7 Makanan Khas Pare Pare Sulawesi Kaya Rempah dan Menyehatkan


sisil angelin  July 27, 2021  0 Comment

Makanan Khas Pare Pare yang ada di Sulawesi Selatan ini memang sangat terkenal dengan rasa rempahnya yang tajam dan lezat. Dan Kota Pare-pare juga menjadi salah satu tempat kelahiran mantan Presiden Indonesia ke 3 yaitu BJ. Habibie. Selain terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah Kota Pare-pare juga menawarkan beraneka sajian kuliner yang lezat, dan bikin siapa saja ketagihan dengan kulinernya. Nah untuk kalian yang ingin kulineran di kota Pare-pare tidak perlu khawatir lagi ingin mencoba hidangan apa saja yang enak dikot ini, karena kali ini GoTravelly bakalan kasih tau kalian beberapa kuliner enak, dan pastikan kalian mencoba beberapa makanan khas Pare-pare yang akan kita bahas dibawah ini!

1. Apang Paranggi

Apang Paranggi
celebes.co

Kuliner khas Kota Pare-pare yang akan kita bahas pertama ini adalah Apang Paranggi. Mungkin untuk kalian yang tinggal di Indonesia memang sudah tidak asing lagi dengan jajanan tradisional yang satu ini, jadi Apang Paranggi ini merupakan hidangan khas Bugis, dan sangat populer di Kota Pare-pare. Apang Paranggi biasanya disajikan saat sarapan, dan sangat sempurna dinikmati bersama secangkir kopi. Apang Paranggi juga memiliki nama lain yaitu Bolu Paranggi, dan untuk rasa Apang Paranggi ini memang manis. Serta aromanya yang khas pada Apang Paranggi ini juga menjadi ciri khas tersendiri. Untuk kalian yang ingin mencari Apang Paranggi ini biasa nya dijual saat bulan ramadhan, dan Apang Paranggi memang menjadi salah satu kue favorite untuk berbuka puasa.

Gotravelly

Kasoami Dan Hugu-Hugu Khas Buton, Olahan Singkong Penunda Lapar

Nyari Kuliner Khas Di Muna? Ke Makanan Tradisional Raha Saja!

Baca juga :  10 Tempat Makan Kerak Telor Paling Enak di Jakarta

2. Roti Berre

Roti Berre
resepmakassar.web.app

Roti Berre memang menjadi salah satu kuliner khas kesukaan masyarakat di Kota Pare-pare, dan Roti Berre ini memang menjadi makanan khas orang Bugis. Roti Berre ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan buah pisang, dan akan dipanggang setelah matang Roti Berre biasanya dimakan dengan cocolan madu sehingga memberikan citarasa yang manis pada Roti Berre. Selain bisa dimakan dengan madu Roti Berre juga bisa dimakan bersama kari ayam, dan Roti Berre memang menjadi salah satu kue pengganti nasi yang cukup mengenyangkan. Jadi biasanya orang Pare-pare makan Roti Berre ini untuk sarapan bersama lauk yaitu kare ayam. Banyak sekali cara memakan Roti Berre ini, dan Roti Berre juga bisa langsung dimakan bersama secangkir teh ataupun kopi. Untuk menemukan Roti Berre kalia bisa menemukannya dipenjual pinggir jalan, dan harga dari Roti Berre ini juga terbilang bersahabat sekali dikantong cocok untuk kamu yang ingin mencari oleh-oleh khas Kota Pare-pare untuk dibawa pulang.

3. Roti Mantau

Roti Mantau
kaltim.idntimes.com

Kuliner khas kota Pare-pare yang kita bahas diurutan ketiga ini adalah Roti Mantau. Memang selama ini yang kita tau Roti Mantau ini berasal dari Tiongkok, namun entah kenapa Roti Mantau ini sangat terkenal di Kota Pare-pare, dan menjadi salah satu camilan wajib dibeli saat berada dikota ini loh! Jadi uniknya Roti Mantau ini memiliki beraneka varian rasa dari rasa keju, cokelat, kacang hijau, kacang tanah, kacang merah, dan Roti Mantau kosong juga tersedia degan packing yang rapi. Jadi biasanya wisatawan akan membeli Roti Mantau lalu akan memasaknya dirumah dengan cara dikukus ataupun digoreng dengan mentega. Roti Mantau yang sudah dipanaskan memang sangat sempurna diminum dengan secangkir kopi. Jadi untuk kalian yang lagi pergi ke Kota Pare-pare pastikan kalian membeli Roti Mantau untuk oleh-oleh, dan untuk menemukan Roti Mantau ini sangat mudah kalian bisa menemukannya dipusat oleh-oleh yang ada di Kota Pare-pare.

