10 Tempat Wisata di Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan


Fida  November 27, 2021  0 Comment

Tanah Bumbu dikenal sebagai salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Kalimantan Selatan. Daerah yang satu ini dikenal menawarkan banyaknya tempat wisata yang menarik untuk kamu kunjungi. Pengunjung dapat menikmati beberapa tempat wisata alam yang ditawarkan mulai dari pantai hingga danau. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, berikut daftar 10 rekomendasi tempat wisata di Tanah Bumbu yang populer dan sayang untuk dilewatkan.

1. Air Terjun Mandin Damar

air terjun mandin damar
celebes.co

Salah satu rekomendasi tempat wisata di Tanah Bumbu yang menarik untuk kamu kunjungi adalah Air Terjun Mandin Damar. Tempat wisata yang satu ini sudah cukup populer dan terkenal akan keindahan alamnya. Kamu dapat mengunjungi Air Terjun Mandin Damar daerah Gunung Raya, Kecamatan Mantewe, Kabupaten Tanah Bumbu.

Air terjun yang satu ini dikenal memiliki aliran air yang sangat jernih serta pemandangan indah di sekelilingnya. Oleh karena itu, tidak heran jika tempat ini sangat cocok dikunjungi bagi kamu pecinta foto. Karena memiliki lokasi yang masih tersembunyi yakni di balik hutan Kalimantan Selatan, tidak heran jika pengunjung akan dimanjakan dengan suasana yang masih sangat sejuk dan alami.

Gotravelly

Islamic Centre Samarinda: Masjid Terbesar Di Asia Tenggara Ada Di Indonesia Nih!

Ichi Sushi, Sajikan Masakan Jepang Halal 

2. Pantai Rindu Alam

pantai rindu alam
nativeindonesia.com

Rekomendasi tempat wisata di Tanah Bumbu berikutnya yang sayang untuk dilewatkan adalah Pantai Rindu Alam. Pantai ini berlokasi di kawasan Betung, Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu. Jika dilihat sekilas, tempat wisata yang satu ini memiliki bentuk menyerupai pulau.

Pengunjung dapat memilih untuk bersantai di pinggir pantai dan jangan lupa untuk membawa tikar atau karpet dari rumah. Pantai yang satu ini menawarkan hamparan pasir putih yang luas serta perairan yang jernih. Untuk tiba di lokasi pantai, pengunjung harus terlebih dahulu melewati jembatan gantung. Seru sekali bukan?

3. Pantai Angsana

pantai angsana
celebes.co

Rekomendasi tempat wisata di Tanah Bumbu berikutnya yang menarik untuk di kunjungi adalah Pantai Angsana. Pantai yang satu ini dikenal sebagai salah satu Primadona pantai di Tanah Bumbu. Pengunjung dapat mencoba berbagai aktivitas seru seperti mencoba permainan air jet ski dan banana boat.

Selain mencoba beberapa permainan air yang cukup menantang, kalian juga bisa memilih untuk bersantai di pinggir pantai bersama keluarga. Juga menyediakan beberapa fasilitas yang ditawarkan seperti adanya tempat makan hingga penginapan. Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat mencoba sensasi snorkeling dan menikmati keindahan bawah laut yang ditawarkan. Tertarik untuk mengunjungi pantai ini saat datang ke daerah Tanah Bumbu?

4. Pantai Pagatan

pantai pagatan
nativeindonesia.com

Ada cukup banyak pilihan tempat wisata di Tanah Bumbu yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Pantai Pagatan. Pantai yang satu ini terletak di daerah Sei Lembu, Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu.

Pantai Pagatan menawarkan ombak yang tenang sehingga pengunjung dapat bermain air hingga berenang di kawasan pantai. Sangat disarankan untuk datang ke pantai ini di bulan April karena di bulan itu ada ritual pesta laut yang diselenggarakan di Pantai Pagatan. Pengunjung akan dimanjakan dengan suasana pantai yang khas serta pemandangan yang menakjubkan.

5. Danau Biru Batu Licin

danau biru batu licin
celebes.co

Selain indahnya deretan pantai, tempat wisata di Tanah Bumbu yang menarik untuk kamu kunjungi lainnya adalah Danau Biru Batu Licin. Tempat wisata yang satu ini berlokasi di daerah Pondok Butun, Kecamatan Batu Licin, Kabupaten Tanah Bumbu.

