8 Makanan Khas Mataram, Enaknya Tak Tertandingi


Jehan  December 4, 2023  0 Comment

Makanan Khas Mataram – Sebuahkota yang dijuluki sebagai Kota Seribu Masjid ini menjadi salah satu permata dari Nusa Tenggara Barat. Ada banyak destinasi dengan keindahan alamnya yang memikat tersimpan dan terjaga di sana.

makanan khas mataram
freepik.com

Selain destinasi yang lekat dengan nilai kultural, Mataram pun dikenal menawarkan sebuah cita rasa dari dapur yang luar biasa dan menjadi salah satu khazanah Nusantara. Apakah kali ini kamu tertarik dan bersiap mencari makanan khas yang ada di kota berikut ini? Jika iya, maka ulasan berikut ini akan cocok untukmu. Yuk, simak deret sajian apa saja yang menjadi kuliner khas Mataram bersama GoTravelly berikut ini.

Makanan Khas Mataram

1. Sate Rembiga

sate rembiga makana khas mataram
instagram.com

Makanan pertama yang harus kamu kenal sebagai makanan khas dari kota Mataram ini adalah sebuah kuliner bebakaran, namanya Sate Rembiga. Kuliner yang satu ini menawarkan cita rasa dengan bumbu berempah yang tak bisa ditolak oleh siapa saja.

Bahan utama sate ini menggunakan potongan daging sapi. Sebelum diolah dengan dibakar, daging sapi tersebut harus dimarinasi terlebih dahulu dengan bumbu dasar. Rasa yang membedakan Sate Rembiga dengan sate lainnya terletak pada bumbunya. Makanan khas Mataram ini memiliki bumbu sate dengan cita rasa manis dengan sensasi pedas yang melekat.

2. Ayam Taliwang

ayam taliwang makanan khas lombok mataram
instagram.com

Pecinta ayam, kamu harus cobain masakan khas bernama Ayam Taliwang yang satu ini. Kuliner satu ini dikenal memiliki cita rasa Nusantara yang kuat di setiap gigitannya. Ayam Taliwang menjadi salah satu makanan favorit yang banyak diburu oleh para wisatawan lokal atau pun turis mancanegara.

Baca juga :  10 Kuliner Legendaris di Padang Sajikan Citarasa Tak Pernah Berubah

Saat datang ke Nusa Tenggara Barat, sobat GoTravelly tak boleh melewatkan menu yang satu ini. Kamu dapat menikmati hidangan ayam yang telah dimasak menggunakan bumbu bakar khas dengan racikan sempurna.

3. Sate Bulayak

sate bulayak
instagram.com

Selanjutnya ada kuliner Sate Bulayak, yakni makanan khas yang dapat kamu temukan di daerah Mataram dan sekitarnya. Makanan yang satu ini dinamakan sebagai Sate Bulayak karena penyajiannya dimakan bersama lontong khas NTB yang bernama bulayak.

Lontong dengan ukuran panjang dari NTB ini memiliki ciri khas dibungkus dengan menggunakan daun kelapa atau daun enau / nira muda. Selain itu, lontong mereka tidak dibuat menggunakan beras biasa melainkan memakai beras ketan.

Umumnya Sate Bulayak dibuat dengan menggunakan daging ayam, daging sapi, daging kambing, atau jeroan. Berbeda dengan berbagai macam sate lainnya, Sate Bulayak memiliki cita rasa yang khas dari bumbunya. Rasa yang mirip kari menjadi taste yang akan kamu dapatkan saat mencoba sate yang satu ini.

Bumbu Sate Bulayak dibuat dengan bahan dasar kacang tanah sangrai yang ditumbuk. Selanjutnya, kacang tersebut akan diolah dengan direbus menggunakan santan serta bumbu rempah dan bahan masak dapur lainnya. Gimana nih sobat GoTravelly, apakah kamu bisa membayangkan cita rasanya?

4. Ayam Rarang

ayam rarang
instagram.com

Kalau suka dengan sensasi pedas yang meledak, kamu bisa mencoba Ayam Rarang, yakni salah satu makanan khas dari Lombok Mataram. Kuliner yang satu ini menawarkan rasa bumbu yang nendang dengan sensasi pedasnya yang bisa bikin selera makanmu meningkat.

