11 Gunung Terkenal di Jepang Bikin Kaki Gatel Pingin Nanjak


prita  July 5, 2022  0 Comment

Gunung terkenal di Jepang bisa jadi salah satu alternatif destinasi wisata alam yang wajib untuk kamu kunjungi. Jepang tak hanya terkenal dengan budaya serta fashion-nya, tapi Negeri Sakura ini juga dikenal karena memiliki ratusan gunung yang indah dan menawan.

Setidaknya terdapat sekitar 109 gunung berapi aktif di Jepang dan 10 persen diantaranya merupakan gunung api aktif di dunia. Tak hanya gunung aktif, Jepang juga memiliki beberapa gunung tidak aktif yang menjadi destinasi wisata favorit. Nah, jika kamu berencana untuk berlibur ke Jepang dan ingin mengunjungi gunung-gunung cantik disana, berikut ini adalah daftarnya.

Gunung terkenal di Jepang

1. Gunung Fuji

Gunung Fuji
liputan6.com

Siapa sih yang tidak tahu dengan Gunung Fuji? Gunung yang sekaligus menjadi ikon Jepang ini memang cukup terkenal, bahkan hingga mendunia.

Gunung yang berlokasi di Prefektur Shizouka dengan Honshu ini memiliki puncak tertinggi bernama Fujiyama dan kerap diselimuti salju. Kamu bisa mendaki gunung ini saat malam hari agar bisa menikmati indahnya matahari terbit dari puncak Fuji yang disebut sebagai rumahnya Dewi Sengensama. Tak heran jika gunung ini juga dianggap suci bagi penganut kepercayaan Shinto di Jepang.

2. Gunung Kita

Gunung Kita
japan-guide.com

Gunung Kita berada di peringkat dua gunung tertinggi di Jepang dan menjadi salah satu gunung di Jepang yang paling populer. Gunung yang juga dikenal sebagai Kitadake ini berada di Pegunungan Alpen Jepang Selatan dengan ketinggian 3.193 meter di atas permukaan laut.

Baca juga :  11 Tempat Wisata di Sulawesi Paling Indah Recommended

Jalur pendakian Gunung Kita ini termasuk sulit, namun kombinasi salju, vegetasi lebat, padang bunga berwarna-warni, serta berbagai fauna langka membuat jalur ini sangat indah.

Pendakian menuju puncak Gunung Kitadake ini memakan waktu dua hingga empat hari. Jalur pendakian gunung ini terdiri dari lereng curam berbatu dengan lembah besar yang dialiri oleh sungai yang deras.

3. Gunung Takao

Gunung Takao
livejapan.com

Gunung terkenal di Jepang yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Gunung Takao. Gunung yang juga dikenal dengan nama Mount Takaosan ini memang tidak terlalu tinggi, sehingga sangat cocok untuk pendaki pemula maupun profesional.

Jika kamu ingin menikmati keindahan pemandangan alam, Gunung Takao ini bisa jadi pilihan. Disana kamu bisa memilih beberapa jalur alternatif. Jika kamu tidak ingin capek mendaki, kamu bisa mendaki dengan menggunakan kursi gantung. Tak hanya menawarkan panorama alam, di puncak ini juga terdapat kuil bernama Kuil Budha Yakuoin.

4. Gunung Kumotori

Gunung Kumotori
hikesinjapan.yamakei-online.com

Gunung Kumotori juga menjadi salah satu gunung terkenal di Jepang yang cukup populer. Gunung ini tak hanya menyajikan pemandangan alam yang indah, tapi juga memiliki puncak tertinggi di kota Tokyo.

sering dijadikan sebagai destinasi wisata bagi penduduk Jepang karena memiliki kuil tercantik yang dilengkapi dengan petunjuk jalan. Target pertama wisatawan disini adalah Kirimo-ga-mine, salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan Mount Asama. Untuk mencapai ke puncaknya butuh waktu sekitar 90 menit dan semua rasa lelah dalam perjalanan akan terbayar saat kamu melihat keindahan pemandangan kota Tokyo dari ketinggian.

5. Gunung Mihara

Gunung Mihara
atlasobscura.com

Gunung terkenal di Jepang yang tak kalah indah berikutnya adalah Gunung Mihara. dengan ketinggian 758 meter di atas permukaan laut ini disebut-sebut sebagai surganya Tokyo karena menawarkan keindahan dan pemandangan alam yang menakjubkan.

Baca juga :  10 Negara dengan Musim Gugur Terindah di Dunia

Gunung Mihara ini lokasinya berada di Pulau Izu Oshima dan dianggap keramat karena merupakan salah satu gunung suci di Jepang atau biasa disebut sebagai Gojinkasama, yaitu puncak dengan api menyala dari dewa.

