GoTravelly > Kuliner > 10 Soto Enak di Jogja Kuahnya Gurih, Kamu Sudah Coba?

10 Soto Enak di Jogja Kuahnya Gurih, Kamu Sudah Coba?


Fida  December 22, 2020  0 Comment

Soto enak di Jogja menjadi salah satu kuliner khas Indonesia yang menawarkan cita rasa lezat dan menggugah selera. Kuliner yang satu ini disukai oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Terdapat berbagai pilihan soto yang mudah dijumpai seperti soto ayam dan soto daging.

Saat berlibur ke Yogyakarta, tidak ada salahnya untuk mencoba kuliner yang satu ini. Ada beberapa tempat yang menawarkan soto enak di Jogja dan wajib Anda coba. Berikut 10 Rekomendasi soto enak di Jogya yang sayang untuk Anda lewatkan

1. Soto Sampah

Soto Sampah
yogyes.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan kuliner soto sampah. Kuliner yang satu ini cukup populer khususnya di Yogyakarta. Soto Sampah beralamat di Jalan Kranggan, Jetis, Yogyakarta. Karena sudah cukup dikenal dan populer, kuliner yang satu ini tidak hanya didatangi oleh wisatawan yang berasal dari dalam kota saja melainkan juga dari luar kota. Meskipun memiliki sebutan soto sampah, tetapi cita rasa dari kuliner yang satu ini tidak perlu diragukan lagi.

Soto sampah dibuat dengan tidak menggunakan daging sapi maupun daging ayam biasa, tetapi menggunakan lemak atau gajih serta ditambahkan dengan lauk dan dicampur menjadi satu. Tampilannya yang penuh dan terkesan acak-acakan menjadikan kuliner yang satu ini disebut dengan soto sampah.

Review kuliner

Soto Lamongan Cak Rohim, Irisan Daging Ayamnya Nggak Pelit

Lezatnya Soto Ayam Khas Madura Ini Bikin Lidah Ngga Berhenti Bergoyang

Menyantap Soto Ayam Dahlok, Kuliner Legendaris Harga Ekonomis

2. Soto Djiancuk

soto djiancuk
yogyes.com

Soto Djiancuk menjadi salah satu soto enak di Jogya yang cukup populer dan selalu ramai pengunjung. Sesuai dengan namanya, pemilik warung soto yang satu ini berasal dari Jawa Timur dan sengaja menggunakan kata umpatan sebagai nama warungnya. Banyak yang mengatakan bahwa cita rasa Soto Djiancuk sangat lezat membuat orang mengumpat karena enak dan cepat habis.

Baca juga :  6 Jajanan Khas Blora Membuat Lidah Bergetar Bahagia

Soto Djiancuk beralamat di Jalan PGRI 2 Nomor 59, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Tidak hanya disuguhkan dengan soto yang lezat, pengunjung juga bisa menikmati suasana warung yang penuh dengan ukiran-ukiran kayu serta potongan rongsokan mobil yang disusun rapi di berapa sudut ruangan.

3. Soto Moneter

Soto Moneter
ranselmungil.com

Saat ingin menikmati soto enak di Jogya, Soto Moneter bisa menjadi tujuan yang tepat. Nama Soto Moneter terinspirasi dari krisis moneter yang melanda Indonesia dan menjadi filosofi berdirinya warung yang satu ini. Meskipun warung yang satu ini tampak sederhana, tetapi banyak yang mengidolakan cita rasa dari soto yang satu ini.

Anda akan disuguhkan dengan semangkuk soto sapi berkuah bening di Soto Moneter. Tidak hanya itu, ada pelengkap khas yang wajib Anda coba yakni daun kemangi serta lauk lenthok. Lauk lenthok memiliki tampilan yang mirip dengan perkedel tetapi memiliki bahan dasar singkong. Soto Moneter bisa Anda datangi di Jalan Ring Road Timur, Banguntapan, Yogyakarta.

4. Soto Bathok Mbah

soto bathok mbah katro
travel.tribunnews.com

Soto Bathok Mbah Katro bisa menjadi salah satu tujuan yang tepat bagi Anda yang sedang mencari soto enak di Jogya. Alamat dari Soto Bathok Mbah Katro berada di Jalan Candi Sambisari, Yogyakarta. Sesuai dengan namanya, pengunjung akan disuguhkan dengan soto yang ditempatkan dalam wadah batok atau tempurung kelapa.

Soto Bathok Mbah Katro kerap menjadi sasaran yang tepat bagi wisatawan yang ingin sarapan soto enak sekaligus menikmati suasana yang tenang dan jauh dari kebisingan kota.

