10 Wisata adat Indonesia Dengan rumah khasnya yang unik


sisil angelin  February 21, 2021  0 Comment

Indonesia memang terkenal sekali dengan kekayaan alamnya, dan budayanya yang beragam. dari suku, adat, tradisi, dan bahasa tentunya menjadi pembahasan yang tidak ada habis-habisnya dibahas di Indonesia. Untuk kalian yang cinta Indonesia wajib banget tau bagaimana peninggalan leluhur yang diwujutkan berupa rumah-rumah adat, suku, dan cerita yang ada didesa tersebeut. Dengan kalian berkunjung, mengetahui, dan menceritakannya dihalaman sosial media hal ini sudah termasuk wujud dalam melestarikan warisan leluhur yang ada di Indonesia. Nah dari pada kalian penasaran apa saja wisata adat dengan rumah-rumah khasnya yang unik di Indonesia, Langsung aja yuk simak artikel dibawah ini! Kali ini GoTravelly bakal kasih tau kalian

10 wisata adat Indonesia Dengan rumah khasnya yang unik!

1. Desa Adat Praijing – Nusa Tenggara Timur

wisata adat Indonesia
travel.okezone.com

Desa Adat Praijingyang ada di Sumba Barat ini memiliki rumah adat dengan atam rumbia yang memiliki makna bagi penduduk didesa ini. Jadi 1 rumah ini memiliki 3 lantai. Untuk lantai 1 biasanya untuk tempat memelihara hewan, selanjutnya lantai ke 2 menjadi tempat untuk ditinggali, dan bagian lantai 3 terdapat ruangan khusus menyimpan makanan diatap rumah. Mungkin dari jauh terlihat rumah adat yang ada di Desa Adat Praijing ini memiliki 1 lantai, dan atap saja. Tenyata jika dilihat lebih dekat rumah adat yang ada didesa ini terlihat sangat tinggi, dan luas. Untuk kalian yang ingin melihat bangunan rumah adat, dan kehidupan masyarakat yang tinggal di Desa Adat Praijing ini bisa langsung aja mampir kesini.

Review wisata

Ketentraman Di Desa Adat Senaru

Ketentraman Di Desa Adat Panglipuran Bali

2. Desa Adat Suku Baduy – Jawa Barat

desa adat suku baduy
viva.co.id

Desa Adat Suku Baduy ini memang terkenal sekali di Jawa Barat, dan Desa Adat Suku Baduy ini dihuni oleh 20 ribu masyarakat. Namun masyarakat yang ada didesa ini dipercaya jarang berinteraksi dengan orang diluar desa mereka, dan mereka masi menjaga adat ini dari turun-temurun. Namun untuk kalian yang ingin tau bagaimana kehidupan masyarakat yang ada di Desa Adat Suku Baduy, masih bisa datang dan berbicang-bincang dengan merekan. Namun kalian tidak diperbolehkan untuk memotret sembarangan.

3. Suku Kajang Ammatoa – Sulawesi Selatan

wisata adat Indonesia
bataritours.com

Kamu memilih untuk berkunjung ke Sulawesi Selatan, Maka jangan lewatkan untuk mampir ke Desa Adat Suku Kajang Ammatoa yang ada di Desa Tana Toa, Bulukumba. Untuk kalian yang ingin berkunjung kesini wajib menggunakan baju hitam, dan biasanya Suku Kajang Ammatoa menggunakan pakaian hitam serta tidak menggunakan alas kaki. hal tersebut memiliki makna, dan sudah menjadi adat Suku Kajang Ammatoa. masyarakat yang ada disini memang menyatu dengan alam, dan sangat mencintai alam. Jadi untuk kalian yang cinta alam wajib banget melihat bagaimana kehidupan Suku Kajang Ammatoa.

4. Desa Dayak Pampang – Kalimantan Timur

desa dayak pampang
ksmtour.com

Jika mendengar Pulau Kalimantan pasti kalian langsung terpikir suku dayak itu seperti apa? Nah suku dayak pamapang ini sebenarnya berada dibagian Timur Pulau Kalimantan, dan Desa Dayak Pampang ini sudah dibuka untuk wisatawan yang ingi merasakan sensasi tinggal dirumah adat serta mengikuti langsung bagaimana kehidupan masyarakat yang ada di Desa Dayak Pampang. Kalian tertarik dengan kehidupan yang ada di Desa Dayak Pampang? Langsung aja yuk ke Desa ini.

5. Desa Trunyan – Bali

wisata adat Indonesia
bali.idntimes.com

Tidak dipungkiri Desa Trunyan ini memang terkenal sekali di Indonesia, dan sampai mancanegara. Makanya tak heran jika banyak traveler lokal serta mancanegara rela jauh-jauh datang ke Bali. Untuk melihat langsung bagaimana Desa Trunyan yang ada di Kabupaten Bangli ini. Yang menarik dari Desa Trunyan adalah cara pemakamannya yang tidak dikubut ke tanah, Namun mayat tersebut akan ditaruh dibawah pohon Teru Menyan, dan pemakaman ini sudah ada sejak dahulu hingga saat ini. Selain terkenal dengan pemakamannya yang unik, di Kawasan Desa Truyan ini juga terkenal sekali dengan salah satu danaunya yang indah yaitu Danau Batur. Jadi saat berkunjung ke Desa Truyan kalian jangan lupa untuk melihat betapa indahnya pemandangan alam yang ada di Danau Batur ya guys!

6. Desa Adat Sijunjung – Sumatera Barat

wisata adat Indonesia
superadventure.co.id

Desa Adat Sijunjung yang ada di Sumatera Barat ini memang terkenal sekali dengan desanya yang memiliki rumah adat khas Minangkabau nya yang tersusun rapi di Desa Adat Sijunjung. Jika kalian berada di Desa Adat Sijunjung saat festival adat tiba kalian bisa merasakan sensasi bagaimana kehidupan masyarakat yang ada di Desa Adat Sijunjung. Jika berada di Kota Padang pastikan kalian berkunjung ke Desa Adat Sijunjung, karena jarak dari Kota Padang ke Desa Adat Sijunjung hanya sekitar 120 km saja.

7. Desa Penglipura – Bali

desa penglipuran
travel.okezone.com

Jika membahas adat, dan budaya Bali memang tidak pernah-habis-habisnya membuat siapa saja takjub. Jadi Desa Penglipura ini juga masuk kedalam daftar desa terbesih di dunia diurutan ke 3 loh, Makanya tak heran jika pemandangan di Desa Penglipura ini sangat bersih, indah, dan bikin siapa saja betah berlama-lama ditempat ini. Ohya kalian bisa loh menginap di Desa Penglipura ini, dan masyarakat yang ada di Desa Penglipura sangatlah ramah. Jadi untuk kalian yang ingin merasakan sensasi hidup didesa yang indah, dan tenang maka Desa Penglipura adalah tempatnya.

8. Desa Kete Kesu – Sulawesi Selatan

desa kete kesu
bataritours.com

Desa Kete Kesu ini memang menjadi kebanggaan masyarakat Tana Toraja, karena Desa Kete Kesu ini menyimpan peninggalan leluhur yang ada sejak 500 tahun lamanya. Jadi peninggal tersebut berupa penguburan jenazah yang ditaruh di dinding Batu, dan masih dilakukan masyarakat setempat hingga saat ini. Selain menyimpan peninggalan leluhur Desa Kete Kesu ini juga terkenal sekali dengan bangunan rumah adatnya yang megah, luas, dan memberikan kesan adat mendalam.

9. Kampung Wae Rebo – Nusa Tenggara Timur

kampung wae rebo
travel.dream.co.id

Kampung Wae Rebo ini ternyata masuk daloam daftar situs kekayaan dunia oleh UNESCO loh. hal ini wajar saja karena pemandangan yang ada dikawasan Kampung Wae Rebo ini memang sangat memukau Jadi Kampung Wae Rebo ini berada diketinggian 1.100 meter dari pemukaan laut, dan terkenal sekali dengan pemadangan alamnya yang masih asri. Ditambah lagi dengan rumah adat yang berbentuk kerucut ini menambah keindahan Kampung Wae Rebo. Jadi saat kalian berada di Nusa Tenggara Timur pastikan mampir ke Kampung Wae Rebo ya!

10. Kampung Adat Todo – Flores

wisata adat Indonesia
travel.kompas.com

wisata adat Indonesia yang kita bahas terakhir ini adalah Kampung Adat Todo yang ad adi Flores. Disini kalian bisa melihat betapa indahnya rumah adat Todo yang jmenjadi rumah adat tertia di Kawasan Manggarai. Rumah adat yang megah ini masih bediri kokoh membuat tempat ini terlihat seperti Surga tersembunyi di Flores. Makanya jangan lewatkan untuk berkunjung ke Kampung Adat Todo.



Leave a Reply