Baca juga :  Kelezatan 10 Kuliner Indonesia dari olahan Pisang

4. Kacipo

Kacipo
youtube.com

Kacipo memang terlihat sangat gurih, dan bikin pengen nyamil ya guys! Jadi Kacipo ini menjadi salah satu kue kesukaan masyarakat Kota Pare-pare, dan Kacipo ini juga menjadi salah satu oleh-oleh khas kota ini yang wajib kalian beli saat berlibur ke Kota Pare-pare. Untuk kamu yang belum tau Kacipo ini adalah kue onde-onde yang berukuran kecil yang tidak memiliki isian, dan Kacipo ini memiliki rasa yang manis serta tekstur yang gurih. Jadi untuk kalian yang ingin membeli Kacipo ini bisa menemukannya di Pusat Oleh-oleh yang ada di Kota Pare-pare. Dijamin setelah mencoba Kacipo ini kalian akan ketagihan dengan rasanya, dan teksturnya yang gurih. Kacipo juga rekommended banget untuk kamu yang lagi cari oleh-oleh khas Pare-pare yang murah, dan enak.

5. Baje Canggoreng

Baje Canggoreng
dictio.id

Untuk kalian pencinta camilan tradisional Indonesia memang sudah tidak asing lagi bukan dengan camilan bernama Baje Canggoreng ini? Yups camilan yang berbahan dasara gula merah, dan kacang ini memang menjadi salah satu camilan tradisional Indonesia yang memiliki banyak sekali penggemar. Karena rasanya yang manis, dan teksturnya yang gurih memang perpaduan yang sangat sempurna untuk dijadikan camilan. Jadi Baje Canggoreng ini camilan khas Kota Pare-pare yang diolah dengan cara menampurkan gula merah, dan gula yang akan dimasukan kedalam loyang bundar ditungu sampai adonan ini mengeras lalu akan dimasukan kedalam bungkus plastik ataupun daun. Jadi untuk kalian yang bingung cari oleh-oleh khas kota ini Baje Canggoreng bisa jadi pilihan kalian guys! Harganya terjangkau, dan mudah ditemukan.

6. Kanre Santan

Makanan Khas Pare pare
picuki.com

Selain beraneka kue, dan camilan tradisional kota Pare-pare ini juga memiliki makanan berat yang diberi nama Kanre Santan loh! Jadi Kanre Santan ini adalah nasi yang dicampur dengan santan, dan nasi yang sudah matang itu akan dimakan dengan beraneka lauk. beberapa lauk yang biasanya dimakan berasama Kanre Santan adalah telur, perkedel kentang, daging, ikan tuna, daging bebek, dan masih banyak lagi lauk yang biasanya bisa dimakan bersama Kanre Santan. Ohya Kanre Santan ini menjadi salah satu hidangan khas Kota Pare-pare yang wajib banget kalian coba, dan Kanre Santan ini juga menjadi salah satu hidangan kesukaan masyarakat Pare-pare untuk makan siang ataupun makan malam. Untuk menemukan Kanre Santan kalian bisa menemukannya dipenjual pinggir jalan, dan Kanre Santan ini dijual dengan harga yang murah meriah cocok banget untuk kamu yang lagi pengen cari kulineran hemat di Kota Pare-pare.

Baca juga :  10 Kuliner enak di Subang Miliki cita rasa khas dan Unik

7. Nasu Palekko

Nasu Palekko
ksmtour.com

Kuliner khas Kota Pare-pare yang terakhir kita bahas ini adalah Nasu Palekko. Jadi Nasu Palekko ini merupakan hidangan khas Suku Bugis yang terkenal sekali memiliki rasa yang kaya akan rempah, dan Nasu Palekko ini menggunakan bahan dasar daging bebek. biasanya daging bebek tersebut akan dipotong-potong lalu dicampur dengan rempah, dan akan dimasak dengan cuka. beberapa rempah dari Nasu Palekko terdiri dari merica, daun salam, kunyit, garam, asam jawa, bawang merah, bawang putih, lengkuas, sereh, dan gula sehingga menciptakan rasa yang sempurna saat matang. Jadi untuk kalian yang ingin mencicipi Nasu Palekko kalian bisa membelinya diwarung, kedai, atau restorant yang ada di Kota Pare-pare ya.



Leave a Reply