Pesona keindahan 10 Desa Tertinggi di Dunia


Reni  March 2, 2019  0 Comment


Desa tertinggi di dunia pasti membuat banyak orang penasaran karena biasanya daerah yang terletak diatas ketinggian menyimpan keindahan alam yang menakjubkan. Berikut ini merupakan beberapa Desa tertinggi di dunia.

Desa Tertinggi di Dunia

1. La Rinconada, Peru

La Rinconada
La Rinconada, Puno, Peru, South America


Desa tertinggi di dunia pertama adalah La Rinconada yang terletak di negara Peru. Desa ini merupakan sebuah desa pertambangan emas yang ilegal dan dihuni oleh puluhan ribu orang. Hampir semua orang yang tinggal di La Rinconada ini bekerja sebagai petambang. La Rinconada berada di ketinggian diatas 5ribu meter atau 16ribu kaki.
Sayangnya meskipun merupakan pusat tambang emas, perekenomian di daerah ini kurang baik. Hal ini bisa dilihat dari rumah – rumah para penduduk yang hanya terbuat dari lembaran timah saja. Yang memprihatinkan di wilayah ini adalah dimana udara, air dan tanahnya terkontaminasi oleh merkuri. Akses menuju La Rinconada ini juga cukup sulit sehingga hal inilah yang membuat daerah ini terisolasi dari kota atau wilayah lain di Peru.

Review gotravelly

Berwisata Ke Bangkok? Pastikan Untuk Melihat Megahnya Grand Palace & Wat Phra Kaew

Explore Humayun’s Tomb: Monumen Cantik Bentuk Cinta Seorang Permaisuri


2. Wenquan, China

Wenquan


Desa tertinggi di dunia kedua adalah Wenquan, China. Bahkan Wenquan, China ini bahkan pernah masuk dalam Guinness World Of World Record. Ketinggian Wenquan, China ini juga berada diatas 5ribu meter atau 16ribu kaki. Namun meskipun berada diatas ketinggian, desa ini juga tetap bisa diakses dengan mudah menggunakan kendaraan roda empat. Sayangnya cuaca di daerah ini juga ekstrim dan bisa berubah drastis tanpa bisa diprediksi.

Baca juga :  Nggak Hanya Churros Berikut 15 Dessert Khas Spanyol Yang lezat


3. El Aquilar, Argentina

El Aquilar
photo via Allthecities.com


Desa tertinggi di dunia berikutnya yaitu El Aquilar di Argentina. Sama dengan La Rinconada, Peru daerah ini adalah daerah pertambangan. Berada diatas ketinggian 5ribu meter atau 16ribu kaki, El Aquilar ini memiliki akses jalan yang sulit dan cukup ekstrem.


4. Kibber, India

Kibber
photo via HelloTravel


Desa tertinggi di dunia yang keempat adalah Kibber. Lebih tepatnya berada di Spiti, Himachal, Pradesh, India. Kibber terkenal dengan pemandangannya yang indah. Kibber juga dikenal sebagai lokasi tracking yang menyajikan panorama alamnya yang masih alami.
Berbatasan dengan Tibet yang masih kental dengan kehidupan tradisionalnya membuat Kibber ini menjadi tempat yang nyaman dan tenang. Bagi anda yang ingin suasana jauh dari hiruk pikuk kota, maka Kibber bisa jadi salah satu rekomendasinya.


5. Karzok, India

Karzok
photo via Thinking Particle


Desa tertinggi di dunia yang kelima juga terdapat di India yaitu Karzok. Desa yang terletak di distrik Leh yang mana berada di antara Jammu dan Khasmir. Karzok berada pada ketinggian lebih dari 4ribu m atau sekitar 15ribu kaki.
Desa ini juga merupakan area tambang yang cukup penting di India. Dan akses menuju tempat ini harus melewati jalur kerikil yang rawan longsor. Tentunya anda wajib memastikan kendaraan anda dalam kondisi baik sebelum menuju Karzok ini. Selain itu akses jalan menuju Karzok juga ekstrim. Belum lagi kadar oksigen yang tentu semakin berkurang. Persiapkan kesehatan sebelum menuju tempat ini.


6. Parinacota, Chili

Parinacota
photo via
Wikipedia


Desa tertinggi di dunia yang keenam adalah Paronacota yang ada di negara Chili. Parinacota berada pada ketinggian lebih dari 4ribu meter atau 14ribu kaki lebih. Menurut data yang ada pada tahun 2002, Parinacota hanya dihuni oleh 29 penduduk saja.
Di daerah ini terkenal dengan banguman gerejanya. Gereja ini bahkan sudah ada sejak abad ke 17. Bangunan gereja terbuat dari tanah liat dan batu. Sedangkan untuk lantainya terbuat dari batu bata. Didalam bangunan gereja juga terdapat sebuah lukisan yang menggambar seorang wanita yang sedang dihukum oleh malaikat.

