10 Spot Wisata di Taman Nasional Baluran Yang Paling kece


prita  May 5, 2021  0 Comment

Taman Nasional Baluran atau yang dikenal dengan nama Baluran ini merupakan sebuah taman nasional yang berada di Provinsi Jawa Timur. Taman nasional yang mendapat julukan sebagai Africa Van Java ini memang terkenal memiliki pemandangan yang indah bagaikan di Afrika. Baluran ini memiliki luas sebesar 25.000 hektar dan terdiri dari beberapa hutan, satwa dan tumbuhan. Tak hanya itu, 40% bagian dari taman nasional ini merupakan vegetasi savana. Selain itu, disini kamu juga bisa menemukan ragam jenis hutan disini yang pastinya menarik untuk dijelajahi. Nah, jika kamu tertarik untuk menjelajah Taman Nasional Baluran, Berikut ini adalah spot wisata di Baluran yang wajib kamu singgahi

1. Gunung Baluran

 Gunung Baluran
pewe.id

Spot wisata di Baluran pertama yang wajib untuk kamu kunjungi adalah Gunung Baluran. Gunung Baluran berada di tengah-tengah taman nasional ini dan memiliki ketinggian 1.247 meter di atas permukaan laut.

Meskipun gunung ini tidak terlalu tinggi, namun pemandangan dari atas Gunung Baluran ini sangat memanjakan mata. Dari atas sana, kamu bisa melihat keindahan padang rumput dan pepohonan. Gunung ini terdiri dari beberapa bukit, yaitu Bukit Begol, Bukit Glengseran dan Bukit Priuk.

Gotravelly

Jalan-Jalan Ke Taman Nasional Baluran, Afrika-Nya Indonesia

Pesona Cantik Dari Pantai Bama

2. Savana Bekol

 Savana Bekol
goodnewsfromindonesia.id

Destinasi wisata di Baluran yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi karena keindahannya telah mendunia, yaitu Savana Bekol. Savana Bekol ini merupakan kawasan padang rumput yang luasnya mencapai 10.000 hektar dengan pemandangan Gunung Baluran yang Megah di belakangnya.

Jika kamu berkunjung saat musim hujan, kawasan Savana Bekol ini berubah menjadi hijau oleh rerumputan dan kamu akan dimanjakan dengan pemandangan luasnya hamparan rumput. Selain bisa melihat banyak satwa liar seperti rusa dan banteng yang sedang keluar untuk mencari makan. Selain rusa dan banteng, disini juga terdapat ular dan monyet yang berkeliaran, untuk itu baiknya kamu harus berhati-hati dan menjaga jarak terhadap satwa liar yang ada disini. Meskipun begitu, Savana Bekol menjadi salah satu spot wisata di Baluran yang paling populer.

3. Hutan Payau

Hutan Payau
medium.com

Hutan Payau juga masuk dalam daftar spot wisata di Baluran yang wajib untuk kamu kunjungi. Di kawasan Hutan Payau ini banyak sekali ditemukan satwa liar yang hidup di dalamnya karena kawasan ini memiliki kandungan air tawar yang melimpah sepanjang tahun.

Hutan Payau ini berada di sebelah tenggara Sungai Kepuh, sisi timur Pantai Bama dan sebelah barat laut kawasan Gatal, Popongan dan Kelor. Selain bisa melihat berbagai satwa liar, disini kamu juga bisa melihat bayak tumbuhan yang hidup dengan subur, seperti malengan, poh-pohan dan manting.

4. Hutan Evergreen

. Hutan Evergreen
blog.tripcetera.com

Spot wisata di Baluran yang sayang sekali untuk dilewatkan adalah Hutan Evergreen. Hutan Evergreen ini selalu dalam kondisi subur dan hijau, untuk itulah hutan ini disebut dengan Evergreen.

Hutan Evergreen menjadi hijau setiap saat bukan tanpa alasan. Hal ini dikarenakan di sekitar hutan ini erdapat aliran sungai yang berfungsi sebagai cadangan air untuk tumbuhan yang ada di hutan ini. Tak heran jika kawasan hutan ini tetap hijau meskipun saat musim kemarau. Hutan ini terkenal sangat instagramable, terlebih lagi disini kamu bisa melihat banyak kupu-kupu berbagai warna yang terbang bebas di hutan ini.

