Jelajahi 10 Patung Ikonik dan Bersejarah di Indonesia


Fida  August 17, 2020  0 Comment

Indonesia menjadi salah satu negara yang kaya akan budaya dan wisata. Selain itu, Indonesia juga memiliki berbagai bangunan bersejarah yang sayang untuk dilewatkan. Patung ikonik dan bersejarah di Indonesia cukup mudah dijumpai di beberapa daerah. Bagi Anda pecinta wisata sejarah, beberapa patung ikonik tersebut bisa menjadi tujuan wisata yang tepat. Selain untuk mengenal dan mempelajari sejarahnya, beberapa patung ikonik juga menyuguhkan spot instagramable bagi Anda pecinta foto.

Berikut 10 patung ikonik dan bersejarah di Indonesia

1. Patung Dirgantara/ Patung Pancoran, Jakarta

patung pancoran
brilio.net

Ketika Anda sedang berlibur di Jakarta, tidak mungkin rasanya jika tidak mengenali patung yang satu ini. Yap, Patung Dirgantara atau biasa disebut Patung Pancoran. Patung yang satu ini merupakan patung ikonik dan bersejarah di Indonesia yang mudah ditemui ketika Anda berada di Jakarta, karena letaknya yang sangat strategis, yakni di Jalan Gatot Subroto, Menteng Dalam, Kecamatan Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Patung Pancoran menjulang sangat tinggi. Tingginya yakni sekitar 27 meter. Tak heran jika patung ini mudah dikenali meski dari jauh sekalipun. Patung yang satu ini terbuat dari perunggu dengan berat yang sangat fantastis yakni mencapai 11 ton. Patung terlihat sangat indah dan gagah. Sebenarnya patung ini memiliki nama Patung Dirgantara. Akan tetapi, sekarang ini patung yang satu ini sering disebut Patung Pancoran, karena letaknya di perempatan Pancoran.

Gotravelly

Jelajah Monumen Tugu Pahlawan & Museum 10 November Surabaya

Wat Koh Wanararm: Kuil Budha Langkawi Yang Wajib Dikunjungi

Merlion Park Singapore

2. Patung Ikan Sura dan Buaya, Surabaya

patung suroboyo
ihategreenjello.com

Mungkin Anda tidak akan asing dengan pating yang satu ini. Patung yang dimaksud adalah patung ikan sura dan buaya. Patung ini sangat populer karena patung ini termasuk salah satu patung ikonik dan bersejarah di Indonesia. Letaknya sangat strategis yakni di Jalan Diponegoro, Darmo, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya, Jawatimur.

Di patung tersebut Anda akan melihat banyak wisatawan lokal maupun mancanegara sedang berfoto. Bagi Anda pecinta foto, mengabadikan momen ketika berada di Surabaya dengan latar belakang patung ikan sura dan baya merupakan sesuatu yang wanib Anda coba. Dibalik keindahannya, patung ini menyimpan gambaran sejarah tentang pertarungan antara ikan sura dan buaya yang sangat erat hubungannya dengan asal usul Surabaya.

3. Patung Selamat Datang, Jakarta

patung ikonik dan bersejarah di Indonesia
nowjakarta.co.id

Saat Anda sedang berkunjung ke Jakarta, pasti Anda akan menemui patung sangat besar yang terletak tepat di tengah Bundaran HI. Patung ini biasa disebut Patung Selamat Datang atau Monumen Selamat Datang. Patung yang satu ini merupakan salah satu patung ikonik dan bersejarah di Indonesia. Patung ini berdiri dengan gagah di persimpangan Jalan M.H Thamrin dengan Jalan Imam Bonjol, Jalan Sutan Syahrir, Jalan Kebon Kacang, Jakarta.

Patung Selamat Datang sudah sangat lama berdiri, patung ini berdiri pada tahun 1962, atas gagasan presiden pertama Indonesia yakni Bapak Ir. Soekarno. Patung inj berguna sebagai patung penyambut tamu yang satang dari berbagai negara, karena pada waktu itu Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games.

4. Patung Garuda Wisnu Kencana, Bali

patung garuda wisnu kencana
indoseek.co.id

Patung ikonik dan bersejarah di Indonesia selanjutnya adalah Patung Garuda Wisnu Kencana. Patung yang satu ini berbeda dengan patung pada umumnya, karena ketinggian patung ini akan membuat Anda terpukau yakni dengan tinggi mencapai 120 meter. Patung tersebut sangat indah ketika diabadikan.

Anda dapat melihat patung yang satu ini meskipun dari kejauhan. Patung Garuda Wisnu Kencana merupakan patung tertinggi di Indonesia, bahkan tinggi patung ini melebihi patung Liberty. Patung ini berlokasj diJalan Raya Uluwatu, Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Ketika Anda berada di Bali, kurang lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Patung Garuda Wisnu Kencana.