6. Gunung Aso

Gunung Aso
britannica.com

Disebut sebagai gunung api terbesar di Jepang, Gunung Aso ini memang menjadi salah satu gunung di Jepang yang paling populer. Berlokasi di Prefektur Kumamoto, gunung ini tercatat telah meletus beberapa kali sejak 100.000 tahun lalu.

Gunung Aso memiliki keindahan yang bisa membuat siapapun terpukau karena gunung ini memiliki sebuah goa besar yang terbentuk dari kalderanya. Dengan pesonanya, tak sedikit wisatawan yang datang berfoto dengan latar gunung yang indah dan inastagramable ini.

7. Gunung Wakakusa

Gunung Wakakusa
id.zekkeijapan.com

Gunung di Jepang yang tak kalah menakjubkan berikutnya adalah Gunung Wakakusa. Gunung yang merupakan simbol dari Kota Nara ini menjadi salah satu spot pendakian termudah di Jepang karena jalur untuk menuju ke puncaknya telah tersedia dengan baik.

memiliki ketinggian sekitar 350 meter di atas permukaan laut dan sering dijadikan sebagai lokasi untuk merayakan festival kembang api oleh masyarakat kota Nara. Puncak Wakakusa ini menjadi titik terpopuler untuk menyaksikan keindahan matahari terbenam. Menariknya lagi, disini kamu bisa menikmati kota Nara di malam hari dengan ditemani oleh kawasan rusa-rusa.

8. Gunung Norikura

Gunung Norikura
japan-guide.com

Gunung Norikura merupakan bagian dari pegunungan Hida yang berdiri di ujung selatan Alpen. Meskipun gunung ini memiliki ketinggian hingga 3.000 meter di atas permukaan laut, namun jalur pendakiannya terbilang cukup ramah bagi siapapun.

Gunung yang satu ini menawarkan ragam pesona, mulai dari snow grouse, sebuah monumen alam spesial hingga Dicentra Peregrina, yaitu ratu tanaman alpine yang eksotis.

Baca juga :  Wisata Horor di Jepang, Banyak Kisah Nyawa Menghilang

9. Gunung Hakodate

Gunung Hakodate
japan-guide.com

Gunung yang menawarkan pemandangan menawan selanjutnya adalah Gunung Hakodate. Gunung dengan ketinggian 344 meter di atas permukaan laut ini juga menjadi salah satu spot pendakian di Jepang yang ramah bagi siapapun.

Menariknya, semakin malam tempat ini semakin ramai diburu pengunjung. Hal tersebut karena pemandangan saat malam hari sangat indah menjadi menjadi tempat wisata terbaik setelah Gunung Inasa di Sagaki.

10. Gunung Inasa

Gunung Inasa
travel.gaijinpot.com

Selain Gunung Hakodate, Gunung Inasa juga menjadi salah satu gunung yang menawarkan pemandangan menawan di malam hari. Gunung Inasa memang memiliki spot terbaik untuk menikmati pemandangan kota di Malam hari.

Baca Juga :

Seven Summit Pegunungan Nongkojajar Pasuruan

Gunung Inasa ini memiliki ketinggian sekitar 333 meter di atas permukaan laut. Tak heran jika pemandangan yang ditawarkan sangat indah. Gunung ini juga menjadi salah satu wisata pegunungan paling lengkap di Jepang karena telah memiliki banyak fasilitas pendukung, seperti penginapan, restoran dan sumber air panas.

11. Gunung Misen

Gunung Misen
travel.gaijinpot.com

Gunung yang terakhir adalah Gunung Misen. Gunung Misen ini dianggap suci sejak zaman kuno, karena spot tersebut merupakan saksi pertama agama Budha disebarkan oleh Kobo Daishi, yaitu sekte pendiri Singon.

Baca Juga :

Nyobain Berbagai Menu Lezat Di Shichi Japanese Eatery Jombang

memiliki ketinggian 535 meter di atas permukaan laut dan waktu yang tepat untuk mengunjunginya adalah sore hari karena kamu akan disuguhi dengan keindahan panorama Laut Pedalaman Seto dan pulau-pulau kecil di sekitar Gunung Misen.

Baca Juga :

Kuromon Market, Tempat Hunting Kuliner Dan Belanja Souvenir Di Osaka

Itulah daftar gunung di Jepang yang wajib untuk kamu kunjungi karena menawarkan pemandangan yang sangat indah. Bahkan, beberapa diantaranya cukup ramah untuk didaki. Tertarik untuk mendaki salah satunya?



Leave a Reply