Medames sendiri termasuk kuliner tradisional di Sudan yang masih populer hingga saat ini. Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama kacang fava. Proses memasaknya yang membutuhkan waktu lama menjadikan kacang berubah tekstur menjadi lumat.

Full Medames disajikan bersama dengan tambahan bahan lainnya seperti peterseli, jintan, minyak sayur, bawang putih, bawang merah, serta air jeruk lemon. Sangat menggugah selera bukan? Hidangan yang satu ini sangat cocok dipilih sebagai menu berbuka puasa karena dikenal mengandung banyak gizi. Full Medames juga sangat cocok dinikmati oleh semua kalangan. Saat berkesempatan untuk datang ke Sudan, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk berburu lezatnya hidangan Full Medames. Cita rasanya yang lezat tentu akan membuat kamu ketagihan setelah mencobanya.

Nah itulah daftar 5 rekomendasi kuliner buka puasa khas Sudan yang dikenal lezat dan menggugah selera. Tidak hanya itu, berbagai kuliner di atas juga cocok dipilih sebagai menu berbuka karena mengandung banyak gizi dan manfaat baik bagi tubuh. Oleh karena itu, tidak heran jika beberapa pilihan menu buka puasa khas Sudan di atas banyak diburu oleh wisatawan yang ingin mencobanya. Saat berkesempatan untuk datang dan mengunjungi salah satu negara di Afrika ini, kira-kira kuliner manakah yang paling ingin kamu coba kelezatannya?



Leave a Reply