7 Gunung Tertinggi di Malaysia Untuk Pendakian


prita  September 15, 2021  0 Comment

Bila kamu seorang pecinta alam sejati, pastinya kamu belum puas jika hanya menaklukan sederet puncak gunung yang ada dalam negeri saja. Biasanya, para pendaki gunung memiliki impian untuk menaklukan gunung tertinggi di dunia, yaitu Gunung Everest. Namun, sebelum menaklukan gunung tertinggi di dunia tersebut, ada baiknya kamu mencoba untu menaklukan sejumlah gunung di Malaysia terlebih dahulu sebagai cara untuk beradaptasi menaklukan gunung di luar negeri.

Malaysia sendiri memiliki cuaca yang tidak jauh berbeda dengan Indonesia, sehingga kamu tidak akan kesulitan untuk beradaptasi dengan iklimnya. Tak hanya itu, ketinggian gunung-gunung yang ada di Malaysia juga rata-rata hampir sama dengan banyak gunung di Indonesia dan tentunya dengan pemandangan yang tak kalah indah. Nah, jika kamu tertarik untuk menaklukan puncak-puncak di Negeri Jiran, berikut ini adalah 7 gunung tertinggi di Malaysia untuk pendakian.

1. Gunung Kinabalu

Gunung Kinabalu
gloob-online.com

Gunung tertinggi di Malaysia untuk pendakian yang pertama adalah Gunung Kinabalu. Gunung Kinabalu ini merupakan gunung tertinggi di Malaysia dengan ketinggian mencapai 4.095 meter diatas permukaan laut. Tak hanya dikenal sebagai gunung tertinggi di Malaysia, Gunung Kinabalu juga menjadi gunung terbesar ketiga di Asia Tenggara setelah Gunung Hkakabp Razi di Myanmar dan Gunung Cartenz yang berada di Indonesia.

Gunung yang berada di kawasan Sabah ini sebagian wilayahnya masuk dalam salah satu pulau di Indonesia, yaitu Kalimantan. Selayaknya gunung pada umumnya, Gunung Kinabalu ini juga menyimpan banyak cerita dan kisah misteri. Konon, gunung ini dipercaya sebagai tempat bersemedinya jiwa para masyarakat Sabah yang telah meninggal dunia. Hal tersebut pun diyakini oleh masyarakat Kadazan yang merupakan sebuah suku yang mendiami kawasan gunung ini.

Terlepas dari semua kisah misteri seputar Gunung Kinabalu ini, gunung ini juga disebut sebagai lambang kebesaran masyarakat Kinabalu. Para pendaki pun banyak yang tertarik untuk menaklukan salah satu gunung tertinggi di Malaysia ini. Meskipun jalurnya cukup menantang, namun pemandangan yang ditawarkan sungguh tiada duanya.

paket wisata paling murah

Menikmati Pemandangan Dari Sky Bridge Fenomenal Pulau Langkawi

Jelajahi Kilim Geoforet Park Malaysia

2. Gunung Trusmadi

rekomendasi jalur pendakian di Malaysia
kimkim.com

Berada tak jauh dari Gunung Kinabalu, Gunung Trusmadi juga menjadi salah satu gunung tertinggi di Malaysia untuk pendakian. Gunung yang berada di Sabah ini memiliki ketinggian yang cukup berbeda jauh dengan Gunung Kinabalu meskipun lokasinya berdekatan, yaitu 2.642 meter diatas permukaan laut.

Gunung Trusmadi ini memiliki keunikannya tersendiri sehingga mampu menarik perhatian para pendaki untuk menaklukannya. Keunikan dari gunung ini adalah ragam faunanya. Tak hanya itu, gunung ini juga memiliki pemandangan alam yang sangat menyegarkan mata.

Untuk menikmati keindahan dari Gunung Trusmadi ini, kamu harus menyiapkan tenaga dan fisik yang kuat karena jalur untuk menuju puncaknya cukup melelahkan meskipun tidak terlalu tinggi. Gunung Trusmadi ini juga cocok untuk kamu yang pendaki pemula dan baru mulai ingin mendaki gunung.

3. Gunung Tambuyukon

Gunung Tambuyukon
m.youtube.com

Gunung Tambuyukon juga masuk dalam daftar gunung tertinggi di Malaysia untuk pendakian. Gunung ini juga menarik perhatian banyak pendaki karena pemandangan alamnya yang sangat indah.

Gunung Tambuyukon ini merupakan puncak yang terbentuk diatas kawasan pegununga Crocer, yaitu sebuah dataran tinggi di Sabah. Gunung setinggi 2.579 meter diatas permukaan laut ini secara geografis merupakan bagian dari kompleks Kinabalu Park karena lokasinya berada di sebelah Gunung Kinabalu dan Gunung Trusmadi. Jadi, jika kamu memiliki waktu lebih banyak, kamu bisa berkunjung ke Kinabalu Park dan mendaki 3 gunung sekaligus.

4. Gunung Murud

Gunung Tertinggi di Malaysia
borneotalk.com

Gunung tertinggi di Malaysia untuk pendakian selanjutnya adalah Gunung Murud. Berbeda dengan tiga gunung tertinggi sebelumnya yang berada di kawasan Sabah, Gunung Murud ini berada di kawasan Sarawak.

Gunung yang juga disebut dengan nama Gunung Muru ini memiliki ketinggian mencapai 2.423 meter diatas permukaan laut. Gunung ini juga memiliki keunikan berupa Batu Lawi, selain itu gunung ini juga sangat kaya akan berbagai macam buah yang bisa dimakan. Tak heran jika Gunung Murud menjadi destinasi pendakian paling favorit para pendaki Malaysia dan pendaki mancanegara. Ditambah lagi dengan pemandangan alamnya yang indah tentu membuat salah satu gunung tertinggi di Malaysia untuk pendakian ini semakin dicintai oleh pendaki.

5. Gunung Mulu

gunung mulu
goingplacesmagazine.com

Masih berada di kawasan yang sama dengan Gunung Murud, gunung tertinggi di Malaysia untuk pendakian yang satu ini juga tak kalah populer. Gunung Mulu yang berada di kawasan Sarawak ini menawarkan pemandangan alam yang tak kalah indah dari gunung-gunung lainnya di Malaysia.

Gunung Mulu memiliki ketinggian sekitar 2.376 meter diatas permukaan laut dang terkenal dengan pemandangan alam berupa batu-batu cantik yang menjulang tinggi dengan ketinggian 700 meter. Batu-batu cantik tersebut tentu cukup menarik dan bisa dijadikan sebagai latar berfoto yang sangat indah. Tak hanya ada batu-batu yang tinggi menjulang, Kawasan Gunung Mulu National Park ini memang sudah masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO karena adanya gua-gua bersejarah di dalamnya. Untuk itu, jika kamu berkunjung ke Malaysia dan ingin mendaki di salah satu gunung tertingginya, Gunung Mulu ini bisa dijadikan alternatif pendakian.

6. Gunung Tahan

Gunung pendakian di Malaysia
theculturetrip.com

Gunung Tahan juga menjadi salah satu gunung tertinggi di Malaysia untuk pendakian. Sama halnya dengan gunung lainnya, Gunung Tahan ini juga memiliki pemandangan alam yang cantik dan sayang sekali untuk dilewatkan.

Gunung Tahan memiliki ketinggian sekitar 2.178 meter diatas permukaan laut dan lokasinya berasa di kawasan Sarawak. Fenomena yang paling menarik di kawasan Gunung Tahan ini adalah saat matahari tenggelam atau sunset. Sunset di kawasan gunung ini tentu bisa menjadi latar berfoto yang sangat bagus dan pastinya bisa mempercantik feed Instagram kamu.

7. Gunung Korbu

Gunung Tertinggi di Malaysia
infolasak.com

Gunung tertinggi di Malaysia untuk pendakian yang terakhir adalah Gunung Korbu. Gunung setinggi 2.183 meter diatas permukaan laut ini juga bisa kamu jadikan tujuan mendaki atau hiking saat bertandang di Negeri Jiran, Malaysia.

Gunung Korbu ini juga menawakan pemandangan yang indah serta memiliki medan yang terbilang cukup mudah dan cocok untuk pemula. Gunung yang sering disebut sebagai Titiwangsa ini cukup mencuri perhatian banyak pendaki Malaysia dan pendaki dunia karena menawarkan pemandangan bak negeri diatas awan yang pastinya akan menyegarkan mata juga pikiranmu.

Demikianlah daftar gunung tertinggi di Malaysia yang bisa kamu jadikan referensi untuk menaklukan gunung di Negeri Jiran tersebut. Sebelum mendaki deretan gunung indah tersebut, pastikan kamu sudah melakukan berbagai persiapan, mulai dari persiapan fisik, perbekalan hingga persiapan mental. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan dokumen perjalanan seperti tiket pesawat dan passport untuk memasuki kawasan Malaysia. Selamat berlibur.



Leave a Reply