10 Makanan Khas Burkina Faso Wajib Banget Kamu Cicipin


prita  November 29, 2021  0 Comment

Burkina Faso memang menjadi salah satu Negara di kawasan Afrika Barat yang cukup menarik untuk dikunjungi. Meskipun dikenal sebagai Negara dengan penghasilan rendah dan negaranya yang terkurung oleh daratan, namun Burkina Faso ini juga layak untuk dikunjungi. Selain mengunjungi sejumlah destinasi wisata, kamu juga wajib untuk mencoba deretan kuliner khas Burkina Faso yang unik dan pastinya tidak akan kamu temukan di kawasan lain. Nah, jika kamu tertarik untuk berkunjung kesana, jangan lupa untuk mencicipi Makanan khas Burkina Faso

1. Riz Gras

kuliner khas Burkina Faso
myhungrytum.wordpress.com

Makanan khas Burkina Faso yang pertama adalah Riz Gras. Sajian yang satu ini adalah istilah Perancis untuk menyebut nasi lemak.

Riz Gras dikenal sebagai sajian nsional Burkina Paso yang terdiri dari nasi putih, pasta tomat dan berbagai sayuran seperti wortel, terong, cabai, bawang dan bawang putih yang direbus bersamaan nasi. Sebagai lauknya, makanan ini biasanya menggunakan daging yang dimasak dengan cara digoreng. Meskipun hidangan ini terlihat sederhana, namun riz gras adalah sajian yang sangat sempurna karena kaya protein dan karbohidrat.

rekomndasi kuliner enak

Cobain Se’i Sapiku Jember, Kuliner Khas NTT Yang Lagi Happening

Soto Ayam Sor Seri H.Thohari

2. Babenda

Makanan khas Burkina Faso
tasteatlas.com

Babenda juga masuk dalam daftar makanan khas Burkina Faso yang wajib kamu coba. Tak kalah dengan Riz Gras, Babenda juga menjadi salah satu hidangan yang cukup populer.

Babenda terdiri dari ragam sayuran seperti sawi, kangkung, bayam atau chard Swiss. Menariknya, sajian ini diberi tambahan kacang fermentasi yang disebut dengan dawadawa atau soumbala yang memberikan rasa menyengat mirip dengan rasa blue cheese. Soumbala tersebut dihaluskan bersama dengan ikan asap atau ikan kering untuk menambah protein dalam hidangan.

3. Ragout d’igname

Makanan Burkina Faso
worldfood.guide

Makanan khas Burkina Faso selanjutnya adalah Ragout d’igname. Rougout d’igname merupakan sebuah rebusan ubi yang cukup populer di sebagain besar Negara Afrika Barat, terutama di Burkina Faso.

Bahan utama untuk membuat Ragout d’igname Antara lain ubi, jahe, bawang merah, bawang putih, paprika, wortel dan tomat. Sajian ini memang mirip dengan casserole dan biasanya hanya dibumbui dengan garam dan merica. Setelah ubi menjadi lembut dan saunya mengental, ragout d’igname siap dikonsumsi, apalagi saat masih dalam keadaan hangat.

4. To

Makanan Burkina Faso
explorer.compassion.com

To atau yang biasa dikenal dengan nama saghbo merupakan sajian berbasis adonan. Kuliner khas ini terdiri dari millet, jagung atau sorgum yang diolah dengan cara diaduk sekuat tenaga sambai terbentuk menjadi pasta yang halus.

To bisa dikonsumsi dengan berbagai rebusan dan saus yang terbuat dari daging atau sayuran. Misalnya dengan saus okra yang dibuat dengan mendidihkan okra dalam air dengan garam dan merica sebagai bumbunya. To tidak pernah dinikmati sendiri, namun akan disertai dengan sup atau saus. Karena kelezatannya inilah yang membuat To menjadi salah satu makanan khas Burkina Faso yang populer.

5. Fufu

Makanan khas Burkina Faso
planetarypotluck.blogspot.com

Makanan khas Burkina Faso berikutnya dikenal dengan nama Fufu. Tak hanya dikenal di Burkina Faso, sajian ini juga populer di Negara-negara Afrika lainnya, seperti Ghana, Nigeria dan Liberia.

Fufu adalah makanan yang dibuat dengan mencampur dan menumbuk singkong dengan tepung pisang raja dengan air hingga berbentuk menjadi adonan. Selain itu, adonan ini juga ditambahkan dengan tepung lainnya, seperti semolina atau tepung jagung yang telah dihaluskan. Fufu biasanya disajikan dengan sup kacang palem, sup kacang atau sup ringan lainnya. Tak hanya itu, fufu juga bisa dinikmati dengan aneka kudapan yang dicelupkan ke dalam sup atau saus yang mendampinginya.

