Mezedaki, Santorini

mezedaki santorini

elaine_gina | Sightseeing
Perissa, Santorini, Greece | halal
02 May 2018


Mezedaki, Santorini
Santorini, tempat idaman romantis setiap orang. Melihat keindahan daerah Oia di TV, bangunan putih biru dengan atap datar dan melengkung di Caldera-nya Pulau Thira - Santorini selalu bikin mupeng. Di kesempatan ini aku bakal bahas secara close up tentang

mezedaki santorini

Yuhuuu! Mau pesta besar di kaki gunung di seberang pantai berpasir hitam di Perissa-Santorini? Restoran Yunani yang satu ini bakal memberikan pengalaman makan siang tak terlupakan di kunjungan kalian. Mezedaki menyajikan hidangan Yunani dengan versi terbaiknya buat kita.

mezedaki santorini

Lokasinya yang persis di depan Black Sandy beach daerah Perissa, Pulau Thira Santorini ini bikin hati adem. Baru sampai saja kita sudah disambut dengan udara laut yang segar, pantai dengan pasir batuan vulkanik hitam dan lereng gunung yang indah.

Masuk ke dalamnya kita bisa lihat tatanan interior yang chic.

mezedaki santorini

Perpaduan warna yang vibran dengan tekstur kayu yang elegan, indoor plants, dan motif di lantai dan tembok yang cantik, rak wine di dinding yang mana di hampir semua restaurant di Santorini mempunyai rak wine karena wine adalah salah satu hasil bumi terbesar di sini.mezedaki santorini

Spices dan ingredients digantung ditembok, cantik sekali.

mezedaki santorini

Such an eyecandy!

Menu kita siang ini dimulai dengan sajian air mineral, roti dan tiga jenis Medditeranian Hummus, ditemani dengan Greek salad yang super fresh dan lezat.

mezedaki santoriniKalian jangan menganggap remeh yang namanya Greek Salad di sini ya. Dari tampilan isinya yang standard seperti paprika, bawang, cherry tomato, feta cheese, olive, herbs, dan Olive oil kita nggak akan sangka kalau salad ini luar biasa. Freshnyaaaaa bikin kagum... Belum pernah aku makan salad as fresh as this! Rasa setiap sayurannya kaya, juicy, crunchy, dan terasa manis, beda sekali dengan sayuran yang biasa kita makan. Ini dikarenakan dulunya di Santorini ini sering terjadi gunung meletus yang melemparkan tanah vulkanisnya ke seluruh penjuru pulau, jadi tanaman yang di tanam di tanah vulkanis ini bahkan tidak perlu dipupuk, hanya tancap di tanah dan semuanya tumbuh subur sendiri dan 100% organik.

mezedaki santorini

Hidangan kita ditemani dengan White Wine (Hercules Savvatiano Dry White Wine dari Yunani) dan shots sebagai starter. Yang aku sadari selama di Yunani, orang-orang suka mengawali jamuan mereka dengan akohol.. Dibilang dingin pun di sini tidak selalu dingin jadi alasannya mungkin supaya cita rasa masakannya lebih nikmat di lidah. Buat yang cepat tipsy kalau minum alkohol mesti diredam excitementnya buat mencoba minumannya ya.. Karena berdasarkan pengalaman pribadi sebelumnya, untuk orang Indonesia kita akan merasa agak kurang nikmat kalau makan sambil tipsy ha ha.. Di menu appetiser ini aku juga nyobain menu Domatokeftedes. Hidangan khas Santorini yang benar-benar menggugah selera makan ini terbuat dari tomat dimana rasa tomat di Santorini ini benar-benar nikmat! Tomat lalu di campur dengan rempah seperti oregano, basil, dan lain lain ditemani dengan saus sejenis mayonnaise yang keseluruhannya super lezat! Aku tidak pernah menyangka bakal jatuh cinta sama yang namanya tomat sampai hari ini.

Hidangan yang mengenyangkan ini tidak berhenti samapai di sini nampaknya, karena ini baru jamuan appetisernya saja. Berikutnya kita disajikan makanan utamanya, Persian Rice dengan 2 x 150gram herbed grilled chicken kebab ditemani dengan lemon sauce yang super lezat (Chicken Souvlaki Kebab)

mezedaki santorini

dan ditutup dengan signature cake sebagai dessertnya.

Pokoknya kenyang, puas, sehat, dan bahagia!

Sekarang, berapa sih budget hidangan yang memuaskan seperti ini di Santorini. Guys, kalau aku bilang USD300 untuk keseluruhan tripaku banyak yang bakal bilang "Yunani mata uangnya lagi anjlok" atau "Yunani belum pulih dari krisis ekonomi". Pernah terpikir enggak kalau memang seperti itu kenapa tidak semua orang berani berlibur ke Santorini? Yes, Santorini adalah pulau termahal dari kepulauan yang indah-indah yang ada di Yunani. Aku nggak tahu persis total harga makananku berapa karena sudah all include di paket yang aku ambil, tapi kalian bisa check list menu Mezedaki yang di rate bintang 5 di Tripadvisor. mezedaki santoriniRata-rata harga buat Greek salad di Santorini €4.95 - €9

mezedaki santorini

Harga Chicken Souvlaki Kebab dengan tambahan Persian Rice €7.95 + €2.95 = €10.90

Hummus €3.95 setiap jenisnya, jadi totalnya €11.85, dan buat dessertnya €5.95

mezedaki santorini

Harga Keftedes €5.95

mezedaki santorini

Hercules Savvatiano Dry White yang tervavorit di sini €21.50 per liternya

mezedaki santorini

Dan buat shotnya bisa dilihat di sini daftar harganya (buat yang cinta nyicipin alkohol dan pengen mencoba makan ala orang Yunani wajib order shot atau wine sebelum makan).

Sekali makan di Santorini kita easily spend +/- IDR 600,000 dan mungkin minimal IDR 200,000 buat yang berhemat. Santorini ini bisa dibilang seperti Bali-nya Indonesia atau Dubai-nya UAE yang jadi pusat kunjungan wisata, jadi kalau pengen sampai ke Santorini kudu nyiapin budget. Aku stay di El Greco Resort di Fira yang harga aslinya IDR 7,800,000 buat 4 malam. 

mezedaki santorini

mezedaki santorini

So, berapa total budget yang aku habisin buat ke Santorini? I would say sekitar IDR4,050,000 untuk hotel, makan, excursions, dan sebelum tiket pesawat (pesawatnya bisa kalian yang atur, tapi harga hotel, makan, dan excursions nggak bisa ditawar, bro). Kok bisa? Yes, aku bisa ngasih trik supaya bisa minim budget tapi bisa pesta pora di Santorini. Rate postku dan PM buat tau aku lagi sibuk bikin apa sampai bisa travelling keliling dunia dengan budget hemat dan fasilitas super ;)

 

SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY