10 Pasar Takjil Paling Meriah di Dunia Sajikan Makanan Khas


prita  May 10, 2020  0 Comment

Takjil atau iftar sangat erat kaitannya dengan bulan Ramadhan. Bisa dibilang, Takjil atau Iftar adalah hal yang tak bisa lepas dari tradisi berbuka puasa. Iftar atau yang sering disebut takjil adalah sajian ringan pembuka ibadah puasa. Beragam menu disajikan sebagai takjil, mulai dari makanan ringan hingga sajian manis. Di Indonesia, Takjil telah menjadi lahan bisnis musiman bagi banyak orang yang ingin mencari rejeki di bulan Ramadhan. Untuk itulah, pasar takjil selalu banyak ditemukan saat Ramadhan tiba. Tapi ternyata tak hanya Indonesia saja yang memiliki pasar takjil yang meriah, namun beberapa negara di dunia pun memiliki pasar takjil yang tak kalah ramai. Berikut ini adalah pasar takjil paling meriah di dunia.

Pasar Takjil di Dunia

1. Indonesia

indonesia
travel.kompas.com

Pasar takjil paling meriah di dunia yang berada diurutan pertama tentu bisa Anda temukan di negara kita, Indonesia. Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam, tentunya mereka Bisa dibilang, hampir di semua kota di Indonesia memiliki pasar takjil. Beberapa pasar takjil yang dikenal sangat meriah dan selalu dipadati pembeli seperti di pasar takjil di Jakarta, Jogja hingga Surabaya.

Beberapa menu yang biasa dijajakan saat pasar takjil digelar antara lain kolak, aneka kue basah, aneka gorengan, bubur dan masih banyak lagi lainnya. Pasar takjil di Indonesia biasa dimulai sejak pukul 3 sore hingga waktu berbuka puasa tiba.

Gotravelly

Nasi Goreng Mas Gun Dan Rahasia Bumbu Yang Membuat Siapa Saja Bisa Suka

Baca juga :  10 Hidangan Khas Lebaran di Indonesia Bikin Kangen Kampung

Kalau Ke Transmart Jangan Cuma Belanja Aja, Cobain Bakarannya Yuk!

2. Malaysia

malaysia
blog.dwidayatour.co.id

Tak hanya Indonesia, negara tetangga kita, Malaysia, juga memiliki pasar takjil paling meriah di dunia yang bisa Anda kunjungi. Malaysia yang mayoritas penduduknya beragama Islam ini juga tak kalah meriah dalam menggelar pasar takjil atau yang biasa dikenal dengan bazaar Ramadhan.

Sama halnya dengan pasar takjil di Indonesia, bazaar Ramadhan di Malaysia ini juga menyuguhkan ragam sajian khas yang menggugah selera. Seperti nasi lemak, nasi kerabu, bubur lambuk, ayam percik dan masih banyak lagi lainnya. Beberapa bazaar Ramadhan di Malaysia yang bisa Anda kunjungi antara lain, Kampung Baru Ramadhan Bazaar, Jalan Masjid India Ramadhan Bazaar, Bangsar Ramadhan Bazaar, bazaar Ramadhan di Taman Tun Dr Ismail dan Shah Alam.

3. Mesir

mesir
insidearabia.com

Mesir juga dikenal sebagai salah satu negara yang penduduknya mayoritas memeluk agama Islam. Tentunya, disini Anda juga akan menjumpai beragam pasar takjil paling meriah di dunia dan salah satunya ada di Kairo, ibukota Mesir.

Biasanya warga Mesir rela mengantri untuk membeli ragam sajian khas untuk takjil berbuka puasa mereka. Warga Mesir sangat suka menikmati jus dari buah-buahan lokal sebagai menu takjil mereka, seperti jus tebu, jus apricot, hibiscus dan asam. Tak hanya jus, mereka juga gemar mengkonsumsi kurma.

4. Bangladesh

bangladesh
liputan6.com

Negara yang juga memiliki pasar takjil paling meriah di dunia selanjutnya adalah Bangladesh. Salah satu tempat untuk berburu takjil di Bangladesh adalah sebuah pasar yang berada di Chawkbazar di kota tua Dhaka, Bangladesh.