Baca juga :  Sejuta Pesona Pemikat Wisatawan Dunia, 10 Wisata di Gunung Bromo


7. Dolpa, Nepal

Dolpa
photo via
Nepal Tourism Board


Desa tertinggi di dunia yang ketujuh adalah Dolpa, Nepal. Dolpa juga dikenal dengan jalur tracking yang curam dan berada di ketinggian 5ribu meter. Disini terkenal dengan berkemah dan juga minum teh. Dolpa terkenal dengan yarchagumba yang mana merupakan kombinasi ulat dan jamur dan hanya tumbuh di daerah tertentu saja.
Biasanya yarchagumba ini hanya tumbuh di dataran tinggi diatas 3.500 meter. Dan yarchagumba merupakan bahan obat yang sangat terkenal di negara Jepang dan malaysia. Umumnya yarchagumba ini hanya ada pada bulan Mei – Juni.


8. Mina Pirquitas, Argentina

Mina Pirquitas


Desa tertinggi di dunia yang ke delapan adalah Mina Pirquitas, Argentina. Mina Pirquitas berada diatas ketinggian 4ribu meter atau 14ribu kaki. Daerah ini berada di distrik Coyaguaima, Jujay, Argentina.
Yang terkenal dari daerah ini adalah pertambangan seperti tambang kasiterit. Kasiterit merupakan mineral yang didalamnya terdapat beberapa elemen


9. Qarabolaq, Afghanistan

Qarabolaq


Desa tertinggi di dunia yang kesembilan adalah Qarabolaq. Qorabolaq berada di Afghanistan dan merupakan sebuah daerah kecil yang terletak di Great Pamir, Wakhan, Badhakshan. Atau arahnya adalah timur laut Afghanistan.
Qarabolaq berada pada ketinggian 4ribu meter atau sekitar 13ribu kaki. Meskipun berada pada ketinggian namun Qarabolaq dihuni oleh penduduk terbilang banyak yaitu sekitar 1.800 jiwa.


10. Laya, Bhutan

Laya
photo via 4.bp.blogspot.com


Desa tertinggi di dunia yang terakhir adalah Laya, Bhutan. Desa yang berada diatas ketinggian 3.800 meter ini tak hanya menawarkan keunikan budaya yang menarik. Terdapat salah satu festival yang terkenal di Laya, Bhutan yaitu Festival Royal Highlander. Festival ini merupakan sebuah festival yang mana menjadi simbol cinta kasih pada kehidupan masyarakat Himalaya. Dan festival inilah yang menjadi daya tarik bagi wisatawan.
Festival dan kebudayaan Bhutan merupakan ciri khas yang banyak diminati oleh wisatawan. Namun sayangnya tidak ada akses darat untuk menuju Laya, Bhutan ini. Dan satu – satunya jalan menuju tempat tersebut adalah dengan menyewa helikopter. Biasanya para pejabat atau raja yang sering mengunjungi Laya, Bhutan untuk menikmati beragam festival dan kebudayaan yang ada disana.
Ketika di Bhutan anda akan disuguhi dengan kebudayaan yang kental. Dengan berada disana anda akan diperkenalkan tentang kehidupan khas disana. Sehingga bagi anda yang ingin mengingin perjalanan wisata yang unik dan jauh dari perkotaan, maka Laya, Bhutan bisa menjadi pilihan anda.
Dari kesepuluh desa tertinggi yang telah disampaikan diatas ternyata bisa disimpulkan bahwa banyak sekali negara yang memiliki beberapa daerah yang berada dalam ketinggian. Masing – masing daerah memiliki ciri khas yang berbeda. Memang kebanyakan daerah dataran tinggi memiliki akses yang cukup sulit karena lokasinya yang berada diatas ketinggian sehingga kebanyakan rute jalannya yang terjal dan curam.
Selain itu ada pula daerah yang justru menyimpan keindahan alam serta keunikan budaya yang justru menjadi daya tarik. Menawarkan beragam keunikan yang sayang untuk dilewatkan. Jika anda kebetulan merupakan orang yang menyukai tantangan, menyukai tracking dan kegiatan yang menegangkan serta menyukai hal – hal baru yang unik maka anda bisa menjadi kesepuluh desa tertinggi diatas sebagai daerah yang bisa dijadikan daerah tujuan wisata anda. Temukan pengalaman dan perjalanan baru dan mengesankan dengan mengunjungi beberapa desa diatas.



Leave a Reply