12 Kue Terenak di Dunia, Indonesia juga Ada loh!


Jehan  December 31, 2022  0 Comment

Siapa yang tak menyukai dan menikmati sajian kue manis perpaduan gurih dengan tekstur lembut yang enak? Di antara kue terenak di dunia, ada dari Indonesia juga loh! Yuk, ikuti ulasan GoTravelly di bawah ini.

Daftar Kue terenak di dunia:

1. Gâteau au yaourt

gâteau au yaourt
because-gus.com

Gâteau au yaourt adalah nama dari kue Prancis yang popular. Biasanya Gâteau au yaourt disajikan untuk menjamu tamu dengan secangkir teh atau kopi sebagai pelengkap. Kue ini terbuat dari tepung, gula, telor, minyak, dan yogurt tawar.

Gâteau au yaourt memiliki tekstur lembut seperti kue sponge dan rasa manis yang tipis. Biasanya orang Prancis menyuguhkan Gâteau au yaourt dengan tambahan sesendok es krim yang makin membuatnya terasa nikmat.   

2. Pão de Ló de Ovar

pao de lo de ovar
solteiroscontracasados.com

Pão de Ló de Ovar kue khas Portugis yang paling terkenal. Kue yang ada sejak abad 18 ini adalah jenis kue bolu yang lezat. Pão de Ló de Ovar biasanya dibuat dari telor, gula dan adonan tepung.

Kue tradisional ini dibuat dengan cara yang beragam dan tak jarang orang Portugis mengkreasikan kue. Sehingga saat mencari tahu tentang kue Pão de Ló de Ovar tak perlu heran jika resep tentang kue ini sangat bermacam-macam. Tak hanya itu saja, tampilan dari kue bolu ini juga bervariasi.

Biasanya, Pão de Ló de Ovar memiliki lapisan luar yang terlihat kering seperti kerak. Namun saat mulai menyendok bagian dalam, maka akan terlihat tekstur kue yang sedikit meleleh dan terlihat mirip seperti puding panggang yang sangat lembut.

3. Kremna Rezina

kremna rezina
bled.si

Kremna Rezina atau Bled Cream Cake adalah salah satu jenis kue popular di dunia dari Slovenia. Hidangan ini merupakan kue krim yang sangat lezat. Biasanya Kremna Rezina dihidangkan sebagai makanan penutup.

Baca juga :  10 Tempat Berenang di Alam Bebas Terbaik di Indonesia

Kue ini memiliki perpaduan tekstur renyah dan lembuh di setiap gigitnya. Rasa manis yang tipis akan terasa dari custard beraroma vanilla, tekstur dari krim kocok dan sedikit lapisan tipis dari mentega dari Kremna Rezina akan menghasilkan tekstur lembut dan creamy. Tentu itu akan membuat Kremna Rezina semakin terasa enak untuk dimakan.

Kue ini seringkali dicari oleh para turis sebagai salah satu hidangan yang dicicipi saat ke Slovenia. Uniknya Kremna Rezina adalah kue yang dikatakan sebagai karya seni. Ungkapan itu merujuk pada segala proses pembuatan kue. Di mana kue ini dilipat sebanyak tujuh kali sebelum didiamkan. Setelahnya akan dimasak selama tujuh menit, sebelum akhirnya dipotong menjadi tujuh bagian dengan ukuran 7 cm. Ya, tentang Kremna Rezina selalu dalam hitungan tujuh. Menarik, bukan?

4. Torta Garash

torta garash
wkuchnizwedlem.wedel.pl

Torta Garash adalah hidangan penutup dari Bulgaria yang menjadi kue terenak di dunia. Kue ini telah ditemukan sejak tahun 1885 oleh seorang pembuat manisan bernama Kosta Garash. Tampilan dari Torta Garash terdiri dari 5 lapisan putih telor yang diolesi dengan coklat mousse, dibuat dari krim dan coklat. Rasa manis adalah rasa terbaik dari Torta Garash di setiap gigitannya.

5. Batternberg Cake

battenberg cake
tasteofhome.com

Kue dengan warna pastel yang cantik ini merupakan hidangan penutup klasik dari Inggris. Kue yang dibuat pada tahun 1884 ini adalah kue yang disajikan pada saat acara pernikahan kerajaan untuk Putri Victoria dengan Pangeran Luis dari keluarga Battenberg.

Batternberg Cake adalah salah satu kue terenak di dunia karena memiliki penampakan menarik dengan pola kotak-kotak di dalam irisan lapisan kue. Kue ini terasa seperti kue spons dengan rasa almond yang disatukan dengan selai buah aprikot. Lalu lapisan luar yang digunakan untuk membungkus pola kotak dari kue ini adalah marzipan gulung yang mirip seperti fondant.

6. Tampouce

tampouce
medium.com

Apa kamu melihat tampilan kue yang cukup menggemaskan? Mungkin itu karena warna dari lapisan atas Tampouce yang berwarna merah muda. Tampouce merupakan kue tradisional dari Belanda dengan rasa manis. Ini adalah salah satu kue terenak di dunia yang patut kamu coba!

Baca juga :  10 Tempat Wisata Belanja di Jakarta lengkap Dan Murah

Tampouce adalah jenis kue puff tipis yang memiliki isi krim di dalamnya. Biasanya kue Tampouce disajikan bersama secangkir teh atau kopi dan dinikmati saat sore hari. Saat memakan Tampouce biasanya akan sedikit kesulitan karena krim akan berantakan dan membuatmu merasa tidak nyaman. Orang Belanda biasanya menikmatinya dengan cara khusus, mereka biasa mulai memakannya dari bagian krim terlebih dahulu, setelahnya baru lapisan atas yang menjadi lapisan atasnya siap dihabiskan.