Sesuai dengan namanya, kawasan wisata ini merupakan danau yang memiliki warna biru. Tidak hanya menikmati keindahan danau, tidak sedikit pengunjung yang penasaran dan memutuskan untuk mencoba berenang di kawasan Danau Biru Batu Licin. Kawasan ini merupakan bekas galian tambang dengan luas 2 hektar. Adanya pepohonan yang mengelilingi danau tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

6. Monumen Batulicin City

monumen batulicin city
celebes.co

Rekomendasi tempat wisata di Tanah Bumbu berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Monumen Batulicin City. Tempat wisata yang satu ini berlokasi di Jalan Raya Batulicin, Kecamatan Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu.

Sesuai dengan namanya, kawasan ini merupakan monumen yang kerap didatangi wisatawan dari berbagai daerah. Terdapat beberapa tugu yang ada di sekitar monumen ini, jadi kamu bisa memutuskan untuk sekalian mengunjunginya.

7. Goa Liang Bangkai

goa liang bangkai
kumparan.com

Goa Liang Bangkai juga dikenal sebagai salah satu tempat wisata di Tanah Bumbu yang sayang untuk dilewatkan. Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini merupakan goa yang bisa kamu kunjungi di daerah Dukuh Rejo, Kecamatan Mantewe, Kabupaten Tanah Bumbu.

Di dalam Goa Liang Bangkai terdapat beberapa pilihan goa diantaranya gua ukir, goa utama, goa jamur, goa candi, dan masih banyak lagi. Wisata yang satu ini tentu sangat cocok dikunjungi bagi kamu pecinta tempat wisata bersejarah. Pada tahun 2014, arkeolog Kalimantan Selatan yang merupakan lulusan Universitas Gadjah Mada menemukan kerangka manusia di kawasan Goa Liang Bangkai. Kerangka tersebut kemudian sempat dibawa ke Selandia Baru untuk diteliti dan dideteksi umurnya, tetapi sayang belum berhasil terdeteksi. Tempat wisata ini juga membuat beberapa wisatawan penasaran dan ingin mengunjunginya.

8. Pantai Sungai Cuka

pantai sungai cuka
travelbanua.com

Salah satu tempat wisata di Tanah Bumbu yang sayang untuk kamu lewatkan adalah Pantai Sungai Cuka. Di pantai ini, kamu akan dimanjakan dengan berbagai aktivitas seru yang bisa dicoba. Pantai Sungai Cuka berlokasi di daerah Sungai Cuka, Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu.

Tidak hanya wisatawan lokal saja, pantai ini juga kerap didatangi oleh wisatawan mancanegara. Pengunjung juga dapat menikmati adanya terumbu karang yang dapat dilihat dengan menaiki perahu dengan waktu tempuh 15 menit dari bibir pantai. Jika beruntung, pengunjung juga dapat melihat langsung terumbu karang saat air laut surut. Aktivitas snorkeling menjadi hal paling menarik yang bisa kamu coba saat datang ke Pantai Sungai Cuka.

9. Pulau Sewangi

pulau sewangi
kumparan.com

Tidak perlu bingung menentukan tujuan saat ingin mendatangi salah satu tempat wisata di Tanah Bumbu, kamu dapat datang ke Pulau Sewangi. Pulau ini memiliki luas mencapai 4500 meter dan dikenal sebagai salah satu pusat pembuatan jukung atau perahu tradisional Banjar. Jukung atau perahu tradisional ini tidak hanya diminati oleh masyarakat lokal tetapi juga wisatawan mancanegara.

Di kawasan ini juga terdapat sumber mata air abadi. Disebut sumber mata air abadi karena mata air yang satu ini tidak pernah kering meskipun sedang musim kemarau. Menarik sekali bukan?

10. Wisata Kuliner Siring Laut

Tempat Wisata di Tanah Bumbu
banjarmasin.tribunnews.com

Wisata Kuliner Siring Laut juga menjadi rekomendasi tempat yang bisa kamu kunjungi. Di tempat wisata yang satu ini, pengunjung dapat mencoba berbagai kuliner lengkap yang ramah di kantong. Tempat ini tentu sangat cocok dikunjungi karena pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan dan suasana matahari terbenam.



Leave a Reply