6. Meat Dishes

kuliner khas Burkina Faso
youtube.com

Di Burkina Faso, daging memang menjadi salah satu sajian yang terbilang mewah. Meskipun begitu, olahan daging di Negara ini juga wajib untuk kamu coba. Mungkin kamu akan berfikir jika daging di Burkina Faso sama dengan aneka olahan daging yang bisa kamu temukan disini, namun ternyata tidak sama.

Masyarakat Burkina Faso biasanya mengkonsumsi aneka daging seperti daging domba, kambing, unggas, sapi dan ikan. Daging-daging tersebut biasanya diolah dengan cara dipanggang diatas api terbuka. Daging tersebut kemudian dimarinasi agar rasanya lebih keluar. Untuk bumbu olahannya sendiri cukup beragam, ada yang menggunakan Kan Kan, yaitu campuran rempah-rempah yang dibuat dengan cabai rawit, bubuk kacang dan bouillon. Lalu ada juga yang menambahkannya dengan saus lada atau chutney agar bumbunya lebih terasa.

7. Poulet Bicyclette

Makanan khas Burkina Faso
es-la.facebook.com

Poulet Bicyclette merupakan salah satu kuliner khas Burkina Faso yang cukup unik. Sajian ini juga sering disebut dengan nama bicycle chicken atau sepeda ayam dan cukup populer di Burkina Faso.

Disebut dengan nama demikian karena berawal dari penjual ayam yang biasa membawa ayam dalam jumlah banyak untuk dipasarkan dengan menggunakan sepeda. Namun sekarang mereka lebih banyak yang menggunakan sepeda motor. Sesuai dengan namanya, Poulet Bicyclette merupakan sajian yang menggunakan daging ayam sebagai bahan utamanya. Sajian ini terbilang cukup sederhana karena terdiri dari potongan ayam yang ditenderkan dengan mengasinkannya dalam jus lemon selama 24 jam sebelum akhirnya dipanggang.

8. Poulet Braise

Makanan khas Burkina Faso
cuisines-tv.com

Makanan khas Burkina Faso yang satu ini juga menggunakan bahan dasar daging ayam, yaitu Poulet Braise atau braised chicken. Poulet Braise ini menjadi salah satu sajian khas Afrika yang bisa dinikmati dengan banyak hal.

Kamu bisa menyajikan Poulet Braise ini dengan nasi dan saus atau kamu juga bisa menyajikannya dengan pisang goreng. Tak hanya itu, poulet braise ini juga cukup nikmat jika langsung dinikmati dengan cocolan saus pedas atau saus tomat. Poulet Braise ini diolah selama beberapa jam dan dimasak menggunakan penggangan. Sajian ini bisa kamu temukan dengan mudah tak hanya di Burkina Faso, tapi juga Negara-negara lain di Afrika.

9. Brochettes

Makanan khas negara Burkina Faso
delicious.com.au

Brochettes atau yang juga sering disebut dengan Borasheht juga masuk dalam daftar makanan khas Burkina Faso. Dalam Bahasa Inggris, brochette merupakan tusuk sate. Hal ini sesuai dengan wujud dari sajian ini yang berupa sate atau daging tusuk.

Brochettes bisa menggunakan berbagai jenis daging, namun yang paling sering digunakan adalah daging domba. Potongan daging domba terkenal sangat lembut sehingga sangat mudah untuk dinikmati. Daging domba tersebut diasinkan dalam saus pedas yang dipadukan dengan kayu manis, bawang putih dan cuka, yang kemudian dibakar. Kamu bisa merasakan lembutnya daging domba yang gurih dengan aroma panggangan yang sangat khas.

10. Sauce Gombo

Makanan khas Burkina Faso
ar-ar.facebook.com

Makanan khas Burkina Faso yang terakhir adalah Sauce Gombo. Gombo merupakan Bahasa Afrika dari Okra. Sauce Gombo ini merupakan sayuran yang biasa digunakan untuk menambah kekentalan terhadap masakan.

Masyarakat Burkina Faso dan juru masak di Afrika Barat biasanya menggunakan Sauce Gombo ini sebagai tambahan pada sup dan rebusan yang biasanya disajikan dengan bubur yang terbuat dari tepung singkong, millet atau jagung.



Leave a Reply