12 Soto Terkenal yang Enak di Surabaya


Jehan  October 12, 2023  0 Comment

Soto Terkenal di Surabaya – Setiap daerah selalu memiliki cita rasa yang khas untuk setiap menu hidangannya, termasuk soto. Ciri khas rasa tersebut, juga berlaku untuk kuliner berkuah yang ada di kota Surabaya juga loh.

kuliner soto terkenal enak di surabaya
freepik.com

Soto memang menjadi salah satu pilihan kuliner yang nikmat dan selalu enak untuk dinikmati setiap saat namun, tahukah kamu di mana tempat yang akan menyambutmu dengan rasa mantapnya?

Kali ini GoTravelly, telah merangkum beberapa rekomendasi tempat kulineran soto yang terkenal enak dan tidak sepi penunjung yang ada di kota Surabaya. Sudah lapar banget nih? yuk, langsung aja cari dan pilih restoranmu di bawah ini!

Kuliner Soto Enak di Surabaya

1. Soto Ayam Lamongan Cak Har

soto ayam lamongan cak har
instagram.com

Restoran soto terkenal di Surabaya yang harus kamu coba saat berkunjung ke kota Pahlawan berikut ini merupakan salah satu rumah makan soto yang tidak pernah sepi pengunjung. Bahkan, tidak jarang juga antrian kendaraan yang akan parkir terkadang mengular hingga jalan besar.

Soto Ayam Lamongan Cak Har merupakan satu kuliner Surabaya yang banyak dicari oleh para pecinta makanan berkuah. Sesuai dengan namanya sebagai soto lamongan, kamu akan disambut dengan seporsi nasi dengan kuah rempah kental yang lezat.

Lokasi Restoran

Jalan Dr. Ir. H. Soekarno No. 220, Semolowaru, Kecamatan Sukolilo, Jawa Timur 60117, Indonesia.

Jam Operasional

Setiap hari, pukul 06:00 – 02:00 WIB.

2. Soto Ambengan Pak Sadi

soto ambengan pak sadi
instagram.com

Tempat makan berikut ini merupakan salah satu kuliner soto legendaris di kota Surabaya yang telah ada sejak tahun 60-an. Bermula dari penjual soto yang mendagangkannya dengan cara dipikul, kini telah berubah menjadi restoran keluarga dengan banyak cabang.

Baca juga :  7 Rekomendasi Kuliner Enak di Kawasan Khao San Road

Ciri khas dari Soto Ambengan Pak Sadi ini terletak pada kuahnya. Saat mencobanya, kamu akan merasakan kuah yang kental dengan warna kuning pekat hasil dari racikan bumbu dapur yang kaya rasa.

Lokasi Restoran

Jalan Ambengan No. 3A, Ketabang, Kecamatan Genteng, Jawa Timur 60272, Indonesia.

Jam Operasional

Setiap hari, pukul 07:00 – 21:00 WIB.

3. Soto Ayam Cak Pardi

soto ayam cak pardi
instagram.com

Rekomendasi tempat makan soto terkenal enak di Surabaya berikutnya adalah Soto Ayam Cak Pardi. Lokasi rumah makan ini berada di pinggir jalan besar dengan nuansa ruang makan yang sederhana bergaya warung.

Tempatnya tidak begitu besar, tapi selalu ramai dengan pelanggan yang ingin menikmati sarapan atau waktu jam makan siang dengan semangkuk soto yang hangat. Soto Ayam Cak Pardi bisa menjadi referensi tempat makan untuk kamu jika sedang berada di Tunjungan Plaza.

Lokasi Restoran

Jalan Embong Malang No. 20, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur 60261, Indonesia.

Jam Operasional

Setiap hari, pukul 06:00 – 14:30 WIB.

4. Soto Ayam Kampung Pak Djayus

soto ayam pak djayus
instagram.com

Lapar dan ingin mengisi perut dengan seporsi soto hangat yang lezat? cobain mampir ke Soto Ayam Kampung Pak Djayus yang terkenal enak di Surabaya ini. Rumah makan dengan nuansa nyaman dan menu yang enak tentu menjadi perpaduan yang kombo, bukan?

Selain menu soto ayam, rumah makan yang satu ini juga menyediakan beragam menu kuliner lainnya, seperti sop buntut, rawon, asem-asem iga, nasi atau mie goreng jawa yang dapat menjadi alternatif pilihan untukmu.

