Belajar dan Bermain di 10 Taman Dinosaurus di Indonesia


prita  October 6, 2022  0 Comment

Kehadiran taman dinosaurus di Indonesia memang menarik perhatian masyarakat, terutama anak-anak. Biasanya, taman dinosaurus ini menyuguhkan replika hingga kerangka dinosaurus raksasa sehingga disini anak-anak tak hanya bisa bermain namun juga belajar tentang dinosaurus karena anak-anak tak hanya diajak sebagai penikmat saja, namun juga diajak untuk merasakan bagaimana hidup di masa pra sejarah saat para satwa purba itu dulu berada.

Ternyata, keberadaan taman dinosaurus di Indonesia tak hanya satu atau dua saja, lho. Melainkan ada lebih dari 10 objek wisata taman dengan tema dinosaurus yang bisa kamu kunjungi. Nah, untuk kamu yang sedang berencana mengajak anak-anak untuk mengunjungi taman dinosaurus, berikut ini adalah daftarnya.

1. Dino Park Jawa Timur Park 3

Dino Park Jawa Timur Park 3
travelspromo.com

Dino Park yang menjadi bagian dari Jawa Timur Park 3 menjadi taman dinosaurus di Indonesia pertama yang wajib untuk kamu kunjungi. Berlokasi di Kota Batu, Jawa Timur, disini kamu bisa mengajak anak-anak untuk berwisata sekaligus belajar tentang dinosaurus, lho.

Disini kamu bisa melihat replika, kerangka hingga rangkaian revolusi dinosaurus dari masa ke masa. Wahana yang wajib untuk kamu coba saat berkunjung kesini adalah berkeliling ke 5 zaman dinosaurus, The Rimba dan spot seru lainnya.

Gotravelly

Merasakan Sensasi Menginap Di Dalam Pohon Di Hotel Pohon Inn Kota Batu

Sate Ayam Ponorogo H Tukri, Sate Legendaris Langganan Presiden

2. Museum Satwa Batu

Museum Satwa Batu
indonesiatraveler.id

Taman dinosaurus di Indonesia yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya juga masih berada di Kota Batu, yaitu Museum Satwa Batu. Sesuai dengan namanya, tempat ini adalah museum yang berisikan aneka satwa dan yang paling menarik adalah adanya sejumlah kerangka dinosaurus raksasa.

Fosil-fosil dinosaurus di museum ini sudah direkontruksi agar serupa dengan bentuk aslinya. Tak heran jika Museum Satwa ini sering dijadikan sebagai pusat edukasi bagi anak-anak.

3. Museum Zoologi Bogor

Museum Zoologi Bogor
jejakpiknik.com

Kalau kamu ingin mengajak anak-anak berlibur di kota Bogor, maka kamu wajib datang ke Museum Zoologi Bogor. Musum ini memang dikenal memiliki banyak kumpulan spesies yang diawetkan dan salah satu yang paling menarik adalah kerangka dinosaurus.

Sebenarnya ada dua area dengan beragam koleksi dalam museum ini. Area pertama dibuka setiap hari untuk umum dan area kedua hanya boleh dikunjungi setiap bulan Oktober. Museum Zoologi Bogor ini juga menjadi salah satu taman dinosaurus di Indonesia yang cukup populer untuk dikunjungi sebagai wisata edukasi.

4. Museum Dinosaurus Cisarua Bogor

Museum Dinosaurus Cisarua
ismedia.my.id

Taman dinosaurus di Indonesia yang patut untuk kamu kunjungi berikutnya adalah Museum Dinosaurus yang ada di Cisarua Bogor. Museum ini memang sering dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata edukasi oleh anak-anak pasalnya museum ini menghadirkan beragam fossil dinosaurus asli dari Sangiran dan Trinil. Bahkan, di Museum Dinosaurus Cisarua ini kamu juga bisa melihat fossil dinosaurus yang langsung diimpor dari Amerika Serikat.

5. Jurassic Island Trans Studio Cibubur

Jurassic Island Trans Studio Cibubur
blooloop.com

Kalau kamu ingin mengajak anak-anak untuk berpetualang di taman dinosaurus yang seru, maka kamu wajib berkunjung ke Jurassic Island yang ada di Trans Studio Cibubur. Wahana Jurassic Island yang berada di zona adventure ini bisa jadi salah satu pilihan taman dinosaurus di Indonesia yang menarik untuk dikunjungi.

Disini kamu akan diajak menyusuri terowongan yang dipenuhi dengan replika dinosaurus pemangsa. Saat berkunjung kesini, kamu bisa merasakan sensasi petualangan di dunia dinosaurus yang menegangkan.

