10 Tempat Wisata di Burkina Faso Tawarkan Daya Tarik Afrika Barat


prita  November 29, 2021  0 Comment

Pernahkah kamu mendengar tentang Burkina Faso? Burkina Faso adalah Negara yang berada di Afrika Barat. Negara ini memiliki lokasi yang terkurung oleh daratan dan terkenal sebagai salah satu Negara termiskin di dunia. Meskipun begitu, Negara ini memiliki potensi pariwisata yang sangat luar biasa. Daya Tarik utama dari Burkina Faso ini adalah pemandangan alam, satwa liar yang hidup bebas serta taman nasional yang luar biasa. Tak hanya itu, Negara ini juga terkenal dengan pertunjukan seni serta festival uniknya. Jika kamu tertarik untuk berwisata kesana, berikut adalah Tempat wisata di Burkina Faso

1. Ouagadougou

Tempat wisata di Burkina Faso
blackpast.org

Tempat wisata di Burkina Faso yang pertama adalah Ouagadougou. Ouagadougou merupakan ibu kota Negara Burkina Faso yang ada di Afrika Barat.

Selayaknya ibu kota pada umumnya, Ouagadougou menjadi pusat ekonomi dan administrasi Negara. Kota ini juga menjadi tempat tinggal banyak etnis, seperti Etnis Samo, Lobi dan Gourounsi. Arsitektur kota dan pemandangan di kota ini tentu akan jauh berbeda dengan ibukota pada umumnya, namun kamu bisa menemukan salah satu bangunan menarik, yaitu Katedral Katolik Roma yang indah. Selain itu, kota ini juga menjadi tempat berbagai seni pertunjukan.

rekomndasi kuliner enak

Jalan-Jalan Ke Taman Nasional Baluran, Afrika-Nya Indonesia

Glamping Seru Plus Camel Safari Di Perbatasan India Pakistan. Wajib Cobain!

2. Taman Bangr Weogo

wisata di Burkina Faso
afrotourism.com

Masih di kota Ouagadougou, tempat wisata di Burkina Faso selanjutnya adalah Taman Bangr Weogo atau yang sering dikenal dengan nama Parc Urbain Weogo ini adalah sebuah taman margasatwa yang menarik dan berlokasi di jantung kota Ouagadougou.

Taman ini merupakan sebuah taman kota yang dikenal sebagai taman kota paling indah karena memiliki sejumlah hewan besar dan tanaman yang indah. Tak hanya itu, taman ini juga dilengkapi dengan museum besar yang menarik karena merinci seputar sejarah alam di kawasan tersebut. Lalu ada juga restoran-restoran, area bermain dan sarana olahraga.

3. Bobo-Dioulasso

Tempat wisata di Burkina Faso
wondermondo.com

Tempat wisata di Burkino Faso yang tak boleh dilewatkan selanjutnya adalah Bobo-Dioulasso atau yang biasa disingkat dengan Bobo. Bobo merupakan kota terbesar kedua di Burkina Faso yang cukup menarik dikunjungi oleh wisatawan.

Kota Bobo ini memiliki suasana yang lebih santai dan eksklusif sehingga cocok untuk dijadikan sebagai tempat beristirahat bagi wisatawan. Tak hanya itu, kota ini memang sangat menarik jika dijelajahi di siang hari, namun daya Tarik utama di kota ini adalah kehidupan malamnya. Kamu bisa menikmati live music dan restoran di kota Bobo ini. Music lokail yang ditawarkan pun cukup menarik dan kamu bisa berhenti sejenak di bar milik penduduk sekitar.

4. Taman Nasional W

Tamna nasional W
afrotourism.com

Taman Nasional W juga menjadi salah satu tempat wisata di Burkina Faso yang wajib untuk kamu kunjungi. Taman nasional ini berada di lintas Negara yang mencakup Negara Nigeria, Benin dan Burkina Faso.

Taman Nasional W ini memiliki luas mencapai 10.000 kilometer persegi dan sebagian besar tidak berpenghuni. Taman yang telah terdaftar dalam Situs Warisan Dunia UNESCO ini merupakan bagian dari komplek Reserves dan kawasan lindung yang luas. Disini menjadi habitat mamalia besar, seperti babun, caracal, gajah, kuda nil, macan tutul, kerbau, cheetah, singa dan babi hutan. Taman Nasional W juga menjadi tempat tinggal Gajah Afrika yang mana sekarang jumlahnya sudah semakin berkurang.

