10 Tari Pedang di Dunia Yang lincah Dan Mengesankan


prita  May 29, 2022  0 Comment

Tari pedang adalah sebuah tarian rakyat yang menggunakan pedang sebagai propertinya. Tarian ini biasanya menampilkan tema pertempuran, pengorbanan hewan hingga pertahanan terhadap roh jahat. Tari pedang di dunia pun memiliki keunikannya masing-masing yang mana secara garis besar tari pedang dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan polanya.

Berbagai negara di dunia memang memiliki tari pedang sebagai salah satu tarian tradisionalnya. Biasanya, tarian pedang tersebut ditampilkan pada acara-acara tertentun atau pada ritual khusus. Apa saja? Berikut ini adalah daftarnya.

1. Tari Mualang, Indonesia

Tari Mualang
perpustakaan.id

Tari perang di dunia yang pertama adalah Tari Mualang. Tari Mualang ini berasal dari wilayah Kalimantan Barat dan milik Suku Dayak yang biasa dipentaskan dalam acara tradisional serta ritual khusus.

Tarian ini awalnya dilakukan sebagai cara untuk meningkatkan semangat dan motivasi para ksatria Dayak sebelum melakukan tradisi Mengayau. Tujuan dari diadakannya tarian ini adalah agar para ksatria semakin yakin dan kuat sehingga mereka mampu menaklukan musuhnya. Tarian Mualang ini memiliki gerakan yang atraktif dimana para penari terlihat lihai dan cekatan memainkan pedang di tangan mereka. Pedang digerakkan mengikuti alunan musik yang mengiringi penampilan mereka.

GoTravelly

Nyobain Berbagai Menu Lezat Di Shichi Japanese Eatery Jombang

Cantiknya Kampung Warna Warni Jodipan, Tawarkan Banyak Spot Instagramable

2. Kenbu, Jepang

Kenbu
michitravel.com

Scara harfiah, Kenbu memiliki arti pedang dan tarian ini merupakan sebuah tarian tradisional Jepang yang menggunakan katana dan kipas. Kenbu biasanya diiringi dengan pembacaan puisi serta instrument tradisional Jepang.

Pada masa kekaisaran Jepang, para samurai menampilkan kenbu untuk melatih konsentrasi mental mereka dan melatih kekuatan mereka sebelum berangkat berperang. Penari kenbu ini menggunakan kostum khusus yang disebut dengan hakama, shiro tasuki dan shiro hachimaki. Tarian pedang di dunia ini juga terdiri dari beberapa penari yang memiliki tugas berbeda, ada yang bertugas untuk menyanyikan syair ada juga yang memperagakan gerakan pedang.

3. Geommu, Korea

Geommu
en.wikipedia.org

Selain Jepang, Korea juga memiliki salah satu tari pedang di dunia yang tak kalah populer, yaitu Geommu. Geommu ini biasa ditampilkan di kerajaan dan sekarang tarian ini ditampilkan pada upacara-upacara tertentu di depan penonton dari berbagai negara.

Tari pedang Korea ini dikenal dengan keanggunan dan keindahan gerakannya, ditambah lagi geommu ditampilkan dengan menggunakan kostum khusus. Mereka menari dengan iringan musik dan menggunakan properti yang disebut kal. Kal merupakan replikasi pedang berukuran satu setengah kaki yang mana jika tertimpa cahaya lampu panggung akan terlihat seperti pedang sungguhan.

4. Razha, Oman

Razha
omanspire.com

Tari pedang di dunia berikutnya adalah Razha. Tarian tradisional Oman ini menggambarkan pertempuran para prajurit Oman di masa perang dahulu.

Bagi para lelaki Oman, pedang menjadi simbol kekuatan. Sekarang, pedang tak lagi menjadi simbol kekuatan, namun dianggap sebagai sebuah perwujudan penghargaan dan keberanian terhadap tamu negara dan orang penting. Razha biasanya juga ditampilkan saat masa liburan dan acara-acara kebudayaan khusus.

Dalam penampilannya, para penari razha akan mengenakan pakaian khusus. Gerakan tarian ini terlihat lincah juga anggun dimana para penari menggerakkan pedang mereka seolah sedang bertarung dengan musuhnya.

5. Raghs-E Shamshir, Iran

Raghs-E Shamsir
en.mehrnews.com

Iran juga memiliki sebuah tari pedang di dunia yang cukup populer, yaitu Raghs-E Shamshir. Tarian ini berasal dari Persia zaman dulu, sekitar 3000 tahun yang lalu.