Sajian lokal ini memiliki tampilan sedikit mirip dengan ayam taliwang, hanya saja bumbu pada makanan yang satu ini cenderung lebih banyak dan berkuah. Bumbu untuk Ayam Rarang pun telah dimasak sebelum disajikan.

Baca juga :  11 Sup Khas Jepang Rasanya Segar Dan Menyehatkan

Ayam yang digunakan untuk menu kuliner satu ini menggunakan ayam kampung, jadi tekstur yang akan kamu dapatkan pun berbeda. Apabila kamu tertarik untuk menikmati menu makanan satu ini, kamu bisa datang ke Desa Rarang. Di sepanjang jalan desa tersebut, kamu akan menemukan banyak warung makan yang menyajikan menu khas berikut ini beserta menu lainnya.

5. Sayur Ares

sayur ares makanan khas lombok
instagram.com

Siapa nih yang suka menikmati olahan sayur? Makanan yang bernama Sayur Ares ini bisa menjadi salah satu menu yang tak boleh kamu lewatkan begitu saja. Sayur Ares menjadi salah satu menu lokal yang terbuat dari pelepah pisang.

Untuk memasak menu makanan yang satu ini, pelepah pisang yang digunakan adalah pelepah berusia muda dari pohon pisang kepok. Sayur Areh biasa diolah dengan santan, dimasak kare. Dulunya, masakan dapur yang satu ini hanya bisa ditemukan ketika ada sebuah acara perayaan.

6. Nasi Balap Puyung

nasi balap puyung
instagram.com

Kalau di Jawa punya nasi rames, di Nusa Tenggara Barat punya Nasi Balap Puyung. Menu makanan yang satu ini adalah salah satu varian nasi campur yang nikmat dan lezat. Saat memesan makanan yang satu ini, kamu akan mendapatkan satu porsi nasi putih dengan berbagai macam lauk pendamping.

Biasanya Nasi Balap Puyung menawarkan telor rebus, suwiran daging ayam, tumis kacang panjang, kripik kentang / kentang mustofa, kacang tanah goreng, dan kacang kedelai goreng. Cita rasa yang akan didapatkan terletak pada bumbu dari suwir daging ayam yang dimasak dengan bumbu pedas yang nendang. Apakah kamu pernah mencoba menu yang cukup popular satu ini?

7. Beberuk Terong

beberuk terong
instagram.com

Menu kuliner khas Lombok Mataram selanjutnya adalah makanan bernama Beberuk Terong. Ini adalah sebuah menu lalapan terong dengan kacang panjang yang dinikmati bersama sambal tomat segar yang pedas.

Baca juga :  10 Keju Paling Enak di Dunia Hadirkan Rasa Gurih Asin Yang Khas

Bahan yang digunakan untuk membuat menu satu ini terdiri dari, terong bulat, bawang merah, kacang panjang, jeruk limo, bawang putih, cabe keriting, cabe rawit, terasi, kencur, dan tomat merah. Semua bahan tersebut diulek mentah, lalu ditambahkan potongan terong dan kacang panjang. Beberuk Terong bisa menjadi lalapan sekaligus sambal yang akan memberi sensasi segar pedas karena semua bahan yang dipakai mentah.

8. Plecing Kangkung

plecing kangkung
instagram.com

Makanan yang satu ini dikenal sebagai salah satu menu pendamping yang bisa dinikmati sebagai lalapan matang khas Lombok Mataram. Plecing Kangkung dibuat dengan sederhana dan mudah, di mana hanya menyajikan kangkung rebus yang dicampur dengan sambal.

Terkadang ada juga yang menambahkan kecambah, dan kacang tanah goreng untuk melengkapi. Meski tampak sederhana, Plecing Kangkung akan memberi cita rasa yang sangat nikmat dengan sensasi pedas dan segar yang menyatu dalam setiap suapannya.  

source: https://www.youtube.com/@JonyRahardja

Sobat GoTravelly, itulah beberapa menu makanan khas Mataram yang tak boleh kamu lewatkan begitu saja. Terlebih saat berkunjung ke Nusa Tenggara Barat kamu harus menyempatkan diri untuk menikmati kuliner lokal mereka.

Adakah di antara menu makanan tersebut yang telah kamu coba sebelumnya? apabila kamu memiliki pengalaman berkuliner jangan lupa sampaikan perjalananmu bersama GoTravelly ya! Kamu juga bisa mencari dan mendapatkan informasi menarik lainnya, yuk jangan sampai tertinggal.



Leave a Reply