Lokasi Restoran

Jalan Raya Manyar No. 81, Menur Pumpungan, Kecamatan Sukolilo. Kota Surabaya, Jawa Timur 60118, Indonesia.

Jam Operasional

Setiap hari, pukul 06:00 – 12:00 WIB.

5. Soto Madura Gubeng Pojok Asli

soto madura gubeng pojok asli
instagram.com

Apakah sobat GoTravelly memiliki selera lidah dengan kuliner khas dari Pulau Madura? berikut ini merupakan salah satu soto Madura yang dapat kamu pilih dari kota Surabaya. Soto Madura Gubeng Pojok Asli merupakan salah satu rumah makan yang juga legendaris.

Aroma kuah yang khas dengan irisan daging dan segala macam isian soto yang dapat kamu sesuaikan dengan selera, bisa kamu nikmati di sana. Jika kamu datang ke sini, suasana restoran yang akan menemanimu bersantap adalah nuansa omah lawas yang nyaman.

Lokasi Restoran

Jalan Kusuma Bangsa No. 30, Ketabang, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur 60272, Indonesia.

Baca juga :  7 Kuliner Serba Lontong Khas Jawa Timur Yang Gurih Dan Lezat!

Jam Operasional

Setiap hari, pukul 07:00 – 15:00 WIB.

6. Soto Ayam Kampung Cak Mu’in

soto ayam kampung cak muin
instagram.com

Ingin menikmati semangkuk soto enak yang terkenal dengan harga hemat di kota Surabaya? cobain deh, Soto Ayam Kampung Cak Mu’in yang ada di daerah Surabaya Timur berikut ini. Rumah makan ini berada di lokasi yang mudah untuk kamu temukan, karena berada di sisi jalan.

Kuah soto dengan warna pekat ditambah dengan irisan daging ayam yang besar-besar akan membuatmu puas saat menikmatinya. Selain menu soto, ada juga nasi goreng Jawa yang juga menjadi favorit dari para pelanggan. Gimana, apakah kamu tertarik untuk mencobanya?  

Lokasi Restoran

Jalan Arief Rahman Hakim A1-3 No. 14 E, Klampis Ngasem, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya, Jawa Timur 60118, Indonesia.

Jam Operasional

Setiap hari, pukul 06:00 – 12:00 WIB.

7. Soto Ayam “Cak To” Undaan Wetan

soto ayam cak to
instagram.com

Rekomendasi berikutnya yang bisa menjadi referensi makan soto terkenal di Surabaya adalah sebuah rumah makan bergaya sederhana yang lokasinya masuk ke dalam gang kecil. Meski sedikit tersembunyi, namun Soto Ayam Cak To ini cukup mudah untuk ditemukan.

Selain karena rasanya yang sudah terkenal kelezatannya sejak lama, tempat ini akan sangat cocok untuk kamu yang suka dengan koya atau bubuk kerupuk karena di sana kamu bebas mengambil koya sebanyak mungkin.

Lokasi Restoran

Jalan Undaan Wetan – Jalan Ngemplak 1 No. 36, Ketabang, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur 60272, Indonesia.

Jam Operasional

Setiap hari, kecuali Minggu pukul 05:30 – 16:30 WIB.

8. Soto Ayam Hartono

soto ayam hartono
google.com

Rumah makan sederhana tapi rasa sotonya nendang di lidah berikut ini bisa menjadi referenski kulineran mu. Soto Ayam Hartono terletak di kawasan Surabaya Pusat yang cukup terkenal.

Kuah yang dimiliki soto ayam mereka, memiliki rasa cenderung light tidak terlalu kental. Meski sedikit bening rasa sotonya tetap aromatik dan berempah. Ciri khas dari soto ayam ini adalah tambahan keripik kentang yang ditaburkan sebagai pelengkap di atasnya.

Lokasi Restoran

Jalan Kranggan No. 127, Tembok Dukuh, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya, Jawa Timur 60173, Indonesia.

Jam Operasional

Setiap hari, pukul 07:00 – 22:00 WIB.

9. Soto Ayam Imam Bonjol

soto ayam imam bonjol
instagram.com

Berikutnya merupakan kuliner soto legendaris dan terkenal yang layak untuk kamu coba saat datang ke Surabaya. Rumah makan berikut ini tidak begitu besar, tapi tempatnya nyaman dan bersih untuk bersantap.