5. Soto Betawi Bang Haji Pitung

Soto Betawi Bang Haji Pitung
yogyes.com

Meskipun sedang berada di Jogja, anda bisa mencoba lezatnya soto betawi di Soto Betawi Bang Haji Pitung. Salah satu soto enak di Jogya ini sudah cukup populer di kalangan wisatawan maupun penduduk setempat. Soto betawi di sini akan disajikan menggunakan tungku aluminium kecil yang dilengkapi dengan lilin yang bertujuan agar soto tetap hangat. Penyajiannya yang unik serta cita rasa yang lezat dan menggugah selera menjadikan Soto Betawi Bang Haji Pitung sangat direkomendasikan untuk Anda datangi.

Baca juga :  10 Food Vlogger Indonesia yang Selalu Bikin Ngiler

Soto betawi Bang H Pitung beralamat di Jalan Juminahan Nomor 12, Yogyakarta. Kuah yang segar serta bumbu yang sedap menjadikan siapapun ketagihan setelah mencobanya.

6. Soto Kemasan

Soto Kemasan
ranselmungil.com

Saat bosan dengan kuliner khas Yogyakarta yakni gudeg, Anda bisa mencoba salah satu dari sekian banyak soto enak di Jogya. Salah satu soto yang bisa Anda coba di Yogyakarta adalah Soto Kemasan. Sesuai dengan namanya, soto yang satu ini bisa anda jumpai di daerah Kemasan Yogyakarta. Kuliner yang satu ini juga termasuk salah satu kuliner legendaris karena sudah berdiri sejak tahun 1963.

Soto Kemasan juga biasa disebut dengan soto tahu karena soto yang satu ini menggunakan irisan tahu bacem sebagai pengganti daging. Tidak hanya unik, cita rasanya yang lezat juga menjadikan soto yang satu ini wajib untuk Anda coba.

7. Soto Pak Marto Tamansari

Soto Pak Marto Tamansari
yogyes.com

Bagi pecinta kuliner soto, Anda tidak perlu khawatir karena ada cukup banyak kuliner soto enak di Jogya yang bisa Anda coba. Salah satunya adalah Soto Pak Marto Tamansari. Soto yang satu ini sangat populer dan banyak dikenal oleh wisatawan. Tidak heran jika Soto Pak Marto Tamansari tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya. Kuliner yang satu ini sudah ada sejak tahun 1960.

Babat sapi yang diolah dengan bumbu manis menjadi salah satu hidangan favorit pengunjung di Soto Pak Marto Tamansari. Cita rasanya yang lezat menjadikan kuliner yang satu ini sayang untuk tidak Anda datangi.

8. Soto Pak Soleh Al Barokah

 Soto Pak Soleh Al Barokah
unycommunity.com

Saat ingin mencoba salah satu soto enak di Jogja, Soto Pak Soleh Al Barokah bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda datangi. Sudah tidak perlu diragukan lagi mengenai cita rasa soto yang satu ini. Soto Pak Soleh Al Barokah menggunakan arang untuk memasak sotonya. Hal itu tentu menjadikan cita rasa soto semakin sedap dan menggugah selera. Soto yang satu ini termasuk kuliner legendaris karena sudah ada sejak tahun 1952. Awalnya Soto Pak Soleh Al Barokah dijajakan keliling dengan cara dipikul, tetapi kini sudah cukup populer dan selalu ramai pengunjung.

Baca juga :  6 Kuliner Khas Pangkalan Bun Yang Menggugah Selera

Soto Pak Soleh Al Barokah beralamat di Jalan Wiratama nomor 84, Tegalrejo, Yogyakarta. Bagi Anda pecinta soto, sempatkan untuk mencobanya saat berada di Yogyakarta.

9. Soto Kadipiro

Soto Kadipiro
gudeg.net

Sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa Soto Kadipiro menjadi salah satu soto enak di Jogja yang ramai diburu pembeli. Kuliner legendaris ini telah berdiri sejak tahun 1921. Anda akan disuguhkan dengan kuah soto yang segar serta bumbu yang lezat. Lokasinya yang strategis juga menjadikan Soto Kadipiro mudah dicari oleh pengunjung. Soto Kadipiro juga dikenal menyajikan Limun Sarsaparilla atau minuman bersoda khas Jogja yang langka.

10. Soto Pites Mbah Galak

Soto Pites Mbah Galak
tribunnews.com

Soto Pites Mbah galak bisa menjadi salah satu soto enak di Jogja pilihan yang tepat bagi Anda yang sedang mencari soto enak di Jogya. Lokasi dari kuliner yang satu ini berada di dalam Pasar Beringharjo. Soto Pites Mbah Galak termasuk kuliner legendaris karena sudah ada sejak tahun 1956 hingga saat ini. Cita rasanya yang lezat dan menggugah selera menjadikan kuliner satu ini sayang untuk Anda lewatkan.

Ada berbagai laut tambahan yang bisa anda nikmati di Soto Pites Mbah Galak diantaranya sate telur, keripik tempe, tempe goreng, dan sate ayam.



Leave a Reply