10 Oleh oleh Khas Tasikmalaya Ada Jajanan Hingga Kerajinan Menarik


Fida  October 11, 2021  0 Comment

Tasikmalaya merupakan salah satu daerah yang dikenal menawarkan banyak tempat wisata. Tidak heran jika daerah yang satu ini banyak didatangi oleh wisatawan. Tidak hanya menyusuri indahnya Tasikmalaya, Anda juga dapat membeli salah satu oleh-oleh khas tasikmalaya sebelum pulang. Berikut daftar 10 rekomendasi oleh-oleh khas Tasikmalaya yang cocok untuk dibawa pulang.

1. Keripik Sukun

keripik sukun
yummy.co.id

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan olahan Keripik Sukun. Tidak hanya mudah dijumpai di beberapa daerah, keripik sukun juga merupakan salah satu oleh-oleh khas Tasikmalaya. Kripik yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama buah sukun. Buah sukun yang sudah matang diiris tipis kemudian diberi bumbu. Anda akan merasakan tekstur yang renyah saat mengkonsumsi kripik yang satu ini.

Karena sudah diberi bumbu saat pengolahan, keripik sukun terasa lebih gurih. Keripik yang satu ini biasa dijual dengan kemasan praktis serta harga yang terjangkau. Anda tentu dapat dengan mudah menjumpai keripik sukun di berbagai toko oleh-oleh di Tasikmalaya.

Gotravelly

Berburu Oleh-Oleh Khas Thailand Di Chiang Rai Night Bazaar

Otak Otak Bandeng Bu Muzanah, Pusat Oleh Oleh Khas Kota Gresik

2. Wajit

wajit
tagsdock.com

Pernahkah Anda mendengar sebutan jajanan wajit? Wajit merupakan salah satu jajanan sekaligus oleh-oleh khas Tasikmalaya yang populer dan banyak diminati oleh warga lokal maupun wisatawan. Jajanan yang satu ini menawarkan cita rasa manis serta tekstur yang kenyal.

Wajit dibuat dengan menggunakan bahan utama ketan. Ketan kemudian ditambahkan dengan kelapa serta gula merah dan dimasak hingga matang. Selain cocok untuk dinikmati langsung, jajanan yang satu ini juga kerap diburu oleh wisatawan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang dari Tasikmalaya. Jajanan dengan cita rasa lezat yang satu ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

3. Batik Tasikmalaya

batik tasikmalaya
bobo.grid.id

Setelah berlibur dan menyusuri kawasan Tasikmalaya, tidak ada salahnya jika Anda pulang dengan membawa oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Batik Tasikmalaya merupakan salah satu oleh-oleh yang tepat untuk dibawa pulang.

Anda akan dimanjakan dengan banyaknya motif serta warna yang ditawarkan. Batik Tasikmalaya dijual dalam bentuk lembaran maupun siap pakai seperti pakaian. Harga yang ditawarkan juga sangat beragam tergantung lebar kain serta rumitnya pembuatan yakni berkisar Rp 200.000,-. Jika ingin membeli Batik Tasikmalaya untuk dibawa pulang, Anda dapat mengunjungi sentra Batik yang terletak di daerah Cipedes, Tasikmalaya.

4. Payung Geulis

payung geulis
mediaindonesia.com

Pernah mendengar sebutan payung geulis? Sekilas memang tampak seperti payung pada umumnya, namun sebenarnya payung geulis memiliki desain yang berbeda. Payung yang satu ini dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Tasikmalaya yang biasa diburu oleh wisatawan untuk dibawa pulang.

Payung kulit memiliki keunikan yakni rangkanya dibuat dari kayu dan penutupnya dibuat dari kain bordir. Payung yang satu ini juga dikenal sebagai salah satu ikon Kota Tasik. Saat berkunjung ke Tasikmalaya, tidak ada salahnya bagi Anda untuk memilih payung yang satu ini sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

5. Tutug Oncom

tutug oncom
traveling.bisnis.com

Ada cukup banyak pilihan oleh-oleh khas Tasikmalaya yang cocok untuk dibawa pulang, salah satunya adalah tutug oncom. Tutug oncom merupakan olahan oncom yang cukup populer. Tutug memiliki arti tumbuk dalam bahasa Sunda sehingga olahan yang satu ini merupakan oncom yang ditumbuk.

Tutug oncom instan menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin membelinya sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Tutug oncom instan tentu dijual dengan kemasan yang praktis dan harga yang terjangkau. Anda dapat membeli oleh-oleh yang satu ini salah satunya di daerah Kahuripan, Tawang. Tutug oncom menjadi salah satu rekomendasi oleh-oleh khas Tasikmalaya yang sayang untuk dilewatkan.

6. Rengginang

rengginang
kompas.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan olahan kerupuk rengginang. Rengginang juga menjadi salah satu oleh-oleh khas Tasikmalaya yang sangat diminati oleh warga lokal dan banyak diburu oleh wisatawan.

Olahan yang satu ini menawarkan tekstur yang renyah serta cita rasa yang sangat gurih. Anda dapat memilih untuk membeli rengginang mentah maupun siap konsumsi. Rengginang tentu sangat mudah dijumpai di berbagai toko oleh-oleh di Tasikmalaya. Rengginang biasa dijual dengan harga sekitar Rp 20.000,- per setengah kilogram. Saat berkunjung ke Tasikmalaya, tidak ada salahnya untuk memilih rengginang sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

7. Kolontong

kolontong
jeryanuar.web.id

Pernah mendengar sebutan olahan jajanan kolontong? Beberapa dari Anda tentu masih asing karena kolontong hanya dapat dijumpai di daerah Tasikmalaya. Jajanan yang satu ini memiliki bentuk menyerupai pilus dengan bulat memanjang. Kolontong dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Tasikmalaya.

Saat mengkonsumsi kolontong, Anda akan dimanjakan dengan cita rasa manis serta tekstur yang kenyal. Jajanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama tepung ketan. Cita rasa manis yang ditawarkan berasal dari bahan tambahan yakni gula merah. Selain cocok untuk dinikmati langsung, kolontong juga banyak diburu oleh wisatawan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Anda dapat menjumpai dan membeli jajanan yang satu ini di daerah Cipedes, Cisayong, dan Cihideung.

8. Opak

opak
ayotasik.com

Salah satu oleh-oleh khas Tasikmalaya yang sayang untuk dilewatkan adalah opak. Jajanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama ketan, gula pasir, mentega, dan juga tepung. Saat berkunjung ke Tasikmalaya, Anda tentu dapat dengan mudah menjumpai makanan yang satu ini.

Berburu opak tentu sangatlah mudah. Anda dapat membeli makanan yang satu ini di berbagai toko oleh-oleh di Tasikmalaya. Salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi adalah toko oleh-oleh Sartika Opak yang berlokasi di Jalan Sindang Mulya, Cihideung, Tasikmalaya.

9. Sale Pisang

sale pisang
resepmasakterbaru.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan olahan pisang yakni sale pisang. Bisa menjadi makanan yang cukup mudah dijumpai di berbagai daerah di Indonesia. Jajanan yang satu ini juga merupakan salah satu oleh-oleh khas Tasikmalaya yang sayang untuk tidak dicoba.

Sale pisang merupakan makanan olahan pisang yang cukup mudah dijumpai di berbagai toko oleh-oleh. Makanan yang satu ini biasa dijual dengan kemasan praktis serta menawarkan harga yang cukup terjangkau. Sale pisang merupakan pisang yang diolah dengan tambahan beberapa bahan seperti tapioka, tepung beras, gula, dan juga telur. Saat mencobanya, Anda akan dimanjakan dengan tekstur serta cita rasa yang sangat khas.

10. Kelom Geulis

kelom geulis
shopee.co.id

Salah satu oleh-oleh khas Tasikmalaya yang populer dan sayang untuk dilewatkan adalah kelom geulis. Oleh-oleh yang satu ini merupakan kerajinan kayu yang dibuat dari kayu mahoni. Kelom geulis biasa dijual dengan harga berkisar Rp 100.000,-. Anda dapat membelinya di daerah Tamansari Tasikmalaya.

Nah, itulah daftar 10 rekomendasi oleh-oleh khas Tasikmalaya yang sayang untuk dilewatkan. Oleh-oleh manakah yang tampak paling menarik dan ingin Anda bawa pulang dari Tasikmalaya?



Leave a Reply