10 Tempat River Tubing di Indonesia Paling Cocok Buat Keluarga


Reni  June 19, 2022  0 Comment

Liburan keluarga merupakan salah satu momen yang dinantikan. Dengan adanya liburan, anda bersama keluarga sedang menciptakan momen bahagia bersama, membangun kembali ikatan yang kuat, senang-senang dan tentunya menghilangkan stres dari hiruk pikuk pekerjaan, pendidikan dan lainnya.  Nah, bagi anda yang sedang merencanakan liburan bersama keluarga besar namun masih bingung, yuk cobain tempat wisata river tubing buat keluarga di Indonesia. Penasaran semenarik apa sih wisata ini? Yuk langsung saja simak penjelasan di bawa ini. 

Apa itu River Tubing

River tubing adalah salah satu jenis wisata air yang tengah trend an digandrungi masyarakat. Serupa namun tak sama dengan arung jeram, kegiatan river tubing dinilai lebih mudah dan aman karena tidak menuntut keahlian dan peralatannya tidak serumit arung jeram. 

Wisata ini memanfaatkan aliran air sungai, sehingga wisatawan menghanyut dari hulu sungai sampai ke hilir dengan menggunakan perlengkapan khusus kemudian mengikuti arus. Sangat menarik bukan? Cocok sekali menjadikan river tubing buat keluarga di Indonesia. 

Baca juga :  10 Lokasi Panjat Tebing Terbaik di Indonesia Favorit Pecinta Alam

Rekomendasi Tempat River Tubing

Tertarik menjajal river tubing? Yuk simak 10 rekomendasi tempat yang cocok untuk melakukan river tubing buat keluarga di Indonesia. Langsung saja simak penjelasannya di bawah ini:

1. Kali Mangu

kali mangu
magelangrafting.com

Tempat pertama yang bisa kamu kunjungi ialah Kali Mangu. Tempat ini merupakan salah satu wisata air Magelang terbaik yang ada di Jawa Tengah. Terletak di kecamatan Mungkid, tepatnya di desa Sanden, sungai Mungkid sangat direkomendasikan sebagai destinasi wisata Air Tubing. 

Titik awal air tubing akan dimulai dari dusun Sembungan, desa Gondang dan berakhir di desa Jetis dan desa Sanden. Selama mengarungi sungai anda bersama keluarga akan dimanjakan dengan panorama alam yang indah. 

Gotravelly

Menengok Keindahan Air Terjun Kapas Biru Lumajang

Everest Base Camp Trek – Journey To Nirvana

2. Sungai Blimbing

sungai blimbing
jadwaltravel.com

Masih dari Jawa Tengah, sungai selanjutnya yang bisa dijadikan tempat tubing ialah sungai Blimbing yang terletak di desa Blimbing, kecamatan Bawang, Banjarnegara. 

Memiliki aliran yang lumayan deras, sungai ini cocok sekali untuk memacu adrenalin. Panjang trek sungai Blimbing kurang lebih 2,75km, umumnya wisatawan akan menghabiskan waktu selama 90 menit untuk menyusuri sungai.

3. Sungai Citanduy 

sungai citanduy
kabarpriangan.pikiran-rakyat.com

Beralih ke Jawa Barat, sungai yang bisa digunakan untuk river tubing ialah sungai Citanduy yang terletak di daerah Ciamis. Memiliki trek dengan panjang sampai 15 km, sangat cocok memuaskan hasyat anda untuk bermain air tubing. 

4. Sukawati Gianyar

River Tubing di Indonesia
ihategreenjello.com

Selanjutnya dari Bali ada tempat wisata river tubing bernama Gianyar Bali yang terletak di kecamatan Sukawati, kecamatan Gianyar. Hal menarik dari wisata Sukawati Gianyar ialah aliran sungai yang jernih dan aliran yang tidak begitu deras cocok untuk bagi anda pemula dalam river tubing.

Baca juga :  Menelisik 10 Gereja Tertua di Dunia Miliki Nilai Sejarah Panjang

5. Sungai Gung

sungai gung tubing
banyumas.tribunnews.com

Tempat selanjutnya yang cocok digunakan untuk river tubing buat keluarga di Indonesia adalah sungai Gung yang terletak di desa Rembul, kecamatan Bojong, kabupaten Tegal. Dimulai dari sungai Gung yang berhulu ke gunung Slamet, tempat ini menawarkan pesona alam yang menakjubkan. 

6. Sungai Ciberang

sungai ciberang
universal-adventures.com

Dari provinsi Banten ada sungai Ciberang yang terletak di kabupaten Lebak. Memiliki aliran sungai yang jernih, tempat ini merupakan salah satu wisata unggulan di daerah setempat dan harus anda coba bersama keluarga. 