Pasar ini konon telah ada sejak lebih dari satu abad lalu yang mana menjadi salah satu pasar terbesar dan paling populer di Dhaka. Pasar ini memang khusus untuk menjual beragam sajian takjil. Menunya pun beragam, mulai dari buah-buahan, kebab, custard, tahu susu dan ragam jajanan tradisional lainnya. Penduduk sekitar percaya bahwa dengan berbuka puasa di pasar takjil ini selalu menghadirkan daya tarik tersendiri.

Baca juga :  10 Tradisi Ramadhan di Maroko Yang Beragam dan Unik

5. Afghanistan

afghanistan
wsj.com

Afghanistan juga menjadi salah satu negara yang memiliki pasar takjil paling meriah di dunia. Saat Ramadhan tiba, umat muslim di Afghanistan tentu tak ingin melewatkan untuk berburu takjil di pasar tradisional yang tersebar di banyak kota.

Pasar takjil di Afghanistan menyajikan beragam sajian berbuka puasa yang khas, salah satunya adalah roti pipih yang berukuran besar yang biasa ditemui di bakery tradisional di kota Kandahar, Afghanistan. Roti pipih ini kerap menjadi takjil untuk berbuka karena cukup mengenyangkan dan bergizi.

6. Maroko

maroko
moroccoworldnews.com

Pasar Takjil paling meriah di dunia selanjutnya bisa Anda temukan di Maroko. Negara yang berada di benua Afrika ini juga kerap menjadi destinasi favorit wisatawan saat ingin berlibur sambil menikmati suasana Ramadhan.

Salah satu pasar takjil yang cukup digemari di negara ini adalah Pasar Takjil di Oujda. Disini Anda bisa menemukan ragam kue tradisional khas Maroko seperti Madu Goreng dan kue-kue tepung. Anda pun bisa ngabuburit sambil berjalan-jalan menikmati indahnya kota ini.

7. Turki

turki
goturkeytourism.com

Turki juga menjadi salah satu negara yang penduduknya mayoritas beragama Islam. Masyarakat Turki pun selalu menyambut datangnya Ramadhan dengan suka cita, bahkan tak hanya warga Muslim saja yang bersuka cita, namun seluruh warga non-Muslim pun juga turut bahagia menyambut Ramadhan.

Pasar takjil di Turki memang selalu dipadati pengunjung karena kerap menyajikan menu takjil khas Turki yang menggugah selera. Seperti baklava, gullac, kebab, pizza Turki dan masih banyak lagi lainnya.

8. Palestina

palestina
liputan6.com

Selayaknya negara dengan mayoritas penduduk Muslim pada umumnya, Palestina juga memiliki sejumlah pasar takjil paling meriah di dunia. Pasar-pasar ini menyajikan berbagai jenis sajian berbuka puasa yang khas dan menggugah selera.

Baca juga :  10 Hidangan Khas Ramadhan di India Cocok Untuk Buka Puasa

Palestina sangat terkenal dengan kurmanya yang manis dan legit. Masyarakat Palestina memang gemar menyantap kurma sebagai sajian takjil mereka sebelum menyantap makanan berat untuk berbuka puasa.

9. Pantai Gading

pantai gading
laptopwatif.blogspot.com

Pantai Gading menjadi salah satu negara yang juga memiliki sejumlah pasar takjil paling meriah di dunia. Penduduk Pantai Gading memang kebanyakan beragama Islam yang mana mereka sangat bersemangat menyambut Ramadhan.

Tak heran jika pasar-pasar takjil di negara ini kerap dipadati pengunjung saat menjelang jam berbuka puasa. Salah satu pasar takjil yang cukup ramai di Pantai Gading adalah Pasar Kaki Lima Abobo yang berada di pinggir kota Abidjan. Disini Anda bisa menemukan beragam takjil khas seperti kurma dan sereal.

10. Prancis

prancis
agoda.com

Pasar takjil paling meriah di dunia yang terakhir bisa Anda temui di Prancis. Negara yang beribukota Paris ini memang bukan termasuk negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam, namun cukup banyak juga warga Muslim pendatang di negara ini.

Kebanyakan Muslim pendatang di negara ini berasal dari Timur Tengah, untuk itulah kebanyakan takjil yang dijajakan adalah sajian khas Timur Tengah. Salah satu tempat untuk menikmati sajian khas Timur Tengah adalah Toko Kue Trappes yang berada di barat daya Paris.

Nah, demikianlah 10 pasar takjil paling meriah di dunia yang bisa Anda jadikan referensi untuk ngabuburit sambil kulineran mencicipi takjil yang khas dari negara yang Anda datangi.



Leave a Reply