Yuk! Jelajahi 10 Wisata Kota Palangkaraya


Fida  February 20, 2021  0 Comment

Palangkaraya merupakan salah satu kota yang terletak di provinsi Kalimantan Tengah. Dikenal menjadi salah satu kota paling luas di Indonesia, Palangkaraya menawarkan banyak sekali keindahan wisata alam. Karena memiliki banyak tempat wisata, tidak jarang Kota Palangkaraya dikunjungi oleh wisatawan yang datang dari berbagai daerah. Berikut Tempat wisata Palangkaraya tang sayang untuk dilewatkan

1. Jembatan Kahayan

Jembatan Kahayan
travel.detik.com

Jembatan Kahayan menjadi salah satu wisata Kota Palangkaraya yang sayang untuk tidak Anda datangi. Jembatan yang satu ini sudah cukup populer di kalangan wisatawan. Jembatan dengan panjang 640 meter ini memiliki bentuk yang megah dan khas. Adanya tambahan lampu lampu yang menyala saat sore dan malam hari menjadikan jembatan yang satu ini semakin terlihat unik.

Saat yang tepat untuk menikmati keindahan Jembatan Kahayan ini adalah saat sore hari karena pemandangan matahari terbenam sekaligus siluet jembatan akan memanjakan siapapun yang melihatnya. Jembatan yang satu ini banyak dikunjungi oleh wisatawan karena cukup ikonik di Kota Palangkaraya.

Review tempat wisata

Tempo Gelato, Tempat Makan Gelato Paling Hits Di Jogja. Ada Puluhan Varian!

Seven Summit Pegunungan Nongkojajar Pasuruan

2. Bukit Tangkiling

Bukit Tangkiling
travel.detik.com

Salah satu wisata Kota Palangkaraya yang sayang untuk Anda lewatkan adalah Bukit Tangkiling. Bukit Tangkiling memiliki puncak dengan ketinggian hingga 500 meter. Dari puncak, pengunjung bisa menikmati indahnya pemandangan serta sejuknya suasana. Meskipun harus melakukan trekking untuk sampai di puncak, tetapi lelah selama perjalanan akan terbayar saat Anda tiba di puncak Bukit Tangkiling.

Bukit Tangkiling beralamat di kawasan Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Salah satu destinasi wisata yang bisa Anda pilih saat berada di Kota Palangkaraya.

3. Danau Tahai

Danau Tahai
nativeindonesia.com

Seperti yang kita ketahui, ada cukup banyak wisata Kota Palangkaraya yang bisa Anda datangi. Danau Tahai menjadi salah satu tempat wisata yang cukup banyak didatangi oleh wisatawan yang datang ke kota Palangkaraya. Danau yang satu ini berada di kawasan Tumbang Tahai, Bukit Batu, Kota Palangkaraya.

Di kawasan Danau Tahai, Anda bisa menikmati rumah-rumah terapung yang dikenal dengan sebutan Rumah Lanting. Jembatan kayu digunakan sebagai penghubung antara rumah satu dengan rumah lainnya. Menyusuri keindahan Danau Tahai dengan melewati jembatan kayu akan menjadi pengalaman liburan yang sangat mengesankan.

4. Penangkaran Orang Utan Nyaru Menteng

Penangkaran Orang Utan Nyaru Menteng
getborneo.com

Salah satu wisata Kota Palangkaraya yang sayang untuk dilewatkan adalah Penangkaran Orang Utan Nyaru Menteng. Penangkaran orang utan yang satu ini telah banyak didatangi oleh wisatawan yang berasal dari luar daerah. Anda bisa mencoba pengalaman baru yakni melihat orang utan langsung dari habitatnya. Tidak hanya itu, pengunjung juga diperbolehkan untuk berinteraksi langsung dengan orang utan yang ada di penangkaran yang satu ini.

Penangkaran Orang Utan Nyaru Menteng berada di bawah naungan Yayasan Borneo Orang Utan Survival. Jika penasaran, anda bisa mendatangi nya di Jalan Tjilik Riwut km 28, Tumbang Tahai, Bukit Batu, Kota Palangkaraya.

5. Museum Balanga

 Museum Balanga
mmc.kalteng.go.id

Salah satu tempat untuk menikmati wisata Kota Palangkaraya adalah di Museum Balanga. Museum balanga berlokasi di Jalan Tjilik Riwut, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya. Di museum yang satu ini, Anda bisa mengetahui berbagai info mengenai suku Dayak. Tempat wisata edukasi yang satu ini akan memperlihatkan hal-hal mengenai suku Dayak seperti replika rumah adat, senjata, baju tradisional, hingga berbagai perlengkapan ritual upacara adat. Salah satu tempat wisata yang tepat untuk Anda datangi saat berada di Kota Palangkaraya.