Baca juga :  10 Restoran Vegetarian di Jakarta Dengan Varian Menu Lezat!

Di sini, kamu dapat menikmati sajian soto berkuah kental dengan tambahan koya krupuk yang lezat. Selain itu, ada juga menu sate dan gule yang juga terkenal dengan rasa umaminya dikalangan pecinta kuliner. Jadi, menu apa yang akan kamu pesan di tempat yang satu ini?

Lokasi Restoran

Jalan Dr. Soetomo, Kecamatan Tegalsari, Kota Surabaya, Jawa Timur 60264, Indonesia.

Jam Operasional

Setiap hari, pukul 06:30 – 14:30 WIB.

10. Soto Daging Marmoyo

soto daging marmoyo
instagram.com

Setelah dari tadi rekomendasi banyak memberi pilihan soto ayam, berikut ini akan menyambutmu dengan sajian soto daging. Rumah makan Soto Daging Marmoyo merupakan salah tempat kuliner yang terkenal dan sering ramai di Surabaya.

Tempat makan ini sangat sederhana, hanya digelar dengan sebuah tenda yang akan menaungimu saat bersantap. Meski sederhana, namun Soto Daging Marmoyo memiliki banyak pelanggan.

Rasa kuahnya yang gurih dengan irisan daging berukuran besar dan empuk menjadi perpaduan nikmat yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Tempat makan yang satu ini akan sangat cocok bagi kamu pecinta gajih atau lemak. Di sana, kamu bisa mendapatkan lemak dengan ukuran dan rasa yang nagih.

Lokasi Restoran

Jalan Marmoyo No. 3, Darmo, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur 60241, Indonesia.

Jam Operasional

Setiap hari, pukul 06:00 – 15:00 WIB.

11. Soto Madura Wawan

soto madura wawan
google.com

Lapar tengah malam? kamu enggak perlu khawatir lagi karena ada Soto Madura Wawan yang buka 24 jam di Surabaya. Tempat kuliner yang satu ini merupakan salah satu rumah makan dengan cita rasa Madura pilihan yang juga legendaris di kota Pahlawan tersebut.

Kuah soto cenderung berwarna pekat, dengan irisan daging dan jeroan sapi yang dapat kamu sesuaikan dengan selera makanmu. Aroma bawang putih dengan rempah-rempahnya akan membuatmu terpikat dan puas.

Lokasi Restoran

Jalan Mayjen Sungkono No. 86, Gunung Sari, Kecamatan Dukuhpakis, Kota Surabaya, Jawa Timur 60224, Indonesia.

Jam Operasional

Setiap hari, buka 24 jam.

12. Soto Ayam Lamongan Cak Kan

soto ayam lamongan cak kan
instagram.com

Rekomendasi selanjutnya akan menyambutmu dengan cita rasa khas Lamongan yang sedap dan nikmat. Soto Ayam Lamongan Cak Kan merupakan salah satu rumah makan yang menyajikan menu soto dengan harga murah dan terjangkau.

Kuahnya yang kental dengan aromatik rempah menjadi ciri khas yang tidak dapat kamu temukan dari soto di tempat lainnya. Jangan lupa tambahkan koya atau bubuk kerupuk, apabila kamu ingin mendapatkan rasa yang lebih autentik.

Lokasi Restoran

Jalan Raya Prapen, Panjang Jiwo, Kecamaan Tenggilis Mejoyo, Kota Surabaya, Jawa Timur 60299, Indonesia.

Jam Operasional

Setiap hari, pukul 07:00 – 21:00 WIB.

source: https://www.youtube.com/@MangkokLina

Sobat Gotravelly, itulah rekomendasi kulineran soto yang enak dan terkenal di kota Surabaya. Biasanya soto seringkali disajikan dengan beragam pendamping, seperti telor asin, telor ayam, koya, sate-sate jeroan, perkedel kentang, dll.

Di antara menu tambahan atau pendamping tersebut, manakah yang menjadi favoritmu? Apa pun seleramu jangan lupa bagikan ulasan tempat kulineranmu di GoTravelly ya! Di sini, kamu bisa mengeskplor beragam informasi seputar kuliner serta wisata yang menarik untuk dijelajahi.



Leave a Reply