5. Patung Jalesveva Jayamahe, Surabaya

patung jalasveva jayamahe
backpackerjakarta.com

Surabaya merupakan salah satu kota dengan destinasi wisata yang sangat banyak. Selain wisata alam, Surabaya juga memiliki wisata yang erat kaitannya dengan sejarah ataupun budaya. Salah satu wisata sejarah di Surabaya adalah Patung Jalesveva Jayamahe. Patung yang satu ini merupakan salah satu patung ikonik dan bersejarah di Indonesia. Patung ini menjadi salah satu patung yang menjadi favorit wisatawan ketika berkunjung ke Surabaya. Letak patung ini yakni di Ujung, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya, Jawa Timur. Tinggi patung ini cukup memukau yakni sekitar 30,6 meter. Kata Jalasveva memiliki pengartian tersendiri yakni “di lautan kita jaya”. Kata tersebut juga merupakan slogan bagi angkatan laut Indonesia.

6. Monumen Pancasila Sakti, Jakarta

patung ikonik dan bersejarah di Indonesia
liputan6.com

Beberapa dari anda tentu sudah tidak asing dengan bangunan Monumen Pancasila Sakti. Salah satu patung ikonik dan bersejarah di Indonesia ini berdiri kokoh dengan beberapa tokoh diantaranya Jenderal Ahmad Yani, Jenderal S Parman, Jenderal Suprapto, Jenderal Sutoyo, Jenderal MT Haryono, Jenderal Panjaitan, dan Kapten P Tendean.

Selain beberapa tokoh, di Monumen Pancasila Sakti juga terdapat patung Garuda Pancasila yang berdiri megah di belakang patung para pahlawan. Berbagai simbol dan nilai sejarah ada pada monumen yang satu ini.

7. Patung Martha Christina Tiahahu, Ambon

patung ikonik dan bersejarah di Indonesia
kabartimurnews.com

Saat berada di Amantelu, Sirimau, Kota Ambon, Maluku, anda bisa menjumpai salah satu patung ikonik dan bersejarah di Indonesia yakni patung Martha Christina Tiahahu. Patung yang satu ini dibuat untuk mengenang pahlawan asal Maluku yang berjuang sejak usia muda.

Panorama Indah Kota Ambon Bisa dinikmati di sekitar patung Martha Christina Tiahahu. Saat datang ke Ambon, tidak ada salahnya untuk mencoba mampir ke patung megah yang satu ini.

8. Patung Yesus Memberkati, Tana Toraja

patung ikonik dan bersejarah di Indonesia
phinemo.com

Berbicara tentang patung ikonik dan bersejarah di Indonesia, Patung Yesus Memberkati yang berlokasi di Tana Toraja juga menjadi salah satunya. Patung yang satu ini berlokasi di Buntu Burake, Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Patung ikonik dan bersejarah yang satu ini memiliki ketinggian hingga 40 meter dan berada di puncak bukit. Karena cukup tinggi, patung ini bisa dilihat dari setiap sudut Tana Toraja.

9. Patung Dewa Murugan, Langkat

patung ikonik dan bersejarah di Indonesia
suara.com

Patung Dewa Murugan yang berada di daerah Langkat menjadi salah satu patung ikonik dan bersejarah di Indonesia. Lokasinya berada di Jalan Ibadah, Desa Padang Cermin, Kecamatan Selesai, kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Beberapa dari Anda tentu tidak asing dengan Patung Dewa Murugan yang berada di Langkat karena bentuknya yang sama dengan patung yang berada di Batu Cave, Malaysia. Patung yang satu ini memiliki ketinggian mencapai 16 meter. Warna kaos keemasan yang mencolok menjadi daya tarik tersendiri.

10. Patung Budha Tidur, Mojokerto

patung budha tidur mojokerto
kumparan.com

Salah satu patung ikonik dan bersejarah di Indonesia terletak di kabupaten Mojokerto yakni Patung Budha Tidur. Bagi sebagian orang, patung yang satu ini untuk mengingatkan dengan patung Budha Tidur serupa yang ada di Thailand. Lokasi dari Patung Budha Tidur Mojokerto berada di Kompleks Vihara Mojopahit.

Lokasi wisata bersejarah yang satu ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Di dalam komplek wisata terdapat miniatur Candi Borobudur yang tentu semakin menarik minat pengunjung yang datang. Patung ikonik yang satu ini digagas oleh YM Viryanadi Mahathera yang merupakan biksu sekaligus pengrajin patung di daerah Trowulan.



Leave a Reply