Tari pedang ini merupakan sebuah hiburan yang pertama kali muncul di Provinsi Baluchistan dan Sistan. Raghs-E Shamshir ditarikan oleh dua orang laki-laki yang memegang pedang dan perisai. Mereka menari dengan gerakan perang yang diiringin musik khusus dari drum. Mereka menari dengan bersemangat, saling serang dan mempertahankan diri.

6. Al Ardha, Saudi Arabia

Al Ardha
saudiarabesque.com

Tari pedang di dunia yang wajib untuk kamu tonton berikutnya adalah Al Ardha. Tarian yang berasal dari Saudi Arabia ini menjadi salah satu tarian tradisional yang sarat akan makna peperangan dan kegagahan.

Para penari akan membawa pedang pendek dan menari dengan iringan alat musik tetabuhan yang disebuh sebagai Al Sihba dari Hijaz. Alat musik tiup ini terbuat dari kayu dan gendang tradisional khas Arab. Tarian ini ditampilkan di depan para prajurit sebelum mereka berangkat perang. Tari pedang dari Arab Saudi ini merupakan sebuah pentas seni tari yang terkenal dalam acara kebudayaan Arab.

7. Chhau Dance, India

Chhau Dance
id.m.wikipedia.org

India merupakan salah satu negara yang terkenal dengan tariannya. Tarian menjadi salah satu kebudayaan yang sangat berkembang dan gerakan tarian India rata-rata enerjik dan ekspresif, salah satunya adalah tari pedang di dunia yang ada di India.

Tari pedang di India dikenal dengan nama Chhau Dance. Tarian ini cukup populer yang awalnya berasal dari wilayah Nilagiri. Para penari Chhau terdiri dari dua kelompok besar, dimana kelompok pertama terdiri dari para penari yang memegang pedang dan perisai, satu sama lain saling menyerang dan menghindar. Penari-penari tersebut juga mengenakan kostum prajurit. Kelompok lainnya merupakan kelompok pemusik yang mengiringi para penari. Mereka biasanya memainkan alat musik rimtik seperti Dhola, Dhumsa, Chanchandi dan Mahuri.

8. Longsword Dancing, Inggris

Longsword Dancing
youtube.com

Tari pedang di dunia berikutnya berasal dari Inggris, yaitu Longsword Dancing. Tarian ini ditarikan oleh enam atau delapan penari yang berdiri melingkar dengan pedang saling bertautan. Masing-masing penari memegang ujung pedang rekan tarinya.

Mereka melakukan gerakan berputar dan saling terikat tanpa memutuskan lingkaran pedang atau melepaskan pedang hingga klimaks. Pada klimaks tarian, pedang-pedang akan saling bertautan dan membentuk pola kunci yang nantinya akan diangkat ke atas.

9. Gillie Callum, Skotlandia

Gillie Callum
flickr.com

Sama halnya dengan Inggris, Skotlandia juga memiliki salah satu tari pedang di dunia yang cukup populer, yaitu Gillie Callum. Gillie Callum ini memiliki arti Hamba Malcolm.

Tarian ini dilakukan oleh seorang penari di atas dua pedang yang diletakkan di atas tanah dalam posisi menyilang atau salib. Gillie Callum ini merupakan tarian tertua di Skotlandia dan menjadi tarian pedang paling terkenal di negara tersebut. Tarian ini berasal dari Raja Malcolm Canmore yang berhasil mengalahkan Jenderal Macbeth pada pertempuran Dunsinane di tahun 1054 dimana Raja Malcolm meletakkan pedangnya di atas musuhnya lalu ia menari untuk merayakan kemenangan tersebut.

10. Basque, Spanyol

Tari Pedang di Dunia
eke.eus

Tari pedang di dunia yang terakhir adalah Basque. Basque merupakan salah satu dari beberapa tarian pedang yang berasal dari Spanyol.

Penari Basque ini terdiri dari beberapa orang dan masing-masing memegang pedang di tangannya. Gerakan tarian ini mencakup gerakan akrobatik yang luar biasa yang dilakukan oleh para penari. Para penari memperagakan gerakan pertempuran dengan menggunakan pedang pendek yang terbuat dari kayu. Tarian yang telah ada sejak abad pertengahan ini penarinya biasanya mengenakan kostum khusus yang dilengkapi dengan baret merah bernama txapelas.



Leave a Reply