7. Kue Lapis

kue lapis
tasteatlas.com

Ternyata Kue dari negara kita ini menjadi salah satu kue terenak di dunia loh! Jajanan dengan nama kue Lapis ini merupakan salah satu jajanan tradisional yang cukup popular di kalangan para wisatawan mancanegara. Bahan dasar untuk membuat Kue Lapis adalah perpaduan dari tepung beras, sagu, gula, garam, santan, serta pewarna yang mempercantik tampilannya.

Kue Lapis merupakan jajanan yang mudah ditemui di pedagang kue tradisional. Selain itu, kue berwarna-warni ini juga biasa dinikmati sebagai camilan atau menjadi sajian hidangan penutup di suatu acara tertentu. Rasa manis adalah rasa utama dari kue lapis. Kue Lapis juga memiliki tekstur kenyal yang membuatnya semakin terasa enak saat dinikmati. Alih-alih memakannya dengan cara mengigit langsung, biasanya sebagian orang Indonesia akan menikmati selapis demi selapis untuk menghabiskan kue yang satu ini dengan perlahan.  

Baca Juga :

Ulasan Kuliner di Indonesia

Ulasan Tempat Wisata di Indonesia

8. Esterházy Torta

esterhazy torta
okusno.je

Esterházy Torta merupakan makanan penutup dari Budapest, Hongaria yang cukup popular. Esterházy Torta terdiri beberapa lapisan kue busa almond atau maringue dan buttercream vanilla. Saat ini Esterházy Torta semakin menjadi salah satu kue yang banyak mengalami perkembangan resep.

Biasanya kacang almond yang menjadi bahan utama dari kue ini sering diganti dengan kacang kenari atau hazelnut. Tekstur renyah dan rasa manis tentu akan membuat lidahmu merasa betah dengan kue ini.

9. St. Honoré Cake

st. honore cake
pinterest.com

Kue terenak di dunia selanjutnya jatuh kepada St. Honore Cake. Kue ini menjadi salah satu sajian penutup yang cara pembuatannya terkenal sangat rumit. St. Honore Cake dibuat dengan menyatukan semua komponen dasar pembuatan kue khas Prancis, meliputi puff pastry, vanilla custard, choux pastry, dan karamelisasi gula. Seperti sajian lengkap ya?

Baca juga :  Rekomendasi Pantai di Bogor yang Aksesnya Paling Mudah

St. Honoré Cake memiliki tekstur yang renyah serta lembut secara bersamaan. Rasa lembut juga ada karena krim yang ada di kue. Sampai saat ini St. Honore Cake adalah salah satu jenis hidangan penutup favorit yang masih bertahan disajikan di Prancis. Saking popularnya, St. Honore Cake adalah kue yang seringkali dipilih sebagai salah satu kue untuk disajikan dalam sebuah perayaan.  

10. Amandine Reteta

amandine reteta
temananc.ro

Amandine Reteta adalah salah satu ke coklat tradisional yang berasal dari Rumania. Sesuai dengan tampilannya, kue ini memiliki rasa penuh dengan bahan coklat. Namun terkadang Amandine Reteta juga diisi dengan krim kacang almond.

Kue Amandine Reteta dibuat dengan telor, tepung, gula, air, minyak, coklat, rum, dan glasir yang terbuat dari cokelat dan whipping cream. Saat ini kue ini menjadi hidangan tradisional yang telah mengalami banyak perkembangan resep. Tapi tetap saja, Amandine Reteta memiliki rasa pasti cokelat yang manis.

11. Lemon Drizzle Cake

lemon drizzle cake
sainsburysmagazine.co.uk

Lemon Drizzle Cake adalah salah satu kue tradisional dari Inggris yang popular. Kue ini biasa disajikan saat sore hari sembari menikmati secangkir teh. Lemon Drizzle Cake dibuat pertama kali pada tahun 1967 oleh seorang bernama Evelyn Rose.

Kue terenak di dunia ini menjadi hidangan sederhana yang memiliki rasa manis dan segar. Bahan yang digunakna untuk membuat Lemon Drizzle Cake adalah tepung, gula, mentega, telor, susu, baking powder, kulit lemon, serta jus lemon. Tertarik mencicipi kue dengan tampilan segar ini?

12. Cheesecake Jepang

japanese cheesecake
philandmama.com

Kue yang satu ini sebenarnya adalah jenis kue yang banyak dimiliki oleh beberapa tempat di belahan negara. Namun Cheesecake milik jepang adalah kue yang memiliki popularitas mendunia. Kue yang juga dikenal dengan sebutan Shouffle Cheesecake atau Cotton Cheesecake ini memiliki tekstur lembut dan super ringan. Rasa gula dari Cheesecake Jepang ini tidak begitu manis, perpaduan rasa keju dan manisnya menyatu dengan sempurna.

Jadi, apa kamu sudah mulai tergoda ingin menikmati kue dengan rasa manis untuk dinikmati sekarang juga? Meskipun ulasan di atas menunjukkan beberapa varian kue manis terenak di dunia, namun tetap saja semuanya akan kembali ke selera setiap orang, bukan? Tapi tak ada salahnya untuk mencicipi salah satu di antara deretan tersebut! Yuk, simak artikel menarik lainnya dari GoTravelly ya!



Leave a Reply