6. Taman Nasional Sebangau

Taman Nasional Sebangau
borneo24.com

Saat berbicara mengenai wisata kota Palangkaraya, Taman Nasional Sebangau bisa menjadi tempat yang tepat untuk Anda datangi. Taman Nasional sebangau berlokasi di Desa Bangkirai, Kecamatan Sebangau, Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Pengunjung bisa menikmati indahnya pemandangan alam di kawasan yang satu ini.

Taman Nasional Sebangau dikenal menjadi rumah bagi 808 jenis flora, 35 spesies mamalia, 54 spesies ular, serta 182 jenis burung. Beberapa satwa lain seperti orang utan, beruang madu, bekantan, owa, burung rangkong, dan satwa lainnya juga bisa Anda jumpai di Taman Nasional Sebangau.

7. Sungai Kahayan

Sungai Kahayan
getborneo.com

Tidak hanya Jembatan Kahayan yang populer di kalangan wisatawan, sungai Kahayan juga menjadi salah satu wisata Kota Palangkaraya yang sayang untuk Anda lewatkan. Sungai Kahayan merupakan salah satu sungai terpanjang di Kalimantan yang melintasi kota Palangkaraya.

Sungai yang satu ini sangat menarik dan sering dikunjungi oleh wisatawan yang datang dari luar daerah. Pengunjung dapat menyusuri Sungai Kahayan dengan menaiki perahu. Selain menikmati indahnya pemandangan di kanan kiri sungai, Anda juga bisa melihat kehidupan suku Dayak yang menghuni tepi Sungai Kahayan. Berlibur ke Palangkaraya dan memutuskan untuk menyusuri Sungai Kahayan akan menjadi hal yang sangat mengesankan yang pernah Anda coba.

8. Masjid Raya Darussalam Palangkaraya

Masjid Raya Darussalam Palangkaraya
suaramasjid.com

Masjid Raya Darussalam Palangkaraya menjadi salah satu tempat yang bisa Anda datangi saat berlibur ke Palangkaraya. Bagi umat muslim, anda bisa beribadah sekaligus menikmati indahnya arsitektur masjid yang satu ini. Masjid Raya Darussalam beralamat di Jalan G. Obos, Menteng, Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Masjid yang satu ini juga biasa dikunjungi oleh wisatawan sebagai salah satu tempat wisata religi di Kota Palangkaraya. Pengunjung yang datang ke Masjid Raya Darussalam tidak hanya berasal dari dalam kota saja melainkan dari berbagai daerah. Indah dan megahnya Masjid Raya Darussalam sayang untuk tidak Anda datangi saat berada di kota Palangkaraya.

9. Taman Kota Palangkaraya

Taman Kota Palangkaraya
indonesiakaya.com

Saat bingung menentukan tujuan wisata kota Palangkaraya, anda bisa mendatangi Taman Kota Palangkaraya yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso, Menteng, Jekan Raya, Kota Palangka Raya. Di taman yang satu ini pengunjung bisa bersantai sekaligus menikmati waktu berkumpul bersama teman atau keluarga. Taman Kota Palangkaraya memiliki sebutan lain yakni Taman Perjuangan. Adanya benteng yang dihiasi dengan relief relief menjadikan lokasi taman ini semakin mengesankan untuk Anda datangi.

Pagi dan sore hari adalah saat yang tepat untuk datang ke Taman Kota Palangkaraya. Banyak kegiatan yang biasa dilakukan oleh pengunjung di taman yang satu ini seperti bersepeda, jogging, atau bersantai.

10. Kalawa Waterpark

 Kalawa Waterpark
travel.detik.com

Salah satu wisata Kota Palangkaraya yang sayang untuk Anda lewatkan adalah Kalawa Waterpark. Tempat wisata yang satu ini berlokasi di Jalan Tjilik Riwut, Kota Palangkaraya. Kalawa Waterpark sangat cocok dikunjungi bersama keluarga maupun teman. Terdapat berbagai permainan seru diantaranya Kiddy Pool, Kalawa Slide, dan Lazy River.

Bagi Anda yang ingin menguji Adrenalin, Anda bisa mencoba berseluncur dari ketinggian 8 meter di wahana kalawa slide. Berbagai fasilitas lengkap tersedia di kawasan Kalawa Waterpark.

Nah, di atas merupakan daftar 10 tempat wisata di Kota Palangkaraya. Wisata manakah yang paling ingin Anda datangi?



Leave a Reply