7. Kali Kreo

kali kreo
virustraveling.com

Kembali ke Jawa Tengah, kali ini ada Kali Kreo yang terletak di desa wisata Kandri, daerah Semarang atas. Tempat ini sangat direkomendasikan bagi anda yang masih pemula mengenai wisata river tubing. 

8. Sungai Oyo

sungai oyo tubing
nurulsufitri.com

Beralih ke tetangga, selanjutnya ada sungai Oyo yang ada di kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sungai ini menawarkan pemandangan yang indah di tengah-tengah kegiatan wisata river tubing. 

9. Sungai Amprong

sungai amprong
ngalam.co

Bagi anda yang sudah pro, wajib menjajal sungai Amprong yang terletak di desa Gubuk Klakah, kecamatan Poncokusumo, Malang, Jawa Timur. Sungai ini memiliki arus yang cukup deras dengan deras antara 10-30 km per jamnya. 

10. Sungai Klawing

sungai klawing tubing
liputan6.com

Terakhir, ada sungai Klawing yang berada di daerah Purbalingga, Jawa Tengah. Selain tubing anda juga bisa rafting di sungai ini. Dengan aliran yang jernih dan debit air yang sedang, sungai ini cocok sekali untuk tempat liburan keluarga. 

Alat – alat yang Harus Dipersiapkan

Sebelum anda memulai wisata river tubing buat keluarga di Indonesia, pahamilah alat-alat yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan penyusuran sungai, diantaranya sebagai berikut:

1. Sendal Gunung atau Sepatu Karet

Berguna untuk melindungi kaki agar tidak terluka ketika terjerembab ke dasar sungai, karena bisa jadi anda akan menginjak bebatuan tajam dan hal tak terduga lainnya. 

Baca juga :  7 Taman Nasional di Brazil Dengan Pemandangan Alam Menakjubkan

2. Ban Dilengkapi Webing

Ban dengan webbing memiliki fungsi menjaga pantat saat melewati jeram yang ada batunya selain itu juga melindungi tubuh dari sisi kanan dan kiri.

3. Body Protector

Body protector adalah hal wajib yang harus ada mulai dari helm untuk kepala, pelindung siku hingga lengan, pelindung lutut sampai tulang kering. 

4. Pelampung Khusus

Terakhir, ada pelampung khusus yang terbuat dari busa tebal dengan bahan luar yaitu kain yang tidak mudah sobek. 

Manfaat River Tubing

Tidak hanya sebagai wisata, river tubing juga jenis olahraga air yang memiliki segudang manfaat, penasaran? Ini dia beberapa manfaatnya:

1. Menjaga sistem kardiovaskuler

Melakukan river tubing buat keluarga di Indonesia membutuhkan stamina dan daya tahan yang setara dengan latihan kardio, sehingga mampu meningkatkan sistem kardiovaskuler.

2. Tingkatkan kekuatan otot

River tubing ialah olahraga menantang yang mampu melatih kekuatan otot lengan, bahu, dada. 

3. Memacu adrenalin

Dengan melakukan river tubing maka anda akan merasakan sensasi senang, bersemangat sekaligus takut, nah saat itulah tubuh akan memproduksi hormone adrenalin. 

4. Menghilangkan stres

River tubing dilakukan di alam terbuka sehingga mampu membuat badan rileks sejenak dari aktivitas berat.

Tips untuk Pemula

Meskipun hanya olahraga rekreasi, anda harus menyiapkan anda perlu memperhatikan tips di bawah ini khususnya bagi pemula, yuk simak pembahasannya:

1. Pilih lokasi

Bagi anda yang ingin melakukan river tubing buat keluarga di Indonesia, pilihlah lokasi sungai yang memiliki arus tidak terlalu kencang, bebatuannya tidak banyak dan airnya dangkal. 

2. Titipkan barang berharga di tempat yang disediakan

Sebagai wisata main air, tidak mungkin anda membawa semua barang bawaan ke arena bermain. Baiknya, titipkan barang berharga pada penyedia jasa titip di area wisata tersebut. 

3. Gunakan peralatan keselamatan dengan baik dan benar

Siapkan peralatan yang dibutuhkan secara lengkap karena hal ini akan mempengaruhi kenyamanan selama river tubing.

5. Pilih pakaian ringan dan gunakan sunblock

Pakailah pakaian yang ringan dan nyaman untuk menjaga keamanan dan keseruan selama berkegiatan, sediakan juga pakaian ganti. Selain itu gunakan juga sunblock karena anda akan berada di bawah paparan sinar matahari dalam waktu yang cukup lama. 



Leave a Reply