6. Dino Adventure Taman Pintar

Dino Adventure Taman Pintar
warta.jogjakota.go.id

Taman dinosaurus di Indonesia yang wajib untuk kamu jelajahi berikutnya adalah Dino Adventure yang berada di Taman Pintar, Yogyakarta. Dino Adventure ini memang menjadi salah satu wahana baru dengan luas 800 meter persegi dan didesain sedmeikian rupa seperti masa hidup dinosaurus zaman dulu.

Disini kamu bisa mengajak anak-anak untuk berkeliling menggunakan kereta untuk menyaksikan 6 replika robot dinosaurus yang memiliki teknologi tinggi. Robot tersebut dilengkapi dengan sensor cahaya dan suara sehingga menimbulkan kesan “hidup”. Tak hanya itu, pengelola juga menyediakan video yang menceritakan tentang kehidupan dinosaurus untuk menambah pengetahuan tentang dunia dinosaurus.

7. Taman Dinosaurus Majalengka

Taman Dinosaurus Majalengka
nativeindonesia.com

Taman Dinosaurus Majalengka juga menjadi salah satu taman dinosaurus di Indonesia yang menarik untuk dikunjungi. Berlokasi di Desa Margajaya, Kabupaten Majalengka, taman ini sudah menjadi ikon wisata Kabupaten Majalengka sejak akhir tahun 90-an dan sampai saat ini taman ini juga masih banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Taman Dinosaurus Majalengka ini juga dikenal dengan nama Taman Marga Buana dan memiliki sederet fasilitas yang cukup lengkap. Seperti kolam renang, penginapan, sirkuit motorcross hingga camping ground. Lokasi taman ini juga bersisian dengan perkebunan teh sehingga semakin menambah asri suasana taman. Tak heran banyak pengunjung yang datang dan memilih menghabiskan waktu berlibur di taman ini.

8. Taman Legenda TMII

Taman Dinosaurus di Indonesia
poskota.co.id

Taman dinosaurus di Indonesia yang tak kalah seru untuk dikunjungi adalah Taman Legenda yang berada di Taman Mini Indonesia Indah atau TMII. Di Taman Legenda ini kamu bisa mengajak anak-anak untuk melihat aneka patung dinosaurus yang tinggi dan besar. menariknya, patung-patung disini tidak diam mematung, melainkan bisa bergerak jika ada pengunjung yang lewat. Hal ini karena ada sensor gerak yang ada di dalam tubuh robot-robot tersebut yang menjadikan taman ini unik.

Tak hanya itu, suasana alamnya juga dibuat seperti alam terbuka sehingga tidak nampak seperti museum pada umumnya. Bahkan, disana anak-anak bisa berperan layaknya para arkeolog dalam mencari aneka fossil buatan yang sudah tersebar di seluruh sudut kolam pasir dan menunggu untuk ditemukan.

9. Citra Raya World of Wonder Theme Park

Citra Raya World of Wonder Theme Park
worldofwonders.co.id

Citra Raya World of Wonder Theme Park ini juga menjadi salah satu taman dinosaurus di Indonesia yang sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja. Berlokasi di Kawasan Cikupa, Tangerang, World of Wonder ini merupakan salah satu wahana yang memiliki permainan bersepeda dengan ketinggian 8 meter.

Konsep dari World of Wonder ini adalah perpaduan dari zaman purba yang mana kita seperti diajak kembali ke zaman para dinosaurus hidup. Salah satu wahana yang cukup menantang dan sayang untuk dilewatkan adalah Dino Hunter. Disana kamu bisa mengajak anak-anak untuk berkeliling dan berburu Dinosaurus dengan mobil Jeep dan seperti benar-benar ada di hutan karena ada layar yang cukup besar disana. Bahkan, kamu nanti akan dilengkapi dengan senjata laser untuk berburu. Seru banget kan?

10. Dino Adventure Track

Dino Adventure Track
sumantri-lifestylelifeskillblog.blogspot.com

Taman dinosaurus di Indonesia ternyata tak hanya bisa ditemukan di Pulau Jawa saja. Kamu yang berencana untuk mengajak anak-anak berlibur ke Batam, wajib untuk berkunjung ke Dino Adventure Track.

Dino Adventure Track ini memiliki banyak koleksi replika binatang-binatang purba yang begitu nyata. Taman bermain ini sekaligus juga menjadi sarana edukasi yang akan memperkenalkan anak-anak dengan hewan purba yang hidup jutaan tahun lalu.



Leave a Reply