5. Taman Nasional Arli

Tempat wisata menarik di Burkina Faso
worldnationalparks.com

Tempat wisata di Burkina Faso selanjutnya juga masih berupa taman nasional, yaitu Taman Nasional Arli. Taman Nasional Arli ini juga dikenal dengan nama Arly dan berlokasi di sebelah tenggara Burkina Faso yang mana berdekatan dengan Taman Nasional Nasional Pendjari yang ada di Negara Benin di bagian selatan dan Singou Reserve di sisi barat.

Taman nasional seluas 760 kilometer ini menjadi habitat beragam hewan dan tumbuhan. Di taman nasional ini terdapat hutan, sungai hingga padang pasir serta bukit pasir yang berantai dari wilayah Gobnangou. Taman Nasional Arli ini menjadi habitat gajah, kuda nil, singa, kerbau, monyet merah, monyet hijau, babun, babi hutan dan beragam antelop, seperti kijang roan dan hartebeest.

6. Taman Nasional Kabore Tambi

Tempat wisata terkenal di Burkina Faso
voyages.photo

Taman Nasional Kabora Tambi juga menjadi tempat wisata di Burkina Faso yang bisa kamu kunjungi selanjutnya. Taman nasional ini merupakan salah satu taman nasional di Burkina Faso yang cukup populer.

Taman Nasional Kabore Tambi ini berlokasi diantara Ouagadougou dan perbatasan Ghana yang mengikuti jalur sungai Nazinon. Taman nasional yang berdiri pada tahun 1976 ini dijuluki sebagai Taman Nasional Po yang kemudian namanya diubah untuk menghormati ranger taman yang dibunuh oleh pemburu liar di tahun 1991.

7. Banfora

Tempat wisata di Burkina Faso
travelcravings.com

Tempat wisata di Burkina Faso yang wajib kamu kunjungi selanjutnya adalah Banfora. Banfora merupakan sebuah kota yang berada di Provinsi Comoe dan dikenal sebagai kawasan paling indah di Burkina Faso.

Kota ini seolah dianugerahi oleh lokasi yang sangat sempurna karena terdapat banyak tempat indah yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Salah satunya adalah Air Terjun Karfiguela. Air terjun ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat hiking atau piknik yang menarik. Selain pemandangan alamnya yang indah, air terjun ini sudah memiliki sederet fasilitas yang lengkap bagi wisatawan yang ingin berkunjung kesana.

8. Danau Tengrela

wisata di Burkina Faso
markopreslenkov.com

Masih di kota Banfora, tempat wisata di Burkina Faso yang satu ini juga sayang sekali bila dilewatkan begitu saja. Danau Tengrela merupakan sebuah danau cantik yang menjadi haitat sejumlah hewan, salah satunya adalah Kuda Nil.

Menariknya, hewan-hewan disini tidak akan menyerang manusia meskipun mereka adalah hewan liar. Jika kamu ingin berkunjung kesini, kamu bisa mengikuti tur agar lebih mudah dan harga terjangkau.

9. Nazinga Forest

Nazinga Forest
ourearthrocks.com

Nazinga Forest atau Hutan Nazinga juga masuk dalam daftar tempat wisata di Burkina Faso yang wajib untuk dikunjungi. Nazinga Forest merupakan sebuah cagar alam yang lokasinya berada di perbatasan Ghana.

Hutan seluas 97.999 hektar ini menjadi habitat alami sederet hewan khas Afrika, seperti gajah, burung hingga buaya. Gajah tentu menjadi salah satu hewan yang paling banyak mencuri perhatian. Waktu terbaik untuk melihat gajah isini adalah saat bulan Desember hingga April. Tak hanya itu, kamu yang ingin menikmati waktu lebih lama disini, kamu bisa menginap di sebuah penginapan yang telah disediakan dengan pemandangan yang sangat indah.

10. Sindou

Tempat wisata di Burkina Faso
minube.net

Tempat wisata di Burkina Faso yang terakhir adalah Sindou. Sindou merupakan sebuah kota yang berlokasi di Provinsi Loraba. Kota ini sangat terkenal dengan Puncak Sindou yang terdapat batu-batu kasarnya yang sering muncul semak-semak secara tiba-tiba di dekatnya.

Meskipun Puncak Sindou sangat menarik bagi banyak wisatawan, namun kota ini masih mempertahankan karakter dan pesonanya sehingga tidak terliat seperti tempat wisata. Waktu yang tepat untuk berkunjung kesini adalah saat matahari terbenam karena pemandangannya sangat indah dan memanjakan mata.



Leave a Reply