5. Hutan Musim

 Hutan Musim
blog.misteraladin.com

Sesuai dengan namanya, Hutan Musim merupakan sebuah hutan yang unik karena menyesuaikan dengan musim yang berjalan. Saat musim hujan, hutan ini akan berwarna hijau dari pepohonan dan rerumputan. Tak hanya itu, jika kamu berkunjung saat musim kemarau, kamu bisa merasakan sensasi panas di tengah hutan yang gersang dengan warna cokelat dedaunan yang berguguran.

Hutan Musim ini memiliki keindahan yang luar biasa dan pastinya instagramable untuk feed Instagram kamu. Tak heran jika Hutan Musim ini menjadi salah satu spot wisata di Baluran yang menarik untuk dijadikan latar berfoto.

6. Hutan Mangrove

Hutan Mangrove
yukbanyuwangi.co.id

Spot wisata di Baluran yang tak boleh kamu lewatkan selanjutnya adalah Hutan Mangrove. Hutan Mangrove ini berada di sekitar pantai utara dan timur kawasan Taman Nasional Baluran.

Hutan mangrove ini memiliki jembatan yang mana di sisi kanan dan kirinya. Setibanya di ujung dermaga, kamu bisa melihat pemandangan laut dan banyak pohon bakau yang terawat.  Pohon bakau disini jenisnya cukup beragam, seperti kayu api, bogen, cantigi hingga bakau-bakauan. Kawasan ini juga bisa menjadi spot foto yang cantik dan romantis.

7. Pantai Bama

Pantai Bama
ksmtour.com

Berada tak jauh dari Hutan Mangrove spot wisata di Baluran yang wajib kamu kunjungi selanjutnya adalah Pantai Bama. Pantai Bama ini menjadi salah satu destinasi yang cukup populer bagi wisatawan yang berkunjung ke Taman Nasional Baluran.

Pantai Bama ini berlokasi di ujung utara dari taman nasional ini sehingga menjadi tempat yang cocok untuk bersantai setelah puas menjelajah kawasan Taman Nasional Baluran. Pantai ini memang memiliki pasir pantai berwarna putih bersih dengan air laut yang berwarna biru jernih. Tapi, kamu harus berhati-hati saat berkunjung kesini karena di kawasan ini terdapat kawanan kera ekor panjang yang bisa mengganggu. Pastikan kamu tetap waspada dan menjaga barang-barangmu agar tidak dicuri oleh kawanan kera yang ada disana.

8. Pantai Bilik Sijie

 Pantai Bilik Sijie baluran
putratravel.net

Selain Pantai Bama, ada pantai lain yang menjadi salah satu spot wisata di Baluran yang menarik untuk dikunjungi, yaitu Pantai Bilik Sijie. Sama halnya dengan Pantai Bama, Pantai Bilik Sijie ini juga memiliki ombak yang tenang sehingga sangat cocok untuk bersantai.

Pantai Bilik Sijie ini juga memiliki keindahan saat panorama matahari terbenam di sore hari. Tak hanya disuguhi dengan warna jingga yang indah di langit, namun kamu juga bisa melihat keindahan Gunung Baluran yang membuat pantai ini semakin menawan.

9. Pantai Balanan

Pantai Balanan baluran
ksmtour.com

Tak hanya Pantai Bama dan Pantai Bilik Sijie, spot wisata di Baluran yang satu ini juga berupa pantai yang dikenal dengan nama Pantai Balanan. Pantai Balanan ini berada tak jauh dari Pantai Bama, jaraknya sekitar 3 kilometer dengan jalan kaki ke arah barat.

Meskipun jaraknya lumayan jauh dan melelahkan, namun keindahan Pantai Balanan ini tentu bisa menghapus lelahmu. Pemandangan di Pantai Balanan ini tak kalah indah dengan Pantai Bama. Pantai ini juga memiliki pasir pantai putih yang bersih dengan air laut yang jernih sehingga kamu bisa melihat terumbu karang dengan jelas.

10. Gua Jepang

Gua jepang
lokalkarya.com

Spot wisata di Baluran yang terakhir adalah Gua Jepang. Gua Jepang ini berlokasi tepat di depan Kantor Balai Taman Nasional Baluran dan menjadi salah satu destinasi favorit.

Gua Jepang ini merupakan gua peninggalan jaman penjajahan Jepang yang memiliki luas sekitar 12 meter persegi. Dulunya gua ini digunakan sebagai benteng pertahanan dan tempat penyimpanan amunisi.



Leave a Reply